cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal CARE
ISSN : 23552034     EISSN : 25279513     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical studies in the field of care-giving, child protection and child nutrition and health.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): Januari" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI FILSAFAT PERENIALISME DALAM KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Nadiya Ulya; M Maemonah
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini yaitu era modern yang dianggap sebagai sebuah symbol atau tanda kemajuan dalam berpikir, sehingga hal tersebut menjadi tonggak kemanusiaan dalam membentuk sebuah hubungan lebih baik satu sama lain. Akan tetapi tidak semua orang yang dapat merasakan dampak dari kemajuan tersebut, jika melihat kondisi kemanusiaan yang ada pada saat ini maraknya terjadi kemerosotan akhlak dan kekerasan, padahal mereka yang melakukan hal tersebut hidup pada era modern yang jauh lebih maju dari masyarakat yang hidup di era pra-modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran perenialisme dapat diimplementasikan pada kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Research), dengan pendekatan kualitatif . Pengambilan sumber data melalui pengamatan dan menelaah yang mendalam guna menjaga kualitas data menjadi baik selain itu juga peneliti melakukan wawancara kepada salah satu guru TK Qurratul ‘Ain. Adapun observasi yang dilakukan dengan melihat fakta yang sedang terjadi dalam pendidikan anak usia dini. Pendidikan menurut pemikiran perenialisme adalah menekankan pada nilai-nilai luhur dan norma-norma agama dan memberikan latihan dan pembinaan dalam berpikir selama proses pembelajaran merupakan hal yang penting, dalam hal ini pendidik lebih dominan dari pada anak murid. Filsafat perenialisme dalam kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini merupakan sebuah upaya pembentukan karakter anak yang memiliki moral, menjunjung tinggi nilai kebaikan yang yang bernilai luhur. Dalam proses belajar tentunya diperlukan interaksi antara pendidik dan peserta didik, pendidik memerlukan metode dalam pembelajaran agar lebih menyenangkan.
Media Bola Aritmatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kurnia Shafa; Astuti Darmiyanti; Nancy Riana
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berhitung anak perlu distimulasi sejak dini. Hal itu perlu dilakukan  menggunakan kegiatan yang menyenangkan. Nyatanya di PAUD Naratas kemampuan berhitung anak rendah. Oleh karena itu    penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok A PAUD Naratas Rawamerta Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2020/2021 melalui media bola aritmatika. Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas dengan  model Kemmis dan Mctaggart. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelompok A PAUD Naratas yang berjumlah   15 anak. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak. Pada pra siklus kemampuan berhitung anak sebesar 30,4% dan meningkat sebesar 22,6% pada siklus 1 menjadi 53%, kemudian meningkat kembali sebesar 24% pada siklus II menjadi 77%. Berdasarkan hal tersebut ditemukan bahwa peningkatan terjadi melalui penggunaan  media bola aritmatika disetiap siklusnya.  
