cover
Contact Name
Fajar
Contact Email
fajarjatinugroho@gmail.com
Phone
+6281226035613
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
BANGUN REKAPRIMA
ISSN : 24432709     EISSN : 25413899     DOI : http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima
Bangun Rekaprima: Jurnal Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora as an information container that contains articles about the field of science consisting of results of research, literature review, review of books, journal reviews, popular scientific knowledge, results of translations, and other related texts. The articles of this journal are published every six months, that is on April and Oktober (2 issues per year), and published by Politeknik Negeri Semarang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018" : 8 Documents clear
Rancang Bangun Komponen Pendorong Alat Pasang Pendrol Untuk Uji Penambat Rel Tjokro Hadi; Sugiharto Sugiharto; Supriyo Supriyo; Sutarno Sutarno; Sudarmono Sudarmono
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.325 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1199

Abstract

Tahun 2012 Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang membuka program studi baru yaitu program studi D4 Jalan dan Jembatan Kereta Api. Pada semester 5 ada mata kuliah Uji Bahan Bangunan 3, dimana pada mata kuliah ini terdapat alat uji Cabut Rel dari bantalan, yaitu menguji kekuatan penambat rel. Laboratorium Bahan Bangunan jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang sejak tahun 2015 telah memiliki alat uji cabut penambat rel jenis clip (pendrol). Ternyata dalam pelaksanaan uji, dibutuhkan alat bantu / tambahan untuk memasang pendrol karena pendrol harus dipasangkan pada bantalan, kesulitan yang dihadapi adalah bantalan tempat memasang pendrol merupakan bantalan beton tunggal berdiri sendiri sehingga tidak stabil kedudukannya, maka pemasangan pendrol dengan dipukul menggunakan palu besar tidak bisa dilakukan. Disisi lain memasang pendrol dengan alat yang telah dibuat susah dilakukan karena kelemahan pada bagian konstruksi pendorongnya. Karena kondisi tersebut mengakibatkan mahasiswa mengalami hambatan dalam pelaksanaan praktikum, Maka penelitian ini akan mengkaji konstruksi pendorong alat pasang pendrol. Penelitian ini fokus pada bagian konstruksi pendorong, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja alat, sehingga akan berdampak pada kualitas dan efisien waktu pelaksanaan proses belajar mengajar laboratorium Bahan Bangunan Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan. Hasil akhir pada penelitian ini adalah terwujudnya alat untuk memasang pendrol yang bekerja sempurna.Alat yang dirancang pada penelitian ini didasarkan pada perancangan alat sebelumnya dan disempurnakan berdasar pertimbangan fungsi yang optimal namun simple dan mudah diaplikasikan dalam praktek.
Keris Frameic Mbah Kerta Nurul Devi Ariyani; Eddy Hendratno; Irmas Zuraedha; Nurul Hamida
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.913 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1200

Abstract

Banyaknya limbah kertas khususnya limbah kertas fotocopy yang belum dimanfaatkan agar mempunyai nilai ekonomis tinggi merupakan peluang untuk membuka usaha baru khususnya dibidang souvenir yaitu frame. Keris Frameic Mbah Kerta (Kreasi Frame Unik Limbah Kertas Mengingat Momen Tanpa Batas) merupakan suatu inovasi dari mengolah limbah kertas yang biasanya hanya terbuang sia-sia yang diolah menjadi frame (pigura) unik untuk memenuhi keinginan pelanggan untuk menyimpan momen berharga. Tujuan dari program ini di antaranya adalah: 1) Memanfaatkan limbah kertas agar mempunyai nilai jual tinggi. 2) Menciptakan produk kerajinan tangan dari limbah kertas menjadi frame isian kreasi unik. 3) Mewadahi keinginan mahasiswa yang mempunyai jiwa wirausaha dan kreasi seni untuk membuka peluang usaha baru. Metode pembuatan frame yang digunakan meliputi 1) Pembuatan frame, dan 2) Pembuatan kreasi isian frame. Penjualan produk ini telah dilakukan selama bulan Juni hingga Agustus 2018, produk yang telah terjual sebanyak 55 unit, diperoleh omzet Rp 4.780.000, dengan keuntungan Rp 1.663.800, serta BEP Rp 3.320.000. Metode penjualan dan promosi dilakukan baik secara online yaitu melalui sosial media maupun secara offline yaitu direct selling dan konsinyasi. Berdasarkan hasil tersebut, maka usaha ini sangat menguntungkan dan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar Dalam Menentukan Waktu Dan Memberikan Contoh Hidup Rukun Di Rumah Dan Di Sekolah Harydha Harydha
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.441 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1201

