cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
ISSN : 23389613     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 99 (2021)" : 7 Documents clear
PELAKSANAAN PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN MASYARAKAT DI DESA JIRENE KECAMATAN NOGY KABUPATEN LANNY-JAYA KOGOYA, MARDI; POSUMAH, JOHNNY HANNY; KOLONDAM, HELLY
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 99 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengertian pelaksanaan program itu sendiri sebagaimana dalam pelaksanaan berasal dari katalaksana yang artinya menjalankan atau melakukan suatu kegiatan. Sedangkan Joan L. Herman yangdikutip oleh Farida (2008: 9) mengemukakan definisi program sebagai “segala sesuatu yang dilakukanoleh seseorang dengan harapan akan mendatangkan hasil atau pengaruh. Lebih lengkap lagi, Hasibuan(2006: 72) juga mengungkapkan bahwa program adalah, suatu jenis rencana yang jelas dan konkretkarena didalamnya sudah tercantum sasaran, kebijaksanaan, prosedur, anggaran, dan waktupelaksanaan yang telah ditetapkan. Selain itu, definisi program juga termuat dalam Undang-UndangRI Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, menyatakan bahwa:Program adalah instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakanoleh instansi pemerintah/lembaga untuk mencapai sasaran dan tujuan serta memperoleh alokasianggaran atau kegiatan masyarakat yang dikoordinasikan oleh instansi masyarakat. Dalam prosespelaksanaan suatu program sesungguhnya dapat berhasil, kurang berhasil, ataupun gagal sama sekaliapabila ditinjau dari wujud hasil yang dicapai atau outcomes. Karena dalam proses tersebut turutbermain dan terlihat berbagai unsur yang pengaruhnya bersifat mendukung maupun menghambatpencapaian sasaran suatu program. Berdasarkan beberapa definisi tersebut, maka dapat ditarikkesimpulan bahwa yang dimaksud dengan pelaksanaan program adalah serangkaian kegiatan yangdilakukan oleh individu maupun kelompok berbentuk pelaksanaan kegiatan yang didukungkebijaksanaan, prosedur, dan sumber daya dimaksudkan membawa suatu hasil untuk mencapai tujuandan sasaran yang telah ditetapkan.
KEMAMPUAN PENDAMPING LOKAL PADA PENGELOLAAN DANA DESA (Studi di Desa Ambia Utara Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud) MANGOLE, SARTIKA SANGIANG; POSUMAH, JOHNNY; PALAR, NOVIE
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 99 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the ability of local assistants to manage village funds in NorthAmbia Village, South Essang District, Talaud Islands Regency. The research method used is descriptivequalitative. In this study the ability of village local assistants was measured by technical skills, human skills,conceptual skills and management skills. Research informants were village assistants, sub-district villagelocal assistants, village government and the community. The data collection techniques used wereobservation, interview and documentation. Based on the results of the study, it was found that the villageassistants were still not maximal in carrying out their duties. So the authors recommend that further improvetechnical skills, human skills, conceptual skills and management skills in carrying out their duties as villageassistants.Keywords: Ability, Village Facilitators, Village Fund Management
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KAHUKU KECAMATAN LIKUPANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA UTARA LALOLORANG, MELINDA; RORONG, ARIE JUNUS; PALAR, NOVIE
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 99 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas PelayananPublik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Kahuku, Kecamatan Likupang TimurKabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada masyarakat, bahwa dalam prosespengurusan pelayanan administrasi dibutuhkan waktu yang cukup lama karena keterbatasan saranadan prasarana dalam proses pelayanan. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis dataRegresi Linear Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari variabel yang diteliti danmelalui perhitungan yang menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 26, maka nilaisignifikasi adalah sebesar 0.000 <0.05, dari pernyataan tersebut disimpulkan bahwa terdapatpengaruh dari variabel kualitas pelayanan publik (X) terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) danBerdasarkan nilai sebesar 11.478> 2.25807 maka dapat disimpulkan bahwa variabelkualitas pelayanan publik (X) berpengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y).Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat.
DAMPAK KEBIJAKAN PENGGUNAAN FINGERPRINT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 RATAHAN KABUPATEN MINAHASA TENGGARA ROMPAS, EL FITRIA; LENGKONG, FLORENCE DAICY; LONDA, VERY
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 99 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana dampak kebijakan penggunaan fingerprint di SekolahMenengah Pertama Negeri 2 Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jenis penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatatif. Kemudian teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumenter, dan observasi, Teknikanalisis data dalam penelitian digunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasilpenelitian ini menujukkan bahwa Penerapan finger print sebagai mesin absen guru dan pegawaiyang awalnya bertujuan untuk meningkatkan finger print disiplin kerja dan dalam upayamewujudkan pelayanan yang berkualitas di sektor pendidikan menjadi semain berarti dengantertatanya waktu operasional sekolah. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan dan penggunaanfingerprint yang telah meu dan pegawai semakin tepat waktu datang di sekolah dan nanti setelahjam kantor berakhir baru pulang ke rumah tidak diikuti dengan adanya kompensasi dalam bentukpekerjaan over time. Sebab data lapangan menunjukkan bahwa tidak ada tunjangan yang diteriamauntuk guru & pegawai yang yang bekerja melebihi jam kerja (uang lembur). Hal ini dianggap perluuntuk ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah untuk merumuskan sebuah kebijakan yang dapatmengakomodir kepentinan guru dan pegawai.Kata Kunci : Dampak Kebijakan, Fingerprint,
PERILAKU MASYARAKAT DI ERA DIGITAL (STUDI DI KELURAHAN TINGKULU KECAMATAN WANEA KOTA MANADO) PALIT, ROSALINDA; LALOMA, ALDEN; LONDA, VERY
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 99 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine how the behavior of the people in Tingkulu Village, WaneaDistrict, Manado City in the Digital Age. The research method used in this research is descriptive researchmethod with a qualitative approach. Data collection in this study was carried out through interviews,observation and document collection. The core problem of this research is the existence of bad attitudes insociety in using digital technology today. Based on the research results, it can be concluded that people'sbehavior in the digital era, especially in Tingkulu Village, has developed, even the Tingkulu Villagecommunity currently shows the attitude of modern society. In its use there are good and bad behaviors suchas the creation of the behavior of modern society that has a fairly good thought and understanding inutilizing digital technology, is easy to communicate, easy to get and share information, the formation ofindividualistic behavior, insinuate, spit people's badness others, venting anger, and hate speech.Keywords: Behavior, Society, Digital Age
PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA TOMOHON MOTOH, FABIOLA GRASELLA; LALOMA, ALDEN; LONDA, VERY
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 99 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the development tourism in Tomohon City. This type of research uses aqualitative descriptive method. Data collection techniques consisted of observation, interviews,documentation. The results showed that tourism development has been carried out through 3 activities init, namely increasing the development of suggestions and infrastructure, maintenance of tourist attractionfacilities as well as monitoring and evaluation. This is the main strategy for developing tourism objects bymaintaining strengths and optimizing opportunities while improving weaknesses and anticipating threatsthat exist in an effort to increase the number of tourist visits that can increase Tomohon. To increase theOriginal Regional Income of Tomohon City, It is hoped that the Government and the private sector, needto plan a marketing strategy so that the visiting tourists will continue to increase.Keywords: Development, Tourism, Tourism Objects.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN COVID-19 DI DESA KUMA SELATAN KECAMATAN ESSANG SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD MAUNDE, RISKI; POSUMAH, JOHNNY; KOLONDAM, HELLY
JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 99 (2021)
