cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
ISSN : 26217430     EISSN : 26217422     DOI : -
Core Subject : Education,
Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the discussion of issues related to mathematics learning in different levels and contexts. Published every six months, it receives original articles, and review article. Researchers of all countries are invited to submit their work, which will be evaluated by members of the Editorial Board. In the event of a tie, a third reviewer will be invited. Such works must be written in English and Bahasa. All items are preceded by a title and abstract in English. Each abstract should have approximately 150 words. For more details on the submission of papers see the author guidelines The originals should not have been published or submitted simultaneously to another journal.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023)" : 10 Documents clear
Analisis E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Berbasis PBL Materi Barisan dan Deret untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Dhea Ika Putri; Sehatta Saragih; Syarifah Nur Siregar
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.20948

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi Barisan dan Deret disebabkan karena kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbantuan Liveworksheets dengan model Problem Based Learning pada materi Barisan dan Deret kelas X SMK/MAK yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas dan analisis praktikalitas. E-LKPD divalidasi oleh tiga validator dan direvisi sesuai saran validator, serta dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru untuk melihat kepraktisan E-LKPD. Hasil validasi E-LKPD 99,13% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil 85,08% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji coba produk pada kelompok besar 82,79% dengan kategori praktis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas X SMK/MAK
Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2022/2023 Zurahmah Zurahmah; Isnaniah Isnaniah
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.22330

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan dan kemandirian siswa kelas VIII SMPN 1 IV Koto tahun pelajaran 2022/2023 dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII SMPN 1 IV Koto. Angket kedisiplinan dan kemandirian digunakan sebagai instrumen selain soal tes matematika untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi parsial dan berganda. Hasil yang diperoleh dari persamaan regresi kedisiplinaan belajar terhadap hasil belajar adalah , dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,480 yang menunjukkan hubungan sedang dan koefisien determinan KD = 23,06%. Uji signifikan diperoleh . Selanjutnya persamaan regresi kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah  dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,432 yang menunjukkan hubungan sedang dan koefisien determinan KD = 18,63%. Uji signifikan diperoleh . Dan persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah  dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,554 yang menunjukkan hubungan sedang dan koefisien determinan KD = 30,68%. Uji signifikan diperoleh . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, ada pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dan ada pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Linktree pada Materi Trigonometri untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Eti Tantri Manurung; Sakur Sakur; Nahor Murani Hutapea
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.18435

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Linktree yang memenuhi syarat valid dan praktis pada Materi Trigonometri untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; dan (4) Disseminate. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menganalisis kevalidan dan menganalisis kepraktisan. Media pembelajaran pada penelitian ini telah divalidasi oleh tiga orang validator dan dilakukan ujicoba kelompok kecil kepada enam orang siswa SMA Negeri 5 Tualang untuk melihat kepraktisan Media yang dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh penilaian terhadap media pembelajaran dengan kriteria sangat valid sebesar 3,65 dan sangat praktis dengan penilaian sebesar 3,54. 
Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman dalam Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs Siti Munawaroh; Annisah Kurniati; Depriwana Rahmi; Suci Yuniati; Ismail Mulia Hasibuan
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.18961

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Annalysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar angket yang telah divalidasi dan soal posttest yang telah diujicobakan sebelum digunakan. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif dan inferensial kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum siswa mampu memecahkan permasalahan dengan benar mulai dari memahami, merencanakan sampai kepada menyimpulkan permasalahan. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman dinyatakan sangat valid. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman termasuk kategori sangat praktis pada uji coba kelompok kecil dan terbatas. Berdasarkan hasil uji efektivitas, LKS berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman termasuk kategori efektif berdasarkan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil posttest kelas kontrol. Dengan demikian, LKS berbasis problem solving terintegrasi nilai-nilai keislaman ini valid, praktis dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis.
Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Pada Materi Relasi dan Fungsi Mawaddah Mawaddah; Ramon Muhandaz
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.18712

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan open-ended yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Lokasi  penelitian ini adalah SMPN 27 Pekanbaru dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dan objek penelitian ini adalah LKS berbasis open-ended. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid, sangat praktis baik pada kelompok kecil maupun  kelompok besar. Dari segi efektivitas hasil uji-t yang digunakan memberikan kesimpulan penggunaan LKS berbasis open-ended lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan LKS dengan rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut berimplikasi bahwa LKS berbasis open-ended yang dikembangkan ini dapat dipergunakan guru dalam proses belajar khususnya materi relasi dan fungsi
Validitas Aplikasi Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Anistyatun Nur Azizah; Sumbaji Putranto
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.16240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa dengan pendekatan kontekstual. Media pembelajaran ini memuat materi kesebangunan dan kekongruenan yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu aplikasi android yang diberi nama SEBANGKU (Senang Belajar Kesebangunan dan Kekongruenan). Aplikasi SEBANGKU divalidasi oleh para ahli dan kemudian direvisi oleh peneliti. Penilaian validitas dilakukan oleh tiga ahli materi dan ahli media. Penilaian oleh ahli materi dan media menyimpulkan bahwa aplikasi android SEBANGKU valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi android SEBANGKU layak disebut sebagai aplikasi android untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pecahan SMP/MTs Refni Elvionika; Annisah Kurniati; Depriwana Rahmi
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.16362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022, ahli media dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika, serta siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model PBL dinyatakan berada pada kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 92,4%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis PBL dinyatakan berada pada kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis.
Validitas dan Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Umi Samiah; Annisah Kurniati; Depriwana Rahmi; Suci Yuniati
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.18837

Abstract

Mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang memenuhi kriteria valid dan praktis merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan Model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek dari penelitian ini adalah validator yang berasal dari dosen dan guru serta siswa SMP Negeri 22 Pekanbaru. Objek pada penelitian ini ialah LKS berbasis pendekatan RME pada materi SPLDV. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket.  Berdasarkan hasil analisis uji validitas diperoleh  LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan yaitu 93,55%. Kemudian berdasarkan hasil uji kepraktisan kelompok kecil diperoleh bahwa LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) sangat praktis dengan tingkat kepraktisan yaitu 92,425%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.Kata kunci: lembar kerja siswa (LKS),  realistic mathematic education (RME), sistem persamaan linier dua varibel
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Sumargiyani Sumargiyani; Nur Robiah Nofikusumawati Peni; Hamid Wan Nendra
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.21736

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII dalam materi penyajian data dengan mengimplementasikan PBL. Siswa kelas 7B SMP Negeri 3 Banguntapan tahun pelajaran 2021–2022 diambil sebagai subyek penelitian. Penelitian ini mengkaji pada langkah perencanaan dari model ADDIE. Data yang dikumpukan dilakukan dengan dua alat yaitu tes dan pedoman observasi. Untuk mendapatkan informasi hasil belajar dilakukan tes sedangkan bagaimana setiap kegiatan pembelajaran melalui observasi. Skor rata-rata 69 diperoleh dari data hasil belajar untuk materi yang digunakan pada pra siklus, dengan hasil tes ketuntasan sebesar 56,25%. Di Siklus  pertama, skor rata-rata adalah 72 dari 100, dan hanya 68,75%  yang tuntas. Pada Siklus kedua, skor rata-rata adalah 75,25 dari 100, dan 81,25% yang tuntas. Artinya skor meningkat 12,5%  dari awal hingga Siklus pertama, lalu meningkat lagi 12,5% dari Siklus pertama ke Siklus kedua. Siklus II, 91,67% siswa lebih aktif dari pada Siklus I, dan 90,59% guru lebih aktif dari pada Siklus I. Artinya model pembelajaran PBL dapat membantu siswa menjadi lebih baik hasil belajaranya pada materi penyajian data.
Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Trigonometri Miar Tini; Yenita Roza; Susda Heleni
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i2.20165

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik dan minimnya sumber belajar matematika yang inovatif sesuai kurikulum 2013. Mengembangkan video pembelajaran berbantuan Powtoon berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis pada materi perbandingan trigonometri kelas X merupakan tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Develop. Model penelitian yang digunakan adalah 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi oleh ahli dan amgket respon peserta didik. Teknik pengumpulan dara penelitian ini adalah studi literatur, studi dokumen dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis  menggunakan skala likert. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Simpang Kanan kelas X. Ipa 1. Anggota populasi diilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi tersebut (simple random sampling). Berdasarkan hasil uji ahli diperoleh rerata 3,79 kategori sangat valid untuk komponen materi dan untuk komponen media diperoleh rerata 3,66 kategori sangat valid. Video pembelajaran sudah dinyatakan valid selanjutnya dilakukan uji keterbacaan yang dengan melakukan uji skala kecil dan uji skala besar. Pada uji skala kecil dilaksanakan oleh 9 peserta didik dengan total persentase keterbacaanya 84% kriteria baik. Uji skala besar melibatkan 25 siswa dengan total persentase keterbacaanya 89% kriteria baik. Kesimpulan hasil penelitian ini diperoleh video pembelajaran berbantuan Powtoon berdasarkan pendekatan kontekstual sangat valid dan keterbacaannya baik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis pada materi perbandingan trigonometri.

Page 1 of 1 | Total Record : 10