cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PAEDAGOGIA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN Pratama, Dwi Noviasih; karyanto, puguh; ariyanto, joko
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.13404

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan efek­tivitas perangkat Subject Specific Pedagogy berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengem­bangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Hasil penelitian ini adalah perangkat SSP berbasis PBL dikembangkan menggunakan komponen pembelajaran berbasis masalah dengan materi spesifik berdasarkan lima dimensi ekologi NEP, ke­layakan perangkat SSP berbasis PBL yang dikembangkan berkategori sangat layak, pencapaian hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa mengalami pening­katan dan dari uji statistik diketahui bahwa nilai sig. hasil belajar kognitif = 0,031 (< 0,05) dan nilai sig. sikap peduli lingkungan siswa = 0,000 (< 0,05) menun­jukkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan setelah diterapkan perangkat SSP berbasis PBL.Kata kunci: subject specific pedagogy, problem based learning, sikap peduli lingkungan, NEP
PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI SCHOOLOGY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN Fidiatun, Efi Nur; Indrawati, Cicilia Dyah Sulistyaningrum; Ninghardjanti, Patni
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.18454

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII AP 3 mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan di SMK Negeri 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran blended learning  berbasis aplikasi schoology. Jenis penelitian ini adalah Penelitian TIndakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi schoology dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum diterapkan model pembelajaran blended learning  berbasis aplikasi schoology nilai rata-rata kelas pada ranah kognitif 66,84 persentase ketuntasan 29,03%, ranah afektif persentase ketuntasan 64,52% dengan rata-rata nilai yaitu B, ranah psikomotorik rata-ratanya adalah 69,81 dengan persentase ketuntasan 48,39%. Pada siklus I hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata kelas pada ranah kognitif 80,26 dengan persentase ketuntasan 87,10%, ranah afektif persentase ketuntasan 90,32% dengan rata-rata nilai yaitu B, ranah psikomotorik rata-ratanya adalah 79,68 dengan persentase ketuntasan 80,65%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata kelas pada ranah kognitif 85,29 atau dengan persentase ketuntasan 100%, ranah afektif persentase ketuntasan 100% rata-rata nilai yaitu B, ranah psikomotorik rata-ratanya adalah 85,03 persentase ketuntasan 100%. Kata Kunci : blended learning, schoology, hasil belajar
ANALISIS TAHAPAN PERKEMBANGAN MEMBACA DAN STIMULASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN Ana Widyastuti
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.15540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan perkembangan membaca dan stimulasi untuk meningkatkan literasi anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah catatan hasil tahapan perkembangan membaca anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak di TK Islam Assaadah Limo Depok. Sumber data adalah catatan guru hasil tahapan perkembangan membaca anak usia 5- 6 tahun. Hasil tersebut dikumpulkan, dianalisis dengan mengelompokkan pada tabel skor penilaian, selanjutnya dijumlahkan, serta yang terakhir dideskripsikan stimulasi apa yang tepat dan harus dilakukan guru sesuai dengan tahapan perkembangan membaca anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata anak usia 5-6 tahun  di TK Assaadah, masih sangat kurang optimal perkem­bangan membacanya. Penulis memberikan masukan terkait dengan hasil penelitian ini guna meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya anak 5-6 tahun di TK Islam Assaadah Limo Depok Kata kunci: Tahapan perkembangan membaca, stimulasi, literasi, anak usia 5-6 tahun
PENGARUH SERTIFIKASI PROFESI TERHADAP KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENYUSUN RPP Raden Mekar Ismayani; Aditya Permana
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.15442

Abstract

 Penelitian ini dilatarbrlakangi oleh penelitian sebelumnya  terkait analisis RPP dan hasil observasi mahasiswa pada mata kuliah Magang II, di lapangan guru masih memiliki kendala dalam menyusun RPP, hal ini terjadi di Kota Cimahi khususnya bagi guru Bahasa Indonesia tingkat SMP. Berdasarkan hal tersebut, focus penelitian ini pada guru bahasa Indonesia tingkat SMP di wilayah Kota Cimahi yang sudah tersertifikasi. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun RPP dan pengaruh sertifikasi profesi terhadap kemampuan guru dalam menyusun RPP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif  dengan teknik penelitian melalui sebaran questioner. Selain hasil angket data penelitian juga berupa RPP yang disusun guru bahasa Indonesia yang tersertifiksi. Hasil menunjukan kemampuan guru dalam menyusun RPP  berkatagori baik tetapi dari hasil analisis RPP sebagian besar guru masih kebingungan dalam menyusun RPP terutama  komponen orisinalitas, indikator, tujuan pembelajaran, metode, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Dengan demikian, sertifikasi profesi berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam menyusun RPP namun tidak signifikan. Kata kunci: sertifikasi profesi, rencana pembelajaran, penyusunan RPP
PENGEMBANGAN MEDIA OTAK KATA TEMA PERTANIAN BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Titik Murdhiyaningsih; Fine Reffiane; Iin Purnamasari
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.8920

