cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
ISSN : 23391510     EISSN : 26847841     DOI : https://doi.org/10.35906/jurman
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022)" : 11 Documents clear
Peran Knowledge Management Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Khaerana Khaerana
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1214

Abstract

Abstract Employee performance is a critical element in a company. Employee performance is highly determined, one of which is knowledge management. Companies need to know the extent to which aspects of employee performance are achieved. This study aims to determine and analyze the effect of knowledge management on employee performance. This research uses a descriptive approach and a quantitative approach. The number of respondents in the study was 35 employees. Data collection methods used are observation, interviews, and questionnaires. The results of this study indicate that the knowledge management variable has a positive and significant effect on employee performance.Keywords: Knowledge Management, Business, Employee PerformanceAbstrak Kinerja karyawan merupakan salah satu elemen penting dalam suatu perusahaan. Kinerja karyawan sangat ditentukan salah satunya yaitu aspek knowledge managemen. Penitng bagi perusahaan untuk mengetahui sejauhman aspek capaian kinerja karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 35 orang karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan, Bisnis, Kinerja Karyawan
Keputusan Pembelian Apple Iphone Melalui Citra Merek Harga dan Gaya Hidup Dirwan Dirwan; Faisal Rizal Zaenal
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1235

Abstract

Abstract This research aims to examine the effect of brand image, price and lifestyle on iPhone purchasing decisions. The research design used in causal research. The subjects in this study were STIEM Bongaya Makassar student consumers who use smartphones with the Iphone brand. While the objects in this study are brand image (X1), price (X2), lifestyle (X3) and purchasing decisions (Y). The population in this study were all students of the 2020-2021 class of Management at STIEM Bongaya Makassar. A total of 642 people. There are so many populations in this study, to facilitate data collection, it is necessary to take research samples. The sample was taken by purposive sampling so that the total sample of this study was 72 respondents. The data collection technique used in this study was a questionnaire and analyzed using multiple linear regression techniques. The results of the study found the results of the study found that simultaneously brand image, price and lifestyle have a significant effect on purchasing decisions, that brand image and lifestyle had a significant effect on purchasing decisions, while price had no significant effect on purchasing decisions.Keywords: brand image, price, lifestyle, iPhone purchasing decisionsAbstrak Penelitian ini bertujuan ingin menguji pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian iPhone. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen mahasiswa STIEM Bongaya Makassar yang menggunakan smartphone dengan merek Iphone. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah citra merek (X1), harga (X2), gaya hidup (X3) dan keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020-2021 Jurusan Manajemen di STIEM Bongaya Makassar Sejumlah 642 orang. Begitu banyaknya populasi dalam penelitian ini, untuk mempermudah pengumpulan data perlu dilakukan pengambilan sampel penelitian. Sampel diambil dengan cara purposive sampling sehingga total sampel penelitian ini adalah 72 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa secara simultan citra merek, harga dan gaya hidup berpengaruh signfikansi terhadap keputusan pembelian, kemudian hasil uji parsial citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone. citra merek dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian iPhone
Dampak Pelatihan Mutasi dan Rotasi Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Ahmad Firman; Fitriani Latief; Dirwan Dirwan
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1232

Abstract

AbstractThis study aims to examine the effect of training, transfer and job rotation on employee motivation. This study uses a causal analysis design with quantitative research methods. The population in this study consisted of currently active ASN at the Department of Cooperatives and SMEs of South Sulawesi Province totaling 93 people.  With a purposive sampling technique with consideration of ASNs who have attended training, have been transferred and rotated 88 people. The data in this study were obtained directly from filling out a questionnaire. The data that has been collected will then be analyzed using multiple linear regression analysis with data analysis techniques used in this study are descriptive analysis, classical assumption test and multiple linear regression analysis. and in terms of data processing using the SPSS version 26 program. The results of the study found that there was a positive and significant effect of training, transfer and job rotation on employee motivation at the Cooperatives and SMEs Office of South Sulawesi ProvinceKeywords: Training, Transfer, Job Rotation, Employee MotivationAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan, mutasi dan rotasi kerja terhadap motivasi kerja pegawai. Penelitian ini didesain dengan menggunakan analisis kausal dengan metode penelitian kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini terdiri atas ASN aktif saat ini pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan berjumlah 93 Orang. Dengan teknik purposive samling dengan pertimbangan ASN yang telah mengikuti pelatihan, sudah pernah dimutasi dan rotasi yaitu 88 orang. Data untuk penelitian ini diperoleh secara langsung dengan mengisi kuesioner yang diberikan kepada responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, pengujian hipotesis klasik, dan analisis regresi linier berganda. Sehubungan dengan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pelatihan, mutasi dan rotasi kerja terhadap motivasi kerja pegawai pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan. Kata Kunci: Pelatihan, Mutasi, Rotasi Kerja, Motivasi Kerja Pegawai
New Normal Bagi Pelajar (Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring) Pada Minat Beli Kuota Internet Pada Kios Pulsa Semarang Selatan Enik Rahayu; Henry Yuliamir
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1162

