cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016)" : 12 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA HANDS-ON EQUATIONS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR SISWA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDARI Fauzan .; Fahinu .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.36 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran aljabar siswa kelas VII SMP Negeri 2 kendari setelah diajar dengan pembelajaran yang menggunakan media Hands-On Equations dan diajar dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media Hands-On Equations serta mengetahui perbedaan efektivitas penerapan pembelajaran matematika yang menggunakan media Hands-On Equations dan pembelajaran matematika yang tidak menggunakan media Hands-OnEquations terhadap kemampuan penalaran aljabar siswa kelas VII SMP Neg 2 kendari. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu, (1) Pada Kelas yang diajar dengan menggunakan media Hands-On Equaions diperoleh tingkat penguasaan penalaran aljabar siswa tergolong pada kategori kurang, cukup dan tinggi sedangkan pada kelas yang diajar tanpa menggunakan media Hands-On Equations diperoleh tingkat penguasaan penalaran aljabar siswa tergolong pada kategori sangat kurang, kurang dan cukup (2) Pembelajaran yang menggunakan media Hands-On Equations lebih efektif daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media Hands-On Equations untuk melatih kemampuan penalaran aljabar siswa SMP Neg 2 Kendari.Kata Kunci:  efektivitas, hands-on equations, kemampuan penalaran aljabar
PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 9 KENDARI YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KONVENSIONAL Sadaria .; La Ode Ahmad Jazuli
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.433 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3056

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menggambarkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP Negeri 9 Kendari dengan model pembelajaran TSTS. (2) Untuk menggambarkan kemampuankomunikasi matematik siswa SMP Negeri 9 Kendari dengan pembelajaran konvensional. (3) Untuk menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan pembelajaran TSTS dan konvensional. Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan, (1) kemampuan komunikasi matematik siswa SMP Negeri 9 Kendari dengan pembelajaran TSTS pada materi SPLDV diperoleh nilai minimum 62,5, nilai maksimum 100, nilai median 79,17, nilai modus 91,67, nilai rata-rata 79,30, standar deviasi 12,61 dan varians 159,12, (2) kemampuan komunikasi matematik siswa SMP Negeri 9 Kendari dengan pembelajaran konvensional pada materi SPLDV diperoleh nilai minimum  54,17, nilai maksimum 87,5, nilai median 70,83, modus 75, nilai rata-rata 70,20, standar deviasi 9,4dan varians 88,36. (3) Kemampuan komunikasi matematik siswa SMP Negeri 9 Kendari dengan model pembelajaran TSTS berbeda secara nyata dengan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan pembelajaran konvensional.  Kata Kunci: two stay two stray, kemampuan komunikasi matematik, konvensional
PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KENDARI Gede Ardi Dwiantara; La Masi
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.864 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3052

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari dan dipilih sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif matematik berbentuk uraian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan : (1) Proses pembelajaran dengan menggunakanpendekatan open-ended pada kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari tergolong baik. Ketercapaian pembelajaran selama 5 pertemuan berturut turut adalah 70,59%, 100%, 94,12%, 82,35% dan 100%. (2) Rata rata N-Gain kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan pendekatan open-ended adalah 0,3639 yang tergolong sedang. (3) Rata rata N-Gain kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 0,3775 yang tergolongsedang. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran open-ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari.Kata Kunci : pendekatan, open-ended, berpikir kreatif matematik
EFEKTIVITAS PENGGUNAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KENDARI Sry Novita M; Mustamin Anggo
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (875.33 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3057

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided discovery (2) Untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery lebih baik daripadasiswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis data dan pembahasandiperoleh kesimpulan: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika yang signifikan pada kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran guided discovery. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika yang signifikan pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaranmatematika yang mengikuti model pembelajaran guided discovery lebih baik secara signifikan daripada yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konvensional.  Kata Kunci: guided, discovery, berpikir kritis matematik
DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DI SMPN KOTA KENDARI Ady Akbar; Kadir .; Latief Sahidin
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.439 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3048

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika melalui pendekatan ilmiah (Scientific Approach) di SMPN Kota Kendari, (2) mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan ilmiah(Scientific Approach) di SMPN Kota Kendari. Sumber data penelitian terdiri atas responden dan informan. Responden penelitian ini adalah guru di SMPN Kota Kendari. Adapun informan meliputi siswa dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Penentuan sumber data menggunakan teknikpurposivel sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru telah memenuhi komponen-komponen yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013 yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 81A Lampiran IV. (2)Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan ilmiah (Scientific Approach) belum sepenuhnya sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Konsep 5M sebagai subtansi Kurikulum 2013 tidak terlaksana secara runtut dan simultan. Bahkan, belum ada perbedaan relatif berarti antara pelakasanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan pelasanaan pembelajaran kurikulum sebelumnya. Kata kunci: Pendekatan ilmiah, rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SETTING RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 10 POLEANG SELATAN BOMBANA Hartuti .; Hafiludin Samparadja; Awaludin .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.964 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3053

