cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
ISSN : 23032677     EISSN : 25409239     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2014)" : 14 Documents clear
ANALISIS TINGKAT KUALITAS JASA LAYANAN DI PERPUSTAKAAN DAN PUSAT INFORMASI ILMIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PADJADJARAN Mauladhy, Jevon Joenesty; Damayani, Ninis Agustini; Rodiah, Saleha
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.848 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11620

Abstract

This study aimed to measure how far the library service quality in Academic Library using LibQual+™ instrument, the measurement model of service quality based on perceptions and expectations of the three dimension consist Affect of Services (the attitude and the ability of library staff on serving students), Information Control (quality and availability of the information source in library), Library as Place (library as place and surrounding). Respondents were ask to rate the three criteria, namely the minimum expectations, desired expec- tations, and perceived. Service quality is a gap between the perceptions (perceived) with the minimum or desired expectations. Respondents were asked to assess the scale of 1 – 9, the lowest value is 1 and the highest is 9. Through a questionnaire that has been distributed, have generally showed that users feel satisfaction with the services that have been provided by the P2I2 FEB Unpad librarys.­­­­­­­Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa jauh kualitas layanan perpustakaan di Perpustakaan Akademik meng- gunakan instrumen LibQual+™, model pengu- kuran kualitas pelayanan ini berdasarkan persepsi dan harapan tiga dimensi yang terdiri dari Pengaruh Layanan (sikap dan kemampuan staf perpustakaan pada melayani siswa), Pengendalian informasi (kualitas dan ketersediaan sumber informasi di perpustakaan), Perpustakaan sebagai sebuah tempat (perpustakaan sebagai tempat dan sekitarnya). Responden meminta untuk menilai tiga kriteria, yaitu harapan minium, harapan yang diinginkan, dan dirasakan. Kualitas pelayanan merupakan kesenjangan antara persepsi (di- rasakan) dengan minimum atau harapan yang diinginkan. Responden diminta untuk menilai skala 1-9, nilai terendah adalah 1 dan tertinggi adalah 9. Melalui kuesioner yang telah didis- tribusikan, umumnya menunjukkan bahwa peng- guna merasakan kepuasan dengan layanan yang telah disediakan oleh P2I2 Februari Unpad perpustakaan.
PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA Rahadian, Gallint; Rohanda, Rohanda; Anwar, Rully Khairul
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.023 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11628

Abstract

This script describes the results of the research entitled “the role of school libraries in attempt to increase the cultural habits of reading” Madrasah Aliyah grade students in Yapinda Nurul Huda)”, This script aims to determine the role of the library consists of four components, librarian, col- lection, management of the library, and the interior to increasing the reading habits students of Madrasah Aliyah in Yapinda Nurul Huda). This study used a descriptive method where the researcher distributed the questionnaires, interviews, observa- tion and study of literature. The results of the study can be said that the librarian in the library Yapinda Nurul Huda has a role in promoting a culture habits of reading students, the collection at the library Yapinda Nurul Huda has a role in promoting a culture fond of reading students, and library mana- gement in libraries Yapinda Nurul Huda has a role in promoting a culture fond of reading students, and libraries in the library layout Yapinda Nurul Huda have a role in improving students reading culture likes.  Penelitian ini berjudul “Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca” (Studi Deskriptif tentang Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca Siswa Madrasah Aliyah di Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda)” ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan yang terdiri dari empat komponen, yaitu pustakawan, koleksi, manajemen pengelolaan dan tata ruang dalam meningkatkan budaya gemar membaca siswa Madrasah Aliyah di Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara menyebar angket, wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pustakawan di perpustakaan Yapinda Nurul Huda mempunyai peran dalam meningkat- kan budaya gemar membaca siswa, koleksi di perpustakaan Yapinda Nurul Huda mempunyai peranan dalam meningkatkan budaya gemar membaca siswa, pengelolaan perpustakaan di perpustakaan Yapinda Nurul Huda mempunyai peranan dalam meningkatkan budaya gemar membaca siswa, dan tata ruang perpustakaan di perpustakaan Yapinda Nurul Huda mempunyai peranan dalam meningkatkan budaya gemar membaca siswa.
PENGELOLAAN DOKUMEN INSPEKTORAT PEMBANTU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN Chairisnaeni, Winda; Komariah, Neneng; Rusmana, Agus
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.513 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11634

