cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Batikan UH III/1043 Kota Yogyakarta 55167
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora
ISSN : 2443180X     EISSN : 25794728     DOI : https://doi.org/10.30738
SOSIOHUMANIORA berisi artikel tentang gagasan konsep, teori, kajian dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan sosial, budaya dan pendidikan dari para peneliti, praktisi serta hasil karya tugas akhir mahasiswa yang memenuhi persyaratan.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2018)" : 11 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DI TINJAU DARI SELF-CONCEPT Melly Susanti
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.522 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari self concept siswa kelas VIII SMP Negri 10 Cimahi. Metode ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal komunikasi matematis yang dilihat dari self-concept. penelitian ini di ujikan ke pada 22 siswa yang menjadi Sampelnya adalah 9 siswa. sampel yang di tentukan dilakukan dengan mengambil 3 siswa yang memiliki self concept tinggi, 3 siswa yang memiliki self concept sedang, dan 3 siswa yang memiliki self concept rendah. Hasil analisis data menunjukan kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept tinggi yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya cukup dan 1 siswa yang rendah. kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept sedang yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya baik dan 1 siswa yang rendah. kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept rendah yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya kurang dan 1 siswa yang cukup.
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN Hasna Zuyyina; Tommy Tanu Wijaya; Helmy Muhammad P; Eka Senjawati
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.187 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2546

Abstract

This research aim to learn and analyze the capability of student’s mathematical connection in circle major. The data collected are instrumen test result and interview result with several student’s who are chosen randomly. The method of this research use qualitative descriptive method. The population of this research are second grade student’s of Junior High School in Madani Boarding School West Bandung. Based on the capability of mathematical connection test result the first indicator are finding relation among various representation concept and prosedure, then aunderstanding the relation in mathematic topic, the presentage are 41%. While the second indicator are understanding the representation of the same equivalen concept, the presentage are 70%. The third indicator presentage, use math in others study field or in daily life. Each presentage are 23%, 21%, 43%, and 35%. Meanwhile for the fourth indicator, use the evaluate the connection between math topic with the topic outside are 95%. Beside that interview result show some of difficulties faced by student’s in doing mathematical connection problem are 1) can’t understanding what the purpose of the question, 2) confuse with the formula that should be used, 3) error in using arithmatic operation.Keyword : mathematical connection, circle   
THE EFFECTIVENESS OF EMOTIONAL INTELLIGENCE TRAINING TO REDUCE AN INTENTION OF BULLYING BEHAVIOUR Annisa Warastri
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.306 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2635

Abstract

Bullying happens when an individu or a group of people harassed or threatened someone else’s security and well-being (health) both in physicall or psychological, threatened the reputation or social acceptance of someone and done repeatedly and continously (Kustanti, 2015).Some of Bullying behaviour that researchers found including, mocking, disgracing, calling out a name and sticking out tongue. Researchers also found some cases of client where the clients (students) felt that they been bullied by their friends by being ignored and ostracized by its environment. One of the factors that bullying happens are the characteristic of an individu.In this study, the researcher will held a training about emotional intelligence for some individuals that had a tendency to practice bullying.Subject in this research including 30 individuals that will be selected randomly and had a tendency to show an intention to have a bullying behaviour. Afterwards, the subject will be given an emotional intelligence training for at most 5 session.The result of this study shows that there is an intention reduction of bullying behaviour owned by the subject of this study after the session of emotional intelligence training held, and it shows in the decrease of the posttest score of the subject compare to the pretest score, 93 to 74 respectively. By the changing of this score it is indicated that the emotional intelligence training effectively reduce the bullying behaviour in the subject of this study. Keyword: Bullying, Emotional Intelligence, Student.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 Sri Harini
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.628 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2982

Abstract

Abstract The research is aime to analize the implementation of character education in applying The 2013 Curiculum a SMP Negeri 1 Sewon. This research used the qualitative method. The collecting data this research use many tecniques such as 1) interviews, 2) observations, 3) documents study. Data analysis techniques in the research is trianggulation data.This research implies that SMP Negeri 1 Sewon has implemented the character education by carrying out the teaching learning activietes and self development systematically, such 1) planning program related of the school mission and vision which is dones at the begaining of the year, 2) organizing, 3) implemented in self development and extracurricular activities and teaching learning activities as well, 4) monitoring and evaluating that is done the headmaster and all staff with the teachers supervisor. Keywords: implementation, character education, curriculum 2013
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF Nurcikawati Nurcikawati
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.699 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2766

