cover
Contact Name
Hasan Bisri
Contact Email
hasan.bisri@unida.aci.id
Phone
+62251-8240773
Journal Mail Official
tadbir.muwahhid@unida.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Gedung Guru lt 3
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Tadbir Muwahhid
ISSN : 25794876     EISSN : 25793470     DOI : -
Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. Jurnal Tadbir Muwahhid is an information media and scientific knowledge mainly publishes research articles in the field of Islamic Education Management and Tauhid-Based Management receives manuscripts from the following areas with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: Islamic studies Islamic education and institutional management Islamic curriculum management and learning resources Islamic facilities and finance management Islamic education psychology Islamic education management information systems and technology Islamic education leadership Islamic counseling management Islamic education planning Islamic education evaluation
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid" : 10 Documents clear
Pemanfaatan Google Form sebagai alternatif efisiensi Pembiayaan Penilaian Sumatif Akhir Semester di SMP IT Nurul Wasilah Izaz Epriatna; Redha Wiguna Permana; Iqbal Bukhori; Ara Hidayat
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.6240

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efisiensi pembiayaan pada Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) berbasis sistem daring dengan pendayagunaan Google Form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam praktiknya pengelolaan manajemen pembiayaan dari pelaksanaan PSAS berbasis sistem daring jika dikomparasikan dengan sistem ujian Paper Based Test dapat memangkas anggaran hingga 71%. Implementasi pendayagunaan google form dalam proses manajemen pembiayaan pelaksanaan PSAS memberikan gambaran positif, pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya respon yang baik dari responden. Berdasarkan sebaran angket yang telah diberikan terhadap responden yakni sejumlah 42 siswa dan 20 guru didapatkan persentase kelayakan pelaksanaan PSAS dengan sistem daring sebesar 84%. Persentase kelayakan yang didapatkan menunjukan bahwa pelaksanaan ujian berbasis sistem daring dengan pendayagunaan Google Form layak digunakan sebagai opsi untuk mengefisiensikan pembiayaan penyelengaraan PSAS
Perumusan Budaya Organisasi Yayasan Pendidikan Kinantan Surabaya Mimi Maolani; Ani Rufaidah
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.6373

Abstract

Budaya organisasi dibutuhkan untuk menuntun perilaku anggota di organisasi agar mengarah pada visi, karena itu budaya perlu dikelola secara formal oleh organisasi. Budaya organisasi perlu dirumuskan oleh pendiri dengan jelas sebelum dibangun oleh pelaksana organisasi. Kajian ini hendak merumuskan budaya organisasi di Yayasan Kinantan Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Data didapatkan dengan wawancara mendalam kepada pendiri yayasan, beberapa staff dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan, serta melakukan verifikasi kembali kepada pendiri dan para pemangku kepentingan di yayasan pendidikan Kinantan Surabaya. Rumusan budaya yang ditemukan di antaranya budaya kekeluargaan, profesional, tanggung jawab, pembelajar, empati serta kecintaan terhadap organisasi. Kajian ini menawarkan langkah perumusan budaya organisasi bukan hanya menginventarisir nilai-nilai budaya yang sudah ada, melainkan juga menginventarisir nilai-nilai budaya yang diharapkan ada oleh pendiri. Selanjutnya, nilai-nilai tersebut perlu dianalisis kesesuaiannya terhadapa visi dan karakter organisasi.
Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengembangan Budaya Islami di SMAIT Ummul Quro Bogor Khairul Umam; Endin Mujahidin; Maemunah Sa'diyah
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.6649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam pengembangan budaya Islami di SMAIT Ummul Quro Bogor.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah selanjutnya adalah teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan Perencanaan manajemen kepala sekolah dalam pengembangan budaya Islami di SMAIT Ummul Quro Bogor meliputi : (1) pemahaman mengenai budaya sekolah Islami (2) Mengadakan musyawarah dalam merumuskan dan merencanakan budaya sekolah Islami (3) Latar Belakang, Tujuan, dan Visi-Misi Sekolah (4) Langkah-langkah dan sosialisasi budaya sekolah Islami (5) Sasaran budaya sekolah Islami. Pengorganisasian kepala sekolah dalam pengembangan budaya Islami di SMAIT Ummul Quro Bogor meliputi : (1) Peran Kepala Sekolah dalam menjalankan budaya sekolah (2) Peran wakil kepala sekolah, guru, dan komite dalam mewujudkan budaya sekolah Islami (3) Terdapat Standard Operating Procedure (SOP). Penggerakkan  manajemen budaya Islami di SMAIT Ummul Quro Bogor meliputi : (1) Budaya Islami dalam ibadah (2) Budaya Islami dalam akhlak (3) Budaya Islami dalam Kurikulum (4) Budaya Islami melalui sarana dan prasarana. Pengawasan dalam manajemen budaya Islami di SMAIT Ummul Quro Bogor meliputi : (1) Penghargaan (Reward), Hukuman (Punishment), dan Tindak Lanjut
Perkembangan Pendidikan di Indonesia : Systematic Literature Review Syamsul Hidayat; Siti Nurjanah; Erry Utomo; Agung Purwanto
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.7167

