cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23021276     EISSN : 26215594     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian biologi.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik" : 10 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Nia Wahyuningtyas; Tri Jalmo; Rini Rita T. Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to know the effect of Problem Based Learning (PBL) for improving students learning activities and students learning outcomes on environment subject matter. Samples were X5 and X6 from SMA N 1 Trimurjo 2013/2014 academic year that was choosen by purposive sampling. The research design was pretest-postest non equivalent. The quantitative data were students learning outcomes from pretest, postest score which analyzed using t-test and U-test. The qualitative data were students learning activities data, questionnaire responses that were analyzed descriptively. The result showed that the average of learning activities increased in every aspect with adequate criteria (68,18). Most of students (77,27%-95,45%) gave positive responds and involved in PBL. PBL model improved students learning outcomes with N-gain average on medium criteria (67,98%). N-gain average of C4 indicator cognitif on experiment class was significantly different but was not significantly different on N-gain average of C2 indicator cognitif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada meteri pokok lingkungan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5 dan X6 SMA N 1 Trimurjo tahun pelajaran 2013/2014 yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian adalah pretes postes tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes-postes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas, angket tanggapan dan keterlibatan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar meningkat di setiap aspek dengan kriteria cukup (68,18). Sebagian besar siswa (77,27%-95,45%) memberikan tanggapan positif terhadap model PBL dan terlibat dalam proses pembelajaran PBL. Penggunaan model PBL meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (67,98%). Rata-rata N-gain pada indikator kognitif C4 kelas eksperimen berbeda signifikan, sedangkan rata-rata N-gain pada indikator kognitif C2 tidak berbeda signifikan.Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, model PBL
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Primasari Pertiwi; Tri Jalmo; Rini Rita Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to know the influence of PBL model to improve students learning activity and learning outcomes. The design was pretest-posttest non equivalent group by purposive sampling, so class X4 and X3 were choosen as research subjects. The quantitative data were obtained from the average value of test that were analyzed using t-test and U-test. The qualitative data were student learning activity, students response and involvement questionnaire, that were analyzed descriptively. The result showed that the learning activity average improved with good criteria (77.39). PBL could increased students learning outcomes with high criteria (71.04). Most of students responds gave positive to the using of PBL model. Thus, it can be concluded that learning using PBL model was influence to improve the student learning activity and learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan adalah pretes-postes kelompok non ekuivalen dengan pusposive sampling, sehingga kelas X4 dan X3diambil sebagai subjek penelitian. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji t dan uji-U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, angket tanggapan serta keterlibatan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar meningkat dengan kriteria baik (77,39). Penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kriteria tinggi (71,04). Sebagian besar siswa juga memberikan tanggapan positif dan keterlibatannya dalam penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, model PBL
ANALISIS KUALITAS PERTANYAAN SISWA BERDASARKAN GENDER DAN TAKSONOMI BLOOM Yuliani Yuliani; Darlen Sikumbang; Berti Yolida
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objectives of this research were to determine question quality of boy and girl students, and the differences of the question quantity and quality between boy and girl students base on Bloom taxonomy. The design of the research was simple descriptive. The samples were students of class XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, and XI IPA4 that selected by purposive sampling. The qualitative data was descriptive of students question quality. Data were analysed descriptively and t-test. The results showed that question quantity between boy and girl students were not significant. The question quality of boy and girl students were not different significant with dominant question of cognitive dimension of understanding (C2).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pertanyaan siswa laki-laki dan perempuan, serta perbedaan jumlah dan kualitas pertanyaan antara siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan taksonomi Bloom. Desain penelitian adalah desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, dan XI IPA4 yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa deskripsi kualitas pertanyaan siswa. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan uji beda (uji t). Hasil menunjukan bahwa jumlah pertanyaan siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak berbeda signifikan. Kualitas pertanyaan yang dimunculkan siswa laki-laki dan siswa perempuan juga tidak berbeda signifikan dengan dominansi pertanyaan yaitu dimensi kognitif pemahaman (C2).Kata kunci: gender , pertanyaan siswa, taksonomi Bloom
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA made dewi lestari; Arwin Achmad; Berti Yolida