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A  SMP Negeri 10 Poleang Selatan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD setting Reciprocal Teaching pada pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar. Dari hasil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: (1) Rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I adalah 66,25atau 55% dan siklus II ialah 82,7 atau 90%. (2) Persentase aktivitas guru pada siklus I ialah 62,49% mengalamipeningkatan  menjadi 91,66% pada siklus II (3) Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 53,49% pada siklus I menjadi 86,15% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan diatas, dapat disimpulakan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Poleang Selatan pada pokok bahasan Faktorisasi Bentuk Aljabar dapat meningkatkan hasil belajar  melalui Settingan Reciprocal Teaching dan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: hasil belajar; STAD; reciprocal teaching
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI Sunar Adianto; Muhammad Sudia; La Misu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.873 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3058

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui deskripsi tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (2) Untuk mengetahui deskripsi tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (3)Untuk  mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 4  Kendari pada materi TeoremaPythagoras. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai minimum 37,50, nilai maksimum 93,75, nilai rata-rata 70,53, deviasi standar 13,77 dan varians 189,73. (2) kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan menggunakanpembelajaran konvensional memiliki nilai minimum 31,25, nilai maksimum 81,25, nilai mean 57,67, standar deviasi 12,69 dan varians 161,04 (3) Terdapat pengaruh  yang signifikan model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Kendari padamateri Teorema Pythagoras.  Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah; kemampuan penalaran matematis
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 10 KENDARI PADA MATERI PANGKAT, AKAR DAN LOGARITMA Aufal Kausar; Kadir Tiya; Utu Rahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.471 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3049

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 10 Kendari pada materi pangkat, akar dan logaritma melalui pendekatan pembelajaran problem posingDari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswadapat ditingkatkan. Hal ini diketahui pada tes awal, sebanyak 3 orang siswa atau sekitar 10% siswa berhasil mencapai nilai diatas  KKM yaitu 65. Pada siklus I sebanyak 11 orang siswa atau sekitar37% siswa memperoleh nilai diatas  KKM yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajarmatematika siswa pada hasil tes siklus I sebesar 27% (8 siswa) dibandingkan hasil tes awalKemudian terjadi peningkatan sebesar 30% (9 siswa) pada hasil tes siklus II yaitu 20 siswa atau sekitar 67% siswa memperoleh nilai diatas KKM. Pada hasil tes siklus III menunjukkan 27 siswaatau sekitar 90% siswa memperoleh nilai diatas  KKM. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 23% (7 siswa).Kata Kunci: pembelajaran problem posing, hasil belajar matematika, logaritma
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK-TALK-WRITE) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-5 SMP N 2 RAHA La Ode Muhammad Sabrin Fajar; Muhammad Sudia
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.807 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3054

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan maslah siswa kelas VIII-5 SMP N 2 Raha melaui penerapan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write). Hasil tes tindakan siklus I menunjukan bahwa sebanyak 2 siswa dari 31 siswa telah memperloleh nilai minimal ≥70  dengan presentase kentutasan secara klasikal sebesar 6%. Hal demikian belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan, dimana kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) baru mencapai 81,82%, sedangkan hasil tes siklus II menunjukan peningkatan dibandingkan dengan hasil tes siklus I yaitu sebanyak 2 dari 31 orang siswa atau 6% telah memperoleh nilai ≥ 70, sedangkan pada siklus II yaitu sebanyak 28 dari 32 siswa atau 88% telah memperoleh nilai ≥ 70  sehingga dari segi hasil indikator keberhasilan telah tercapai , sedangkan dari segi proses pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang telah di tetapkan, dimana kegiatan pembelajaran mencapai 93,33%.. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I, dan II maka disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Raha dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think- Talk- Write)pada materi kubus dan balok dapat ditingkatkan.Kata Kunci : Meningkatkan, TTW (Think-Talk-Write), Pemecahan Masalah
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KENDARI) Wa Ode Agustiva; La Ndia; Ikman .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.727 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v4i1.3059

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesalahan-kesalaha yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal statistika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. (2) untuk mengetahuifaktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4Kendari Tahun Ajaran 2014/2015 pada kelas VII2. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes dan hasil wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soalstatistika ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan prosedurual. 2) Faktor- faktor yang menyebabkan siswa kelas VII2 SMP Negeri 4Kendari melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika yaitu siswa tidak memahami soal dengan baik, sehingga siswa tidak mampu mengubah suatu permasalahan kedalam bentuk matematika, siswa kurang memahami bagaimana cara memperoleh mean atau nilai rata-rata, median atau nilai tengah.  Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, 0bjek matematika, hasil jawaban siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 12