Abstract

Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMA Kelas X bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik, valid, efektif dan praktis serta mempermudah dalam memahami konsep trigonometri, sehingga pembelajaran matematika terutama pada materi trigonometri menjadi lebih interaktif, menarik dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reaserch and Development) dengan model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil perancangan berupa aplikasi yang memuat materi trigonometri. Aplikasi yang dirancang memuat materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X yang terdiri dari 4 menu utama yaitu kompetensi, materi, kuis dan fitur tambahan. Berdasarkan hasil analisis dan validasi dari ahli media program media pembelajaran trigonometri berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMA kelas X dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika sehingga proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan, serta akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DAN KAITANNYA DENGAN PENANAMAN NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA BANGSA Dwi Wahyu Widayati
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.184 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2984

Abstract

Abstract The purpose of this research are to describe about management karawitan extracurricular, to know the factor that supports and influence karawitan extracurricular, to know the result that reached in management karawitan and relation with value of nation culture in SDN Gendengan. The type of research used by researches is qualitative research. This research was conducted at SDN Gendengan, Margodadi, Seyegan, Sleman. Data collection techniques in this study are observation, interview and documentation. Data analysis technique in this research is triangulation data. The result of research abaout management karawitan extracuricular at SDN Gendengan consist of : planning held every new academic that planed such as schedule, material, karawitan extracurricular teacher, student and budget. Organizing in form of structures in which there are personnel according to their duties. Implementation of karawitan extracurrucular is used the teah student in art. The purpose of karawitan extracurricular is to make student to better person in the educational goals. The material given is gending dolanan. The metod is lecture and demonstration. The activity held one a week for every class after intracurricular. Evaluation held every six month consist of the participant and the result of learning. The influence of karawitan extracurricuar is school doens’t have gamelan tools, the distance to the practice place is so far and lack of teachers. The value nation culture through karawitan extracurricular is togetherness, politeness, smoothness, consentration, and tolerance Keywords : management extracurricular, the value is sublime
FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA YANG MEREPRESENTASIKAN FILM AS SOCIAL PRACTICE BAGI WANITA MUSLIMAH Syaiful Qadar Basri
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.477 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2863

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni Pertama, untuk mengkaji secara mendalam mengenai fungsi film sebagai media edukasi dan social practice bagi masyarakat Indonesia. Kedua, untuk mengetahui apakah tokoh Hanum, Fatma, dan Marion dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa  menjadi representasi seorang wanita muslimah yang memegang teguh ajaran agamanya, sekalipun berada di negara yang menganggap Islam masih menjadi agama minoritas.  Pada pengkajian analisis ini, peneliti memfokuskan pada film 99 Cahaya di Langit Eropa karya Guntur Soeharjanto yang rilis pada 29 November 2013. Film yang bergenre drama religi tersebut mengekspose nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita yang mengisahkan kehidupan seorang wanita muslimah bernama Hanum dan Fatma, dan bersetting di Indonesia, Austria, dan Perancis. Film 99 Cahaya di Langit Eropa, produser ingin memunculkan nilai edukasi dan social practice masyarakat ketika dihadapkan pada tayangan film yang bernilai religi dan sarat akan pesan-pesan sosial di dalamnya. Selain itu, di dalam film tersebut, setelah dikaji dengan menggunakan teori semiotika Barthes, ditemukan bahwa di film tersebut mengandung makna denotasi, konotasi, serta mitos yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Setiap film yang dimunculkan ke masyarakat tentu memiliki pesan tersirat yang ingin disampaikan. Bagaimana tokoh tersebut menempakan atau memposisikan dirinya sebagai muslimah yang taat pada agamanya di tengah negara yang memarjinalkan dirinya juga menjadi salah satu nilai yang ingin disampaikan kepada masyarakat agar mereka memahami lebih dalam lagi bahwa setiap film yang diciptakan tentu memiliki fungsinya tersendiri. Apakah film tersebut berfungsi sebagai seni atau hiburan, ataukah berfungsi sebagai media edukasi dan social practice bagi masyarakat.
TELAAH TEKNIK DAN BENTUK PENILAIAN DALAM BUKU TEKS SISWA BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 Siti Rochmiyati; Desy Rufaidah
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.38 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.3060

