cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
ISSN : 26217430     EISSN : 26217422     DOI : -
Core Subject : Education,
Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the discussion of issues related to mathematics learning in different levels and contexts. Published every six months, it receives original articles, and review article. Researchers of all countries are invited to submit their work, which will be evaluated by members of the Editorial Board. In the event of a tie, a third reviewer will be invited. Such works must be written in English and Bahasa. All items are preceded by a title and abstract in English. Each abstract should have approximately 150 words. For more details on the submission of papers see the author guidelines The originals should not have been published or submitted simultaneously to another journal.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2021)" : 10 Documents clear
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Irma Fitri; Arpina Aprilla
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.708 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i3.12904

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bangkinang tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli atau pakar dalam bidang matematika yang berasal dari dosen dan guru. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran MEA. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 89,40% dan soal penilaian hasil belajar juga dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 90,42%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis model pembelajaran MEA pada materi SPLDV dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 89,80%, sedangkan uji praktikalitas untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama akibat wabah covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi SPLDV di kelas.
Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Julius Triatmojo; Syarifah Fadillah; Sandie Sandie
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.331 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.14169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-comic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dalam materi bangun ruang sisi datar bagian kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Menyuke yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Menyuke sebanyak 19 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan respon siswa, dan soal tes kemampuan pemahaman matematis yang dikumpulkan menggunakan teknik angket dan teknik tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata dan persentasenya. Hasil penelitian validasi e-comic yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 90,62% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 93,18% dengan kategori sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket respon guru dan respon siswa diperoleh hasil 87,06% untuk respon guru dan 97% untuk respon siswa dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dari 19 orang dengan persentase 89,47% maka keefektifannya dikategorikan sangat efektif.
Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Materi Relasi dan Fungsi (Suatu Studi Pengembangan) Uci Marianda; Maimunah Maimunah; Armis Armis
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.322 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.14132

Abstract

Studi pengembangan ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang valid dan praktis. Produk yang dimaksudkan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk materi relasi dan fungsi. Prosedur penelitian dilakukan berdasarkan fase model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate. Setelah rancangan awal produk selesai, produk yang dihasilkan lalu diuji kevalidan dan kepraktisannya. Uji validitas diukur menggunakan angket validasi yang diisi oleh 3 orang validator ahli. Kepraktisan penggunaan LAS diuji pada 6 orang siswa kelas VIII SMPN 3 Mandah. Hasil studi menunjuukan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Perangkat pembelajaran ini dapat digunakan untuk pembelajaran materi relasi dan fungsi. Harus dilakukan ekperimen untuk mengukur tingkat efektivitas produk yang dihasilkan.
Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning untuk Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Sebuah Studi Pengembangan) Rini Dian Anggraini; Nahor Murani Hutapea; Aisyah Amalina
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.914 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.13919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika (berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa terkait materi sistem persamaan linier tiga variabel) berbasis problem based learning yang valid juga praktis. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Rokan IV Koto pada tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui teknik kuisioner lembar angket validitas dan angket praktikalitas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata dan persentase rata-rata. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, diperoleh bahwa skor rata-rata validitas silabus adalah 3,67, skor rata-rata validitas RPP adalah 3,81, dan skor hasil rata-rata validitas LAS adalah 3,79, sehingga perangkat pembelajaran matematika yang telah dikembangkan dikategorikan sangat valid. Persentase rata-rata kepraktisan LAS adalah 89,63% dengan kategori sangat praktis.
Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Humanistik Terhadap Kemampuan Pemecahan permasalahan Siswa Suhandri Suhandri; yaya Kusumah; Turmudi Turmudi; Dadang Juandi
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.36 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.15553

