cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal CARE
ISSN : 23552034     EISSN : 25279513     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical studies in the field of care-giving, child protection and child nutrition and health.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018)" : 7 Documents clear
PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK Alif Muarifah; Prima Suci Rohmadheny
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.172 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kegiatan kolase terhadap keterampilanmotorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini melibatkan 14 anak yang ditemukan memiliki capaianperkembangan motorik halus yang rendah dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi dan dianalisis menggunakan menggunakan Uji-t melalui program SPSS. Hasilanalisis menunjukkan bahwa kegiatan kolase berpengaruh sangat signifikan terhadap perkembanganketerampilan motorik halus anak (t-hitung = -12, 916 dengan p=0,000). Korelasi motorik halus anaksebelum dan sesudah dilakukan treatment menggunakan kegiatan kolase sangat kuat dengan nilai r=0,992atau mendekati nilai 1 dan signifikan pada taraf kepercayaan 95% karena p<0,05. Berdasarkan hasilanalisis dapat disimpulkan bahwa pemberian kegiatan kolase berpengaruh sangat signifikan terhadapperkembangan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun, sehingga kegiatan kolase dapatdirekomendasikan sebagai alternatif untuk membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KUCING-KUCINGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK RT 17 KEJURON KOTA MADIUN Indrawati Indrawati
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.386 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok BRT 17 Kejuron melalui permainan tradisional kucing-kucingan pada aspek keseimbangan,kecepatan dan kelincahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroomaction research) kolaboratif. Subyek penelitian kelompok B yang berjumlah 24 anak.Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknikanalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkan peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B dari aspekkeseimbangan pra tindakan 25.00%, siklus I menjadi 44.45% dan siklus II sebesar83.33%. Aspek kecepatan pra tindakan sebesar 12,50%, siklus I menjadi 44.44% dansiklus II sebesar 83.34%. Aspek kelincahan pra tindakan 8,33%, siklus I menjadi 36.16%dan siklus II sebesar 79.17% dari jumlah anak. Secara keseluruhan kemampuan motorikkasar anak berada dalam keadaan cukup baik sebesar 65.28% meningkat pada siklus 1menjadi 77.62% dan meningkat pada siklus II menjadi 93.75% sehingga dari hasil tersebutdapat dikatakan berhasil karena 75% dari jumlah anak mencapai indikator kemampuanmotorik kasar pada kriteria baik.
PENGARUH PERCOBAAN SAINS LUKISAN LILIN TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK Veny Iswantiningtyas
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.683 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhpercobaan sains lukisan lilin terhadap kedisplinan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanakDharma Wanita Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitianadalah semua anak kelompok B Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Kecamatan PlosoklatenKabupaten Kediri. Penelitin ini menggunakan desain penelitian PreExperimental Design jenis OneGroup Pretest-Posttest Design. Analisis data menggunakan statistik non parametik uji jenjangwilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan percobaansains lukisan lilin terhadap kedisipinan anak usia dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA DEMANGAN KOTA MADIUN Tutik Eko Wahyuni
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.81 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara metode bercerita denganmenggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicaraanak dan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode berceritadengan media buku cerita bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK), tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasiaktivitas anak dan guru. Subjek penelitian yaitu kelompok B berjumlah 14 orang anakyang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Penelitian dilakukandalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat tiga kali pertemuan. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar dalampembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Terbukti denganhasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75% atau nilairata-rata 4, yaitu pada hasil akhir di siklus kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicaraanak 4,25 atau dalam kriteria baik dan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Dari hasilpenelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan metode bercerita dengan mediabuku cerita bergambar karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara padaanak usia dini.