Abstract

Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik bersifat luwes (fleksibel) di mana guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan dimana sekolah dan siswa berada. Tujuan pendidikan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran tematik dikategorikan menjadi tiga dimensi yaitu dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan demikian hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa berkat adanya usaha atau fikiran yang mana hal tersebut dinyatakan dalam bentuk penguasaan, pengetahuan dan keterampilan dasar yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan.Metode demonstrasi pada dasarnya guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan sengaja mempertunjukkan atau memperagakan tindakan suatu proses yang disertai dengan penjelasan dari guru sehingga memperjelas pemahaman siswa tentang sesuatu hal yang sedang dipelajari sehingga perhatian siswa terpusat dan akan lebih tertarik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Hasil yang diperoleh pada Siklus pertama ketuntasan belajar mencapai 78,38%, yang mendapat nilai 100 ada 4 anak, 90 ada 8 anak, 80 ada 12 anak, 70 ada 7 anak, dan 60 ada 6 anak sedangkan untuk 8 siswa belum mampu mencapai tingkat ketuntasan belajar 21,62%, sedangkan pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas siklus 2 pada pembelajaran Matematika menentukan waktu  (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat), dan Pendidikan Kewarganegaraan memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah maupun di sekolah nampak ada peningkatkan yang sangat berarti. Melalui hasil monitoring selama tindakan berlangsung dari 37 siswa kelas II menunjukkan ada 34 siswa telah mampu mencapai tingkat ketuntasan belajar 91,89 % dan 3 siswa belum mampu mencapai tingkat ketuntasan belajar 8,11 %.
Studi Kasus Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Konstruksi Andesita Prihantara; Antonius Agung Hartono; Putri Mijil Wardani
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.421 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1196

Abstract

Manajemen proyek dimulai dari kegiatan perencanaan hingga pengendalian yang didasarkan atas input-input seperti tujuan dan sasaran proyek, informasi dan data yang digunakan, serta penggunaan sumber daya yang benar dan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. PT.Sinar Jembar Pratama merupakan salah satu perusahan kontraktor yang khususnya bergerak di bidang sipil konstruksi. Seorang manager proyek dapat mempunyai tanggung jawab untuk menangani lebih dari satu proyek yang berjalan dalam waktu yang bersamaan. Untuk melakukan tugasnya, seorang manager proyek harus memantau pelaksanaan kegiatan proyek-proyek secara bergantian. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah, yaitu ketika manager proyek tidak bisa datang ke lapangan untuk memonitor pelaksanaan kegiatan proyek, sehingga kegiatan pemantauan pelaksanaan proyek dan koordinasi dalam proyek di lapangan tidak berjalan maksimal. Selain itu kesulitan lain juga dialami estimator proyek untuk mengetahui anggaran biaya yang tersimpan dalam arsip. Berdasarkan dengan pe masalah yang sudah dijelaskan, maka penulis bermaksud mengembangkan sistem informasi manajemen proyek konstruksi yang mampu  membantu dan mempermudah peusahaan khususnya bagi  manager proyek  dalam memonitor progress proyek dan estimator proyek dalam meyusun rencana anggaran biaya. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa sistem manajemen proyek dapat membantu site manager, manajer proyek, direktur dan konsultan pengawas dalam memonitor progresss proyek dan estimator  proyek dalam mengelola penyusunan rencana anggaran biaya, sehingga sistem yang dibuat dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan tersebut.
Inspeksi Upper Wing Top Skin Panel Menggunakan Phased Array Ultrasonic Testing (PAUT) Pujono Pujono; Endro Wahyu Galih
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.544 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1202

Abstract

Non Destructive Testing (NDT) adalah cara yang paling ekonomis untuk melakukan inspeksi dan cara untuk menemukan cacat. Salah satu metode inspeksi NDT adalah Ultrasonic Test yang digunakan untuk inspeksi khusus upper wing dengan menggunakan alat ultrasonic phased array di pesawat. Ultrasonic test memiliki keunggulan di atas seluruh metode NDT untuk kedalaman penetrasi dalam mendeteksi defect yang sangat baik, preparasi penggunaan alat dan benda uji yang tidak rumit dan portable, dan dapat menampilkan informasi jarak pada layar CRT atau LED. Tujuan dalam Inspeksi upper wing top skin panel menggunakan ultrasonic phased array adalah untuk mengetahui cacat korosi pada skin pesawat agar dapat dijadikan dasar dalam melakukan tindakan pencegahan dan perawatan body pesawat. Dalam uji ultrasonik ini penulis menggunakan metode phased array ultrasonic testing (PAUT). Phased array merupakan metode NDT yang dapat mendeteksi cacat dengan cepat dan akurat secara optimal dengan waktu pengerjaan yang seminimal mungkin. Metode ini sendiri agak berbeda dengan ultrasonic testing biasa, transducer/probe ultrasonic phased array ini memiliki 64 element. Dengan kata lain tranducer phased array ini dapat megarahkan dan memfokuskan pancaran gelombang ultrasonicnya. Ada 3 area yang dilakukan uji PAUT yaitu (1) trailing edge dan forward fastener row dari rear spar di Rib bay 3 – 4 dan rib bay 9 – 27, (2) trailing edge dan forward fastener row dari false rear spar. (3) forward fastener row dan after fastener row dari rear spar di rib bay 4-5 dan 5-6. Hasil yang diperoleh adalah terjadi korosi pada Rib 26-Rib 27 pada wing bagian kanan. Korosi ini terjadi pada baut dari rear spar, hal ini karena Mikroorganisme terdapat pada air yang berada pada tanki bahan bakar pesawat, air ini dapat berisi oksida besi dan garam mineral.
Meningkatkan Karakteristik Marshall Dengan Menambah Serbuk Ban Bekas Ke Dalam Campuran Laston AC-WC Radiks Gilang Maulana; Zaaim Arrofif; Warsiti Warsiti; Kusdiyono Kusdiyono; Risman Risman
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (787.578 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1197