STRATEGI PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF KELOMPOK B ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Indri indri Ristiani; Lily Yuntina
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe purpose of this study was to find out and obtain information about the strategy for developing cognitive aspects of early childhood in distance learning through playing while learning activities using smart tree learning media in an effort to recognize initial numbers. The object of group B students at TKIT Mafaaza Bekasi City, consisting of 8 male students and 12 female students. The qualitative descriptive research approach and the type of classroom action research with the Kemmis Taggart model, consisting of 2 cycles, each cycle has 4 stages, namely observation, planning, implementation and observation/reflection. The concept of distance learning with virtual zoom with a child - centered learning strategy where the teacher is a facilitator and motivator . Data collection techniques are interviews, observations and documentation. The results showed that the development of cognitive aspects with learning activities while playing using smart trees in the early observation / pre-cycle 42% category began to develop. After the first cycle reached 57% the category of children developed as expected and after the second cycle the average development of cognitive aspects was 81% the cognitive category developed very well.Keywords: Early Childhood Cognitive Development Aspects, distance learning strategies.   AbstrakTujuan penelitian ini  untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang  Strategi Perkembangan aspek kognitif anak usia dini  pada pembelajaran jarak jauh melalui kegiatan bermain sambil belajar menggunakan  media pembelajaran  pohon pintar dalam upaya pengenalan angka permulaan  . Objek pada  siswa kelompok B di TKIT Mafaaza Kota Bekasi,  terdiri 8 siswa  laki-laki dan 12 siswa  perempuan Pendekatan penelitian  deskriptif kualitatif dan  Jenis penelitian tindakan kelas dengan  model Kemmis Taggart, terdiri dari 2 siklus setiap siklus ada 4 tahapan yaitu observasi, perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan/ refleksi. Konsep pembelajaran jarak jauh dengan virtual zoom  dengan strategi pembelajaran  berpusat pada anak dimana guru sebagai fasilitator dan motivator . Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan  aspek kognitif  dengan kegiatan  belajar sambil bermain dengan menggunakan pohon pintar pada observasi awal / pra siklus 42% kategori mulai berkembang. Setelah dilakukan siklus I mencapai 57%  kategori anak berkembang sesuai harapan dan Setelah dilakukan siklus II rata-rata perkembangan aspek kognitif sebesar  81%  kategori kognitif berkembang sangat baik.Kata kunci: Aspek Perkembangan Kognitif anak usia dini , Strategi pembelajaran jarak jauh .
PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP DI MASA PANDEMI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERVARIASI PADA KELOMPOK B TK AN-NUR MULIA Mulyati Mulyati; Lily Yuntina
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to find out and obtain information about the learning outcomes of students' language skills using the conversational method using Varied Picture Media in Group B of An-nur Mulia Kindergarten Gunungsindur, Bogor District, for the 2019/2020 school year.Approach to qualitative research, the type of classroom action research, the action model from Kemmis Taggart which consists of Pre-cycle, Cycle I and Cycle II. Each Cycle consists of Planning, Implementation, Observation and Reflection Activities, data collection techniques in the form of interviews, observations and documentation. The population of this study were all students of PAUD An-Nur Mulia. The research subjects were in a group of 12 students. The results of classroom action research on pre-cycle activities were only 42% of the student categories began to develop in the first cycle of 68% developing as expected and after doing the second cycle there was an increase to 81% developing very well.Keywords: Early Childhood Learning, Conversation Method, Varied Picture Media  
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Balok di PAUD PLAMBOYAN 3 KARAWANG Nurhandayani Nurhandayani
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan bermain balok. Penelitian ini dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dengan subjek penelitian 6 orang anak. Data awal observasi 66,7% atau 4 orang anak belum mengenal bentuk geometri ( lingkaran, persegi, dan segitiga), anak belum bisa menentukan arah kanan dan kiri, belum mengenal warna serta merancang suatu bentuk menjadi bangunan sederhana dengan menggunakan balok. Sedangkan sisanya 2 orang anak atau 33,3% sudah mulai berkembang dalam menunjukkan kecerdasan visual spasialnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak pada siklus I sebesar 45,6% dan siklus II sebesar 79% pada indikator sebagai berikut : 1.) Anak mengenal bentuk goemetri, 2.) Anak mengenal arah kanan dan kiri, 3.) Anak mengenal warna, 4.) Anak mengenal gambar dan nama bangunan, 5.) Merancang suatu bangunan sederhana, 6.) Memahami persamaan dua bentuk, 7.) Memahami perbedaan dua bentuk. Peneliti berharap dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan penelitian kembali kedepannya, dan dijadikan sebagai sumber penelitian bagi penelitian yang relevan. 
