cover
Contact Name
Vina Amilia Suganda
Contact Email
vinaamilia.pgsdunsri@gmail.com
Phone
+6281273638727
Journal Mail Official
jisd@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
Kampus Indralaya Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557346     EISSN : 26856433     DOI : http://doi.org/10.36706/jisd.v8i2.15847
Core Subject : Education,
Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes the result of literature studies as well as research result in the scope of education in general and basic education in particular. The focus and scope of articles published in this journal include elementary school learning innovations, elementary school learning media, elementary school assessments, elementary school curriculum development, and teaching materials used in learning in elementary schools.The study cover education and learning in basic education, the studies of five areas of elementary school namely mathematics, Indonesian language, science, social studies, and civics and additional fields such as English in basic education includes the study of local content studied in the scope of basic education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar" : 9 Documents clear
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI JENIS SUDUT DAN BESAR SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD ISLAM AL-ALIFAH PALEMBANG Rahmatul Jariah Zany; Laihat Laihat; Toybah Toybah
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.723 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8259

Abstract

Abstak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model problem based learning pada materi jenis sudut dan besar sudut terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al-Alifah Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-B yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal dan observasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh  = 10.498, sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh   = 2.086 sehingga terlihat bahwa . Oleh karena itu,  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning pada materi jenis sudut dan besar sudut berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al-Alifah Palembang. Kata-kata kunci:  Pengaruh, model problem based learning, dan hasil belajar.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRET DI KELAS 2 SD NEGERI 24 PALEMBANG Filzah Izzati Amin; Siti Hawa; Toybah Toybah
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.442 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8255

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah menggunakan alat peraga konkret. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 24 Palembang Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berupa 10 soal uraian dan lembar observasi untuk mengamati guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 53,57% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,28%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi konsep perkalian bilangan cacah di kelas 2 SD Negeri 24 Palembang. Kata-kata kunci: Alat peraga konkret, pemahaman konsep materi operasi perklian   bilangan cacah, matematika
ANALISIS PROFIL AKADEMIK MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2017 BERDASARKAN SISTEM SELEKSI MASUK Tiya Marlina; Yosef Yosef; Hasmalena Hasmalena
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.796 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8260

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan profil akademik mahasiswa ditinjau dari nilai ujian nasional, nilai rapor, hasil psikotes, dan gaya belajar berdasarkan sistem seleksi masuk. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang dilaksanakan mulai bulan Desember 2017 dan Januari 2018 di program studi PGSD Universitas Sriwijaya. Subyek dalam peneltian ini ialah seluruh mahasiswa PGSD angkatan 2017 berjumlah 81 mahasiswa yang terdiri dari 22 mahasiswa dari jalur SNMPTN, 28 mahasiswa dari jalur SBMPTN, dan 31 mahasiswa dari jalur USMB. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah Anova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan profil akademik mahasiswa PGSD angkatan 2017 yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan USMB ditinjau dari nilai ujian nasional dan hasil psikotes berupa nilai IQ. Sedangkan jika ditinjau dari nilai rata-rata rapor kelas XII semester 2, terdapat perbedaan antara mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN, SBMPTN dan USMB. Dari aspek gaya belajar, mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan USMB lebih banyak memiliki gaya belajar collaborative atau bekerja sama.  Kata-kata kunci: Profil akademik, mahasiswa PGSD, sistem seleksi masuk
PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 245 PALEMBANG Susi Lestari; Marwan Pulungan; Sungkowo Soetopo
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.549 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8253

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 245 Palembang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 245 Palembang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes kinerja (unjuk kerja). Berdasarkan hasil uji normalitas data pretest dan posttest pada kedua kelas tersebut data dinyatakan berdistribusi normal. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 3,46dan ttabel =2,002. Sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel, oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 245 Palembang. Kata-kata kunci: Pengaruh, model Time Token, keterampilan berbicara.
GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 157 PALEMBANG Ayu Yuliyanti; Umar Effendy; Yosef Yosef
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.071 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8257

