cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26148846     EISSN : 26144018     DOI : -
Core Subject : Education,
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, sarjana, professional, dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan pandangan dari para penulisnya dan tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulisnya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun antara bulan Januari-Juni dan Juli-Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 11 Documents clear
Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara Achmad Mudrikah; Ahmad Khori; Hamdani Hamdani; Abdul Holik; Luki Luqmanul Hakim; Bambang Yasmadi; Hamdan Hidayat
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.2177

Abstract

Pendidikan menjadi bagian yang sangat penting dalam meningkatkan kulitas sumber daya manusia, sehingga diperlukan banyak terobosan program pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan termasuk perguruan tinggi seperti Universitas Islam Nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan fokus pada peningkatan kualitas lulusan, peningkatan kualitas dosen dan peningkatan kualitas kurikulum di perguruan tinggi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan responden sebanyak 2897 terdiri dari mahasiswa, 164 dosen dan 122 tenaga kependidikan dengan total responden dalam penelitian sebanyak 3223 responden. Setelah dilakukan analisa data, menujukkan bahwa kesiapan mahasiswa dengan program ini sebesar 66 %, kesiapan dosen sebesar 53 %, kesiapan tenaga kependidikan sebesar 83 %. Hasil ini menujukkan kesiapan seluruh unsur pendidikan yang ada di kampus dalam melaksanakan program MBKM, dengan asumsi angka yang dihasilkan diatas 50%. Beberapa kendala terkait program ini lebih karena sosialisasi yang kurang masif pada beberapa program studi. Selebihnya mahasiswa yang siap terlibat dalam MBKM sebesar 57,75 %.   
Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika di Politeknik PGRI Banten Rosdiana Rosdiana
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.1903

Abstract

Dari segi belajar, motivasi diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri mahasiswa untuk melakukan serangkaian kegiatan belajar guna mencapai tujuan. Tugas dosen adalah memotivasi mahasiswa agar dapat melakukan serangkaian kegiatan belajar. Motivasi mahasiswa yang tinggi diharapkan dapat mendorong minat belajar mahasiswa sehingga hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Sumber daya manusia dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik PGRI Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil Belajar matematika mahasiswa Politeknik PGRI Banten. (2) hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam mengelola kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika Mahasiswa Politeknik PGRI Banten. (3) Hubungan antara motivasi belajar dan persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam mengelola kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika mahasiswa Politeknik PGRI Banten. Ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Analisis menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda dengan uji prasyarat, analisis korelasi product moment dan regresi berganda. Besarnya korelasi antar variabel X1 dan Y adalah sebesar 0,503 > 0,159. Besarnya korelasi antara variabel X2 dengan Y adalah sebesar 0,394 > 0,159. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar mahasiswa dan kinerja dosen dalam kegiatan pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika mahasiswa di Politeknik PGRI Banten 
Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Prilaku di MTS Yatashi Kota Bogor Toyyibudin Toyyibudin
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.1436

Abstract

In general, the purpose of this study is to reveal the implementation of behavior-based education management at MTs Yatashi, Bogor City. However, the specific objectives of this research are: (1) To determine the implementation of behavior-based education management in MTs Yatashi Bogor City, (2) To determine the implementation of behavior-based education at MTs Yatashi Bogor City. This research is a field research (Field Research) that is conducting research directly to the location to obtain and collect data. The research carried out in the field is examining qualitative problems, namely research data procedures that produce descriptive data in the form of written or spoken words from people and observed behavior. The implementation of behavior-based education management at MTs Yatashi Bogor City is pursued through four alternative strategies in an integrated manner, namely: (a) integrating behavioral education content that has been formulated into all subjects, (b) integrating behavioral education into daily activities at school, (c) integrate behavioral education into programmed or planned activities, (d) build collaborative communication between schools and parents of students. From the discussion above, it can be concluded that the implementation of behavior-based education management is carried out through two activities, namely Intracurricular, namely through teaching and learning activities that have been scheduled by the Deputy Head of curriculum and extracurricular activities, namely scouting, religion, Islamic arts, Youth Red Cross (PMR) which is scheduled by the Deputy Head of the field. to students and the values embedded are religious, disciplined, honest, responsible, tolerance, love the homeland, hard work, care for the environment, love peace, care for social, creative and independent. Keywords: management, education, behavior
Konsep Perencanaan, Rekrutmen, dan Pengangkatan Sumber Daya Manusia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muthohhar Purwakarta Nenden Najiatul Huda
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.1587

