cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
Muhammad Abdul Ghofur
Phone
-
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
ISSN : 2303324X     EISSN : 2579387X     DOI : -
Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (JEPK) is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of economics education, entrepreneurship, and economics education.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1" : 6 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MATARAM Indraswati, Dyah; Hidayati, Vivi Rachmatul; Wulandari, Nourma Pramesti; Maulyda, Mohammad Archi
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 9 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p17-34

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dikemas dalam google form. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian dilakukan pada 100 orang mahasiswa semester 8 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram yang sedang menempuh skripsi. Mahasiswa semester 8 dipilih karena dianggap memiliki pola pikir yang paling siap untuk menentukan masa depannya dan terjun ke dunia kerja. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha.
MEDIASI KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA PENINGKATAN KINERJA AKADEMIK MAHASISWA Hutasuhut, Saidun; Sari, Reni Inayah
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 9 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p35-50

Abstract

Tinggi rendahnya kinerja akademik mahasiswa dipengaruhi banyak faktor. Penelitian ini mencoba menguji apakah kecerdasan spritual, kecerdasan emosional, dan efikasi diri akademik sebagai prediktor kinerja akademik. Disamping itu juga menguji mediasi efikasi diri akademik pada pengaruh kecerdasan spritual, kecerdasan emosional terhadap kinerja akademik. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian  adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan  Ekonomi stambuk 20162018 FE Unimed yang berjumlah 324 orang. Sampel ditetapkan 35% atau sebanyak  113 mahasiswa dan diambil secara proportional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  instrumen dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliablitas. Uji prasyarat data dilakukan  dengan uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdesan spiritual, kecerdasan emosional dan efikasi diri akademik terbukti sebagai prediktor kinerja akademik. Efikasi diri akademik terbukti memediasi pengaruh  kecerdesan spiritual, kecerdasan emosional terhadap kinerja akademik. Keyword: Efikasi Diri Akademik, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kinerja AkademikImpact of Spiritual Intelligence, Emotional Intelligence and Mediation of Academic Self-Efficacy on Student Academic Performance  Many factors influence the level of student academic performance. This study tries to test whether spiritual intelligence, emotional intelligence, and academic self-efficacy are predictors of academic performance. Moreover, it also examines the mediation of academic self-efficacy on the effect of spiritual intelligence, emotional intelligence on academic performance. This type of research is ex post facto. The study population was all students of the 20162018 Economic Education Study Program, Economic Faculty in Universitas Negeri Medan, totaling 324 people. The sample was set at 35% or as many as 113 students and was taken proportionally. The data collection techniques used were instruments and documentation. The research instrument was tested for validity and reliability. The data prerequisite test was carried out using the normality test, linearity test, heteroscedasticity test and multicollinearity test, pat analysis as hypothesis testing. The results showed that spiritual intelligence, emotional intelligence, and academic self-efficacy were proven predictors of academic performance. Academic self-efficacy has been shown to mediate the effect of spiritual intelligence, emotional intelligence on academic performance.  Keywords: Academic Performance, Academic Self-Efficacy, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence
MEMBANGUN KEUNGGULAN PRODUK FIGURATIF GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRIS PADA UKM BATIK DI KABUPATEN CIREBON) Maulana, Fahmi; Judiman, Judiman
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 9 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p5-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilis pengaruh inovasi produk, kapabilitas manajemen pemasaran, keunggulan produk figurative terhadap kinerja pemasaran. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain variabel inovasi produk, kapabilitas manajemen pemasaran, keunggulan produk figurative terhadap kinerja pemasaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahn purposive sampling, sampel penelitian ini yaitu UKM batik cirebon.  Jumlah sampel sebanyak 120 UKM batik di Kabupaten Cirebon. Analisis penelitian menggunakan model persamaan Structural Equation Model (SEM). Hasil pengolahan data menyimpulkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk figuratif. UKM Batik  Inovasi produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kapabilitas manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk figurative. Keunggulan produk figuratif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kapabilitas manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian ini menjadi masukan untuk para UKM batik agar selalu terus berinovasi dalam menciptakan berbagai macam motif supaya pembeli banyak pilihan sehingga dapat meningkatkan keunggulan produk figuratif dan kinerja pemasaran. Sebaiknya UKM batik yang ada di Kabupaten Cirebon agar meningkatkan keunikan produk dan kualitas batiknya yang sesuai dengan selera dan keinginan para konsumen.
PERAN AKTIVITAS MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM MEMBANGUN KAPABILITAS INOVASI BISNIS MAHASISWA Mulyono, Kemal Budi; Jaenudin, Ahmad; Widodo, Joko
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 9 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p51-66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Knowledge Based Theory pada unit analisis pengusaha mahasiswa. Studi ini urgen untuk dilakukan karena jarangnya mengulas penelitian pendidikan kewirausahaan dari sisi pendidikan informal yang diimplementasikan melalui upaya manajemen pengetahuan yang dilakukan oleh pengusaha anggota asosiasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) di Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 162 responden yang tersebar pada anggota HIPMI PT di Kota Semarang. Data yang didapatkan dianalisis deskriptif dan statistik inferensial dengan metode Warp Structural Equation Modelling- Partial Least Square menunjukkan bahwa penciptaan pengetahuan tidak signifikan mempengaruhi kapabilitas inovasi bisnis para pengusaha mahasiswa, sementara aktivitas pencarian pengetahuan, berbagi pengetahuan, dan penerapan pengetahuan berpengaruh positif terhadap kapabilitas inovasi bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa kurang matangnya penciptaan pengetahuan dari pengusaha mahasiswa, membutuhkan dukungan dari pihak universitas yang menaungi HIPMI PT untuk dapat mengadakan proses seminar/workshop/lokakarya yang intensif sehingga berdampak terhadap peningkatan kemampuan inovasi pengusaha mahasiswa di universitas masing-masing.
PENGARUH KEMANDIRIAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FEB UKSW Ketaren, Bania Ateta; Wijayanto, Petrus
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 9 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p67-78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemandirian dan self efficacy terhadap minat berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang digunakan menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner online melalui google form. Pengambilan kuesioner dilakukan dengan teknik quota sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis regresi berganda dengan diuji menggunakan SPSS. Hasil pengujian membuktikan bahwa kemandirian dan self efficacy berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana 
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, ATTITUDE TOWARDS ENTREPRENEURSHIP TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY Wardani, Vindi Kusuma; Nugraha, Jaka
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 9 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p79-100

Abstract

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di seluruh jenjang pendidikan mengalami penurunan pada tahun 2020 sebesar 0,01% sampai 0,51%, akan tetapi TPT  tertinnggi berada pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga dibutuhkan keterampilan berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diantara pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, attitude towards entrepreneurship terhadap intensi berwirausaha dengan self efficacy sebagai mediator. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Jumlah sampel sebanyak 190 responden yang terdiri dari kelas XI dan XII  jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran yang sedang menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMKN 1 Surabaya. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwirausaha, attitude towards entrepreneurship dan self efficacy berpengaruh secara positif signifikan, terhadap intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap self efficacy, dan self efficacy sebagai mediasi memiliki pengaruh secara signifikan diantara pendidikan kewirausahaan dan intensi berwirausaha. Sehingga diperlukan peningkatan pendidikan dan program kewirausahaan diluar kelas guna meningkatkan intensitas siswa dalam berwirausaha.

Page 1 of 1 | Total Record : 6