Abstract

Abstract This research aims to find the relationship between online learning, offline learning, and buying interest. This research was conducted with a quantitative approach. The analytical method used is multiple linear regression analysis. The sampling technique used an accidental sampling approach and obtained a total sample of 100 respondents. The research results found information that there is an effect of online learning on the intention to buy internet quota. Furthermore, information was obtained that there was no effect of offline learning on purchase intention. Simultaneously, information was obtained that online learning and offline learning had an effect on the intention to buy internet quota. The following information found that the dominant online learning variable affected the Intention to Buy Internet Quotas.Keywords: New Normal, Online Learning Students, Offline Learning, Purchase InterestAbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui hubungan antara pembelajaran daring, pembelajaran luring dan minat beli. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan accidental sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil peneliitan menemukan informasi bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat beli kuota intenet. Selanjutnya diperoleh informasi bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran luring terhadap minat beli. Secara simultan diperoleh informasi bahwa terdapata pengaruh pembelajaran daring dan pembelajaran luring terhadap minat beli kuota intenet. Informasi selanjutnya menemukan bahwa variabel pembelajaran daring yang dominan berpengaruh terhadap Minat Beli Kuota Intenet.Kata Kunci: New Normal, Pembelajaran Daring; Pembelajaran Luring; Minat Beli
Peran Kepuasan Kerja Memediasi Hubungan Keterampilan Pelatihan dan Kinerja Pegawai PT Bosowa Propertindo Makassar Shandra Bahasoan; Giri Dwinanda
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1150

Abstract

Abstract This study examines the effect of skills and training on employee job satisfaction, the influence of skills and training on employee performance, and the influence of employee job satisfaction on employee performance. This research uses quantitative research methods. This study's population was all PT Bosowa Propertindo Makassar employees, totaling 35. The sampling for this research was carried out using a saturated sampling technique (census) so that the samples used in this study were all employees, totaling 35 people. The data processing method in this study is structural equation modeling (SEM-PLS). This study found that skills have a significant effect on job satisfaction, and training has a significant effect on job satisfaction and employee performance. At the same time, the results of testing job satisfaction significantly affect employee performance.Keywords: Skills, Training, Job Satisfaction, Employee Performance.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keterampilan dan pelatihan terhadap kepuasan kerja pegawai; pengaruh keterampilan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai pada; pengaruh kepuasan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PT Bosowa Propertindo Makassar yang berjumlah 35 orang. Adapun pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang berjumlah 35 orang. Metode pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan persamaan permodelan structural equation modeling (SEM-PLS). Hasil penelitian ini berhasil menemukan bahwa keterampilan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai. Sementara hasil pengujian kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kata Kunci: Keterampilan, Pelatihan, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai.
Analisis Kinerja Keuangan dan Kinerja Saham Perusahaan Sektor Perbankan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Faid Pawiro Hamid; Masruri Muchtar
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1283

