cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 7 (2022)" : 8 Documents clear
Pengatuh Faktor Fundamental Perusahaan Terhadap Return Saham Ni Wayan Anggi Pradnyaningsih; Anak Agung Gede Suarjaya
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p06

Abstract

Return saham ialah keuntungan untuk investor yang didapat dari hasil penanaman modal serta timbal balik dari keberanian investor menanggung resiko dari investasi yang dilakukan. Karena ketidakpastian return yang didapat oleh investor, maka dilakukan analisis fundamental salah satunya analisis fundamental perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh faktor fundamental perusahaan yang dilihat dari rasio keuangan yang diproksikan dengan rasio ROA, ROE, DER, EPS, PER, dan PBV terhadap return saham di perusahaan Indeks Papan Utama yang terdaftar di BEI pada tahun 2019 dan 2020. Sampel sebanyak 188 perusahaan dengan tahun pengamatan selama 2 tahun sehingga diperoleh data sebanyak 376 amatan. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian, ROA, ROE, EPS, PER, dan PBV berpengaruh positif dan signifikan pada return saham, sedangkan DER berpengaruh negatif dan signifikan pada return saham. Kata kunci: ROA, ROE, DER, EPS, PER, PBV, Return Saham
PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG PRODUK PAKAIAN MEREK LANAKILA DI BALI Ni Wayan Ayu Widyanita; Gede Bayu Rahanatha
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p01

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap niat pembelian ulang, untuk menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat pembelian ulang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan survei kuesioner yang disebarkan secara online dengan bantuan google form dan diukur menggunakan skala likert. Sampel ditentukan menggunakan purposive sampling sejumlah 110 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menunjukkan inovasi produk dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang, dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan pakaian merek Lanakila Bali serta kepuasan pelanggan merupakan pemediasi pengaruh inovasi produk terhadap niat pembelian ulang pada pakaian merek Lanakila Bali. Hasil penelitian ini diharapkan perusahaan mampu menciptakan inovasi produk dan kepuasan bagi pelanggan sehingga akan memicu niat pelanggan untuk membeli kembali produk dari Lanakila Bali. Kata Kunci : Inovasi Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Niat Pembelian Ulang.
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN ATMOSFER TOKO TERHADAP NIAT BELI ULANG PADA KONSUMEN H&M Ni Wayan Prika Adiantari; Ni Ketut Seminari
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p04

Abstract

Niat beli ulang merupakan cerminan dari perilaku konsumen untuk membeli merek yang sama dimasa yang akan datang. Banyak faktor yang mempengaruhi niat beli ulang diantaranya citra merek, kualitas produk, dan atmosfer toko. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan pengaruh citra merek, kualitas produk, dan atmosfer toko terhadap niat beli ulang konsumen. Penelitian dilakukan di toko ritel H&M menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran instrumen penelitian berupa kuesioner google form, dianalisis dengan analisis regeresi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk, dan atmosfer toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan kepada pihak H&M untuk mempertahankan dan meningkatkan berbagai aspek yang terkait dengan citra merek, kualitas produk, dan atmosfer toko sehingga mampu meningkatkan niat beli ulang. Kata kunci : kualitas produk, atmosfer toko, niat beli ulang, citra merek.
PENGARUH MODAL INTELEKTUAL DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Rama Adi Kusuma; Henny Rahyuda
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p07

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh modal intelektual dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang dimediasi oleh profitabilitas. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan subsektor food and baverages di BEI periode 2018-2020 Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 17 perusahaan dan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan analisis jalur (Parth Analysis) dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modal intelektual berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas, modal intelektual berpengaruh positif terhadap profitabilitas, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas mampu berperan sebagai mediasi pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan sedangkan profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Modal Intelektual, Leverage, Profitabilitas
PENGARUH RISIKO KREDIT, RISIKO OPERASIONAL, DAN RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS LPD DI KECAMATAN BEBANDEM I Kadek Juliantara Juliantara; Ni Putu Ayu Darmayanti
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p03