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) teknik penilaian aspek pengetahuan, (2) teknik penilaian aspek keterampilan, dan (3) bentuk penilaian aspek pengetahuan dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. Data penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana yang memuat konten-konten tentang teknik dan bentuk penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan buku teks siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII dan VIII Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini meliputi teknik penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan serta bentuk penilaian aspek pengetahuan. Teknik penilaian aspek pengetahuan meliputi teknik tulis, lisan, dan penugasan. Teknik tulis dan penugas terdapat dalam semua bab. Teknik penilaian aspek keterampilan meliputi praktik, produk, proyek, dan portofolio, tidak semua teknik terdapat dalam bab yang terdapat dalam buku teks siswa. Bentuk penilaian aspek pengetahuan meliputi pilihan ganda, isian, benar salah, menjodohkan, uraian, tanya jawab, penugasan individu di dalam sekolah, penugasan individu di luar sekolah, penugasan kelompok di dalam sekolah, dan penugasan kelompok di luar sekolah. Tidak semua bentuk penilaian ada pada tiap bab. Bahkan bentuk pilihan ganda dan penugasan kelompok di luar sekolah tidak terdapat pada buku teks siswa kelas VII.Kata kunci: telaah buku teks, teknik penilaian, bentuk penilaian
MENGUAK MISTERI RAMALAN CUPU PANJALA DI MEKAR PANGGUL (MENDAK, GIRISEKAR, PANGGANG, GUNUNGKIDUL) septi wijianti
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.858 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2956

Abstract

Ritual pembukaan Cupu Panjala adalah sebuah kebudayaan yang terdapat di daerah Mendak Girisekar, Panggang, Gunungkidul. Cupu Panjala adalah sebuah peti berisi tiga guci kecil yang dibalut beratus-ratus lembar kain mori. Dalam lembar kainnya terdapat pola bergambar yang dipercaya sebagai ramalan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebenaran ramalan dengan kenyataan yang terjadi setiap tahun  dan pengaruhnya terhadap pola kehidupan masyarakat sekitar. Pendekatan  penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, studi pustaka serta teknik dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa lingkup ramalan sangat komplek dan bersifat mendunia sehingga penelitian dibatasi aspek ramalan pertanian saja dan  diambil tiga tahun terakhir. Sebagian masyarakat Mendak dan Belimbing mempercayai ramalan Cupu Panjala. Mereka mempercayai bahwa keberhasilan atau kegagalan panen sudah diprediksi dalam ramalan. Ramalan Cupu Panjala berpengaruh terhadap pola kehidupan  masyarakat sekitar khususnya dalam aspek psikologi seperti adanya rasa was-was, takut dan gembira saat mengetahui hasil ramalan setelah dibuka dan proses menjalani kehidupan.
PROSES PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK HERMA HERMAWATI; Novi Andri Nurcahyono; Ana Setiani
SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4 No 2 (2018)
Publisher : LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.39 KB) | DOI: 10.30738/sosio.v4i2.2823

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan remedial teaching yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kadudampit terhadap ketuntasan belajar matematika peserta didik khususnya pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kadudampit. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran matematika dan 4 peserta didik dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi: Reduksi Data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Pada validasi data menggunakan Triangulasi Data yakni membandingkan antara hasil observasi dengan hasil wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah proses pelaksanaan remedial teaching yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kadudampit khususnya pada materi aritmatika sosial yaitu penelaahan kembali kasus dengan permasalahan, menentukan alternatif pilihan tindakan, melaksanakan remedial teaching, mengadakan pengukuran prestasi belajar kembali, mengadakan re-evaluasi dan remedial pengayaan dan atau pengukuran (tambahan).

Page 1 of 2 | Total Record : 11