Abstract

AbstractCovid-19 pandemic has spread to all countries, including Indonesia. Many industrial sectors were disrupted and economic growth in Indonesia declined during the pandemic. This study aims to analyze whether there are differences in the financial performance and stock performance of Indonesian publicly listed companies in the banking sector during the covid-19. Employing paired sample t test and Wilcoxon signed test, the data used are monthly financial reports from 30 banks listed on the Indonesian stock exchange. The results indicate that there are significant differences during the covid-19 pandemic in the ratio of return on assets (ROA), gross profit margin (GPM), net profit margin (NPM), and price to book value (PBV). Meanwhile, the return on equity (ROE) ratio does not have a significant difference during the covid-19 pandemic. It implies that during the covid-19 the bank must improve its performance and minimize the impact of the pandemic so that the company's profitability will increase again.Keywords: Banking, Covid-19, Profit, ReturnAbstrak Pandemi covid-19 telah menyebar ke beberapa negara salah satunya Indonesia. Dampaknya beberapa sektor industri terganggu dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami penurunan selama pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan go public di sektor perbankan selama pandemi covid-19 menggunakan alat uji statistik paired sample t test dan uji wilcoxon signed test. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan bulanan dari 30 bank yang dipakai sebagai sampel penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan selama pandemi covid-19 terhadap rasio return on assets (ROA), gross profit margin (GPM), net profit margin (NPM), dan price to book value (PBV). Sedangkan rasio return on equity (ROE) tidak memiliki perbedaan yang signifikan selama pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian tersebut implikasinya adalah selama pandemi covid-19 pihak bank harus meningkatkan kinerjanya dan meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari pandemi sehingga profitabilitas perusahaan akan kembali meningkat.Kata Kunci: Covid-19, Perbankan, Kinerja, Keuntungan
Pengaruh Citra Wisata Nilai Budaya Resonansi Pelanggan pada Minat Berkunjung Pada Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang Henry Yuliamir; Enik Rahayu
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1161

Abstract

AbstractThis study aimed to determine the relationship between tourist image, cultural values, customer resonance, and interest in tourist destinations. The population in this study were tourists visiting the Celosia flower garden. This study took 100 respondents who were tourists visiting the Celosia flower garden in Bandungan, Semarang. This study used a purposive sampling method or a subjectively targeted sample. The analytical method used is the validity test, reliability test, and multiple linear regression analysis. The results of this study are that tourism image has a positive and significant effect on visiting intentions. Cultural values affect interest in visiting. Meanwhile, customer resonance has no significant effect on visiting intentions. Tourism image, cultural values, and customer resonance positively and significantly impact visiting intentions with a decisive contribution. Cultural values have a more substantial influence on visiting intentions.Keywords:  Tourism Image; Culture value; Customer Resonance; Visiting Intentions.AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra wisata, nilai budaya, resonansi pelanggan dan minat berkunjung pada destinasi wisata. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke taman bunga Celosia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling atau sampel bertujuan secara subyektif. Penelitian ini mengambil 100 orang responden yang merupakan wisatawan yang berkunjung ke taman bunga Celosia Bandungan, Semarang. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra wisata terhadap minat berkunjung. Nilai budaya berpengaruh terhadap minat berkunjung. Sedangkan untuk resonansi pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Secara bersama-sama citra wisata, nilai budaya dan resonansi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan kontribusi sangat kuat. Nilai budaya memilki pengaruh yang lebih tinggi terhadap minat berkunjung. Kata Kunci:  Citra Wisata; Nilai Budaya; Resonansi Pelanggan; Minat Berkunjung.
Peran Pembiayaan Rahn Terhadap Pendapatan Pegadaian Syariah Firman Menne; Antong Antong; Nur Fadhila Amri; Anggi Febrianti
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1208

Abstract

AbstractRahn financing is a form of financing that makes the owner's goods as debt collateral, which can be used as debt payers if the debt owner is unable to pay off his debt. This study aims to determine the effect of Income on Rahn financing distribution during the Covid-19 pandemic. The object of research is the revenue of the Tello Sharia Service Unit Pawnshop in 2019 – 2020. The analytical tool used is simple linear regression. The results showed that the Pawnshop's income had a positive effect on the distribution of Rahn's financing in a simple linear analysis calculation showing a P value of 0.00 < 0.05. From this value, it is explained that the Pawnshop's Income simultaneously has a positive and significant effect on the Distribution of Rahn's Financing.Keywords: Income, Rahn Finanching, Islamic Pawnshop, Covid-19Abstrak Pembiayaan Rahn merupakan bentuk pembiayaan yang menjadikan barang pemilik sebagai jaminan utang, yang bisa dijadikan sebagai pembayar utang bila pemilik utang tidak mampu melunasi utangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan pegadaian terhadap penyaluran pembiayaan Rahn pada masa pandemi Covid-19. Objek penelitian adalah pendapatan Unit Pelayanan Syariah Tello Pegadaian Tahun 2019 – 2020. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan pegadaian berpengaruh positif terhadap penyaluran pembiayaan Rahn dalam perhitungan analisis linier sederhana menunjukkan nilai P sebesar 0,00 < 0,05. Dari nilai tersebut dijelaskan bahwa Pendapatan Pegadaian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penyaluran Pembiayaan Rahn.Kata Kunci: Pendapatan, Pembiayaan Rahn, Pegadaian Syariah, Covid-19
Arah Return Saham pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Nur Rachma; Karlina Ghazalah Rahman
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1147