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 157 Palembang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptip kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah berjumlah 1 orang, guru berjumlah 4 orang, siswa berjumlah 6 orang, pustakawan berjumlah 1 orang dan orangtua berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pelaksanaan gerakan literasi dan komunitas sekolah sudah terlihat antusias dan mendukung. Berdasarkan hasil pengumpulan data yang diperoleh dikelas, guru sudah cukup baik dalam melakukan pembelajaran literasi, begitupun juga di perpustakaan, siswa dan petugas perpustakaan saling membantu dalam meningkatkan literasi di sekolah. Antusias siswa pun terbilang baik, dari hal kegiatan membaca dikelas sebelum pembelajaran dimulai maupun berkunjung ke perpustakaan. Walaupun belum seluruhnya siswa merespon baik terhadap literasi di sekolah ini. Jadi dapat disimpulkan gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri 157 Palembang ini sudah cukup sesuai dengan pedoman gerakan literasi sekolah. Kata-kata kunci: Literasi, keterlibatan komunitas sekolah dan antusias komunitas sekolah
PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA Hamdan Hamdan; Asnimar Asnimar; Umar Effendy
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.93 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8252

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Outdoor Learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 25 Indralaya dan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VB berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil dengan purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari hasil perhitungan, didapatkanlah rata-rata nilai Pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 50,20 dan 49,78. Sedangkan rata-rata nilai Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 68,95 dan 57,61. Analisis data menggunakan uji t-Polled Varians dengan taraf signifikan 5% dan didapatkanlah hasil thitung  > ttabel yaitu 2,29 > 2,01 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model  Outdoor Learningberpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya Kata-kata Kunci: Model  Outdoor Learning, Kemampuan Menulis Puisi. 
PENGARUH MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGENAL UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS II SDN 238 PALEMBANG Tina Dwi Lestari; Toybah Toybah; Nuraini Usman
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.908 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8258

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media adobe flash terhadap hasil belajar siswa materi mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana kelas II SDN 238 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas II SDN 238 Palembang yang terdiri dari tiga kelas semester genap tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 91 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIA sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui hipotesis (uji-t) dengan menggunakan uji-t didapat thitung sebesar 8,45 sedangkan ttabel sebesar 2,045. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 49,47 dan posttest sebesar 59,87. Dari hasil rata-rata pretest dan posttest terlihat bahwa adanya pengaruh media adobe flash terhadap hasil belajar siswa materi mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana kelas II SDN 238 Palembang. Kata-kata kunci: Pengaruh, media adobe flash, dan hasil belajar.
PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 137 PALEMBANG Andea Putri Rajab; Linda Puspita
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.587 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8254

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 137 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 137 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan jenis one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal esai sebanyak delapan butir soal. Selisih dari data prestest dan posttest tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat ada tidaknya pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji-t diperoleh thitung = 7,11, sedangkan dari ttabel = 2,060 sehingga terlihat bahwa thitung> ttabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative script berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 137 Palembang. Kata-kata kunci: pengaruh, membaca pemahaman, model cooperative script.
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 238 PALEMBANG Agnes Yatumia; Nuraini Usman; Asnimar Asnimar
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.026 KB) | DOI: 10.36706/jisd.v5i1.8256

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dengan menggunakan media pembelajaran media Audiovisual melalui model Paired Story Telling siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama 3 Siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan menulis narasi siswa terjadi peningkatan, hal ini terlihat pada ketuntasan belajar siswa di Siklus I sebesar 64.51% dengan rata-rata 76.45, pada Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat hingga mencapai 65.62% dengan rata-rata 76.93 dan pada Siklus III meningkat menjadi 82.35% dengan rata-rata 87.14. Hal ini didukung dari hasil observasi, keaktifan siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70.96 dengan kategori aktif, pada siklus II meningkat menjadi 74.60 dengan kategori aktif dan pada siklus III meningkat menjadi 87.86 dengan kategori sangat aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Paired Story Telling dapat meningkatkan keterampilan menyimak materi pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 238 Palembang. Kata-kata Kunci: Peningkatan, Model, Media, Keterampilan Menyimak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9