Abstract

This research aims to identify and understand the document management activities on Inspektorat pembantu Kota Administrasi Jakarta Selatan. Document management activities are selec- ting, assessing, analyzing, inerpreting and finding materials. There are several stages on document management, invention and enrollment, retention, distribution, and human resources. The method wich used on this research is descriptive qualitative method, the data collection techniques are interviews, observations, and literature. The results showed that Inspektorat Pembantu Kota Administrasi Jakarta Selatan did document mana- gement, so that documents can be managed in according to the state of human resouces perfor- mance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kegiatan pengelolaan dokumen di Inspektorat Pembantu Kota Ad- ministrasi Jakarta Selatan. Kegiatan pengelolaan dokumen merupakan kegiatan memilih, menilai, menganalisis, menerjemahkan dan menemu kem- bali kan materi. Ada beberapa tahap dalam penge- lolaan dokumen yaitu penciptaan dan penerimaan, peyimpanan, distribusi, dan SDM. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Kua- litatif Deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inspektorat Pembantu Kota Administrasi melakukan Penge- lolaan Dokumen, Sehingga dokumen yang ada da- pat dikelola dengan baik sesuai dengan keadaan kinerja SDM
STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA Setyo, Sigit; Komariah, Neneng; Kurniasih, Nuning
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.205 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11616

Abstract

The purpose of the research is to discover the promotion strategy carried out by the library of the Regional Representative Council of the Republic of Indonesia (DPD RI). To obtain that purpose, the method used is qualitative research with descriptive approach and the informant used is the librarian in the Regional Representative Council of the Republic of Indonesia. The data were acquired through interviews, observations, library research and documentation. The result of this research re- presents that in running promotional strategy for their library, the Regional Representative Council of the Republic of Indonesia pass through several stages of environmental analysis, formulation, imple- mentation and the evaluation. According to this whole series of analysis, we are able to see the implementation of the promotion for the Regional Representative Council of the Republic of Indo- nesia’s library. And there are various media to promote the library, such as brochures, personal selling (door to door and direct presentation), direct marketing (Delivery Order, DPD RI’s library website, and Facebook account creation). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan strategi promosi yang dilakukan oleh perpustakaan dari Dewan Per- wakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Untuk mendapatkan tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan informan yang digu- nakan adalah pustakawan di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Data diperoleh me- lalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam menjalankan strategi promosi untuk perpustakaan mereka, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia melewati beberapa tahap analisis lingkungan, formulasi, implementasi dan evaluasi. Menurut seluruh rangkaian analisis, kita dapat melihat pelaksanaan promosi untuk Dewan Perwakilan Daerah Republik perpustakaan di Indonesia. Dan ada berbagai media untuk mem- promosikan perpustakaan, seperti brosur, personal selling (door to door dan presentasinya langsung), pemasaran langsung (Delivery Order, website perpustakaan DPD RI, dan pembuatan akun Face- book).
PERANAN PENGAJAR DI RUMAH PINTAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PENGGUNA Emani, Feby; Winoto, Yunus; Kurniasih, Nuning
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.937 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11618

Abstract

The purpose of this study was to determine the "role of teachers in the growing smart home smart home users reading Mekarsari Ciwidey village". The method used in this research is descriptive quantitative method. Techniques of data collection through observation, interviews, and questionnaires on children users Smart House, as well as library research. In this study, researchers analyzed that the characteristics of a good teacher is a smart home: to answer and give you the exact reason of the importance of reading books, being able to explain well about the book being discussed, can share experiences about the positive impact of diligent reading, always actively invited to do read books together, always be friendly, provide information about the importance of reading the book again and again, delivering an important message about reading clearly, using language that is easily understood in explaining the importance of reading books. Based on the research results, the researchers concluded that teachers or communicators in Smart House Program in Rural Mekarsari Ciwidey meets the characteristics of a good teacher smart homes. Teachers in the program the smart home has good credibility in delivering messages and infor- mation about the importance of reading to children. And content of the message conveyed by the communicator to get a good response from the res- pondent, as well as the interest in reading are owned by the Village Mekarsari Ciwidey fall into the category of high. Researchers hope that this study can serve as a model for other social foundation to develop childrens interest in reading villages in other areas.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan "Peranan Pengajar di Rumah Pintar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pengguna di Desa Mekarsari Ciwidey". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner pada pengguna anak-anak Rumah Pintar, serta studi pustaka. Dalam studi ini, peneliti menganalisis bahwa karakteristik guru yang baik adalah rumah pintar: untuk menjawab dan memberikan alasan yang tepat tentang pentingnya membaca buku, mampu menjelaskan dengan baik tentang buku yang sedang dibahas, dapat berbagi pengalaman tentang positif dampak rajin membaca, selalu aktif diundang untuk melakukan buku membaca bersama-sama, selalu ramah, memberikan informasi tentang pentingnya membaca buku lagi dan lagi, memberikan pesan penting tentang membaca dengan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam menjelaskan pentingnya membaca buku. Berdasarkan hasil penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa guru atau komunikator di Rumah Pintar Program di Pedesaan Mekarsari Ciwidey memenuhi karakteristik guru yang baik rumah pintar. Guru di program rumah pintar memiliki kredibilitas yang baik dalam menyampaikan pesan dan informasi tentang pentingnya membaca untuk anak-anak. Dan isi dari pesan yang disampaikan oleh komunikator untuk mendapatkan respon yang baik dari responden, serta minat baca yang dimiliki oleh Desa Mekarsari Ciwidey jatuh ke dalam kategori tinggi. Para peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat berfungsi sebagai model untuk yayasan sosial lainnya untuk mengembangkan minat anak-anak dalam membaca desa di daerah lain.
PERANAN DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT PADA RUANG PERPUSTAKAAN Noviani, Resti; Rusmana, Agus; Rodiah, Saleha
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.702 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11626

