cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26205807     EISSN : 26207184     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah secara khusus dan pendidikan anak umumnya. dengan nomor ISSN: 2620-5807, Artikel yang diterima diutamakan penelitian lapangan kuantitatif atau kualitatif. Penelitian literatur akan dipertimbangkan diterima berdasarkan keluasan dan kedalaman kajian. P-ISSN:2620-5807 E-ISSN:2620-7184
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)" : 40 Documents clear
Implementasi Total Quality Management (TQM) Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sarolangun Provinsi Jambi Fringgi Pranata; Jamrizal Jamrizal; Lukman Hakim
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1906

Abstract

Hal ini mengacu pada pengumpulan data dengan menggunakan MIN 2 Sarolangun  sebagai sumber informasinya. Analisis ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Inti dari artikel ini adalah bahwa globalisasi berdampak pada kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, kualitas mahasiswa pada saat penulisan ini lebih tinggi dari yang diharapkan. Akibatnya, metode yang berbeda untuk mengajar siswa untuk bekerja sama dikembangkan dengan cara yang praktis dan efektif. Akibatnya, Total Quality Management (TQM) adalah salah satu metode pendidikan yang paling sukses. Sementara MIN 2 Sarolangun akan mampu menerapkan Total Quality Management yang efektif. Studi ini menunjukkan bahwa Total Quality Management di MIN 2 Sarolangun diterapkan di keempat tingkatan: internal, eksternal, adat, sistem, dan lokal.
Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction (EI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar Meissy Armadi; Nazlimar Nazlimar
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui metode pembelajaran explicit instruction di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Bukit Ranah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 13 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan degan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep peserta didk sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 55,76 dengan ketegori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 71,92 dengan kategori cukup. Dan meningkat pada siklus II menjadi 85 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode explicit instruction daat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Bukit Ranah. Kata Kunci : Metode Explicit Instruction, Pemahaman Konsep, dan Sekolah Dasar.
Pengembangan Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Materi Tata Surya Bagi Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Annisa Yuliani; J. Julia; Dadan Nugraha
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.2035

Abstract

Guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi tata surya kepada siswa sehingga siswa sulit memahami materi tata surya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi berupa chatbot agar bisa memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada 47 guru di lima Sekolah Dasar yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat. Dalam tahapan uji coba terbatas diperoleh hasil aspek materi yaitu 91.2% (sangat layak), tampilan 94.8% (sangat layak) dan fungsi yaitu 90% (sangat layak). Dalam tahapan uji coba lebih luas diperoleh hasil pada aspek materi 96.2% (sangat layak), tampilan 94,6% (sangat layak) dan fungsi 93.6% (sangat layak). Pada uji validasi di SD memperoleh hasil 82.8% (sangat layak) untuk materi, 86.4% (sangat layak) untuk tampilan dan 86% (sangat layak) untuk aspek fungsi. Pada validasi materi diperoleh hasil materi 88.9% (sangat layak) dan penyajian 90% (sangat layak). Pada validasi media diperoleh hasil tampilan 92% (sangat layak) dan fungsi 91% (sangat layak). Bersumber pada hasil penelitian, media pembelajaran chatbot berkategori sangat layak dan membuat guru dapat menyampaikan materi dengan mudah kepada siswa.
Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar Diana Hanafiah; Badruli Martati; Lilik Binti Mirnawati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian karakter gotong royong pada saat pembelajaran pendidikan pancasila. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian guru kelas IV A, kepala sekolah dan siswa kelas IV A di SD Muhammadiyah 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik di dapatkan dari hasil observasi siswa dan dokumentasi, sedangkan triangulasi sumber di dapatkan dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru kelas, serta dokumentasi berupa gambar. Hasil penelitian ini menyatakan, implementasi karakter gotong royong sudah ada beberapa indikator telah terpenuhi di dalam kelas IV A yaitu tolong-menolong, solidaritas dan menghargai, akan tetapi masih terdapat indikator lain yang belum  di terapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter gotong royong pada mata pelajaran pendidikan Karakter ini dapat dijadikan sebagai modal siswa di lingkungan sekitarnya, karena gotong royong sendiri merupakan kegiatan sosial yang sering dilakukan di tengah kehidupan masyarakat.Kata Kunci : Nilai Karakter, Pendidikan Pancasila, Gotong Royong
Efektifitas Penggunaan Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Ummi Atya Nurjanna; Fildza Malahati; Qathrunnada Qathrunnada; Kharisma Romadhon
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1854

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memaparkan efektifitas penggunaan alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 3 Bantul dan untuk mengetahui hasil belajar matematika sesudah menggunakan media pembelajaran Alat Permainan Sirkuit Pintar Ular Tangga pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Post-tes  Design.Uji prasyarat yang peneliti gunakan yaitu menggunakan uji normalitas dengan Shapiro-Wilk dan Uji homogenitas dengan Lavene, serta uji hipotesis menggunakan Mann Whitney. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIN 3 Bantul tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Efektifitas Penggunaan Alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di MIN 3 Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat efektifitas peggunaan alat permainan edukatif sirkuit pintar ular bangun datar terhadap hasil belajar matematika kelas IV di MIN 3 Bantul dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematematika setelah diberi perlakuan menggunakan alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datarlebih tinggi daripada hasil belajar sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun DatarPerbandingan rerata selisih pre-test dan post-test pada uji ini menunjukkan .Sig. yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,002.  (2) Hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 3 Bantul sesudah menggunakan media pembelajaran alat permainan sirkuit pintar ular tangga dari 19 orang siswa sudah mencapai KKM dengan ditunjukkan persentase sebanyak 100%
Handling Teacher Spiritualism Based On Local Wisdom Towards Organizational Citizenship Behavior (OCB) Feriska Listrianti; Fathor Rozi; Adi Nur Cahyono
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1901