Abstract

Ketakutan dan kecamasan siswa dalam matematika merupakan sumber utama kegagalan mereka menguasai matematika yang berdampak dengan ketidakmampuan mereka menyelesaikan masalah yang memerlukan pemahaman, keseriusan, dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran pendekatan humanistik terhadap kemampuan pemecahan perasalahan matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan Post-test Only Control Group. Populasinya adalah siswa MTs di Kota Pekanbaru, sedangkan sampelnya 60 siswa  kelas VIII. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes berupa soal-soal  pemecahan permasalahan matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran pendekatan humanistik terhadap kemampuan pemecahan permasalahan matematis siswa
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Think Pair Share pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa SMP Irma Fitri; Rahayu Sari
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.751 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.12903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi SPLDV yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bangkinang tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli atau pakar dalam bidang matematika yang berasal dari dosen dan guru. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran TPS. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model pembelajaran TPS dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 85,82% dan soal penilaian hasil belajar juga dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 89,58%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis model pembelajaran TPS dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 91,17%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama akibat wabah covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi SPLDV di kelas
Berpikir Analitik dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Informasi Terbatas Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Teriak Alkia Asis; Muchtadi Muchtadi; Dewi Risalah
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.921 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.14202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitik siswa dalam menyelesaikan masalah matematis informasi terbatas materi himpunan. Berpikir analitik yang diteliti merupakan kemampuan siswa yang meliputi membedakan (differentiating), mengorganisasi (organizing) dan memberikan atribut (attributing) dalam menyesaikan masalah matematis informasi terbatas. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri  dipandu oleh panduan wawancara dan tugas pemecahan masalah matematis. Analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data  dan setelah  pengumpulan data selesai dalam jangka waktu tertentu. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yaitu ditemukan tiga proses berpikir analitik siswa dalam menyelesaikan masalah matematis informasi terbatas, yaitu (1) Melalui penambahan informasi, yaitu menata hubungan-hubungan yang sistematis dan koheren antar solusi tersebut dan membangun ulang hal yang menjadi permasalahan dengan menghubungkan bagian-bagian tersebut agar dapat menemukankan solusi akhir (2) Melalui pengubahan/pengalihan informasi, melakukan pengubahan/pengalihan informasi untuk pengembangan solusi, pengembangan solusi dilakukan berdasar dari pengalaman sebelumnya dan membangun ulang hal yang menjadi permasalahan dengan menghubungkan informasi yang relevan atau penting pada saat mengubah/mengalihkan informasi. dan (3) melalui pengubahan pertanyaan, setelah terjadi stuck  pada proses berpikir siswa, kemudian siswa berpikir analitik dengan memperhatikan kembali informasi yang diubah/dialihkan sebelumnya. Kemudian dari informsai tersebut, siswa mengubah pertanyaan sebagai upaya dalam menata kembali informasi yang sudah dibuat.Kata kunci: Berpikir Analitik, Masalah Matematis, Informasi Terbatas
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Ninda Oksagita Hakim Putri; Titi Solfitri; Atma Murni
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2873.031 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.13714

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKPD menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba yang dilakukan adalah uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 9 orang peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Kuantan Hilir. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata silabus sebesar 3,66, RPP sebesar 3,47, LKPD sebesar 3,60 dan kategori sangat praktis dengan persentase rata-rata sebesar 88,92%.
Belajar dan Berwisata Melalui Objek Wisata Bledug Kuwu pada Bahan Ajar Materi Barisan Adi Satrio Ardiansyah; Novita Triska Pratama
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.244 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.14115

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit. Anggapan ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan proses pembelajaran yang membosankan sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan pendekatan etnomatematika yang diimplementasikan dalam bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika melalui objek wisata Bledug Kuwu pada materi barisan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model modifikasi pengembangan 4D dengan menggunakan tiga tahap saja, yaitu: 1) tahap pendefinisian (define), 2) tahap perancangan (design), dan 3) tahap pengembangan (develop). Hasil pengembangan bahan ajar ini divalidasi oleh seorang ahli dan dua praktisi untuk peninjauan kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Uji coba pengembangan produk ditujukan kepada tiga siswa kelas XI sebagai sasaran pengguna bahan ajar dan lima mahasiswa sesuai kriteria sebagai pengamat atas keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor akhir atas kelayakan bahan ajar dari ahli sebesar 94,09% dan dari para praktisi sebesar 86,59% artinya bahan ajar yang dikembangkan termasuk kriteria sangat layak. Skor rata-rata keterbacaan bahan ajar dari para pengamat sebesar 91%, termausk kriteria tinggi, dengan kata lain bahan ajar mudah dipahami oleh pembaca. Hasil penelitian ini juga menunjukkan skor rata-rata tanggapan siswa sebagai sasaran pengguna bahan ajar tergolong tinggi sebesar 93,33%. Dengan demikian, produk ini dinyatakan sebagai bahan ajar yang sangat layak untuk diimplementasikan di kelas. Perlu dilakukan uji efektivitas untuk melihat keberhasilan penggunaan bahan ajar terhadap hasil belajar atau kemampuan matematika siswa.
Pengembangan Instrumen Tes HOTS dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Sungai Kehidupan Anselmus Anselmus; Dewi Risalah; Sandie Sandie
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 4, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.187 KB) | DOI: 10.24014/juring.v4i4.14295

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes HOTS yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa pada materi program linear. Penelitian ini dilakukan di SMA Sungai Kehidupan menggunakan motode  penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan rancangan penelitian Borg and Gall dengan 10 tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk masal. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap 8 yaitu, uji coba pemakaian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi instrumen tes HOTS dari ketiga ahli dengan kategori valid. Sedangkan nilai kepraktisan dilihat dari nilai angket yang diisi oleh guru dan siswa yang diakumulasi diperoleh nilai kepraktisan dalam pesentase yaitu, 83,61% dengan kategori sangat praktis. Bentuk akhir produk dari penelitian ini adalah instrumen tes HOTS sebanyak 4 butir soal esai yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10