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemic COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit korona virus 2019 (bahasa Inggris:corona virus disease 2019, disingkat COVID-19) di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan olehkoronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2. Wabah COVID-19 pertama kali dideteksi diKota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019, dan ditetapkan sebagai pandemioleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. Virus SARS-CoV-2 diduga menyebardi antara orang-orang terutama melalui percikan pernapasan (droplet) yang dihasilkan selama batuk.Percikan ini juga dapat dihasilkan dari bersin dan pernapasan normal. Selain itu, virus dapatmenyebar akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajahseseorang. Penyakit COVID -19 paling menular saat orang yang menderitanya memiliki gejala,meskipun penyebaran mungkin saja terjadi sebelum gejala muncul. Periode waktu antara paparanvirus dan munculnya gejala biasanya sekitar lima hari, tetapi dapat berkisar dari dua hingga empatbelas hari. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptifkualitatif dalam penelitian ini adalah metode yang bertujuan untuk menjelaskan ataumendeskripsikan masalah secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifatpopulasi atau daerah tertentu. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menelitipada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005). Penelitiankualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialamioleh subjek penelitian misalnya efektivitas kebijakan, upaya pemberdayaan masyarakat, programdana desa dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khususyang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Sesuai dengan rumusan masalahdan tujuan penelitian ini maka yang menjadi fokus dalam dalam penanggulangan Covid-19 dan untukmengukur keberhasilan suatu implementasi kebijakan menurut teori Edward III (Subarsono, 2006:90)dapat diukur melalui 4 dimensi yaitu : Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, Struktur Birokrasi.Kata Kunci : Kebijakan, Pemerintah, Partisispasi, Masyarakat, Penanggulangan, Covid-19, dan Desakuma Selatan, Kecamatan Essang Selatan, Kabupaten Talaud

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 4 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 9 No. 3 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 9 No. 2 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 126 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 8, No 115 (2022) Vol 8, No 114 (2022) Vol 8, No 113 (2022) Vol. 8 No. 4 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 3 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 7, No 112 (2021) Vol 7, No 111 (2021) Vol 7, No 110 (2021) Vol 7, No 109 (2021) Vol 7, No 108 (2021) Vol 7, No 107 (2021) Vol 7, No 106 (2021) Vol 7, No 105 (2021) Vol 7, No 104 (2021) Vol 7, No 103 (2021) Vol 7, No 102 (2021) Vol 7, No 101 (2021) Vol 7, No 100 (2021) Vol 7, No 99 (2021) Vol 6, No 98 (2020) Vol 6, No 97 (2020) Vol 6, No 96 (2020) Vol 6, No 95 (2020) Vol 6, No 94 (2020) Vol 6, No 93 (2020) Vol 6, No 92 (2020) Vol 6, No 91 (2020) Vol 6, No 90 (2020) Vol 6, No 89 (2020) Vol 6, No 88 (2020) Vol 6, No 87 (2019) Vol 5, No 86 (2019) Vol 5, No 85 (2019) Vol 5, No 84 (2019) Vol 5, No 83 (2019) Vol 5, No 82 (2019) Vol 5, No 81 (2019) Vol 5, No 80 (2019) Vol 5, No 79 (2019) Vol 5, No 78 (2019) Vol 5, No 77 (2019) Vol 5, No 76 (2019) Vol 5, No 75 (2019) Vol 5, No 74 (2019) Vol 5, No 73 (2019) Vol 5, No 67 (2019) Vol 5, No 66 (2018) Vol 4, No 65 (2018) Vol 4, No 64 (2018) Vol 4, No 63 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 4, No 62 (2018) Vol 4, No 61 (2018) Vol 4, No 60 (2018) Vol 4, No 59 (2018) Vol 4, No 58 (2018) Vol 4, No 57 (2018) Vol 4, No 56 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Vol 4, No 55 (2018) Vol 4, No 54 (2018) Vol 4, No 53 (2018) Vol 4, No 52 (2018) Vol 4, No 51 (2018) Vol 4, No 50 (2018) Vol 3, No 046 (2017) Vol 4, No 49 (2017) Vol 4, No 48 (2017) Vol 4, No 47 (2017) Vol 3, No 45 (2017) Vol 3, No 400 (2016) Vol 3, No 038 (2016): Jurnal Administrasi Publik Vol 2, No 044 (2016) Vol 1, No 043 (2016) Vol 3, No 42 (2016) Vol 3, No 41 (2016) Vol 1, No 37 (2016) Vol 1, No 36 (2016) Vol 3, No 031 (2015) Vol 2, No 029 (2015) Vol 1, No 028 (2015) Vol 1, No 010 (2015) Vol 4, No 35 (2015): Jurnall Administrasi Publik Vol 4, No 32 (2015) Vol 2, No 30 (2015) Vol 1, No 12 (2015) Vol 3, No 004 (2014) Vol 2, No 002 (2014) Vol 2, No 001 (2014) Vol 4, No 5 (2014): Jurnal Administrasi Publik Vol 2, No 3 (2014) Vol 1, No 1 (2014) Vol 1, No 2 (2013) Vol 1, No 1 (2013) More Issue