Abstract

The purpose of this research was to determine the role of space, furniture and accessories, colors, lighting and air circulation in growing interest to Goethe Institut Bandung library’s room. The method used is quantitative. The population in this study are all members of the library throughout the Goethe Institut Bandung. Sampling used in this research is purposive sampling with a sample size of 60 people. The location of this research is the Goethe Institut Bandung Library. The analytical method used in this research is categories analysis and cross tabulation analysis. The results of this research indicate that the library space was instrumental in growing interest to the library’s room. The furniture and accessories of the library was instrumental in growing interest to library’s room. The colors used in the library quite instrumental in growing interest to library’s room. The lighting in the library was instrumental in growing interest to library’s room. Air Circulation in the library space was instrumental in growing interest to library’s room Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ruang, furnitur dan aksesori, warna, pencahayaan dan sirkulasi udara dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan Goethe Institut Bandung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota perpustakaan di Goethe Institut Bandung. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Lokasi penelitian ini adalah Perpustakaan Goethe Institut Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kategori dan analisis tabulasi silang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan. Furnitur dan aksesori dari perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan. Warna-warna yang digunakan di perpustakaan cukup berperan dalam meningkatkan minat ke perpustakaan. Pencahayaan di perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan. Sirkulasi udara di ruang perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan.
PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PARIWISATA PARA WISATAWAN DOMESTIK DI RUMAH MODE Damara, Ghanis Haryendra; Yusup, Pawit M; Anwar, Rully Khairul
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.854 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11621

Abstract

This thesis is titled “Tourism Information Searching Behaviours Of Domestic Tourist In The City Of Bandung Rumah Mode”. The method used in this thesis is a qualititative method. Study of theory used in this study is Information Seeking Behavior Theory (Wilson). Data collection techniques used are observation, interview and documentation study. From the observation of researchers by going directly to the Rumah Mode, tourist arrivals generally have an incentive and motivation that is fulfill the shopping needs with a variety of branded clothing and underwear from young to old. Knowledge about the safety of domestic tourist on Rumah Mode actually varied according to what they are looking. So far the treatment of domestic tourist to the information that was obtained was made of feed back to the Rumah Mode. The general interest of domestic tourist to come to Rumah Mode is almost the same, because tourist can see bt itself on the facilities provided for the convenience of Rumah Mode tourist. Satisfaction at Rumah Mode is calssified into three aspects of satisfaction. Namely, satisfaction with the quality of goods, price and service the Rumah Mode. So far, the tourist were satisfied with what already exist in the Rumah Mode, but there are also tourists who are not satisfied because there is little interference due to renovation of the parking lot.Skripsi ini berjudul “Perilaku Pencarian Informasi Pariwisata Para Wisatawan Domestik Kota Bandung di Rumah Mode”. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Information Seeking Behavior (Wilson). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil observasi peneliti dengan terjun langsung ke Rumah Mode ini, umumnya wisatawan yang datang mempunyai tujuan dan motivasi yaitu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbelanja aneka pakaian dan celana yang bermerk dari kalangan muda sampai kalangan tua. Pengetahuan wisatawan domestik tentang keamanan Rumah Modesejauh ini umumnya merasa nyaman. Dilihat dari segi aspek parkir, keamanan dan pelayanannya Rumah Mode sudah memberikan yang terbaik. Pengalaman wisatawan domestik tentang Rumah Mode ini sebenarnya beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan yang mereka cari. Sejauh ini perlakuan wisatawan domestik terhadap informasi yang sudah di dapat memang membuat adanya feed back kepada Rumah Mode. Pada umumnya ketertarikan wisatawan domestik untuk datang ke Rumah Mode ini hampir sama, karena wisatawan dapat melihat dengan sendirinya tentang apa saja fasilitas yang disediakan dari Rumah Mode untuk kenyamanan wisatawannya. Kepuasan berada di Rumah Mode ini tergolong terjadi tiga aspek kepuasan. Yaitu, kepuasan terhadap kualitas barang, kepuasan terhadap kualitas harga, dan yang terakhir kualitas terhadap aspek pelayanan Rumah Mode tersebut. Sejauh ini, wisatawan merasa puas dengan apa yang sudah ada di Rumah Mode ini, namun ada juga wisatawan yang merasa tidak puas karena adanya sedikit gangguan akibat renovasi lapangan parkir di dalam Rumah Mode ini.  
PERANAN PENGAJAR DI RUMAH PINTAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PENGGUNA Feby Emani; Yunus Winoto; Nuning Kurniasih
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.937 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11618

