cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2022)" : 10 Documents clear
PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UKM KEDAI KOPI Amara Dyah Rachmasari; Ni Wayan Sri Suprapti
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p06

Abstract

Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk menjelaskan peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis ukm kedai kopi. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik atau manajer kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Metode penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Ukuran sampel ditetapkan sebanyak 55 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Penelitian ini membuktikan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa Inovasi produk mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja bisnis kedai kopi di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Kata Kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Kinerja Bisnis
PENGARUH IKLAN, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN SONGKET BALI I Gede Deva Darmawan; Komang Agus Satria Pramudana
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p03

Abstract

Keputusan pembelian merupakan sikap seseorang untuk membeli produk yang telah diyakini akan memuaskan dirinya dan kesediaan menanggung resiko yang mungkin ditimbulkan. Banyaknya beredar songket tiruan yang memiliki kemiripan motif, dibuat dengan mesin serta harga yang jauh lebih murah, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen kain Songket Bali. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis pengaruh iklan, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Songket Bali di Dian’s Songket & Endek Kabupaten Klungkung. Sampel sebanyak 112 dengan non-probalitity sampling. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Diharapkan Dian’s Songket & Endek harus tetap memperhatikan iklan, citra merek, dan kualitas produk sehingga mampu meningkatkan Keputusan Pembelian Songket Bali di Dian’s Songket & Endek. Kata kunci: Iklan, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
ANALISIS TINGKAT FINANCIAL DISTRESS DENGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Asuransi di Bursa Efek Indonesia) Ni Desak Putu Detik Arima Dewi; Sayu Ketut Sutrisna Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p07

Abstract

Financial distress merupakan penurunan kondisi keuangan yang terjadi menjelang kebangkrutan ataupun likuidasi. Investor tentu tidak menghendaki berinvestasi pada perusahaan yang mengalami financial distress. Investor pada perusahaan yang mengalami financial distress cenderung memilih untuk menjual sahamnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis tingkat financial distress dengan model altman Z-score dan menguji pengaruhnya terhadap harga saham. Penelitian dilakukan pada perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019 yang berjumlah 11 perusahaan. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Model Altman Zscore digunakan untuk menentukan tingkat financial distress. Pengaruh tingkat financial distress terhadap harga saham diuji dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Dengan model Altman Z-score dapat diidentifikasi tingkat financial distress yang dialami perusahaan asuransi sepanjang tahun 2015-2019, yaitu 6 perusahaan tetap berada pada safe zone, 4 perusahaan pernah berada pada grey zone dan 1 perusahaan pernah berada pada distress zone. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa tingkat financial distress berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Kepada investor disarankan untuk melakukan analisis financial distress dalam pengambilan keputusan investasi. Kata kunci: FInancial distress, Altman z-score, Harga saham
PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KAYAWAN Ni Kadek Yuliantari Dewi; I Komang Ardana
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843//EJMUNUD.2022.v11.i02.p02

Abstract

Kinerja karyawan merupakan hasil kerja yang dapat dicapai oleh karyawan berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Kinerja adalah hasil kerja nyata yang dicapai oleh karyawan dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya sesuai dengan kriteria dan tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran motivasi kerja dalam memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. BPR Gianyar Partasedana. Penelitian ini dilakukan di PT. BPR Gianyar Partasedana, jumlah sampel yang digunakan yaitu 44 orang karyawan dengan menggunakan sampling jenuh (sensus). Data dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Gianyar Partasedana. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja pada PT. BPR Gianyar Partasedana. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Gianyar Partasedana. Motivasi Kerja mampu memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Gianyar Partasedana. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan referensi serta informasi terkait dengan peran motivasi kerja memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: Kinerja Karyawan, Kompensasi, Motivasi Kerja
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, PENILAIAN PASAR, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM Alicia Arta Chandra; Ni Putu Ayu Darmayanti
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p08

Abstract

Return saham merupakan tingkat pendapatan yang dapat dinikmati oleh investor dari investasi yang dilakukan. Return yang positif akan membuat investor tertarik untuk menginvestasikan dananya pada suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh profitabilitas, likuiditas, penilaian pasar, serta ukuran perusahaan pada return saham perusahaan food and beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Penelitian ini menggunakan sampel dengan jumlah 14 perusahaan berdasarkan metode sampling sensus. Data yang telah dikumpulkan lalu dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, dan menghasilkan kesimpulan bahwa hanya profitabilitas yang memengaruhi return saham perusahaan food and beverage di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci: Return saham, profitabilitas, likuiditas, penilaian pasar, ukuran perusahaan.
PERAN MOTIVASI KERJA MEMEDIASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN INSPEKTORAT KOTA DENPASAR Ni Wayan Anik Sugianti; Ni Wayan Mujiati
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p04

