cover
Contact Name
Fajar
Contact Email
fajarjatinugroho@gmail.com
Phone
+6281226035613
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
BANGUN REKAPRIMA
ISSN : 24432709     EISSN : 25413899     DOI : http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima
Bangun Rekaprima: Jurnal Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora as an information container that contains articles about the field of science consisting of results of research, literature review, review of books, journal reviews, popular scientific knowledge, results of translations, and other related texts. The articles of this journal are published every six months, that is on April and Oktober (2 issues per year), and published by Politeknik Negeri Semarang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): April 2022" : 16 Documents clear
BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA KARYAWAN Chrystho Hendrian Bima Dewantara; Endang Sulistiyani; Fatchun Hasyim
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.503 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3525

Abstract

This study aims to analyze the influence of organizational culture, work environment, and emotional intelligence on the employees’ performance of the Business Service Division of PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Semarang. The population and sample in this study were all employees in the Business Service Division. The sampling technique is the census, which all members of the population are sampled. Data analysis methods included validity test, reliability test, classical assumption test, T test, F test, and coefficient of determination with SPSS 25 program. The results of hypothesis verification and discussion showed that organizational culture, work environment, and emotional intelligence have a positive and significant effect on Employees’ Performance. Emotional intelligence has a dominant impact in improving employee performance.
HUBUNGAN ANTARA ILMU DAN BAHASA Yusetyowati Yusetyowati; Sriwahyuningsih Sulaiman; Puji Wahyumi; Suroso Suroso; Wildana Latif Mahmudi; Sudarmono Sudarmono
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.853 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3527

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui hubungan antara ilmu dan bahasa. Bahasa sangat penting bagi manusia, karena dengan menggunakan bahasa, manusia dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya dan mempelajari ilmu. Sedangkan pengetahuan yang terorganisis tersusun secara sistematis, yang berisi penjelasan yang berasal dari fenomena (gejala) yang didasarkan pada konsep, yang terkait dengan empat komponen yaitu kenyataan (reality), teori (theory), kata-kata (words) dan pemikiran (thought) disebut bahasa.Komponen-komponen tersebut, hanya dapat diuraikan dengan menggunakan bahasa. Ilmu tanpa bahasa tidak akan dapat tersampaikan kepada manusia lainnya. Bahasa tanpa adanya pemikiran manusia juga tidak dapat berkembang mengikuti perkembangan ilmu dan perkembangan jaman. Artikel ini ditulis untuk memberikan pemikiran tentang hubungan antar ilmu dan bahasa.
ANALISIS RETROFIT LAMPU KONVENSIONAL KE LAMPU LED PADA GEDUNG GRAMEDIA MATRAMAN DENGAN CARA ZERO INVESMENT Supriyo Supriyo; Muhammad Fajar Adha; Marsudi Marsudi; Karnawan Joko Setyono
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.522 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3522

Abstract

Kompas Gramedia sebagai salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang media cetak maupun digital, memiliki outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dengan pengahasilan yang dimiliki oleh Gramedia Mataraman yang terlokasi di Jakarta Timur. Gramedia Matraman Sebagai outlet pertama yang dimilki Gramedia, memiliki pemeliharaan bangunan yang tergolong cukup tua contohnya sistem pencahayaannya. Pencahayaan di Gramedia Matraman perlu ditingkatkan sehingga mencapai kenyamanan bagi penggunanya. Solusi yang dilakukan pihak Gramedia Matraman dengan cara retrofit lampu konvensional dengan lampu LED. Selain itu, Gramedia berinvestasi dengan cara zero investment. Langkah-langkah yang dilakukan pertama kali adalah dengan cara meghitung jumlah lampu yang ingin diganti, selanjutnya menghitung nilai lux tiap lantai dan terakhir menganalisis biaya listrik penggunaan lampu, biaya operasional, dan biaya pengadaan. Hasil yang didapat adalah penghematan listirk pada penggunaan lampu setelah retrofitting adalah 920 kWh per hari, penghematan biaya operasional sebesar Rp.55.218.960,- per bulan, biaya investasi sebesar Rp. 392.540.000,-, dan payback period akan tercapai pada bulan ke 8 dengan masa hidup lampu selam 50 bulan.
KAJIAN EVALUASI BIAYA DAN WAKTU DALAM PENANGANAN KETERLAMBATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jalan Layang Akses Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang) Junaidi Junaidi; Supriyadi Supriyadi; Afhandani Candradewi; Aldito Bayu Pradikdya
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.905 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3528

Abstract

Proyek Pembangunan Jalan Layang Akses Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang memiliki nilai kontrak Rp. 149.394.103.000,- dengan durasi pekerjaan 46 minggu. Progress pekerjaan hingga penelitian ini dibuat telah mencapai minggu ke-37 dengan deviasi sebesar -8,574%, berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pengendalian untuk mengontrol pelaksanaan proyek agar terlaksana tepat waktu dan tepat biaya. Metode yang digunakan dalam pengendalian tersebut adalah metode earned value, yaitu pengendalian atas biaya dan waktu guna mengetahui keterlambatan maupun pembengkakan biaya yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkirakan biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan proyek.Data-data yang dibutuhkan meliputi data umum proyek (nilai kontrak), kurva S, dan HSPK Kota Semarang Tahun 2020.Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan lebih rendah dari biaya yang direncanakan, hal ini dapat dilihat pada nilai CPI sebesar 1,105 sedangkan waktu pelaksanaan lebih lambat dari jadwal rencana ditunjukkan dengan nilai SPI sebesar 0,893. Hasil perhitungan perkiraan biaya proyek sebesar Rp 135.258.208.412,97 dengan perkiraan waktu penyelesaian 52 minggu, menunjukkan bahwa proyek mengalami keterlambatan selama 6 minggu dari 46 minggu yang direncanakan.
BOTTLE ARTS PENGINGAT MOMEN SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL KACA Nur Hidayanti; Lastri Rahayu Safitri; Alifia Winda Lestari; Septi Nur Anggiah; Siti Arbainah
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.829 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3524

Abstract

Sampah adalah fenomena yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Tidak hanya sampah plastik yang menjadi permasalahan tetapi juga terdapat jenis sampah lainnya seperti sampah kaca (botol kaca). Sampai saat ini masih banyak ditemukan tumpukan botol kaca di lingkungan masyarakat dan masih sangat sedikit juga instansi atau pengrajin yang tertarik untuk mengolah limbah botol kaca menjadi sesuatu yang lebih berguna sehingga botol-botol tersebut mengalami penumpukan. Bottle Arts Pengingat Momen adalah suatu inovasi dari mengolah limbah botol kaca menjadi kerajinan unik yang dapat menambah nilai guna dari limbah botol kaca tersebut yang biasanya hanya terbuang sia-sia. Tujuan dari program ini diantaranya adalah: a) Memanfaatkan limbah botol kaca agar mempunyai nilai jual. b) Membuat produk bottle arts sebagai inovasi tempat memajang foto yang unik, kreatif, dan aesthetic tanpa melupakan daya guna produk. c) Sebagai wadah mahasiswa yang mempunyai jiwa wirausaha untuk membuka peluang usaha baru. Metode pembuatan yang digunakan antara lain : a) Pembuatan Desain Foto, b) Pembuatan Frame, c) Perakitan Lampu Kerlip, d) Penghiasan Produk, e) Finishing dan Packing. Penjualan produk ini telah dilakukan dari akhir bulan Agustus hingga pertengahan bulan September 2021, produk yang telah terjual sebanyak 18 unit, dengan harga jual mulai dari Rp 35.000-Rp 50.000. Omzet yang diperoleh dari penjualan tersebut Rp 830.000 dengan keuntungan Rp 327.040. Metode penjualan dan promosi dilakukan yang secara online melalui sosial media instagram @alha.store.id dan salah satu marketplace shopee @alha store dan juga dilakukan secara offline yaitu dengan  dirrect selling.
PELATIHAN SAP 2000 V14 UNTUK KONSULTAN PERENCANAAN DAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL UPGRIS DAN UNISNU Ngudi Hari Crista; Trias Widorini; Bambang Purnijanto
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.306 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3552