IDENTIFIKASI KEBERADAAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI (BUKAN) KAMPUNG IDIOT Prima Suci Rohmadheny
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.459 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan anak usia dini berkebutuhan khususpada suatu wilayah di Jawa Timur. Stigma yang diberikan oleh berbagai media baik cetak maupun onlinebahwa wilayah ini disebut sebagai Kampung Idiot, menjadi dorongan peneliti untuk mengeksplorasi lebihjauh tentang kampung ini khususnya pada kajian anak usia dini. Peneliti mengambil lokasi dengan jumlahpenduduk dewasa terbanyak yang mengalami gangguan perkembangan, dengan asumsi diantara merekaada anak usia dini yang mengalami hambatan perkembangan pula. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara takterstruktur dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan mengunakan model miles & hubbermandengan alur pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa jumlah anak usia dini berkebutuhan khusus sebelum tahun 2014 dansetelah tahun 2014 mengalami perubahan. Ditemukan data sebelum tahun 2014 sebanyak 8 anak.Kemudian setelah tahun 2014 data anak usia dini yang semulai 8 anak diperoleh rincian: 4 anak telahbergabung dalam pendidikan prasekolah, 2 orang anak di rumah, 1 anak telah mengikuti orangtua ke luarkota dan 1 anak lainnya telah meninggal dunia. Maka, data terakhir anak usia dini berkebutuhan khusus disini tersisa 5 anak.
Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar Syamsuardi Syamsuardi; Hajerah Hajerah
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.363 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan pada lembaga PAUDdi Kota Makassar, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemilihan model pembelajaran danuntuk mengetahui keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran dengan tingkat kepercayaanmasyakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu suatu metode yangmengamati, menganalis dan menggambarkan fenomena yang terjadi yang meliputi: planing, organizing,actuating, controlling dan faktor-faktor yang memiliki kontribusi terhadap penerapan model pembelajaranpada satuan PAUD di Kota Makassar. Jenis dan sumber data menggunakan jenis data kualitatif dengansumber data responden yang dibagi menjadi dua yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Dengandemikian peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data.Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Makassar. Pemilihaninforman dilakukan dengan menggunakan tehnik tehnik cluster random sampling dengan teknik analisisdata mengikuti langkah- langkah seperti yang dianjurkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data,display data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaanmodel pembelajaran di taman kanak-kanak kota makassar pada umumnya digunakanmodel pembelajaransentra, kelompok dan area yang didominasi oleh model pembelajaran sentra. Adapun faktor yangmempengaruhi penerapan model pembelajaran adalah ketersediaan sumber daya manusia dan saranaprasarana lembaga. Sementara keterkaitan tingkat kepercayaan masyarakat dengan penggunaan modelpembelajaran ditemukan bahwa penggunaan model sentra memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yanglebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN Turina Dyah Puspitorini
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.654 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaanmelalui penggunaan media papan flanel pada anak kelompok B di TK Negeri PembinaKecamatan Taman Kota Madiun. Kemampuan membaca permulaan yang diteliti yaitumengenalkan simbol-simbol huruf, membaca kata yang memiliki huruf awal yang sama,menghubungkan gambar dengan kata, dan membaca gambar yang memiliki kalimatsederhana.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan olehKemmis dan Mc. Taggart dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 19anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Metodepengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisisdata yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca permulaan anak dengan kategori baiksudah mencapai persentase minimal sebesar 75%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapatditingkatkan dengan menggunakan media papan flanel. Keberhasilan tersebut dilakukandengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) guru mempersiapkan media papan flanelbeserta item-itemnya, (2) guru memberi contoh cara mengenali huruf dan membaca kata,(3) guru memberi contoh membaca gambar bertuliskan kalimat sederhana, (4) anak diberikesempatan untuk melihat, dan menempel ataupun melepas item-itemnya, (5) gurumemberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membacapermulaannya masih sulit, (6) guru mendampingi dan memotivasi anak. Hasil observasidapat dilihat dari meningkatnya kemampuan membaca permulaan untuk kriteria baik padasetiap siklusnya, pada saat pra tindakan menunjukan hasil 26,32%, kemudian mulaimeningkat pada siklus I yaitu 52,63% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi84,21%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7