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Inspektorat Kota Denpasar dengan 44 responden menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dorongan ataumotivasi yang diberikan kepada karyawan maka kinerja karyawan akan semakin meningkat. Disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi disiplin karyawan dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerja karyawan. Motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi pimpinan, maka semakin meningkat kinerja karyawannya. Pihak instansi disarankan agar harus tetap meningkatkan rasa kepercayaan diri karyawan ketika bekerja, memberikan sanksi kepada karyawan apabila tidak disiplin dalam bekerja, memberikan motivasi kepada karyawan, hal tersebut akan meningkatkan kinerja karyawan Inspektorat Kota Denpasar. Kata kunci: kinerja, kepemimpinan transformasional, disiplin kerja, motivasi kerja.
PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STARBUCKS DI DENPASAR Indah Kusuma Dewi; Gede Bayu Rahanatha
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p09

Abstract

Isu mengenai lingkungan telah semakin disadari oleh masyarakat dengan maraknya berita mengenai global warming. Hal ini semakin mendorong konsumen untuk menghargai produk ramah lingkungan lebih dalam. Pesatnya pertumbuhan kedai kopi di Indonesia menyebabkan kedai kopi harus memiliki strategi agar dapat bertahan dalam industri. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden dengan kuesioner. Sampel ditentukan dengan purposive sampling, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis menyatakan bahwa seluruh hipotesis diterima. Green Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap citra merek, green marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek berperan positif signifikan dalam memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian. Implikasi penelitian ini memberikan saran kepada manajer Kedai Kopi Starbucks di Kota Denpasar agar selalu memperhatikan kinerja pemasaran perusahaan dengan berfokus pada orientasi pasar dan selalu meningkatkan keunggulan kompetitif. Kata kunci: Green Marketing, Citra Merek, Keputusan Pembeli
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION Ni Putu Egya Pistariasih; I Gusti Ayu Dewi Adnyani
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p05

Abstract

Turnover intention diartikan sebagai niat dari seorang karyawan untuk secara sukarela berhenti dari pekerjaannya sesuai dengan pilihannya sendiri. Agar turnover intention pada karyawan menjadi rendah maka perusahaan perlu untuk memperhatikan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention. Tujuan dari penelitianini yaitu untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap turnover intention. Penelitian ini dilakukan di PT. Indohamafish. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 56 orang karyawan dengan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention dan variabel komitmen organisasional berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention. Implikasi dalam penelitian ini yaitu Secara teoritis penelitian ini juga memberikan pemahaman bahwa Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional secara nyata dapat Menurunkan Turnover Intention, ketika Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional yang meningkat,sehingga berpotensi menurunkan Turnover Intention. Kata kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Turnover Intention
REAKSI PASAR TERHADAP PERISTIWA RIGHT ISSUE DI BURSA EFEK INDONESIA steven christianto; Ida Bagus Anom Purbawangsa
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p10

Abstract

Right issue adalah kegiatan penawaran umum terbatas kepada investor saat ini untuk memberi mereka hak untuk memesan dulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi pasar pada peristiwa right issue yang diukur dengan abnormal return, dan trading volume activity. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 52 perusahaan yang melakukan aksi korporasi right issue pada tahun 2018 dan 2019 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dan mencatat data dari laporanlaporan dan arsip-arsip dari beberapa sumber dengan teknik analisis data yaitu uji normalitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan alat uji non parametrik wilcoxon signed rank test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada penelitian mendapatkan hasil bahwa pengumuman right issue berdampak signifikan terhadap abnormal return. Pengumuman right issue juga memiliki pengaruh signifikan terhadap trading volume activity. Kata kunci: Right Issue, Abnormal Return, Trading Volume Activity
PENGARUH KEPEMIMPINAN INKLUSIF TERHADAP PERILAKU INOVATIF KARYAWAN DIMEDIASI OLEH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT Ni Wayan Rianita Andani; I Made Artha Wibawa
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p01

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan inklusif terhadap perilaku inovatif karyawan dimediasi oleh Perceived Organizational Support. Populasi penelitian ini adalah 44 karyawan pada 70° Fahrenheit Koffie Jimbaran tahun 2020. Pada penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh dan pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis), uji asumsi klasik, dan uji sobel. Hasil dari penelitian inimenyatakan bahwa Kepemimpinan Inklusif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Inovatif Karyawan, Kepemimpinan Inklusif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Organizational Support, dan Perceived Organizational Support berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Inovatif Karyawan. Implikasi dari penelitian ini yaitu secara teoritis penelitian ini juga memberikan pemahaman bahwa kepemimpinan inklusif yang baik dan Perceived Organizational Support secara nyata dapat meningkatkan perilaku inovatif karyawan. Kata kunci: Kepemimpinan Inklusif, Perceived Organizational Support, Perilaku Inovatif Karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue