cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 2655870X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Dinamika is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. Dinamika aims to provide a platform for the publication of the most advanced high-quality research in the areas of learning, development, instruction, and teaching at elementary level.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015" : 10 Documents clear
PENERAPAN LATIHAN SHADOW DALAM UPAYA MENINGKATKAN KELINCAHAN PADA MATERI PERMAINAN BULUTANGKIS Sukesih, Sukesih
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. The aim of this research was to get the information about an effort to improve the students agility through shadow training. The action hypothesis of this research was as follow: by using shadow training, the students’ learning achievement of the six graders of SD Negeri 2 Sokaraja in academic year 2012/2013 got improvement. The method and the design of this research was Classroom Action Research (CAR) held in 3 research cycles, each cycle had planning, acting, observing, and reflecting. The variable of this research was independent variable in this research was an effort to improve agility. The subjects of this research were the six garders of SD Negeri 2 Sokaraja in academic year 2012/2013, with 20 students (10 boys and 10 girls). The instrument of the research and the data used in this research was gained from the students’ performance of psychomotor, affective test and cognitive test as well as the activity of observation by two observers. Based on the result of the data analysis, it could be concluded that the implementation of shadow training could improve the students’ agility and learning achievement for the six graders of SD Negeri 2 Sokaraja in academic year 2012/2013. Key Words: shadow training, agility.  Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang upaya meningkatkan kelincahan dengan menggunakan latihan shadow. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: dengan menggunakan latihan shadow, kemampuan dalam hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Sokaraja Kulon tahun ajaran 2012/2013 meningkat.                 Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus penelitian, masing-masing siklus ditempuh melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel penelitiannya terdiri dari variabel bebas (independen) yaitu: Pembelajaran upaya peningkatan kelincahan menggunakan latihan shadow. Sedangkan variabel terikat (dependen) dalam penelitian ini adalah: upaya peningkatan kelincahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Sokaraja Kulon tahun ajaran 2012/2013, dengan jumlah 20 peserta didik terdiri atas 10 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian dan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan dilakukan tes unjuk kerja psikomotoris, tes afektif dan tes kognisi serta lembar pengamatan aktivitas peserta didik melalui dua orang pengamat.                Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan latihan shadow dapat meningkatkan kelincahan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Sokaraja Kulon tahun ajaran 2012/2013. Kata Kunci: Latihan shadow, kelincahan.
PENGARUH LATIHAN NAIK TURUN BANGKU TERHADAP TINGGI LONCATAN SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRA KULIKULER BOLA VOLI SD NEGERI 2 KUMEJING TAHUN 2014 Ismoko, Anung Probo
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Naik Turun Bangku terhadap tinggi loncatan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli SD Negeri 2 Kumejing Tahun 2014.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli SD Negeri 2 Kumejing Tahun 2014 yang berjumlah 15 siswa putra. Treatment diberikan 3 kali seminggu selama 6 minggu atau 16 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan pengukuran yang dilakukan sebelum (Pretest) dan sesudah (Posttest) perlakuan. Instrumen dalam pemberian pretest dan posttest dengan pengukuran Loncat Tegak (Vertical Jump). Uji-t digunakan untuk membandingkan nilai rerata dari hasil pretest- posttest sebelum dan sesudah perlakuan pada sampel yang sama.Hasil analisis menunjukan bahwa nilai t hitung Naik Turun Bangku adalah sebesar 2.368 > nilai t tabel 2.10 dan nilai signifikansi sebesar 0.025 < taraf signifikansi 0.05, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan tinggi loncatan antara pre test dan post test.Kata kunci: Latihan Naik Turun Bangku, Loncatan, Bola Voli. 
PERANGKAT PEMBELAJARAN BUMI DAN RUANG ANGKASA BERBASIS MULTIMEDIA Anggoro, Subuh
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. The purpose of this study is to determine the increase in achievement of students who take courses in Earth and Space with the use of multimedia instructional media and guided discussion. The method used is the CAR method, which consists of 4 stages from planning, action, evaluation and reflection. Subjects were all students who took this course. The results showed that (1) The average value increased from 67.7 in the academic year 2009/2010 be 81.2 in 2019/2011. The number of students of students who scored above 70 in this academic year  reached 94.3%, whereas in the previous year just only 69.8%. Thus multimedia instructional media and guided discussions can improve student achievement. Keywords : space  and earth course, achievement, CAR Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bumi dan Ruang Angkasa dengan menggunakan media pembelajaran multimedia dan disakusi terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK yaitu terdiri dari 4 tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV kelas C yang mengambil mata kuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata meningkat dari 67,7 pada tahun akademik 2009/2010 menjadi 81,2 pada 2019/2011. Jumlah mahasiswa didik yang mendapat nilai diatas 70 pada tahun akademik 2009/2010 mencapai 94,3%, sedangkan pada tahun sebelumnya baru mencapai 69,8%. Dengan demikian media pembelajaran multimedia dan diskusi terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci : bumi dan ruang angkasa, prestasi belajar, PTK
KEMAMPUAN DASAR BERMAIN KASTI SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI KEMBANGSONGO Putro, Danang Endarto
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar bermain kasti siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kembangsongo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya berupa tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa  kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kembangsongo tahun ajaran 2014/2015, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kemampuan dasar bermain kasti dengan menggunakan 5 kategori yaitu kategori baik sekali, baik, cukup baik, kurang baik, dan sangat kurang baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar bermain kasti siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kembangsongo tahun ajaran 2014/2015 secara keseluruhan adalah 3 siswa (10,34%) mempunyai kategori sangat baik, 9 siswa (31,03%) mempunyai kategori baik, 11 siswa (37,93%) mempunyai kategori cukup baik, 4 siswa (13,79%) mempunyai kategori kurang baik, dan 2 siswa (6,90%) mempunyai kategori sangat kurang baik. Frekuensi terbanyak pada interval 65 < X ≤ 69. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan dasar bermain kasti siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kembangsongo tahun ajaran 2014/2015 secara keseluruhan adalah berkategori cukup baik. Kata kunci: Kemampuan Dasar, Bermain Kasti
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERBASIS PERMAINAN Ariyati, Tatik
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. The objective of this research was to increased read beginning through visual media. It was an action research conducted in Banyumas, Central Java in 2013. The stage of this action research were consist of plan, act, observe, and reflect. The subject of this research was the kindergarten students of TK Aisyiah, Rawalo, Banyumas that had read beginning problems. The method used in collecting data was a non test method which consist of survey records based on observation and observation photos. Based on the increased percentage so the hypothesis can be accepted. Futhermore it can be concluded that visual media can increase read beginning for kindergarten students. The implication of this research is that visual media can be an alternative way to read beginning for kindergarten students. The implementation of visual media in read beginning at school was involved by few factors such as teacher’s ability, school facilities, and students. By the synergy of those factors students counting ability would optimally increase.Keywords: read beginning, visual media, and an action research. Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Rawalo, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa TK Aisyiyah Rawalo, Banyumas yang mempunyai masalah dalam kemampuan membaca permulaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mempergunakan observasi dengan menggunakan instrument lembar observasi kemampuan membaca permulaan, wawancara atau tanya jawab serta dokumentasi yang berupa foto kegiatan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif mencapai 75% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa setelah diberikan perlakuan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan yang terjadi pada anak didik, dari kondisi awal, siklus I sampa pada siklus II yaitu 75,88%. Peningkatan tersebut artinya melampaui target sehingga hipotesis dapat diterima. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan untuk Taman Kanak-kanak dan dapat menjadi salah satu metode pembelajaran.Kata kunci      : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Gambar
HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK OTOT LENGAN DENGAN PRESTASI TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING PADA SISWA KELAS VI Kuryanto, Kuryanto
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. The research was concuted with the aims to find out the correlation between the biceps explosive power and shot-put achievement of sideways style of the students class VI SD Negeri Suro Kalibagor Banyumas. The aims expected were (1) theoretically, it increased the knowledge of sport especially shot-put, (2) practically; it was benefical for sport teacher, especially the trainer of shot-put to plan and conduct a good rehearsal program. This research was correlational research, the subjects were the sixth graders of SD NegeriSuroKalibagorBanyumas with 30 students. The instrument and the technique used in this research was test and the measurement of biceps explosive power and the test of shot-put of sideways style. The data analysis was by correlation test with the significance level 5%. The result showed that there was a significant correlation between the biceps explosive power and shot-put achievement of sideways style of the students class VI SD NegeriSuroKlibagorBanyumas. It could be seen from the result of the coefficient correlation, that was rcount0,676 >rtabel0,361. Key Words: biceps explosive power, shot-put achievement, sideways style. Abstrak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot lengan dengan prestasi tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VI SD Negeri Suro Kecamatan Kalibagor Banyumas. Adapun manfaat yang diharapkan yaitu: (1) Secara teoritis menambah pengetahuan dalam ilmu olahraga pada umumnya dan nomor tolak peluru pada khususnya. (2) Secara praktik bermanfaat bagi guru penjasorkes dan terutama pembina atau pelatih nomor tolak peluru di dalam merencanakan dan melaksanakan program latihan yang baik. Penelitian ini merupakan penilitian korelasi dengan subjek yang digunakan adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Suro Kecamatan Kalibagor Banyumas yang berjumlah 30 siswa. Instrument dan teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran daya ledak otot lengan dan tes tolak peluru gaya menyamping. Analisis data menggunakan uji kolerasi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, antara daya ledak otot lengan dengan prestasi tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Suro Kecamatan Kalibagor Banyumas ada hubungan yang signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil koefisien korelasi rhitung 0,676 > rtabel 0,361. Kata kunci: daya ledak otot lengan, tolak peluru, gaya menyamping.
PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIALMELALUI METODE BERMAIN PERAN Pujiati, Desti
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. This study aims to improve the social skills of children through the method of role playing in the kindergarten Muhammadiyah University of Purwokerto’s Labschool and to determine the constraints of social skills through role play methods which are given to children.The research method used was action research method. This study was conducted from 4 March to 20 May 2013.. The analysis method of research using qualitative and quantitative approaches. The success of the research is concluded with the analysis using the percentage. Research declared successful if the percentage of social skills assessment> 40 after doing activities with role playing method.In the second cycle, twenty studentshas increased social skills. Highest percentage increase in social skills achieved by the subject Yz, at 96.6%.Roleplaying learning methods thatimplemented by teachers with step (1) propose and discuss the situation. (2) prepare a roleplaying, (3) playing (4) reveals the experience ; have done well. The objectives of the research has achieved with the maximum expected.Keywords       :           Skiil social, role play method, action research
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IPS DAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMP NEGERI 1 KEBUMEN Nugroho, Agung
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. The success ofthe stateof education in Indonesia, particularly in the formal school curriculum can’t be separated from the role of education used by the unit as a reference and guidance in educational activities. Improvements and changes to the curriculum is arequirement in the education world because the life of society, nation and state. In the Indonesian state always changes and curriculum development as the development of society and the influence of globalizations.This study includes qualitative research. The technique of collecting data using questionnaires, interviews, observation and document study. The data analysis technique used in this study is an interactive model of Miles and Huberman developed which consists of data collection, data reduction, data display and conclusion. The results showed that (1) Implementation of appropriate curriculum social studies educationin 2013 by a social studies teacher at state Junior High School 1 Kebumen been executed well even with all the limitations and constraints faced. (2) Implementation of social studies values by grade 7 students of state Junior High School 1 Kebumen been implemented properly. Factors grade 7 social behavior of state Junior High School 1 Kebumen largely influenced by the family environment and school environment. Advice for teachers should increase the understanding and mastery of curriculum related 2013 by attending various training. For the government in order to reform the constraints faced by teachers in implementing the curriculumin 2013.Keywords: Implementation, Social Studies Education, Curriculum 2013, Social Behavior                                                                                             Abstrak. Keberhasilan pendidikan di negara Indonesia khususnya di sekolah formal tidak terlepas dari peranan kurikulum yang digunakan oleh satuan pendidikan sebagai acuan dan pedoman dalam kegiatan pendidikan.Penyempurnaan dan perubahan kurikulum ini merupakan sebuah tuntutan di dunia pendidikan karena kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Di Negara Indonesia kurikulum selalu mengalami perubahan dan perkembangan sebagai pengaruh dari perkembangan masyarakat dan globalisasi.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan IPS sesuai kuriukulm 2013 oleh guru IPS di SMP N 1 meliputi pemahaman dan pengetahuan IPS, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Siswa kelas 7 SMP N 1 Kebumen, secara umum siswa telah menerapkan nilai-nilai IPS di sekolah. (3) Faktor perilaku sosial siswa kelas 7 SMP N 1 Kebumen sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Saran bagi guru harus meningkatkan pemahaman dan penguasaan terkait kurikulum 2013 dengan mengikuti berbagai pelatihan.Bagi pemerintah agar melakukan pembenahan terhadap kendala-kendala yang dihadapi para pendidik di dalam melaksanakan kurikulum 2013.Kata Kunci: Implementasi, Pendidkan IPS, Kurikulum 2013, Perilaku Sosial
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS MODEL COOPERATIVE TIPE TGT BERBASIS ATONG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Muslim, Aji Heru; Supartono, Supartono; Rusilowati, Ani