Abstract

Konstruksi perkerasan perkerasan lentur (flexible pavement) secara garis besar terdiri dari tiga lapis yaitu sub base course, base course dan surface course. Salah satu bahan surface course berupa laston AC-WC. Bahan campuran konstruksi perkerasan laston AC-WC. akan menentukan karakteristik campuran tersebut. Karakteristik campuran perkerasan meliputi Kepadatan (Density), Rongga Pada Mineral Agregat (VMA) , Rongga Terisi Aspal (VFA) , Rongga Dalam Campuran (VIM) , Rongga Dalam Campuran Kondisi Membal (Refusal VIM) , Stabilitas Marshall (MS) , Stabilitas Marshall Sisa (IRS) , Kelelehan Marshall (Flow). Penambahan bahan tambah seperti serbuk ban bekas ke dalam campuran aspal dapat menjadi alternatif bahan tambah guna meningkatkan kualitas dan keawetannya dan daya tahan yang lebih baik terhadap suhu tinggi, dibandingkan dengan aspal tanpa penambahan bahan tambah. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh penambahan serbuk ban karet bekas terhadap nilai karakteristik Marshall campuran Laston AC-WC dan membandingkan hasil parameter Marshall campuran Laston AC-WC standar dengan yang ditambahkan serbuk ban Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAO yang dipakai (6.0%) yang berpengaruh pada nilai Density maksimum 2.376 ????????/???????? dengan prosentase serbuk ban sebesar 7.4%, VMA maksimum 5.186% dengan prosentase serbuk ban sebesar 7.4%, , VFA maksimum 72.510% dengan prosentase serbuk ban sebesar 7.4% , VIM minimum 4.22% dengan prosentase serbuk ban sebesar 7.4% , VIM Refusal density minimum 4.231% dengan prosentase serbuk ban sebesar 6,2%, Stabilitas Marshall (MS) maksimum 1008.86 kg dengan prosentase serbuk ban sebesar 4.5% , Stabilitas Marshall Sisa (IRS) maksimum 671.813 kg dengan prosentase serbuk ban sebesar 4.1% , Nilai Kelelehan Marshall ( Flow ) maksimum 3.40 ???????? dengan prosentase serbuk ban sebesar 6,9% , dan Marshall Quotient ( MQ ) maksimum sebesar 309.26 ????????/???????? dengan prosentase serbuk ban sebesar 4.1% . Dalam perhitungan penambahan serbuk ban optimum dari 9 parameter marshall yang digunakan, dari berbagai parameter marshall yang sudah dianalisis diperoleh hasil kadar penambahan serbuk ban terendah yaitu pada persentase 4.1% dan sedangkan persentase penambahan serbuk ban pada kondisi tertinggi (optimum) diperoleh hasil yaitu 7.4%.
Cover, Susunan Pengurus. Dari Redaksi, Daftar isi Cover Cover
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.72 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1203

Abstract

Cover, Susunan Pengurus. Dari Redaksi, Daftar isi
Pelaksanaan Sholat Wajib Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang Wildana Latif Mahmudi; Yusetyowati Yusetyowati; Sri Wahyuningsih Sulaiman; Puji Wahyumi; Suroso Suroso
Bangun Rekaprima Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.699 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v4i2.1198

Abstract

Sholat merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan 76,6 % mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang aktif melaksanakan sholat lima waktu. Kesadaran mereka menjalankan sholat karena dorongan orang tua. Dari hasil penelitian tersebut, perlu adanya peningkatan dalam pembelajaran agama Islam di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. Perlu adanya bab khusus yang memberikan penjelasan secara ilmiah tentang sholat seperti pengaruh gerakan-gerakan sholat bagi kesehatan tubuh, manfaat sholat bagi ketenangan batin dan sebagainya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8