cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN" : 11 Documents clear
MANAJEMEN PEMBINAAN PENGAWAS SEKOLAH DASAR (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh) Niswanto, Niswanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tentang manajemen pembinaan pengawas Sekolah Dasar (SD) ini untuk mengetahui bagaimanakah pola pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan kota Banda Aceh terhadap pengawas SD. Fokus penelitian pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembinaan. Pendekatan naturalistik-kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan alat pengumpul data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah 1) Perencanaan pembinaan pengawas SD sudah dilakukan, namun masih kurang detil untuk pembinaan pengawas satuan pendidikan, analisis kebutuhan hanya pada aspek kuantitatif. 2) Pelaksanaan pembinaan pengawas pendidikan masih kurang efektif, hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor personal yang melakukan pembinaan, pengorganisasian program, keterlibatan stakeholder, serta teknik yang digunakan dalam membina pengawas. 3) Penilaian pengembangan pengawas pendidikan masih kurang efektif, penyebabnya antara lain, hanya menerima laporan dari pengawas, tidak menggunakan standar kinerja pengawas, usaha tindak lanjut kurang sistematis. Rekomendasi dari penelitian ini adalah: 1) Pembinaan pengawas pendidikan perlu diawali dengan perencanaan untuk melakukan kajian terhadap kebutuhan pengawas SD melalui perencanaan yang rasional. 2) Pelaksanaan pembinaan terhadap pengawas SD hendaknya melibatkan stakeholders dalam suatu koordinasi yang sinergi untuk meningkatkan kinerja pengawas. 3) Untuk mengetahui hasil pembinaan yang telah dilakukan terhadap pengawas perlu dilakukan penilaian tentang keberhasilan pembinaannya dan untuk pengembangan karir pengawas.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Fajrin, Muhammad
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v13i2.3424

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas sepuluh pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan uji normalitas, homogenitas, dan uji t dari data pretes-postes motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwapertamaterdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Kedua, terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas kontrol yang menggunakan media grafis. Ketiga, tidak terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dengan kelas kontrol yang menggunakan media grafis.
IMPLEMENTASI MODEL HYBRID LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH STATISTIKA II DI PRODI MANAJEMEN FPEB UPI Hendrayati, Heny; Pamungkas, Budhi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v13i2.3430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model hybrid learning yaitu model pembelajaran yang mengkombinasikan metode tatap muka dengan metode e-learning, serta melakukan pengukuran terhadap pengaruh dari implementasi model tersebut terhadap prestasi belajar mahasiswa. Model hybrid learning yangdikembangkan ditujukan untuk pembelajaran mata kuliah Statistika II di di Prodi Manajemen UPI. Penelitian dilaksanakan selama 8 bulan dengan tahapan penelitian yang meliputi pengembangan model, uji coba model, dan perbaikan model berdasarkan hasil uji coba. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Hybrid Learning kurang cocok diterapkan pada mata kulaih statistik 2 yang lebih bersifat kuantitatif. Hal ini terlihat dari nilai hasil ujian mahasiswa yang lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Untuk mata kuliah yang bersifat kuantitatif ternyata keberadaan dosen secara fisik masih sangat diperlukan.
PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA Pujiati, Pujiati
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v13i2.3426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, mengukur, dan menganalisis pengaruh kompetensi akademik terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis korelasional. Sampel penelitian sebanyak 315 responden mencakup mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi dari tiga LPTK yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, dan STKIP PGRI Bandar Lampung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi akuntansi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Implikasi dari hasil penelitian bahwa keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kompetensi akuntansi.
KONSTRUKSI SOSIAL REMAJA OSING TERHADAP RITUS BUYUT CILI SEBAGAI CIVIC CULTURE UNTUK PEMBENTUKAN JATIDIRI Suprijono, Agus; Pasya, Gurniwan Kamil
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v13i2.3431

Abstract

Fokus penelitian adalah eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi remaja Osing terhadap Buyut Cili serta kesadaran diri atau konstruksi diri. Tujuan penelitian mendeskripsikan pembentukan pengetahuan, internalisasi nilai, dan motif tindakan serta identifikasi kesadaran diri. Metode penelitian fenomenologi, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah remaja Osing dalam konstruksi sosial terhadap realitas sosial dan budaya masyarakatnya mampu mengembangkan domain psiko-sosial yakni kebiasaan berpikir dan bersikap yang menopang berkembangnya harmonisasi kehidupan sosial dan komitmen sebagai anggota masyarakat yang bernalar dan diterima dengan sadar terhadap nilai dan prinsip hidup berdemokrasi.
SIAPKAH MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL MENULIS TUGAS AKHIR BERBAHASA INGGRIS?: Sary, Fetty Poerwita
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v13i2.3427