Abstract

Pendidikan telah ada di Indonesia sejak tahun 1901 ketika terjadi penjajahan yang dilakukan oleh Belanda dan Jepang. Pada masa itu Belanda dan Jepang membangun berbagai sekolah untuk masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perkembangan pendidikan di Indonesia. Metode penelitian ini adalah systematic literature review. Hasil menunjukkan bahwa jenjang pendidikan pada sistem pendidikan di Indonesia yaitu pendidikan rendah, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas, dan pendidikan tinggi. Sejak 1947-2022 sudah ada beberapa kali perubahan kurikulum. Pada masa orde lama ditetapkan perubahan kurikulum sebanyak 3 kali. Pada masa orde baru ditetapkan perubahan kurikulum sebanyak 4 kali. Pada masa reformasi ditetapkan perubahan kurikulum sebanyak 4 kali. Pendidikan Islam di Indonesia dilakukan secara non formal dan formal saat Islam masuk ke Indonesia. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sejak tahun 1947-2022 sudah dilakukan 11 kali perubahan kurikulum dan pendidikan Islam terus berkembang sampai saat ini karena banyak masyarakat memeluk agama Islam.
Online Learning di Pondok Pesantren saat COVID-19 : Systematic Literature Review Ratna Tri Hari Safariningsih; Hafifuddin
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.7198

Abstract

Pondok pesantren sebagai salah satu jenis pendidikan islam tertua di Indonesia dan memiliki sistem pendidikan yang berbeda daripada sekolah umum. COVID-19 membuat adanya perbedaan di sisten pendidikan di pondok pesantren yang biasanya santri diwajibkan tinggal di asrama dan pembelajaran secara tatap muka kini dipulangkan ke rumah dan diterapkan online learning. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis implementasi online learning di pondok pesantren saat COVID-19. Metode penelitian ini yaitu systematic literature review dengan menelaah 21 artikel. Hasil menunjukkan bahwa ada pesantren yang menerapkan online learning, ada yang tetap belajar tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan dan ada yang menerapkan blended learning. Pembelajaran online learning masih belum efektif dibandingkan pembelajaran tatap muka. Penerapan online learning masih ditemukan beberapa hambatan yaitu kurangnya akses internet, kemampuan siswa dan guru dalam penguaasan teknologi informasi, kemampuan ekonomi orang tua yang berpengaruh karena COVID-19, kurangnya pemahaman siswa tentang materi, dan siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan kurangnya disiplin siswa
Resolusi Problematika Internal Pendidikan Islam: Pendekatan Design Thinking Nurdin Rivaldy; Ilzamudin Ma'mur; Agus Gunawan; Ahmad Bazari Syam
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.7525

Abstract

Pendidikan menjadi pilar kehidupan dengan menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang mampu membentuk manusia seutuhnya. Dalam kehidupan bentuk permasalahan bermuculan dalam berbagai bentuk sehingga manusia dituntut mendayagunakan potensi dirinya yaitu berpikir mencari dan mendapatkan alternatif penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis resolusi atas problematika internal pendidikan Islam dengan pendekatan design thinking. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan studi pustaka sesuai dengan tema dan fokus penelitian, sedangkan analisis design thinking. Penelitian menemukan bahwa problematika internal pendidikan Islam yaitu radikalisasi pemahaman agama Islam, multikultural dan multietnis, pergeseran sentralisasi dan disentralisasi kebijakan, kurangnya sumberdaya manusia di bidang ilmu teknologi dan sains serta nilai dan literasi kritis. Menggunakan design thinking diperoleh pendekatan solutif yaitu upaya penegasan orientasi islam dalam pendidikan, pemurnian Islam dalam reformasi pendidikan, mencapai tujuan pendidikan Islam, Islamisasi ilmu pengetahuan dan upaya penguatan dalam sumber daya melalui sertifikasi guru dan dosen, reorientasi pendidikan islam berbasis dialog, bersahabat dengan sains dan teknologi, pengembangan kesadaran diri kritis yang berdaya cipta dan pengembangan pendidikan islam bidang kejuruan dan teknologi. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa semakin berkembang kehidupan menciptakan permasalahan yang kompleks pada pendidikan Islam diperlukan pendekatan design thingking dalam tahap penyelesaiannya
Pengembangan Instrumen Lingkungan Pembelajaran Hots Berdasarkan Preferensi siswa SD/MI Novi Maryani; Abdul Kholik; Hasan Bisri
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.7533