Abstract

This study aims to analyze the Handling of Teacher Spiritualism Based on Local Wisdom towards Organizational Citizenship Behavior (OCB). This research was conducted at the Madrasah Ibtidhaiyah Tarbiyatul Hasan Sumberasih Probolinggo institution using qualitative methods of case study types. The sources of informants in the study were the principal and the teacher council. Data collection techniques using observation, in-depth interviews and documentation. While the data analysis uses data display, data reduction and drawing conclusions. The results of this study show that in handling spiritualism teachers are first, education and the cultivation of spiritual values of teachers. Second Handling Teacher Spiritualism Based on Local Wisdom Against Organizational Citizenship Behavior (OCB), Strategies The work ethic of teacher spiritualism. Third, teacher spiritualism education based on local wisdom and fourth, Media Organizational Citizenship Behaviour in achieving targets.
Konkretisasi Komponen Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Dalam Mengakomodir Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Yesika Novita Rahmi; Sukiman Sukiman
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1525

Abstract

Tujuan utama artikel ini adalah untuk menceritakan bagaimana Kurikulum Pendidikan Luar Biasa 2013 diimplementasikan dalam rangka mendukung Siswa Pendidikan Luar Biasa di SLB Insan Mulia Payakumbuh. Teknologi deskriptif sedang digunakan, dan diharapkan dapat menggambarkan situasi yang tidak stabil. Hasil analisis, terlihat bahwa siswa berkebutuhan khusus sejalan dengan kurikulum pendidikan khusus tahun 2013. Tujuan pertama adalah setelah memberikan tes berdasarkan penilaian, seorang pendidik yang bertindak sebagai individu akan menjelaskan tujuan pengajaran yang dipimpin siswa. Penyusunan tes berbasis penilaian untuk mengukur kemampuan dasar siswa berkebutuhan khusus pada kedua aspek materi tersebut. Keempat pilar strategis tersebut didemonstrasikan oleh guru dengan memberikan RPP kepada setiap karyawan dan mendiskusikannya secara tertutup. Sebagaimana disampaikan KKM, evaluasi dilakukan dengan pertimbangan yang sama terhadap pandangan masing-masing peserta terhadap kapasitas yang tersedia.
Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Muatan Pelajaran Ips Siswa Sekolah Dasar Devi Purwati; Subhan Subhan
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1845

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran time token yang dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema makanan sehat di kelas V SD Negeri 010 Sawah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 51,52 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 68,70 atau tergolong kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 81,74 atau tergolong cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema makanan sehat di kelas V SD Negeri 010 Sawah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Mengemukakan Pendapat, dan Sekolah Dasar.
Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Penguasaan Konsep PAI (Pendidikan Agama Islam) Dan Karakter Kedisiplinan Siswa Nik Haryati; Moh. Miftahul Arifin; Ika Setiawati; Puji Asmaul Chusna; Hayumuti Hayumuti
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.2068

Abstract

Tujuan penelitiannya untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring  terhadap penguasaan konsep PAI siswa  dan karakter kedisiplinan siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket digunakan untuk mengetahui kedisiplinan siswa dan tes untuk mengetahui pengetahuan konsep IPA. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif Menggunakan kurva normal ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep PAI siswa berada pada kategori sedang.  Kedisiplinan belajar siswa masuk dalam kategori tinggi. Hal ini karena    siswa berada pada kategori tinggi disebabkan  siswa menaati tata tertib sekolah, mempunyai waktu belajar yang teratur dan menyelesaikan tugas tepat waktu.
Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Model TGT, STAD dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Irfan Irfan; Syarifuddin Syarifuddin; Miftahul Jannah; Kharisma Romadhon
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i2.1883

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efek dari tiga model pembelajaran kooperatif yang berbeda Teams Games Tournaments (TGT), Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan Jigsaw untuk mengidentifikasi model mana yang paling efektif. Dalam melakukan penelitian ini, teknik kuantitatif digunakan. Selama semester genap tahun pelajaran 2021–2022, seluruh siswa kelas IV SD Negeri 111 Palembang berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data berbasis pengujian dan dokumentasi digunakan bersama dengan simple random sampling sebagai metodologi pengambilan sampel. Uji pendahuluan yang dilakukan adalah uji homogenitas dan uji normalitas. Bersamaan dengan aplikasi JASP, ANOVA satu arah digunakan dalam prosedur analisis data. Dengan skor pretest 59 dan skor posttest 72 untuk Jigsaw, 74 untuk Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan 86 untuk Teams Games Tournaments (TGT), hasilnya menunjukkan adanya perubahan yang signifikan antara kedua fase penerapan pembelajaran kooperatif. model. Oleh karena itu model TGT adalah salah satu dari dua model yang lebih baik dalam penelitian ini.

Page 1 of 4 | Total Record : 40