cover
Contact Name
Tri Tarwiyani
Contact Email
pend.sejarah@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281261500096
Journal Mail Official
pend.sejarah@fkip.unrika.ac.id
Editorial Address
Prodi. Pendidikan Sejarah, FKIP-Universitas Riau Kepulauan, Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
ISSN : 23018305     EISSN : 25990063     DOI : 10.33373
Jurnal Historia adalah jurnal ilmiah berkala Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan yang berkonsentrasi pada ilmu yang berkaitan dengan sejarah.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah" : 5 Documents clear
SEJARAH MASJID RAYA BAITUSYSYAKUR SUNGAI JODOH KOTA BATAM TAHUN 1986-2018 Nastiti, Anisa Sri; Arnesih, Arnesih
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 5, No 1 (2020): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mendapatkan informasi yang akurat dalam Sejarah Masjid Raya Baitusysyakur bertempatan di Sungai Jodoh Kota Batam pada tahun1986-2018. Penelitian kualitatif dengan suatu pendekatan historis sejarah merupakan metode dalam penelitian ini ada beberapa tahap yang diantaranya sebagai berikut: (1) Asal data sumber merupakan dari sebuah sumber primer dan sumber sekunder, (2) pengetahuan yang berperan dalam pengumpulan data terdiri dari sebuah observasi, wawancara seorang pengurus jamaah masjid Baitusysyakur, serta dokumentasi-dokumentasi yang dikumpulkan, (3) dalam teknik sebuah analisis terdiri dari heuristik atas pengumpulan data sumber,kritik internal dan kritik eksternal serta interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa sejarah masjid Raya Baitusysyakur Sei Jodoh di Kota Batam pada tahun 1986-2018 yang telah mengalami perubahan bentuk fisik bangun, dalam segi bentuk bagunan masjid yang mengalami perubahan pada awalnya yang berbetuk kayu sampai pada bagunan yang megah. Masjid ini sebelum berdirinya sudah memiliki 7 Makam yang tidak memiliki identitas nama, makam  ini terletak di lahan bagunan asli yang dimana perbukitan sebelum masjid ini mengalami pembangunan.
EKSISTENSI KESENIAN TRADISIONAL TARI GUBANG PADA MASYARAKAT KECAMATAN JEMAJA KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS Azwandi, Azwandi; Yulia, Desma
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 5, No 1 (2020): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kesenian tradisional tari Gubang  pada masyarakat Kecamatan Jemaja. Pada masa lalu kesenian tradisonal tari Gubang ini sangat diminati oleh seluruh kalangan masyarakat.Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab  pertanyaan yang diajukan dalam rumusan masalah yaitu, untuk  menganalisis kesenian tradisional tari Gubang pada masyarakat  Jemaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, serta kesimpulan dan verufikasi. Hasil penelitian ini menemukan  bahwa kesenian tari Gubang ini dipercaya oleh masyarakat Jemaja erat kaitannya dengan orang Bunian atau makhluk halus. Ada tiga unsur pendukung dari kesenian tradisional tari Gubang ini yang pertama alat musik Gubang, kedua lagu pengiring Gubang, ketiga penari Gubang. Penampilan atau pementasan kesenian tradisional tari Gubang memiliki makna dan fungsi selamatan sesuai dengan undangan yang didapatkan oleh pemain tari Gubang. Eksistensi kesenian tradisional tari Gubang, banyak terjadi perubahan, perubahan yang terjadi bukan pada Gubangnya, melainkan faktor perubahan terjadi akibat dari minat masyarakatnya Jemaja yang sudah mengukiti kecanggihan zaman dan melupakan eksistensi warisan Lokal, sehingga membuat Gubang semakin tertinggakan dan membuat para seniman Gubang semakin berkurang.
HUBUNGAN MINAT DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII MTs USB FILIAL MTs N I BATAM Okwita, Afrinel; Desvita, Yessi
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 5, No 1 (2020): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan: (1) Untuk dapat membuktikan ada atau tidaknya hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTs USB Filial MTs N I Batam. (2) Untuk dapat membuktikan ada atau tidaknya hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTs USB Filial MTs N I Batam. (3) Untuk dapat membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII MTs USB Filial MTs N I Batam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional yang bersifat deskriptif dengan subyek penelitian 35 orang siswa, kelas VIIb MTs USB Filial MTs Negeri I Batam. Instrumen ini menggunakan angket dalam bentuk skala likert sebanyak 60 item. Untuk uji validitas butir angket menggunakan product momen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat  hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu. (2) Terdapat  hubungan  antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu. (3) Terdapat hubungan antara minat belajar dengan lingkungan belajar IPS Terpadu. Hal ini berarti hipotesis alternatif (ha) diterima karena terbukti Fhitung lebih besar dari pada Ftabel yaitu 3,72 3,33. Disimpulkan bahwa minat belajar dan lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berarti semakin tinggi minat belajar akan dipengaruhi oleh lingkungan belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu
REKONSTRUKSI NAMA PAPUA DAN IRIAN DALAM LINTASAN SEJARAH Burdam, Yohanes; Winoto, Darmawan Edi; Rahman, Eka Yuliana
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 5, No 1 (2020): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study attempts to reconstruct the use of the names Papua and Irian in the Indonesian Historical Path; and describe the dynamics of local struggle and the role of intellectuals before and after Indonesia's independence in interacting with the Republic of Indonesia (NKRI). The research uses a structuralism approach from Christopher Lloyd (1988), historical methods from Marc Bloch (1988), and the "Collective Active" theory from Charles Tilly (1978, 1993) for the explanation of facts. Data is collected by studying documents (archives, books, and interviews). Data collected from archives and interviews were carried out by historical criticism, and interpreted into facts which were then assembled into historical accounts of the process of naming Papua and Irian and its relation to the local dynamics of intellectual struggles before and after Indonesia's independence to integrate with the Republic of Indonesia. The results of the study revealed that the name "Papua" was given Ortez de Retes and then was used by the Dutch for the large island together with the population and their culture. However, the name Papua by the Netherlands tends to be negative meaning for local residents. Over time, the intellectuals emerged thinking and struggling to find a name to replace the name Papua with Irian.
HISTORIOGRAFI MAINSTREAM MAJAPAHIT SENTRISME DALAM SEJARAH LOKAL DI INDONESIA: PERBANDINGAN PENULISAN NARASI NEGARA MAJAPAHIT DENGAN NEGARA LAMAJANG TIGANG JURU DI JAWA TIMUR Wijaya, Deni Adi; Yanti, Fitri
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 5, No 1 (2020): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/hstr.v5i1.2616

Abstract

Mainstream “Majapahit-sentrisme” dalam sejarah nasional Indonesia yang dibangun di atas basis historiografi kolonial dan interpretasi nasionalistik Muhammad Yamin yang menimbulkan efek destruktif dalam pola penulisan Sejarah Lokal di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pergeseran penulisan bermazhab Majapahit-sentrisme di dalam buku teks sejarah. Metodologi penelitian memakai penelitian sejarah dengan metode sejarah. Metode sejarah menggunakan tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Kesimpulan dalam penelitian ini untuk memopulerkan penulisan historiografi di luar mazhab nasionalisme ala Muhammad Yamin.

Page 1 of 1 | Total Record : 5