PEMANFAATAN VLOG BAGI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 TAHUN Afifah Dwi Gusmawati; Tri Sayekti; Luluk Asmawati
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat vlog bagi kemampuan berbicara anak usia 5 tahun. Subyek pada penelitian ini yaitu anak usia 5 tahun beserta orang tuanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode narrative research dengan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini berjumlah 1 anak dan orang tua yang memiliki Channel Youtube bernama DenDis. Instrumen yang digunakan unuk mengumpulkan data adalah lembar wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya manfaat vlog bagi kemampuan berbicara anak usia 5 tahun tidak terlepas dari peran orang tua yang membimbing, mengajarkan, dan memotivasi anak untuk lancar berbicara di depan kamera, mengetahui banyak kosakata baru yang anak belum ketahui serta anak memahami bagaimana berbicara yang baik dan dapat dipahami oleh orang lain. 
KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kualitatif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Andika Cilegon-Banten) Henny Nurhaeny; Tri Sayekti; Luluk Asmawati
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam kegiatan menggambar selama pandemi covid-19, 2) Mendeskripsikan metode yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun, dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam menggambar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 TK Andika Cilegon dengan anak usia dini 5-6 tahun. Hasil penelitian ini adalah: 1) karya yang diciptakan oleh anak-anak Kelompok B1 TK Andika memiliki nilai kreativitas yang tinggi dilihat dari nilai kefasihan, keluwesan, elaborasi, dan orisinalitas yang baik. 2) Metode yang mendukung kreativitas seni anak di TK Kelompok B1 Andika Cilegon adalah menggambar bebas dengan awalan bentuk datar. 3) Faktor pendukung pengembangan kreativitas seni anak di kelompok B1 adalah adanya sarana prasarana sekolah, guru yang kompeten, dan tingginya kemauan anak untuk menggambar, sedangkan faktor penghambat perkembangan kreativitas anak di kelompok B1 TK Andika adalah keterbatasan jam jurnal pagi akibat pandemi covid-19 dan faktor emosi anak yang tidak menentu.
KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI Nur cahya Chahyani
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 2 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractCurrently the world is busy talking about the Corona Virus outbreak.  The existence of the covid-19 virus in Indonesia currently has an impact on the entire community, where all outdoor activities are limited, people are prohibited from approaching crowds, social distancing (Social Distancing) and maintaining physical distance, the aim is to prevent the wider spread of COVID-19. Teacher creativity during a pandemic requires technological adaptation.  Technology provides convenience in delivering information or learning materials so that learning activities do not become a special obstacle when learning online. This study aims to determine how creative teachers are in kindergarten.  Barunawati II West Jakarta in the learning process is expected to be achieved properly where there is a creativity teacher who uses learning media, whatsapp applications, zoom, learning videos, home visits, limited face-to-face, utilizing technological sophistication that attracts students' attention which makes abstract concepts more interesting.  concrete and easy to understand.Keywords: teacher creativity, study pandemic period   AbstrakSaat ini dunia sedang ramai memperbincangkan mengenai wabah  Virus Corona. Adanya virus covid-19 di Indonesia saat ini berdampak bagi seluruh masyarakat, dimana segala kegiatan diluar ruangan dibatasi, masyarakat dilarang mendekati keramaian, pembatasan sosial (Sosial Distancing) dan menjaga jarak fisik, tujuannya agar tidak terjadi penyebaran covid-19 lebih luas lagi. Kreativitas guru di masa pandemi memerlukan adaptasi teknologi. Teknologi memberikan kemudahan dalam penyampaian informasi atau materi belajar sehingga kegiatan pembelajaran tidak menjadi kendala khusus pada saat pembelajaran dalam jaringan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru di TK. Barunawati II Jakarta Barat dalam proses pembelajaran diharapkan dapat tercapai dengan baik di mana  benar  adanya guru kreativitas  yang menggunakan media pembelajaran aplikasi whathsapp, zoom, vidio pembelajaran, home visit, tatap muka terbatas,  memanfaatkan kecanggihan teknologi yang menarik perhatian siswa yang menjadikan konsep abstrak menjadi lebih konkrit dan mudah dipahami.Kata kunci: kreativitas guru, pembelajaran masa pandemi 

Page 1 of 1 | Total Record : 8