Abstract

The purpose of this study was to determine the "role of teachers in the growing smart home smart home users reading Mekarsari Ciwidey village". The method used in this research is descriptive quantitative method. Techniques of data collection through observation, interviews, and questionnaires on children users Smart House, as well as library research. In this study, researchers analyzed that the characteristics of a good teacher is a smart home: to answer and give you the exact reason of the importance of reading books, being able to explain well about the book being discussed, can share experiences about the positive impact of diligent reading, always actively invited to do read books together, always be friendly, provide information about the importance of reading the book again and again, delivering an important message about reading clearly, using language that is easily understood in explaining the importance of reading books. Based on the research results, the researchers concluded that teachers or communicators in Smart House Program in Rural Mekarsari Ciwidey meets the characteristics of a good teacher smart homes. Teachers in the program the smart home has good credibility in delivering messages and infor- mation about the importance of reading to children. And content of the message conveyed by the communicator to get a good response from the res- pondent, as well as the interest in reading are owned by the Village Mekarsari Ciwidey fall into the category of high. Researchers hope that this study can serve as a model for other social foundation to develop children's interest in reading villages in other areas.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan "Peranan Pengajar di Rumah Pintar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pengguna di Desa Mekarsari Ciwidey". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner pada pengguna anak-anak Rumah Pintar, serta studi pustaka. Dalam studi ini, peneliti menganalisis bahwa karakteristik guru yang baik adalah rumah pintar: untuk menjawab dan memberikan alasan yang tepat tentang pentingnya membaca buku, mampu menjelaskan dengan baik tentang buku yang sedang dibahas, dapat berbagi pengalaman tentang positif dampak rajin membaca, selalu aktif diundang untuk melakukan buku membaca bersama-sama, selalu ramah, memberikan informasi tentang pentingnya membaca buku lagi dan lagi, memberikan pesan penting tentang membaca dengan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam menjelaskan pentingnya membaca buku. Berdasarkan hasil penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa guru atau komunikator di Rumah Pintar Program di Pedesaan Mekarsari Ciwidey memenuhi karakteristik guru yang baik rumah pintar. Guru di program rumah pintar memiliki kredibilitas yang baik dalam menyampaikan pesan dan informasi tentang pentingnya membaca untuk anak-anak. Dan isi dari pesan yang disampaikan oleh komunikator untuk mendapatkan respon yang baik dari responden, serta minat baca yang dimiliki oleh Desa Mekarsari Ciwidey jatuh ke dalam kategori tinggi. Para peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat berfungsi sebagai model untuk yayasan sosial lainnya untuk mengembangkan minat anak-anak dalam membaca desa di daerah lain.
PERANAN DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT PADA RUANG PERPUSTAKAAN Resti Noviani; Agus Rusmana; Saleha Rodiah
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.702 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11626

Abstract

The purpose of this research was to determine the role of space, furniture and accessories, colors, lighting and air circulation in growing interest to Goethe Institut Bandung library’s room. The method used is quantitative. The population in this study are all members of the library throughout the Goethe Institut Bandung. Sampling used in this research is purposive sampling with a sample size of 60 people. The location of this research is the Goethe Institut Bandung Library. The analytical method used in this research is categories analysis and cross tabulation analysis. The results of this research indicate that the library space was instrumental in growing interest to the library’s room. The furniture and accessories of the library was instrumental in growing interest to library’s room. The colors used in the library quite instrumental in growing interest to library’s room. The lighting in the library was instrumental in growing interest to library’s room. Air Circulation in the library space was instrumental in growing interest to library’s room Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ruang, furnitur dan aksesori, warna, pencahayaan dan sirkulasi udara dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan Goethe Institut Bandung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota perpustakaan di Goethe Institut Bandung. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Lokasi penelitian ini adalah Perpustakaan Goethe Institut Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kategori dan analisis tabulasi silang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan. Furnitur dan aksesori dari perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan. Warna-warna yang digunakan di perpustakaan cukup berperan dalam meningkatkan minat ke perpustakaan. Pencahayaan di perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan. Sirkulasi udara di ruang perpustakaan berperan penting dalam menumbuhkan minat ke perpustakaan.
PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PARIWISATA PARA WISATAWAN DOMESTIK DI RUMAH MODE Ghanis Haryendra Damara; Pawit M Yusup; Rully Khairul Anwar
Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.854 KB) | DOI: 10.24198/jkip.v2i1.11621