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung  menggunakan metode ceramah. Berdasarkan analisis kebutuhan pada tujuh sekolah  be­lum menyediakan media dan sangat membutuhkan media. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas  Media Otak Kata (MEDOKA) dan, mengetahui kepraktisan penggunaan  Media Otak Kata (MEDOKA)   pada Tema Pertanian kelas III Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah Kelas III SD Negeri Ngablak 0l se­bagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 30 menggunakan kelompok besar dan kelompok kecil, serta Kelas III SD Negeri Ngablak 02 sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 17. Metode penelitian  yang digunakan adalah  Research and Development atau penelitian pengembangan  menggunakan   ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil analisis pada validasi ahli materi 86,7%, dua ahli media 98,3% , angket tanggapan SD Negeri Ngablak 01 88,46%, SD Negeri Ngablak 02 69,29%, angket guru SD Negeri Ngablak 01 86,6% dan SD Negeri Ngablak 02 69,23%. Menunjukkan MEDOKA valid dan praktis dalam tema pertanian materi energi. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan MEDOKA  praktis dan valid sebagai motivasi, minat, dan keefektifan belajar siswa SD Kelas III. MEDOKA digunakan untuk media pembelajaran yang baru. Kata Kunci: R&D; ADDIE;  MEDOKA, pertanian 
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CORONG HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PERKALIAN endah yuli widi astuti
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.9008

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Media Pembelajaran Corong Hitung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Jatiroto 01 Kayen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Desain penelitian eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh L0 = 0,129 < Ltabel = 0,190 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Begitupula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir posttest diperoleh L0 = 0,140 < Ltabel = 0,190 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhi­tungan uji t terhadap hasil belajar diperoleh t hitung  = 9,372 > t tabel = 1,729. Maka Hi diterima. Hal ini berarti hasil belajar Matematika Siswa kelas II SDN Jatiroto 01 Kayen mencapai KKM 65 dan hasil perhitungan ketuntasan belajar siswa di kelas mencapai 85 %. Media Pembelajaran Corong Hitung berpengaruh terhadap hasil bela­jar Matematika materi Perkalian siswa kelas II SDN Jatiroto 01. Kata kunci : media pembelajaran corong hitung, hasil belajar matmatika
PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Romadhoni Setyo Nugroho
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.13694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kelompok Peer Terhadap Prestasi Correspondence Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017, 2) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Correspondence Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Akademik 2016/2017, 3) Pengaruh Kompetensi Guru dan Kelompok Peer Terhadap Prestasi Correspondence Siswa Kelas X Ad­ministrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex - post facto dengan pendekatan kuantitatif. 5%. 2) Memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Peer Group terhadap  Correspondence Achievement sebesar = 0,425; = 0,171; tcount 4,300; ttable 1, 99; t hitung 4.300; ttabel 1, 99 dengan signifikan 5%. 3) Memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru dan Peer Group terhadap Correspondence Achievement sebesar = 0,486; = 0,218; Fcount 12,849  Jumlah 12.849; Fta­bel 3,11, dengan signifikan 5%. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kelompok Peer, Prestasi Belajar Siswa
AKTUALISASI SIKAP KEAGAMAAN DALAM RANAH SOSIAL (Rekonstruksi Peran IPS dalam Pengembangan Sikap Keagamaan) Farisi, Mohammad Imam
PAEDAGOGIA Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v21i1.14506

Abstract

: Dalam sejarah pendidikan di Indonesia, setidaknya telah terjadi delapan kali perubahan kurikulum, diantaranya adalah kurikulum 2013 (K-13) yang sekaligus merupakan kurikulum pertama yang memiliki dasar-dasar pemikiran yang progresif. Ini terkait dengan penggunaan filsafat Rekonstruksionisme Sosial dan teori Gestalt sebagai landasan pengembangannya. Atas dasar kedua teori-filsafat itu pula, Kurikulum 2013 mampu mewahanai prinsip keterpaduan, keutuhan, atau integralitas antar-konten atau isi kurikulum; antara konten kurikulum dengan realitas kehidupan; dan berorientasi pada pembentukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan fungsional secara terintegrasi. Termasuk integrasi kajian keagamaan di dalam semua mata pelajaran di sekolah. Tulisan ini mengkaji dan mendeskripsikan dimensi-dimensi sikap keagamaan dalam kurikulum 2013, baik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama, maupun mata-mata pelajaran lain; integrasi kompetensi sikap keagamaan dalam IPS; dan model pengorganisasian pembelajaran IPS-Tematik dalam rangka pembentukan dan aktualisasi sikap keagamaan dalam realitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kata kunci: abstrak, esensi penelitian, mesin pencari.

Page 1 of 1 | Total Record : 8