Abstract

Tujuan penelitian secara umum menghasilkan model lingkungan pembelajaran higher order thinking berdasarkan preferensi siswa tingkat SD. Secara khusus penelitian bertujuan: 1) Menyusun dan mengembangkan inventori lingkungan pembelajaran HOT berdasarkan preferensi siswa tingkat SD, 2) Mengembangkan model lingkungan pembelajaran HOT berdasarkan preferensi siswa tingkat SD. Metode penelitian pada tahun pertama dilakukan dengan metode research and development (R&D) model Borg & Gall. Uji coba instrumen dilakukan di Kabupaten/Kota Bogor dengan melakukan uji terbatas dengan sampel 73 siswa di 7 sekolah (SD dan MI). Hasil Uji Coba terbatas menunjukan bahwa 55 butir instrumen Lingkungan Pembelajaran Higher Order Thinking Berdasarkan Preferensi Siswa Tingkat MI/SD dapat dikatakan valid dengan rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,203. Kemudian, berdasarkan hasil uji reliabilitas menunjukan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,958. Artinya intrumen yang dikembangkan dapat dinayatakn realibel/ konsisten. Oleh sebab itu, Instrumen yang dikembangkan dalam peneleitian ini dapat digunakan sebagai instrumen penelitian untuk mengukur lingkungan pembelajaran berfikir tingkat tinggi di tingkat sekolah dasar.
Tipe dan Ide Kepemimpinan Adaptif Terhadap Solusi Konflik Organisasi Nunu Nahnudin; Anis Fauji; Rijal Firdaos
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.8127

Abstract

Kedudukan pemimpin dalam organisasi mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis terhadap maju dan tidaknya organisasi. Oleh karenanya kehadiran pemimpin harus mampu menjadi solusi dalam perkembangan organisasi, maka pemimpin harus memiliki disiplin ilmu yang sangat luas dan mampu berdiri tegak dalam keadaan apapun terhadap perkembangan organisasinya. Pemimpin yang adaptif mampu melihat tantangan dan peluang sebelum keduanya terjadi, kemudian memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya. Hal itu berarti bahwa seorang pemimpin adaptif dituntut untuk bisa mengkolaborasikan antara kesanggupan, kemampuan, keahlian, yang sangat efektif di semua tempat, lingkungan dan keadaan. Konflik organisasi adalah sesuatu hal yang pasti terjadi dan tidak dapat dihindari. Akan tetapi kehadiran pemimpin dituntut untuk mampu menyelesaikan konflik yang terjadi pada organisasi tersebut. Dalam artikel ini penulis mencoba menganalisis beberapa tipe kepemimpinan untuk menyelesaikan konflik organisasi. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pustaka berdasarkan sumber-sumber pustaka yang dikaji. Adapun hasil analisis penulis terhadap kepemimpinan yang sangat sesuai dengan permasalahan organisasi adalah tipe kepemimpinan transformasional.
Implementasi Kurikulum Berbasis Sistem Kredit Semester Sebagai Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya Febriana Kurnia Dewi; Nur Kholis; Enni Subchandini
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.8157

Abstract

Sistem Kredit Semester (SKS) merupakan adopsi dari pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan tinggi, sistem pembelajaran SKS jauh lebih dinilai fleksibel dan kompeten dalam mencetak lulusan yang berkualitas dibandingkan dengan sistem paket yang biasa kita kenal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum berbasasis sistem SKS pada pelaksanaan pembelajaran sebagai peningkatan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Subjek penelitian yakni Wakil Kepala kurikulum, staff kurikukulum, tim penelitian dan pengembangan madrasah dan tim penjaminan mutu madrasah MAN Kota Surabaya Metode penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data snowball sampling dan triangulasi data; in-depth interview, observasi, dan dokumentasi dan dilakukan analisis sesuai teori Miles dan Huberman; data collection, data condensation, data diplay, dan conclusion/verification. Hasil penelitian membuktikan (1) pelaksanaan kurikulum pembelajaran berbasis SKS berjalan dengan efektif dan efisien di MAN Kota Surabaya, (2) implementasi kurikulum berbasis SKS meningkatan mutu madrasah MAN Kota Surabaya sebagai madrasah unggulan.
Dinamika Makna Completed Staff Work Dalam Manajemen Di Madrasah Aliyah Lailatul Rifqoh Izzati
TADBIR MUWAHHID Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v7i1.8402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi  organisasi modern dan peranan staf kependidikan dalam organisasi layanan jasa di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 04 Pakuniran, Probolinggo 2) penerapan  prinsip-prinsip completed staff work di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 04 Pakuniran. 3) perbandingan completed staff work perspektif analisis SWOT di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penrlitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian ini di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran, Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis data menurut Miles dan Huberman. Kebsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik  adapun hasil.  Adapun hasil penelitian ini 1) MA. Zainul Hasan 04 pakuniran sudah menjalankan roda oragnisasi dengan system organisasi modern. Pentingnya peranan staf dalam organisasi di MA. Zainul Hasan 04 yakni untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan penunjang agar terlaksananya tujuan oraganisasi dengan efisien, efektif dan ekonomis dalam melancarkan pelaksanaan tugas-tugas kelompok manajemen sebagai pengambil keputusan. 2) Dalam penerapan completed staff work  di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran Probolinggo sudah sesuai dengan  prinsip-prinsip completed staff work dengan tujuan setiap pekerjaan bisa dikerjakan dengan maksimal dan memberikan kepuasan pada suatu oragnisasi.  3) Completed staff work perspektif analisis SWOT yang dilakukan di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran Probolinggo selalu memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sehingga organisasi bisa menentukan strategi-strategi apa yang di perlukan madrasah dalam penjcapaian tujuannya

Page 1 of 1 | Total Record : 10