Abstract

SAP 2000 merupakan salah satu program yang sangat populer karena kemampuan dan fasilitas yang tersedia dalam program komputer yang mampu menghasilkan proses analisis dan desain secara cepat dan efisien. Salah Satu alternatif dalam membantu proses belajar khususnya untuk membantu PT. Pola Dwipa sebagai konsultan perencana, mahasiswa UPGRIS dan UNISNU untuk dapat lebih memahami dan mengetahui perhitungan. Proses desain dan analisis perlu adanya alat bantu guna mempermudah pengerjaan dan memperkecil resiko kesalahan dalam mengerjakan tugas perencanaan khususnya desain struktur.Banyaknya perhitungan struktur yang kompleks dan rumit tersebut membuat mahasiswa teknik sipil mengalami kesulitan. Dengan mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan pelatihan yang bersifat presentasi, tutorial dan praktik serta ditambah dengan penggunaan modul sebagai bantuan dalam melakukan kegiatan tersebut, maka kegiatan pelatihan software SAP 2000 yang dititik beratkan pada pemodelan, pemasukan input beban grafitasi, serta pembacaan desain hasil output dapat terlaksana dengan baik.  Hal ini dapat terlihat dari hasil nilai yang baik, yaitu preetest adalah 55,22% dan posttest meningkat menjadi 86,57%. Sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan dalam mengaplikasikan software analisis desain ini.
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET DALAM MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI Muslimah Muslimah; Marya Ulfa
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.061 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat keefektifan media pembelajaran Google Classroom dan Google  Meet  dalam meningkatkan karakter belajar mahasiswa . Pendekatan penelitiannya kuantitatif dan jenisnya korelasional. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disusun menurut model skala likert.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (korelasi parsial dan regresi ganda) menggunakan program IBM SPSS Statistic 25 . Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disusun menurut model skala likert. Hasil peneltian menunjukan bahwa tes kemampuan akhir yang diperoleh responden sangat bervariatif sesuai dengan kriteria ketuntasan. Uji validitas menunjukkan bahwa semua item indikator adalah valid. Hasil uji reliabilitas terhadap keseluruhan variabel adalah reliabel. Dalam Uji normalitas menunjukkan bahwa semua data adalah normal. Pada Uji linieritas terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel motivasi (X) dengan variabel Media Pembelajaran (Y). Berdasarkan hasil uji multikolinieritas antar variabel tersebut tidak terjadi multikolinieritas.   Kesimpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran Google Classroom dan Google  Meet dalam meningkatkan karakter belajar mahasiswa di masa pandemi 89,3%  sangat efektif digunakan.
PELATIHAN SOFTWARE HEC-RAS BERBASIS RAS MAPPER UNTUK PENANGANAN BANJIR DI RUAS SUNGAI TUNTANG KEPADA AKADEMISI DAN PRAKTISI TEKNIK SIPIL Ahmad Hakim Bintang Kuncoro; Diah Setyati Budiningrum; Anik Kustirini; Talitha Zhafira
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.065 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3553

Abstract

Pertumbuhan teknologi dalam penunjang kegiatan belajar maupun bekerja mengalami perkembangan yang semakin canggih. Salah satu software dalam dunia Teknik Sipil khususnya konsentrasi Hidro/Keairan yaitu HEC-RAS telah mengalami update dalam kemampuan dan tampilan 2D dalam analisis hidrologi dan hidrolika yang sangat menarik. Akademisi dan praktisi yang bergerak di bidang Teknik Sipil Hidro perlu diberikan pelatihan agar dapat meningkatkan kemampuan dalam dunia akademik maupun di dunia kerja. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membantu para akademisi dan praktisi Teknik Sipil dalam meningkatkan kemampuan pengolahan data dan pemecahan masalah, khususnya banjir di ruas sungai dengan menggunakan software HEC-RAS berbasis RAS Mapper. Pelatihan ditujukan kepadaakademisi dan praktisi Teknik Sipil di Kawasan Kota Semarang dan sekitarnya dengan jumlah total peserta sebanyak 35 orang. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan melakukan kegiatan pelatihan yang bersifat presentasi, tutorial dan praktik langsung pengunaan software HEC-RAS yang dititik beratkan pada pemodelan, pemasukan input data debit dan pembuatan tanggul sungai, serta hasil outputdengan visiual yang menarik. Dari hasil survey di awal pelatihan, maka didapatkan nilai rata-rata tingkat pemahaman para peserta mengenai software HEC-RAS masih sekitar 26,62 %. Setelah dilakukan pelatihan, hasil survey diakhir pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta menjadi 61,36 %. Sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan dalam mengaplikasikan software HEC-RAS berbasis RAS Mapper.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI GURU MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA MIJEN DEMAK Sony Junaedi; Muslimah Muslimah; Marya Ulfa
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.913 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3548

