cover
Contact Name
Tri Kurniawati
Contact Email
-
Phone
+62811313559
Journal Mail Official
pedagogi@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGI
ISSN : 25990438     EISSN : 2599042X     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS" : 9 Documents clear
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Kompetensi Guru Paud Terhadap Proses Pembelajaran Indriani, Fitria D; Kuswanto, Kuswanto
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.8261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Kompetensi dan Latar Belakang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Proses Pembelajaran. Jenis penulisan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Proses pembelajaran di kelas adalah inti penyelenggaraan pendidikan yang ditandai oleh adanya kegiatan pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber belajar, dan penggunaan metode dan strategi pembelajaran. Semua tugas tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab guru yang secara optimal kemampuannya menuntut kemampuan guru. Untuk menunjang kompetensi guru seharusnya guru memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesialisasi, tetapi pada kenyataannya masih banyak profesi guru yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Sehingga guru tersebut kurang berkompeten dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas. Untuk memaksimalkan kompetensi guru yang latar belakang pendidikannya tidak sesuai harus diikutkan dalam program pendidikan dan pelatihan khusus. Sehingga diharapkan guru tersebut dapat memaksimalkan kompetensinya.
Pengaruh Belajar Dari Rumah Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini Ramadhanti, Suci; Drupadi, Rizky; Syafrudin, Ulwan
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.7083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh belajar dari rumah terhadap minat belajar anak usia dini. Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian minat belajar ini adalah seluruh anak usia 4-6 tahun di Blok III Taman Sari, Kec. Sungkai Utara dan juga Jln. Dahlia Kotabumi Kota. Sampel yang akan penulis ambil berjumlah keseluruhan 30 anak. 8 anak dari Blok III dan 22 anak dari Jln. Dahlia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan minat belajar anak usia dini saat belajar dari rumah.
Pengaruh Media Kardus Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Hasiana, Isabella
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.8352

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 yang masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan belum memanfaatkan media secara konkrit untuk membantu anak belajar dan juga hanya menggunakan LKA (Lembar Kerja Anak) sehingga ada kecenderungan anak menjadi bosan dan  orangtua yang mengerjakan LKA tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan media kardus angka sebagai salah satu upaya untuk membantu anak dalam memahami konsep bilangan 1-10. Maka dari itu tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media kardus angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A. Meskipun tergolong bahan bekas, tetapi kardus masih bisa dimanfaatkan sebagai media. Dalam hal ini kardus dibuat sebagai kardus angka yang digunakan untuk mengoptimalkan pengenalan konsep bilangan pada anak. Dalam mengenal konsep bilangan yang diberikan secara berulang-ulang diharapkan anak dapat lebih menguasai materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-exsperimental design dengan jenis One-Group PretestPostets Design. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A sejumlah 15 anak. Metode dalam pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Media kardus angka yang digunakan menggunakan Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung= 15,6 lebih besar dari ada t tabel (1,77) pada taraf signifikan 0,05.  Maka hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh media kardus angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Syahrul Gunawan; Risnita Risnita; Najmul Hayat
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.7337

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan Media Gambar Asosiatif di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kateman Kecamatan Kateman. Penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan sampel anak-anak Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina KatemanKateman dengan jumlah anak 13 orang. Hasil penelitian dalam Meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan Media Gambar Asosiatif di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kateman semakin meningkat yaitu pada prasiklus 44,69%, siklus 1 kecerdasan linguistik anak 55,29%, siklus 2 kecerdasan linguistik anak 68,93%. dan siklus 3 kecerdasan linguistik anak 78,78%.
Optimalisasi Kegiatan Sekolah Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di TK Al Falah Surabaya Aristiana Prihatining Rahayu; Husnul Khotimah
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.9804

Abstract

Kondisi pandemi yang menyebabkan aktifitas pendidikan harus dilakukan secara daring, telah mendorong para pendidik lebih kreatif dalam mendesain berbagai  kegiatan penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreatifitas kegiatan pada lembaga PAUD berprestasi (TK AL Falah) yang mampu menunjang tercapainya hasil pembelajaran. Penelitian dilakukan secara kualitatif, dan data yang diperoleh dilapangan dikumpulkan melalui metode observasi. Dokumentasi dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh bahwa kreatifitas kegiatan yang dirancang untuk menunjang capaian pembelajaran siswa tenyata berdampak positif pada berbagai prestasi yang diperoleh. Kegiatan yang dirancang, tidak hanya bagi siswa saja, namun juga bagi orang tua siswa. Melibatkan orang tua dalam aktifitas kegiatan siswa di sekolah, selain mampu membangun hubungan komunikasi yang bagus antara orang tua dan guru, juga mampu berdampak positif pada prestasi sekolah.Kata kunci : kegiatan sekolah, penunjang pembelajaran, masa pandemi
Kebijakan Pendidikan Sekolah Dasar 3 Negara (Singapur, Jepang, Korea Selatan) Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Indonesia M Ridlwan; Asy'ari Asy'ari; Ratno Abidin
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.8859