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. This study tried to develop learning material and its implementation using the Cooperative model of  TGT type with ATONG -based. The purpose of this study produce a valid learning device characteristics, practical and effective. These types of devices are developed syllabus, lesson plans, worksheets and learning media. Practicality test done in class V SD Negeri 1 Kendaga, test the effectiveness done in class V SD Negeri 1 Banjarmangu and SD Negeri 2 Kendaga. Data were obtained from: validation, observations, questionnaires and learning achievement test. The data were processed with descriptive analysis. Test validity and practicality mixed with analysis, testing the effectiveness of currently treated with t-test, z test, regression, and test the appeal. The results showed that the learning tools developed declared valid by the validator, with an average score of 94 for the syllabus, 95 for RPP, 100 for LKS, and 92.85 for instructional media. The results of observations obtained 89.57% of teacher activity, student questionnaire results obtained by 93%, this means a device developed practical. Average yield of 84.3 students mastery learning. Student learning activities affect the learning achievement of 85%. The results of experimental class learning achievement better than the control class. This means a device developed effective.Key words: Developing, Learning Material, Social Education, Cooperative of TGT, ATONGAbstrak. Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Cooperative tipe TGT berbasis ATONG. Tujuan penelitian ini menghasilkan karakteristik perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Jenis perangkat yang dikembangkan Silabus, RPP, LKSdanMedia Pembelajaran.Uji kepraktisan dilakukan dikelas V SD Negeri 1 Kendaga, uji keefektifan dilakukan dikelas V SD Negeri 1 Banjarmangu dan SD Negeri 2 Kendaga. Kelas V SD Negeri 1 Banjarmangu sebagai kelas eksperimen dan Kelas V SD Negeri 2 Kendaga sebagai kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dari: validasi, pengamatan,angket dan tes prestasi belajar. Data diolah dengan analisis deskriptif. Uji validitas dan uji kepraktisan diolah dengan analisis, sedang uji keefektifan diolah dengan uji t, uji z, regresi, dan uji banding. Hasil penelitian menunjukkanperangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator, dengan skor rata-rata 94 untuk silabus, 95 untuk RPP, 100 untuk LKS, dan 92,85 untuk  media pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh 89,57%, hasil angket siswa diperoleh 93%,hal ini berarti perangkat yang dikembangkan praktis.Hasil rata-rata ketuntasan belajar siswa84,3.Aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 85%.Hasil prestasi belajar kelas eksperimenlebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol. Hal ini berarti perangkat yang dikembangkan efektif. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, IPS, Cooperative tipe TGT, ATONG.
ENHANCING STUDENT’S ACHIEVEMENT IN THE SIXTH THEME OF THE BEAUTY OF MY COUNTRY THROUGH SCIENTIFIC APPROACH OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL IN THE CLASS IV Sulistiyowati, Nurngaeni; Harmianto, Sri; Pamujo, Pamujo
Dinamika Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT            The research aimed to enhance students’ achievement in the sixth theme of the beauty of my country and the first sub theme about the variety of animal and plants through scientific approach of problem based learning model. The subjects were the students of class VIB SD Negeri 2 Gombong Kebumen regency that consisted of 30 students, 19 female and 11 male ones. It was classroom action research that conducted in two cycles. There were three meeting for each cycle. Then each cycle consisted of planning, doing action, observing, and reflecting. The data was collected by using test and non test. The test was in the form of questions that used to measure the students’ achievement on the cognitive aspect. It was conducted in the end of every meeting in each cycle. The non test was in the form of observation and documentation. The result of the research showed that the learning process using scientific approach of problem based learning model is able to improve students’ achievement. In cycle I, in the cognitive skill, the mean score was 72,44 with the passing grade of 67,77%. In cycle II, the mean score was improved to 80with the passing grade of85,53%. The students’ achievement on the affective skill was 74,4% in cycle I and improved to 84,54% in cycle II. Then the students’ achievement on the phsycomotoric skill was 74% in cycle I and improved to 83,11%. Based on the result, it can be summed up that the thematic learning using scientific approach through problem based learning is able to improve the students’ achievement in class IVB SD Negeri 2 Gombong. Key words: Students’ Achievement, Animal and Plants, Scientific Approach,                    Problem Based Learning 

Page 1 of 1 | Total Record : 10