Abstract

Pembelajaran jarak jauh sejalan dengan Revolusi Industri 4.0 di sektor pendidikan. Saat ini, terdapat perubahan perilaku interaksi antara guru dan peserta didik yang semula berbasis tatap muka di kelas, berubah dengan berkolaborasi melalui pemanfaatan jaringan internet atau (Online Learning). Aplikasi Kahoot dapat mempermudah guru dalam mengevaluasi. Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis permainan yang menggunakan teknologi pendidikan di dalam sekolah dan institusi pendidikan lainnya. Kahoot berupa aplikasi permainan, kuis pilihan ganda, ataupun survey pendapat dan opini publik peserta didik atau anggota institusi yang dilakukan secara online melalui web browser. Permasalahan mitra adalah guru-guru di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Mijen Demak masih membutuhkan penyegaran dalam hal pembuatan multimedia interaktif. Oleh karena itu, Tim pengabdian pada masayarakat Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas 17 Agustus 1945 Semarang melakukan komunikasi secara intensif dengan pengelola MA Madrasah Aliyah Miftahul Huda untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Metode yang diterapkan dalam program pengabdian ini, yaitu presentasi, demonstrasi, dan praktik. Metode presentasi diterapkan dalam pengenalan software Kahoot, manfaat, dan penerapannya dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Metode demonstrasi tentang pengoperasionalan program. Metode praktik adalah guru-guru aktif dan  antusias mempraktikkan secara langsung pembuatan media pembelajaran sesuai mata pelajaran masing-masing dengan pemanfaatan program Kahoot. Setelah pengabdian ini guru dapat memposisikan media pembelajaran sebagai salah satu komponen penting dari suatu proses pembelajaran. Media pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Guru senantiasa dituntut mampu mengembangkan dan menggunakan alat-alat pembelajaran yang tersedia di sekolah sesuai dengan perkembangan zaman.
PERBANDINGAN KAPASITAS KOLOM DENGAN VARIASI BENTUK PENAMPANG (Studi Kasus Struktur Kolom Rumah Susun di Yogyakarta) Tika Yuniva; Dewi Sulistyorini; M. Afif Shulhan
Bangun Rekaprima Vol 8, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Politeknik Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.23 KB) | DOI: 10.32497/bangunrekaprima.v8i1.3554

Abstract

Kolom merupakan komponen struktur bangunan yang tugas utamanya menyangga beban asksial tekan vertikal. Menurut penelitian terdahulu, kolom dengan sengkang spiral memiliki kinerja terbaik dalam menahan beban dibandingkan kolom dengan sengkang persegi. Namun kenyataannya dilapangan kolom sengkang persegi adalah jenis kolom yang banyak digunakan karena pelaksanaanya mudah dilakukan. Penelitian ini berfokus pada ketiga jenis penampang kolom, yaitu penampang kolom bujur sangkar, lingkaran, dan persegi panjang dan struktur penampang kolom dianalisis berdasar SNI 2847-2019 sebagai Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Dimensi kolom bujur sangkar 500 x 500 mm, kolom lingkaran diameter 564 mm dan kolom persegi dimensi 625 x 400 mm. Jumlah tulangan utama dan sengkang semua jenis penampang sama 24D19 dan sengkang D10-100. Hasil analisis selisih kapasitas penampang kolomantara metode SP Coloumn dengan manual dimana kolom lingkaran memiliki selisihøMnsebesar553.839,padakolom bujur sangkar memiliki selisih ø Mn sebesar 477.85, dan pada persegipanjang memiliki perbandingan selisih paling kecil sebesar ø Mn 327.48. Namun, jika dilihat selisih perbandingan pada ø Mn/Mu tidak jauh berbeda pada masing- masing kolom

Page 1 of 2 | Total Record : 16