cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021)" : 5 Documents clear
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Video Pembelajaran melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi Desnawati
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i2.83

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang dampak pelaksanaan bimbingan berkelanjutan dalam membuat video pembelajaran terhadap peningkatan kompetensi guru di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggitahunpelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru-guru SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi dengan jumlah guru sebanyak15 orang, terdiri dari12 orang guru kelas dan 1 orang guru PJOK dan 2 orang guru PAI. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil kegiatan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis guna menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini dapat dilihat setelah dianalisis menunjukkan bahwa berdasarkan observasi awal terhadap15 orang guru di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi memperoleh nilai rata- rata 62,66 setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 68,1dan meningkat lagi pada siklus II menjadi75,67.Implikasi penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru-guru dalam membuat video pembelajaran di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHADIL ISLAMIYAH MUARO JAMBI muhaiminah Jalal; Umil Muhsinin; ikasuryaningsih
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i2.84

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), berlatar belakang Madrasah Ibtidaiyah Mahadil Islamiyah Muaro Jambi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mahadil IslamiyahMuaro Jambi, dan tujuan penelitian ini adalah menerapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam rangka meningkatkan kegiatan belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman Negeriku. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan empat tahap meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan 3) Observasi, 4) Refleksi. Data diperoleh melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Menggunakan analisis kualitatif untuk analisis data, termasuk pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasill penelitianmenunjukkan bahwa penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan minat belajar siswa dapat diukur dari penilaian siklus I dan penilaian siklus II. Nilai belajar siswa pada siklus I 51,4%, dan nilai minat belajar siswa pada siklus II 85%. Meskipun dimunkinkan untuk mengukur peningkatan minat belajar siswa dari setiap siklus, pada kategori “kurangberminat” skor keberminatan belajar pada skor pra keberminatan adalah 1,3 kemudian 2,02 pada siklus pertama. Kategori “berminat” dan keberminatan siswa pada siklus II (3) dalam kategori “berminat”. Oleh karena itu hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Mahadil IslamiyahMuaro Jambi sudah terealisasi dengan baik.
Menganalisis Efektivitas Media Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh: Indonesia Nova Octavia Lumban Gaol; Muhammad Naufal Cakra Satria; Teresia Hartati
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i2.85

Abstract

Pada beberapa tahun terakhir dunia digemparkan dengan adanya sebuah kejadian berupa pandemic yang melumpuhkan kehidupan di dunia secara massive. Berbagai sektor merasakan pil pahit akibat dari efek yang ditimbulkan oleh pandemic tersebut. Baik sektor ekonomi, sosial,bisnis, transportasi dan yang paling menderita salah satunya adalah sektor pendidikan. Pada hakikatnya, pendidikan secara umum di dunia ini sedang gencar-gencarnya dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat pada tiap negara yang berusaha sekuat mungkin memiliki sistem pendidikan yang lebih baik. Pandemi Covid-19 ini merenggut impian tersebut. Seketika sektor pendidikan collapse tidak tahu arah kemana ia menuju. Berbagai inovasi dilakukan oleh para pengajar yang hadir di tiap daerah. Baik dari segi metoda, sarana, bahkan teknologi yang idealnya paling memungkinkan dijadikan ujung tombak utama untuk menopang sektor pendidikan saat ini. Salah satu media yang dapat digunakan sebagai sarana belajar serta evaluasi bagi peserta didik adalah media Quizizz. Sebagai tambahan informasi Quizizz merupakan media yang dapat digunakan dari tempat yang berbeda dalam tempo waktu yang sama. Hal ini menjadikan Quizizz sebagai media yang cukup relevan untuk digunakan sebagai bahan evaluasi yang memudahkan para pengajar. Penelitian ini termasuk dalam ke dalam penelitian deskriptif (descriptive research), menggunakan kajian analisis kualitatif, di mana nantinya data yang terkumpul akan diuraikan secara naratif. Penelitian ini dilakukan secara alamiah (natural setting), yang berarti obyek dalam penelitian ini berkembang apa adanya selama proses penelitian berlangsung tanpa ada campur tangan peneliti dalam menyeting atau menstruktur objek penelitian. Peneliti kualitatif sebagai human instrument, berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informasi sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan atas temuannya. Teknik Analisis Data yang digunakan penulis adalah reduksi data, dimana mengandung arti merangkum, memilih hal yang paling pokok, fokus pada hal-hal yang penting, dan dicari tema serta polanya. Lalu penyajian datanya dalam bentuk teks naratif yang penyajiannya urut sesuai dengan data yang ada di lapangan. Kesimpulan yang peneliti dapat setelah melakukan penelitian melalui wawancara menggunakan Google form adalah, guru sangat terbantu dengan penggunaan Quizizz untuk membuat bahan penilaian, yang perlu dikembangkan lagi adalah guru harus mau berlatih untuk dapat membuat sendiri soal soal untuk dijadikan quiz tidak hanya menggunakan soal yang ada pada Quizizz agar pertanyaan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Bagi peserta didik, penilaian dengan menggunakan Quizizz sangat menarik dan menyenangkan karena peserta didik merasa seperti sedang bermain game, tidak seperti mengerjakan soal biasa. Dengan ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Quizizz sangat membantu guru dalam memberikan kegiatan penilaian yang lebih kreatif , terdata dengan rapih dan menyenangkan bagi peserta didik.
Gerakan Literasi Sekolah: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Rinja Efendi; Hasrijal; Elvina; Kiki Fatmawati
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i2.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 002 Rambah Samo. Hipotesis dalam penelitian ini Gerakan Literasi Sekolah berpengaruht erhadap terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah korelasi dan regresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 67 orang. Data dikumpulkan dengan angket model skala likert yang telah diuji keterandalannya. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu, Gerakan Literasi Sekolah Berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil uji coba hipotesis gerakan literasi sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) diketahui gerakan literasi sekolah (X1) berpengaruh secara significan terhadap hasil belajar sebesar 34,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Daring Method Menggunakan Google Form Pada Pembelajaran Al Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurun Najah Kota Jambi Ayumardiani; A.A. Musyaffa
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 5 No. 2 (2021)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/pej.v5i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis daring methodmenggunakan google form pada pembelajaran Al di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg And Gall. Prosedur pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari langkah-langkah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi dan uji Coba, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi terhadap produk operasional, uji coba operasional, mendesiminasikan produk. Hasil kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis daring method menggunakan google form pada pembelajaran Al Qur’an hadist di MIS Nurun Najah Kota Jambi berada pada kategori sangat valid dengan nilai sebesar 3,69. Pada tingkat kepraktisan di kategori tinggi dengan nilai 4,23. Adapun tingkat keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada kategori sangat tinggi dengan nilai hasil belajar memiliki rata-rata 88,33 dan ketuntasan klasikal 100%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5