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to determine the effectiveness of slide power point media learning on students learning outcomes. The design was pretest-posttest non-equivalent group. Cluster random sampling was used choosing class X1 and X2 as subjects. The quantitative data were obtained from pretest and posttest values that analyzed by gain comparison, while the qualitative data was obtained from student learning activity that were analyzed descriptively. The results show that the using of slide power point was effective to increase students learning outcomes (gain 0,61), average of students ability from each indicator that was observed had increased with high criteria. Whereas average of student learning activity in all aspects had medium criteria (74,71). Thus, it can be concluded that slide power point media can increased students learning outcomes and student learning activities on vertebrata subject matter.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media slide power point pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah desain pretes-postes kelompok non equivalen. Teknik claster random sampling digunakan dalam memilih kelas X1 dan X2 sebagai subjek. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes yang dianalisis dengan perbandingan gain, sedangkan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media slide power point efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa (gain 0,61), kemampuan siswa dari tiap indikator hasil belajar yang diamati memilki rata-rata peningkatan dengan kriteria tinggi (75,5). Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa di setiap aspek memiliki kriteria sedang (74,71). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media slide power point dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada sub materi vertebrata.Kata kunci : efektivitas pembelajaran, hasil belajar, mediaslide power point, vertebrata
PERBANDINGAN MODEL CPS DENGAN MEA TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA Eli Komariah; Tri Jalmo; Rini Rita T Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to compare the use of Creative Problem Solving models with Means Ends Analysis in improving the scientific attitude and cognitive learning outcomes of students. The study design was a pretest posttest group design were non equivalent. The Samples were students of class XI IPA1and XI IPA2selected by purposive sampling. Qualitative data is a percentage of the scientific attitude of students that analyzed descriptively. Quantitative data were obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain statistically analyzed using t-test and U test. The results showed that the CPS and MEA models can improved the scientific attitude of students with average scientific attitude that had good criteria, the CPS class was 84.90%, and the MEA class was 82.38%. There were significant differences learning outcomes of student in CPS class and MEA class, MEA class (53.00) was higher than CPS class (46.26).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model CPS dengan MEA dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar ranah kognitif siswa. Desain penelitian adalah desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1dan XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa persentase sikap ilmiah siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U. Hasil menunjukan bahwa model CPS dan MEA dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa dengan rata-rata sikap ilmiah sama-sama memiliki kriteria baik, pada kelas CPS adalah 84,90%, dan pada kelas MEA adalah 82,38%. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada kelas CPS dan kelas MEA, kelas MEA (53,00) lebih tinggi dibandingkan pada kelas CPS (46,26).Kata kunci : hasil belajar, model CPS, model MEA, sikap ilmiah, sistem imunitas
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR Sarvia Trisniati; Tri Jalmo; Berti Yolida
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to determine the effect of Jigsawlearning model to students' teamwork skills and learning outcomes of cognitive aspects which the design was pretest posttest for non equivalent groups. The samples were students of XI IPA2 and XI IPA3 which were selected by purposive sampling. The qualitative data was the average score of students' teamwork skills that were analyzed descriptively. The quantitative data were obtained from average score of pretest, posttest, and N-gain then analyzed using t-test and U test. The results showed that the students had an average score of teamwork skills with good criteria (75.00). Students learning outcomes increased with an average N-gain (60.43). Thus, Jigsaw learning model influence in improving students teamwork skills and learning outcomesat human immune system subject matter.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar aspek kognitif siswa dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa rata-rata nilai kemampuan kerjasama siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa memiliki kemampuan kerjasama dengan kriteria baik (75.00). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata N-gain (60.43). Dengan demikian, model pembelajaran tipe Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia.Kata kunci :hasil belajar siswa, kemampuan kerjasamasiswa, model Jigsaw, sistem pertahanan tubuh manusia
PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Rizky Putri Marsyarita; Darlen Sikumbang; Berti Yolida
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine the effectiveness of the implementation of picture media and Problem Based Learning (PBL) model to improve students learning achievement. The study design was a pretest posttest non equivalent. The samples were VIIA and VIIB class which were selected by cluster random sampling. The research quantitative data were obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain that were analyzed using U-test, homegenitas test, t1-test, and t2-test. The results showed that implementation of picture media and PBL model can improved learning achievement with an average of N-gain was 41,25. Thus the implementation of picture media and PBL model was effective to improved students learning achievement on environmental pollution subject matter.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media gambar dan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretes dan postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIA dan VIIByang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U, uji homogenitas, uji t1 dan uji t2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain 41,25. Sehingga pembelajaran menggunakan media gambar dan model pembelajaran PBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan.Kata kunci : hasil belajar, media gambar, model pembelajaran PBL, pencemaran lingkungan
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERTANYAAN SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA Hanni Hanifah; Darlen Sikumbang; Berti Yolida