Abstract

Profitabilitas adalah kemampuan LPD dalam menghasilkan laba dan merupakan suatu rasio yang dapat menilai bagaimana kemampuan LPD dalam menghasilkan keuntungan. Tingginya profitabilitas LPD menunjukkan kinerja LPD yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko kredit, risiko operasional, dan risiko likuiditas terhadap profitabilitas. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali peride tahun 2015-2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi non prilaku dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Risiko Kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Risiko Operasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Risiko Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Profitabilitas LPD dapat dimaksimalkan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, memonitor serta mengawasi operasional LPD untuk meminimalkan pengeluaran biaya dan menyediakan likuiditas dalam jumlah cukup serta diimbangi dengan penyaluran kredit yang baik. Kata kunci: Risiko Kredit, Risiko Operasional, Risiko Likuiditas, Profitabilitas.
ANTESEDEN SEMANGAT KERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN TABANAN Bintang Wiryanthari Dewi; I Gusti Ayu Manuati Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p08

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh stres kerja, lingkungan kerja, serta karakteristik pekerjaan terhadap semangat kerja pegawai. Studi dilakukan di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Tabanan. Dalam penelitian ini teknik penentuan sampel menggunakan teknik probabiliy sampling. Jumlah sampel yang ditentukan adalah sebanyak 130 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial yakni regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Stres kerja berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap semangat kerja, lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap semangat kerja, dan karakteristik pekerjaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap semangat kerja. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah peningkatan kinerja pegawai dapat diupayakan melalui penurunan stres kerja, pembenahan lingkungan kerja serta katakteristik pekerjaan. Kata kunci: stres kerja; lingkungan kerja; karakteristik pekerjaan; semangat kerja.
Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan UD. Windhu Sari, Gianyar I Wayan Rera Govinda; Ni Wayan Mujiati
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p02

Abstract

Kinerja pada dasarnya adalah sesuatu yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan sehingga mereka mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi kontribusi kepada instansi atau organisasi termasuk hasil produksi kualitas yang disajikan. Penelitian ini dilakukan di UD. Windhu Sari. Jumlah populasi sebanyak 46 orang karyawan dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 46 orang karyawan, dengan menggunakan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis path. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui mediasi kepuasan kerja. Implikasi dari penelitian ini yaitu kompensasi yang layak dan kepuasan kerja yang tinggi sangat mempengaruhi tingkat kinerja para karyawan di UD. Windhu Sari. Kata kunci: kompensasi; kepuasan kerja; kinerja karyawan
PERAN CEO PEREMPUAN DALAM KEPUTUSAN STRUKTUR MODAL DAN OPTIMASI NILAI PERUSAHAAN Ni Nyoman Ayu Diantini
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 7 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i07.p05

Abstract

Penelitian ini memperluas literatur tentang bagaimana sifat manajerial berhubungan dengan keputusan pembiayaan perusahaan dengan mendokumentasikan bahwa perusahaan yang dijalankan oleh CEO perempuan memiliki jumlah utang yang lebih rendah daripada perusahaan serupa yang dijalankan oleh CEO pria. Peneliti menggunakan database yang berisi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008 hingga 2021. Hasilnya robust setelah melakukan control pada variabel kematangan perusahaan dan tata kelola perusahaan. Peneliti selanjutnya menemukan bahwa perilaku menghindari risiko dari CEO perempuan ini mengarah pada penurunan nilai perusahaan. Namun, CEO perempuan yang menghindari risiko di perusahaan ukuran kecil lebih mengoptimalkan nilai perusahaan daripada CEO perempuan di perusahaan ukuran besar. Hasil ini memiliki implikasi ekonomi yang penting untuk pertumbuhan perusahaan jangka panjang yang optimal. Kata Kunci: leverage, CEO Perempuan, struktur modal, nilai perusahaan, ukuran perusahaan

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue