cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
ISSN : 24606324     EISSN : 25796461     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never published.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara" : 10 Documents clear
ENTREPENEURSHIP EDUCATION THROUGH PROJECT BASED LEARNING FOR 3RD GRADE STUDENT OF KARENG KIDUL ELEMENTARY SCHOOL PROBOLINGGO Suharti Suharti; Rifqi Riva Amalia
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.935 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12203

Abstract

Indonesia membutuhkan lebih banyak pengusaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita sebagaimana negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang. Salah satu upayanya dengan meningkatkan pengusaha melalui pendidikan kewirausahaan sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk mencari cara untuk menginternalisasi sifat-sifat pengusaha kepada siswa kelas 3 SDN Kareng Kidul, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman kewirausahaan dan peningkatan jumlah anak yang terinternalisasi sifat-sifat pengusaha melalui model pembelajaran PjBL sampai ada tataran siswa mengubah cita-citanya menjadi pengusaha
The effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) with local video media toward students’ cognitive study result of social studies for fourth class at SDN Karangduak 2 Sumenep Fajar Budiyono
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.747 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A dan B SDN Karangduak 2 Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen atau perangkat yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pretest dan posttest, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah diteliti menunjukkan bahwa pendekatan CTL melalui media video lokal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep. Hal tersebut dapat dilihat dari kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep pada mata pelajaran IPS.
IMPLEMENTATION OF THINK TALK WRITE (TTW) LEARNING MODEL TO INCREASE LEARNING RESULTS WRITE POETRY ON GRADE 5 ELEMENTARY SCHOOL Syaiful Bahri
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.002 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Think Talk Write dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan sebagai berikut, (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Batu Belah Timur I tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pra tindakan memperoleh tingkat ketercapaian klasikal pada aspek kognitif sebesar 45,33%, dan tindakan I sebesar 70% sedangkan pada tindakan II sebesar 90%. Aspek rata-rata nilai afektif pada pra tindakan menunjukkan 67,00, setelah dilakukan tindakan I rata-rata nilai afektif meningkat menjadi 79,52 dan mengalami peningkatan menjadi 98,33 pada tindakan II, sedangkan aspek psikomotorik rata-rata nilai psikomotor pada pra tindakan menunjukkan 64,50, setelah dilakukan tindakan I rata-rata nilai psikomotor meningkat menjadi 83,00 dan mengalami peningkatan menjadi 98,00 pada tindakan II
PRELIMINARY RESEARCH ABOUT THE FORMULATION AND DEVELOPMENT OF DESIGN OF MONOLITHIC ENTREPRENEURSHIP CURRICULUM (Study At Civics Court In Elementary School Teacher Education Program Faculty Of Teacher Training and Education University of Muhammadiyah Sidoa Feri Tirtoni; Fidaus Su’udiyah
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.131 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.11979

Abstract

Draft desain kurikulum entrepreneurship secara monolitik di prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), yaitu sebuah desain kurikulum berbasis entrepreneurship yang nantinya akan di internalisasikan pada mata kuliah PKn dan seluruh aktifitas kegiatan mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus sehingga memberikan dampak yang berpengaruh terhadap life skill mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) model pengembangan Dick dan Carey dengan melalui tahap 1) analisis (analyze) yang memuat tiga langkah prosedural pada model pengembangan Dick and Carey di antaranya menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan dari pengembangan desain kurikulum entrepreneurship secara monolitik pada mata kuliah PKn (asses needs to identity goals), menganalisis intruksional (conduct instructional analysis), dan menganalisis pembelajar dan konteks (analysis learners and contexts), 2) pengembangan (develop), 3) desain (design), dan 4) implementasi (implement). Berdasarkan hasil uji coba I dengan rata-rata skor 4,1 dengan kriteria baik dan uji coba II dengan rata-rata skor 4,5 dengan kriteria sangat baik yang telah dilaksanakan pada penelitian ini ditemukan sebuah data baru bahwa mata kuliah PKn pada prodi PGSD akan bisa berjalan lebih menarik jika para dosen berminat untuk melakukan sebuah pengembangan dalam prose pembelajaran. Seperti dengan menggunakan sistem pembelajaran mata kuliah PKn dengan integrasi karakter entrepreneurship secara monolitik. Hal ini ditunjukkan agar mahasiswa agar memiliki ketertarikan dalam proses pembelajaran PKn dan pada saat pembelajaran PKn tidak hanya mempelajari materi teori saja, tapi juga dapat belajar tentang nilai-nilai karakter. Setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan integrasi karakter entrepreneurship secara monolitik pada mata kuliah PKn mulai nampak adanya perubahan terhadap gaya belajar mahasiswa, sehingga orientasinya adalah lebih pada mengembangkan sebuah kepribadian dan karakter mahasiswa untuk lebih memiliki sikap analisis serta kritis. Hasil dari proses pembalajaran juga menunjukan mahasiswa lebih responsif terhadap segala kejadian dan peristiwa yang ada dan terjadi disekitar lingkungan sosialnya, hal ini mulai nampak pada saat mahasiswa melakukan presentasi terhadap gagasan dan ide yang akan dilakukan pada saat mereka kembali berada pada lingkungan masyarakat, ada materi yang dibahas akan selalu dikaitkan mengenai peran seorang calon guru terhadap kehidupan masyarakat sekitar.
INITIAL ABILITY READING JAVANESE SCRIPT TO PARTICIPANTS IN CLASS IV SDN KUTOREJO I TUBAN ON MATERIAL SANDHANGAN Wendri Wiratsiwi
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.765 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12204

Abstract

Telah dilakukan penelitian awal yang bertujuan mengetahui kemampuan awal membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Kutorejo I Tuban pada materi sandhangan yang terdiri dari tiga indikator yaitu ketepatan menyuarakan tulisan, pelafalan, dan kelancaran. Penelitian awal ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) untuk pembelajaran membaca aksara Jawa materi sandhangan. Tes kemampuan awal membaca aksara Jawa berupa tes lisan yang disusun berjumlah 10 kata aksara Jawa yang sudah diimbuhi sandhangan swara, sandhangan wyanjana, dan sandhangan penyigeg-wanda. Kemampuan awal membaca aksara Jawa yang dianalisis merupakan kemampuan membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Kutorejo I Tuban TP. 2017/2018 sebelum diterapkan suatu pengembangan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) yang diduga dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan awal membaca aksara siswa kelas IV SDN Kutorejo I yang mendapat nilai memenuhi KKM atau ≥ 70 adalah sebesar 27,02% ( 10 siswa) dengan nilai tertinggi 82 dan 72,98% (27 siswa) siswa lainnya mendapat nilai di bawah 70 dengan nilai terendah 25.
ANALYSIS WRITING SKILLS OF STUDENTS WITH HEARING DISABILITIES AT INCLUSIVE ELEMENTARY SCHOOL Arik Umi Pujiastuti; Ina Agustin; Saeful Mizan
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.567 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12198