Abstract

Mahasiswa Indonesia perlu menguasai bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris masih dianggap sebagai bahasa asing (EFL) di konteks Indonesia, hal itu menyebabkan masalah bagi mahasiswa dalam mempelajari empat keterampilan dalam bahasa Inggris termasuk menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kesalahan paling umum dalam tulisan bahasa Inggris oleh mahasiswa tingkat akhir di MBTI Internasional Institut Manajemen Telkom. Meskipun dinamakan kelas internasional, sebagian besar bahasa pertama yang mereka gunakan adalah bahasa Indonesia, bahasa lain (yaitu Uzbekistan), atau bahasa lokal mereka (Sunda, Jawa, dll). Hasil tulisan mahasiswa yang diambil adalah dari proyek mata kuliah E-Commerce kemudian dianalisis dan dikelompokkan ke dalam 25 jenis kesalahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang paling umum adalah sentence structure, preposition, word choice, word form, subject-verb agreement, passive voice, punctuation, verb formation, incomplete structure, dan noun-pronoun. Dalam menghasilkan tulisan ini, para siswa ternyata sangat dipengaruhi oleh bahasa pertama mereka. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa sangat penting untuk membuat siswa menyadari perbedaan struktur bahasa Inggris dan Indonesia. Aturan-aturan tertentu dalam Bahasa Indonesia tidak dapat diaplikasikan ketika mereka menulis dalam bahasa Inggris. Siswa perlu memahami perbedaan bahasa ini sehingga dapat menghasilkan kalimat-kalimat yang baik dan dapat diterima.
IMPLEMENTASI “ASSAF” TERHADAP CAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA Samsudin, Achmad
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v13i2.3432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh “ASSAF” (Assessment Animation Format) terhadap hasil tes pemahaman konsep siswa di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung pada materi Cahaya. Kajian difokuskan pada hasil tes pemahaman konsep cahaya dan kuantitas miskonsepsi siswa terhadap penggunaan butir soal “ASSAF”. Data untuk menarik kesimpulan hasil penelitian, dikumpulkan melalui pemberian tes pemahaman konsep siswa yang dilakukan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized posttest-only control group. Subjek penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok kontrol berupa paper and pencil test dan kelompok eksperimen berupa “ASSAF”. Data pemahaman konsep yang akan diperoleh dari kedua kelompok tersebut dicari rata-ratanya dan diolah dengan menggunakan Uji Hipotesis nonparametrik (Uji Wilcoxon). Setelah dilakukan uji perbedaan melalui uji wilcoxon didapatkan bahwa nilai Z hitung lebih besar daripada nilai Z tabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif pertama (H1: memk) diterima, sekaligus memiliki pengertian bahwa hasil tes pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu diperoleh data bahwa persentase rata-rata posttest pemahaman konsep untuk kelas eksperimen sebesar 67,96 % dan persentase rata-rata posttest pemahaman konsep untuk kelas kontrol sebesar 44,62%.
PROGRAM PELATIHAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR DI SEKOLAH Heriyanti, Heriyanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan program pelatihan bimbingan dan konseling yang efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional konselor SMA Negeri Kota pontianak. Dengan pendekatan studi kompetensi, pengembangan program pelatihan menggunakan model induktif. Model induktif ini digunakan berdasarkan pada kebutuhan pelatihan yang dilakukan pada studi pendahuluan. Populasi penelitian adalah seluruh konselor SMA Negeri Kota Pontianak yang berlatar belakang S1 Bimbingan dan Konseling. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, penelitian melakukan penilaian program dan hasil pelatihan dari instrumen kompetensi profesional konselor berupa angket, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan program pelatihan bimbingan dan konseling efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional konselor SMA Negeri Kota Pontianak yang dilatihkan. Peningkatan kompetensi profesional konselor kelompok eksperimen lebih tinggi setelah diberikan penerapan program pelatihan bimbingan dan konseling secara signifikan daripada kelompok kontrol yang tidak mendapatkan treatment. Rekomendasi kepada konselor adalah untuk lebih meningkatkan aspek-aspek kompetensi profesional konselor yang diteliti perlu peningkatan. Kepada peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan penelitian ini dengan metode yang berbeda dan lebih khusus pada aspek-aspek kompetensi profesional konselor.
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMA Alghadari, Fiki
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematiksiswa, sedangkan tujuannya untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis-masalah dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan disain kelompok kontrol non-ekivalen menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran matematika berbasis-masalah dan kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis, dan skala disposisi berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah menengah atas. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri di Tanjungpandan Bangka Belitung dengan responden penelitiannya adalah siswa kelas X sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak dari enam kelas yang ada. Analisis data kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematik menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang mendapat pembelajaran matematika berbasis-masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Analisis data skala memperlihatkan bahwa peningkatan disposisi berpikir kritis matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis-masalah tidak lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Pembelajaran berbasis-masalah memungkinkan sebagai alternatif pembelajaran untuk diimplementasikan di SMA.
PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KOMITMEN MENGAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN SERTA IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI Rosdiana, Dian
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dari penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, meliputi kompetensi guru, komitmen mengajar, dan efektivitas proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh kompetensi guru, dan komitmen mengajar, terhadap efektivitas proses pembelajaran serta implikasinya pada hasil belajar siswa baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data angket skala lima kategori Likert, terhadap 60 orang guru Ekonomi SMA di Kota Tasikmalaya. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah Model Analisis Jalur (Path Analysis Models). Teknik ini digunakan untuk mengetahui hubungan langsung dan tak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa, efektivitas proses pembelajaran, kompetensi guru dan komitmen mengajar guru Ekonomi SMA di Kota Tasikmalaya termasuk dalam kategori tinggi, dan terdapat pengaruh kompetensi guru dan komitmen mengajar terhadap hasil belajar siswa serta terdapat pengaruh tidak langsung kompetensi guru dan komitmen mengajar terhadap hasil belajar siswa melalui efektivitas proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 1 (2023): Pendidikan Vol 22, No 3 (2022) Vol 22, No 2 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 3 (2020) Vol 20, No 2 (2020) Vol 20, No 1 (2020): MEDIA PEMBELAJARAN Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN Vol 19, No 2 (2019): PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 2 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 15, No 1 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN More Issue