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penulisa ini adalah untuk mengetahui kebijakan pendidikan sekolah dasar 3 negara (Singapur, Jepang, Korea Selatan) dan implikasinya terhadap pendidikan sekolah dasar indonesia. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Ini terjadi dikarenakan jumlah kelahiran di Indonesia yang tidak dapat terkendali. Dari sini perlu terus melakukan upaya untuk mengembangkan kreativitas dengan cara meningkatannya pendidikan. Karena Negara-Negara di dunia berkembang  tidak lepas dari proses pendidikannya yang lebih baik. Penulisan yang dilakukan oleh penulis ini merupakan penelitian dalam bentuk diagnostik. Metode penulisan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode doktrinal (normatif), penulisan ini bertujuan untu kmengetahui landasan kebijakan pendidikan. Informasi yang telah telah dikumpulkan diolah dengan cara menelisik hasil kajian pustakan melalui observasi kunjungan ke 3 Negara dan implikasinya kepada pendidikan Indonesia dan kesimpilannya ind ensia harus update terhadap pendidikan internasional sehingga sedikit banyak menjadikan penddikan indonesia dapat di rekonstruksi menjadi pendidikan yang beroreientasi pada kebutuhan masyarakat. Dari pendidikan perbandingan tiga Negara terkait pendidikan dapat dirumuskan bahwa di Asia Timur dan Pasifik, WEF (World Economic Forum) mencatat bahwa Singapura (peringkat 11) menjadi negara yang terbaik disusul dengan Jepang (peringkat 17) dan Korea Selatan (peringkat 27). Ketiganya merupakan negara di Asia Timur yang memiliki komitmen terhadap peningkatan potensi manusia lewat pendidikan. Indonesia peringkat 65 dari 130 negara di dunia. Kata Kunci: kebijakan publik, kebijakan pendidikan, sekolah dasar
The Effect Of College Games On Fine Motor Development In Pre-School Fauziah Rudhiati; Nunung Nurjanah; Andria Pragholapati
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.7420

Abstract

Background: According to Riskesdas (2018) the preschooler development index only reaches 64.6%. Based on the phenomenon in TK Pembina Cimahi, 5 out of 10 students have not been able to perform fine motor activities according to their age stages, thus the fine motor development need improved by providing appropriate stimulation, which one play a collage game, so that child was develop according to his age. This study aims to determine on play collage game affected of fine motor development in preschooler at TK Pembina Cimahi.The method used a quasy one group pre-test post-test with control group experiment, 16 respondents did a usual activity. Each group was measured with a checklist of fine motor development before and after intervention. The results of the t-dependent pre test and post test in the control group obtained p values of 0,417 > α 0,05, while in the intervention group obtained p values of 0,000 < α 0,05. T-independent test result showed there were differences in the average value of fine motor development after the intervention between the intervention group and the control group of 14,19. So it was concluded that, there is affected of play collage game of fine motor development in preschooler at TK Pembina Cimahi in 2020, with a p value = 0,000 < α 0.05.The results of this study the intervention group had higher average of fine motor development values, so it was expected that nurses could carry out collage games in accordance with SOP (Standard Operating Procedures) through the Toddler Family Development Program (BKB), which could optimize of fine motor development in preschooler. 
Love Cards Dalam Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Saat Pandemi Covid-19 Issaura Dwi Selvi; Zuniarsih Zuniarsih; Maemonah Maemonah
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.7466

Abstract

Abstrak. Peran orangtua dalam pembelajaran anak di masa pandemi Covid-19 sangat penting, orangtua secara tidak langsung sebagai fasilitator dan sebagai guru pendamping selama anak-anak belajar di rumah. Kehadiran orangtua sangat mutlak diperlukan dalam mendidik dan mendampingi tumbuh kembang anak-anak, terutama di masa belajar dari rumah, maupun dalam hal kesehatan anak-anak. Hal lainnya pengawasan anak dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat terutama di masa pandemi. Hal ini lebih dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu yang menerapkan  One Group Pre test-Post test Design. Dari hasil nilai awal penelitian dan akhir penelitian kepada 20 orangtua/wali kelompok B1 yang menjadi sampel penelitian, semua anak mengalami peningkatan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) selama belajar bersama orangtua. Penelitian  peran orangtua dalam menggunakan Love Cards memberikan pengaruh baik pada peningkatan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia dini.Kata kunci: peran orang tua, love cards, perilaku hidup bersih dan sehat
Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Dalam Tradisi Mendidik Anak Relevansinya Dengan Ajaran Islam Tentang Pendidikan Anak Arifianka Zusa Azzahra; Agus Fakhruddin
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v7i2.7006

Abstract

Di era milenial ini tentu sudah menjadi gambaran umumdalam sejarah bahwa kebudayaan di Indonesia merupakan hasil dari beragam proses akulturasi dari beberapa pengaruh yang masuk. Seperti yang kita tahu bahwa pada zaman dahulu nusantara mengalami proses akulturasi dari agama Hindu, Budha, Islam, dan Kristen. Proses dari akulturasi budaya tersebut secara tidak langsung mempengaruhi nilai, hukum, sosial, dan norma kebudayaan lokal. Salah satunya adalah agama islam, yang merupakan agama terbesar di Indonesia, dengan banyak nya muslim di Indonesia dapat dikatakan bahwa nilai dan ajaran islam juga mempengaruhi sistem sosial, dan kebudayaan di Indonesia, khusus nya dalam tata cara, dan nilai-nilai budi pekerti dalam mendidik anak.            Tujuan penulis dalam membuat jurnal ini adalah untuk menganalisa Kearifan Lokal Masyarakat Sunda dalam Tradisi Mendidik Anak Relevansinya dengan Ajaran Islam tentang Pendidikan Anak di lingkungan sekitar khususnya pada masyarakat Sunda. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yaitu menggali data untuk menemukan makna dari hal-hal mendasar dan esensial dari fenomena, realitas, atau pengalaman yang dialami oleh objek penelitian

Page 1 of 1 | Total Record : 9