Abstract

Kenyataan yang ada, terdapat manusia yang memiliki kekurangan sehingga tidak bisa menguasai empat keterampilan atau kemampuan bahasa (menulis, membaca, berbicara, dan menyimak). Salah satunya adalah anak tunarungu. Kekurangan tersebut, berdampak pada kemampuan bahasa lainnya khususnya kemampuan berbicara dan menulis. Pada dasarnya kemampuan bahasa tulis adalah kemampuan bahasa yang bisa dilakukan anak tunarungu untuk menggantikan kemampuan bahasa lisannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan menulis pada siswa tunarungu di SDN Inklusi se Kabupaten Tuban. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui dari data wawancara, pada indikator 1) tujuh siswa yang dapat menulis dengan persentase 100%, indikator 2) empat siswa yang dapat menunjukkan kemampuan tersebut dan tiga siswa tidak dapat menunjukkan kemampuan tersebut, persentase sebesar 57,1% siswa yang dapat dan 42,9% siswa yang tidak dapat. Pada indikator 3) tiga siswa yang dapat dan empat siswa yang tidak dapat, persentase sebesar, 42,9% untuk siswa yang dapat dan 57,1% siswa yang tidak dapat. Indikator 4) satu siswa yang dapat dan enam siswa yang tidak dapat, persentase sebesar 14,2% siswa yang dapat menunjukkan kemampuan dan 85,8% siswa yang tidak dapat menunjukkan kemampuan tersebut. Indikator 5) tiga yang dapat menunjukkan kemampuan sesuai indikator dan empat yang tidak dapat menunjukkan, dengan persentase 42,9% siswa yang dapat dan 57,1% siswa yang tidak dapat. Data hasil tes menggunakan indikator 2 sampai 5. Indikator 2) empat siswa dapat menunjukkan kemampuan dan tiga siswa tidak dapat, persentase sebesar 57,1% siswa yang dapat menunjukkan kemampuan 42,9% siswa yang tidak dapat. Indikator 3) lima siswa dapat dua siswa tidak dapat, persentase sebesar 71,4% siswa yang dapat dan 28,6%bagi siswa yang tidak dapat menunjukkan kemampuan. Indikator 4) satu siswa dapat menunjukkan kemampuan dan enam siswa tidak dapat menunjukkkan kemampuan, persentase sebesar 14,2% siswa yang dapat dan 85,8% siswa yang tidak dapat menunjukkan kemampuan. Indikator 5) enam siswa dapat menunjukkan kemampuan dan satu siswa tidak dapat menunjukkan kemampuan, persentase sebesar, 85,8% siswa yang dapat dan 14,2% siswa yang tidak dapat. Simpulan yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa kemampuan menulis siswa kelas IV tunarungu di SDN Inklusi se Kabupaten tuban rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah rendahnya kemampuan bahasa lisan yang dimiliki akibat tidak berfugsinya indera pendengaran yang dimiliki.
DEVELOPMENT OF “PUTIK BERISI” (STUDENT EXPERIMENT WORKSHEETS BASED ON SCIENCE LITERACY) TO 5TH GRADE STUDENTS AT ELEMENTARY SCHOOL SIDOREJO I TUBAN Sri Cacik; Anggun Winata; Ifa Seftia Rakhma Widiyanti
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1033.948 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12202

Abstract

Literasi sains dijadikan salah satu tolak ukur untuk mengetahui kualitas pendidikan dan sumber daya manusia suatu negara. Kemampuan literasi sains Indonesia tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Penelitian awal telah dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban dan menunjukkan kemampuan literasi sains rendah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Putik Berisi dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 7 tahap. Namun, dalam jurnal ini difokuskan pada tahap ke 6 yaitu uji coba terbatas dengan 10 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi sains, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian khususnya pada uji coba terbatas dan analisis data dapat disimpulkan bahwa, PUTIK BERISI yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Berdasarkan data, Enam dari tujuh indikator kemampuan literasi sains yang diteliti mengalami peningkatan, sedangkan satu indikator kemampuan literasi sains tidak mengalami peningkatan maupun penurunan. Peningkatan terbesar terdapat pada indikator ke tujuh, yaitu dari 10% meningkat menjadi 100%. Respon peserta didik memberikan hasil yang positif terhadap pengembangan PUTIK BERISI yang ditunjukkan dari hasil respon lebih dari 80% untuk masing-masing indikator.
THE DEVELOPING OF TEMATIK TEACHING MEDIA MAGIC PUZZLE THEME BERBAGI PEKERJAAN IN FOURTH GRADE OF PRIMARY SCHOOL Dewi Saraswati; Arfilia Wijayanti
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.491 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12199

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengadaan media pembelajaran tematik yang masih terbatas sehingga kemaunan siswa dalam pembelajaran menjadi kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran tematik Magic Puzzle yang valid dan praktis dalam pembelajaran tema Berbagai Pekerjaan kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan prosedur penelitian ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 01 Nyamok yang berjumlah 30 siswa dan seluruh siswa SD Negeri 02 Sumurjomblangbogo yang berjumlah 26 siswa tahun pelajaran 2017/2018. Pengembangan menghasilkan media pembelajaran tematik Magic Puzzle tema berbagai pekerjaan. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan jumlah rata-rata keidealan yaitu 90% dan 80% serta hasil tanggapan guru dan siswa terhadap media Magic Puzzle dengan rata-rata keidealan 83% dan 97%.
ANALYSYS OF JAVANESE SCRIPT WRITING ERROR IN THE JAVANESE LANGUAGE COURSE (Study At Elementary School Teacher Education Program University of Nusantara PGRI Kediri Class of 2014) Rian Damariswara; Frans Aditia Wiguna
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.503 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12201

Abstract

Kemampuan menulis aksara Jawa bagi mahasiswa PGSD merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai. Mengingat, aksara Jawa merupakan bagian dari materi pelajaran bahasa Jawa yang wajib diajarkan di sekolah dasar. Penulisan aksara Jawa tersebut, masih menghadapi kendala yakni masih banyak ditemukan mahasiswa yang mengalami kesalahan penulisan aksara Jawa. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penulisan aksara Jawa mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri angkatan 2014. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu persentase dan deskriptif analitik. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga bentuk, yakni: 1) bentuk kesalahan penulisan aksara lêgêna sebanyak 12 kasus atau 9,5%; 2) bentuk kesalahan penulisan aksara sandhangan sebanyak 80 kasus atau 67,5%; 3) bentuk kesalahan penulisan pasangani sebanyak 28 kasus atau 23%.
IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL IN SCIENCES LEARNING AT MIN 1 BANTUL AND SDIT BAIK BANTUL Emha Dzia’ul Haq; Andi Prastowo
JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.987 KB) | DOI: 10.29407/jpdn.v4i1.12200

Abstract

Banyak di temukannya pelaksanaan pembelajaran yang masih kurang variatif, proses pembelajaran memiliki kecenderungan pada metode tertentu (konvensional), dan tidak memperhatikan tingkat pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan. Peserta didik kurang aktif dalam proses belajar, siswa lebih banyak mendengar dan menulis. Maka dari itu, pendekatan saintifik mengeluarkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dan dapat dikolaborasikan dengan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model discovery learning dalam pembelajaran IPA, serta faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran IPA dengan model discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: implementasi model discovery learning dalam pembelajaran IPA di kelas V MIN 1 Bantul dan SDIT BAIK Bantul, menunjukkan bahwa secara keseluruhan guru sudah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran model discovery learning (a) stimulasi, guru menstimulus peserta didik dengan memberikan sebuah gambar, (b) problem statement, guru memberikan gambar lalu peserta didik mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam gambar terebut, (c) data collection, peserta didik diberikan pengalaman mencari alternatif pemecahan masalah, (d) data processing, melatih peserta didik mencoba dan mengeksplorasi kemampuannya. Dan yang terakhir (e) verification dan generalitation, peserta didik berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas. Sedangkan faktor pendukung dan pengahambat; Faktor pendukung (1) ketelatenan guru, (2) pengemasan pembelajaran yang menarik, (3) tersedia media pembelajaran yang memadahi, (4) terjalinnya komunikasi yang baik, (5) motivasi belajar peserta didik yang tinggi. Sedangkan Faktor penghambat, (1) proses penilaian siswa, (2) sikap peserta didik yang terlalu aktif, (3) karakteristik siswa yang berbeda-beda.

Page 1 of 1 | Total Record : 10