Abstract

This thesis is titled “Tourism Information Searching Behaviours Of Domestic Tourist In The City Of Bandung Rumah Mode”. The method used in this thesis is a qualititative method. Study of theory used in this study is Information Seeking Behavior Theory (Wilson). Data collection techniques used are observation, interview and documentation study. From the observation of researchers by going directly to the Rumah Mode, tourist arrivals generally have an incentive and motivation that is fulfill the shopping needs with a variety of branded clothing and underwear from young to old. Knowledge about the safety of domestic tourist on Rumah Mode actually varied according to what they are looking. So far the treatment of domestic tourist to the information that was obtained was made of feed back to the Rumah Mode. The general interest of domestic tourist to come to Rumah Mode is almost the same, because tourist can see bt itself on the facilities provided for the convenience of Rumah Mode tourist. Satisfaction at Rumah Mode is calssified into three aspects of satisfaction. Namely, satisfaction with the quality of goods, price and service the Rumah Mode. So far, the tourist were satisfied with what already exist in the Rumah Mode, but there are also tourists who are not satisfied because there is little interference due to renovation of the parking lot.Skripsi ini berjudul “Perilaku Pencarian Informasi Pariwisata Para Wisatawan Domestik Kota Bandung di Rumah Mode”. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Information Seeking Behavior (Wilson). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil observasi peneliti dengan terjun langsung ke Rumah Mode ini, umumnya wisatawan yang datang mempunyai tujuan dan motivasi yaitu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbelanja aneka pakaian dan celana yang bermerk dari kalangan muda sampai kalangan tua. Pengetahuan wisatawan domestik tentang keamanan Rumah Modesejauh ini umumnya merasa nyaman. Dilihat dari segi aspek parkir, keamanan dan pelayanannya Rumah Mode sudah memberikan yang terbaik. Pengalaman wisatawan domestik tentang Rumah Mode ini sebenarnya beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan yang mereka cari. Sejauh ini perlakuan wisatawan domestik terhadap informasi yang sudah di dapat memang membuat adanya feed back kepada Rumah Mode. Pada umumnya ketertarikan wisatawan domestik untuk datang ke Rumah Mode ini hampir sama, karena wisatawan dapat melihat dengan sendirinya tentang apa saja fasilitas yang disediakan dari Rumah Mode untuk kenyamanan wisatawannya. Kepuasan berada di Rumah Mode ini tergolong terjadi tiga aspek kepuasan. Yaitu, kepuasan terhadap kualitas barang, kepuasan terhadap kualitas harga, dan yang terakhir kualitas terhadap aspek pelayanan Rumah Mode tersebut. Sejauh ini, wisatawan merasa puas dengan apa yang sudah ada di Rumah Mode ini, namun ada juga wisatawan yang merasa tidak puas karena adanya sedikit gangguan akibat renovasi lapangan parkir di dalam Rumah Mode ini.  

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 11, No 1 (2023): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 10, No 2 (2022): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 10, No 1 (2022): Accredited by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Re Vol 9, No 2 (2021): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 9, No 1 (2021): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 8, No 2 (2020): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 8, No 1 (2020): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 7, No 2 (2019): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 7, No 1 (2019): Accredited by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Repub Vol 6, No 2 (2018): 2018 Vol 6, No 1 (2018): 2018 Vol 6, No 1 (2018): 2018 Vol 5, No 2 (2017): 2017 Vol 5, No 2 (2017): 2017 Vol 5, No 1 (2017): 2017 Vol 5, No 1 (2017): 2017 Vol 4, No 2 (2016) Vol 4, No 2 (2016) Vol 4, No 1 (2016) Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 2 (2014) Vol 2, No 2 (2014) Vol 2, No 1 (2014) Vol 2, No 1 (2014) Vol 1, No 2 (2013) Vol 1, No 2 (2013) Vol 1, No 1 (2013) Vol 1, No 1 (2013) More Issue