Abstract

Abstract This study aims to examine profitability, liquidity, solvency, accounting profit and operating cash flow on stock returns in mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2021. The type of data in this study uses quantitative data with the population being mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The sample selection method used is purposive sampling so that the total sample selected is 32 companies with data observations for five years, namely in the 2017-2021 period so that the total sample is 160 data. The data analysis in this research is panel data modeling which is carried out with the Ordinary Least Square model and treatment assisted by the EVIEWS 12 program. The results of the study found that profitability, accounting profit and operating cash flow had a positive and significant impact on stock returns in mining sector companies listed in the mining sector. Indonesia Stock Exchange in 2017-2021. Meanwhile, liquidity and solvency have no positive and significant effect on stock returns in mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2021.Keywords:  Profitability, Liquidity, Solvency, Accounting Profit, Operating Cash Flow, Stock ReturnsAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, laba akuntansi dan arus kas operasi pada return saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan populasi adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga total sampel yang terpilih adalah 32 perusahaan dengan data pengamatan lima tahun yaitu pada periode 2017-2021 sehingga total sampel adalah 160 data. Analisis data dalam penelitian ini adalah permodelan data panel dengan dilakukan dengan model Ordinary Least Square dan pengolahan statistik yang dibantu program EVIEWS 12. Hasil penelitian menemukan bahwa profitabilitas, laba akuntansi dan arus kas operasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada Perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017-2021. Sedangkan likuiditas dan solvabilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada Perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017-2021.Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi, Return Saham
Peran Pemanduwisata dalam Membangun Citra Kota Lama Semarang Trenggono Trenggono; Suwarti Suwarti; Henry Yuliamir; Mengku Marhendi
Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jurman.v8i2.1244

Abstract

Abstract Visitors will feel more satisfied if they get something more than their expectations. However, sometimes many managers need to be made aware of the importance of visitor satisfaction with what they present. one of the supporting facilities that are very important to exist is the existence of a tour guide (tour guide). The purpose of this research is to find out the role of tour guides in attracting tourists and the perceptions of tourists based on information provided by tour guides. The type of research used is an interactive qualitative method with a case study approach. The interactive qualitative method is an in-depth study using data collection techniques directly from people in the environment studied. The study results are the availability of tour guides who actively direct tourists to visit historical places. In addition, tourists have a positive perception of tour guides, especially in the objectivity of information and services.Keywords:   Tour Guide, Traveler, Tourism City Image Abstrak Pengunjung akan merasa lebih puas jika mereka mendapatkan sesuatu yang lebih dari harapan mereka, tapi kadang banyak pengelola yang belum menyadari tentang pentingnya kepuasan pengunjung terhadap apa yang mereka sajikan. salah satu fasilitas pendukung yang sangat penting keberadaannya, yakni adanya pemandu wisata (tour guide). Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pemandu wisata untuk menarik wisatawan dan persepsi wisatawan berdasarkan pemebrian informasi oleh pramuwisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif interaktif dengan pendekatan studi kasus. metode kualitatif interaktif adalah studi mendalam dengan menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari dari orang dalam lingkungan yang diteliti. Hasil penelitian yaitu Ketersediaan pemandu wisata aktif berperan dalam mengarahkan wisatawan untuk berkunjung ketempat bersejarah. Selain itu, wisatawan memiliki persepsi positif terhadap pramuwisata khusunya pada objektivitas informasi da layanan. Kata Kunci:  Pemandu Wisata, Wisatawan, Citra Kota Wisata

Page 1 of 2 | Total Record : 11