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to determine relationship between quality of questions with student learning outcomes. The design was descriptive correlational. The samples were students of class XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran that were selected by purposive sampling. Qualitative data was quality of student questions that compare with learning outcomes and quantitative data was learning outcomes from daily examination. The data was tested statistically by using Pearson correlation test (Product Moment). The results showed there was no correlation between quality of students questions and learning outcomes with equal to -0.078. No correlation between quality of student questions and student learning outcomes might caused by the difficulty of the reproductive system subject matter which must be explored specificly, and unsuitable of speech learning method.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kualitas pertanyaan dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu kualitas pertanyaan siswa yang dibandingkan dengan hasil belajar siswa dan data kuantitatif yaitu nilai hasil belajar yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Data yang telah diperoleh diuji statistik menggunakan uji korelasi Pearson (Product Moment). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada korelasi antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar -0,078. Tidak adanya hubungan antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh sulitnya materi sistem reproduksi yang harus digali secara spesifik, serta kurang tepatnya penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran.Kata kunci: hasil belajar, pertanyaan siswa, taksonomi Bloom
KAJIAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI Eliyana Putri; Tri Jalmo; Rini Rita Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study described the result of science learning implementation assessment, that is based on 2013 curriculum. Samples of study was teacher who teaches 4thgrade that chosen by purposive sampling. Data has gotten from learning activity observation list that was compares with proccessing standard, sciencetific approach, and tematic integration. The result showed that implementation of 4th grade learning activity had suitability with proccessing standard the average was 68,03% at medium category. suitablewith the sciencetific approach average was 71,5% at high category and tematic integration, average was 68,75% athigh category. Therefore science learning implementation based on 2013 curriculumin Enggal district was medium category.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA kurikulum 2013. Sampel penelitian adalah guru kelas yang mengajar kelas IV yang dipilih secara purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik dan tematik integratif. Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada kegiatan pembelajaran kelas IV memilikikesesuaian dengan standar proses dengan presentase skor rata-rata 68,03% berkategori sedang,sesuai dengan pendekatan saintifik dengan persentase skor rata-rata 71,5% berkategori tinggi dan telah sesuai dengan pembelajaran tematik integratifdengan persentase skor rata-rata 68,75% berkategori tinggi. Dari semua data yang didapatkan maka dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SD kecamatan Enggal berkategori Sedang.Kata kunci : kurikulum 2013, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, standar proses,tematik integratif
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Destya Norrahmah; Tri Jalmo; Rini Rita T Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to determine improvement of students activities and learning outcomes. Samples were X1 and X2 SMAN 1 Trimurjo 2013/2014 Academic Year were selected by purposive sampling and research design was pretest posttest non-equivalen group. Quantitave data were obtained from pretest posttest average value which analysed statisticly. Qualitative data were learning activity, respond questionare, and involved questionare which analyzed descriptively. The results showed percentage average of students activity on whole aspect in good criteria (75,91%). Most of students gave positive responds and involved on Problem Based Learning (PBL). PBL could increased students learning outcomes with N-gain average of high criteria (74,10%). Learning outcomes improvement for cognitive indicators (C2 and C4) with N-gain average of high criteria (79,17%), C2 cognitive indicator and C4 cognitive had medium criteria (69,02%). It was obvious that PBL could increased students activity and learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 SMAN 1 Trimurjo TP 2013/2014 yang dipilih secara purposive sampling dan desain penelitian pretes postes kelompok non-ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar, angket tanggapan, dan angket keterlibatan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek berkriteria baik (75,91%). Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap model PBL dan terlibat dalam proses pembelajaran PBL. Penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain yang berkriteria tinggi (74,10%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada semua indikator kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria tinggi (79,17%) untuk indikator kognitif C2; dan indikator kognitif C4 berkriteria sedang (69,02%). Dengan demikian penggunaan model PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model PBL

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2023): JURNAL BIOTERDIDIK Vol 10, No 3 (2022): JURNAL BIOTERDIDIK Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Bioterdidik Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Bioterdidik Vol 9, No 3 (2021): Jurnal Bioterdidik Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Bioterdidik Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Bioterdidik Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Bioterdidik Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Bioterdidik Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 6 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 5 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 7 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 6 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 5 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 10 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 9 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 8 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 7 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 6 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 6 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 5 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 10 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 9 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 8 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 7 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 6 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 5 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 6 (2013): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 5 (2013): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 4 (2013): bioterdidik Vol 1, No 3 (2013): jurnal bioterdidik Vol 1, No 2 (2013): bioterdidik Vol 1, No 1 (2013): bioterdidik More Issue