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan komponen utama dan sebagai penentu keberhasilan dan kegagalan dalam suatu organisasi atau lembaga pendidikan. Kegiatan SDM yang akan dikelola dan dikembangkan dapat meningkatkan efektivitas dna efisiensi lembaga maupun bagi pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga dapat diintegrasikan dengan tujuan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang lembaga pendidikan, maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui konsep perencanaan, perekrutan, dan pengangkatan guru di MI Al-Muthohhar. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode kualitatif, dimana lebih mementingkan segi proses daripada hasil. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu jenis penelitian yang mendeskripsikan secara jelas masalah penelitian dalam pembahasan dan kesimpulan. Hasil analisi data mendeskripsikan bahwa terdapat 3 poin penting yaitu tentang proses perencanaan guru, perekrutan, dan proses pengangkatan. Ketiga poin tersebut jika dijalankan dengan sebaik mungkin maka akan terciptanya pendidikan yang diharapkan, efektif, dan efisien.
Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan Hafizin Hafizin; Herman Herman
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.2095

Abstract

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan dengan tantangan yang harus diwujudkan pendidikan nasional dengan melaksanakan tugas dengan baik. Saat memainkan peran sebagai lembaga pendidikan, sekolah harus dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Manajemen sekolah yang tidak terspesialisasi dapat mengganggu proses pendidikan yang sedang berlangsung. Visi dan Misi adalah elemen yang sangat penting di sekolah dimana visi dan misi merupakan pekerjaan yang ditentukan oleh para pemangku kepentingan untuk mencapai keadaan yang diinginkan di masa depan sebagai manifestasi dari tujuan. Hasil analisis pada dasarnya adalah sebagai berikut: Pertama, mengembangkan visi dan misi sekolah bukanlah tugas yang mudah, membutuhkan pengawasan, dan melibatkan semua orang yang terlibat. Kedua, visi dan misi sekolah mencakup banyak hal besar, antara lain: sebuah tujuan untuk mencapai bahkan hal kecil tapi sangat mendesak seperti anggaran tahunan, rencanakan semua ini sebanyak mungkin dan ketika menjalankan identitas sekolah hanya dapat dilihat dengan membaca visi dan misi mereka secara praktis. Dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, penyusunan visi dan misi bukanlah tugas yang mudah.
Manajemen Peserta Didik Pendidikan Islam Muhammad Aditya Firdaus; Sofia Ratna Awaliyah F; Mohamad Erihadiana
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.1991

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui proses manajemen peserta didik pada sekolah Islam, lebih tepatnya sekolah menengah atas (SMA) Plus yang berada dibawah Pondok Pesantren Darussalam. Disini siswa siswi SMA Plus secara otomatis menjadi santri di Pondok Pesantren Darussalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen peserta didik pendidikan Islam dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Plus sebagai santri di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis. Metode penelitian yang dilakuan dengan metode deskripsi analisis, upaya menguraikan segala proses yang dilakukan sebagai pemahaman, pembelajaran dan juga telaah mendalam untuk diimplementasikan pada lembaga pendidikan yang lain. Hasil penelitian menunjukan, proses manajemen peserta didik pada SMA Plus ini tentunya berbeda dengan proses manajemen peserta didik pada sekolah umum, meskipun terdapat kemiripan tapi tidak akan terlalu sama dan memiliki ciri khas tersendiri. Manajemen dapat diartikan sebagai pengelolaan atau pengaturan. Dalam lingkup pendidikan, manajemen merupakan tolak ukur keberhasilan dalam menjalankan proses pendidikan sehingga tujuan yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik. Peserta didik merupakan unsur penting pada sebuah lembaga pendidikan khususnya pesantren karena peserta didik memiliki peran besar sebagai objek dalam pelaksanaan pendidikan. Oleh karenanya suatu lembaga pendidikan perlu memikirkan bagaimana memanajemen peserta didik dengan baik terutama pada lembaga pendidikan Islam. Manajemen peserta didik pendidikan Islam haruslah berprinsip pada Al Quran dan Hadist karena esensi nilai Islam tersebut dapat terarahkan sesuai dengan petunjuk pada Al Quran dan Hadist
Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Qur’an Hadits Sulaiha Annisyaroh
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.1842

Abstract

Dalam al-Qur’an sudah termaktub segala sesuatunya yang berkenaan dengan keberadaan alam semesta maupun dinamika kehidupan umat manusia. Termasuk pembahasan mengenai asal usul terbentuknya manusia, hingga  pada kegiatan yang dilakukan manusia. salah satunya adalah tentang Manajemen Pendidikan. Hal ini disebabkan karena Al-Qur’an al-karim merupakan pondasi dalam ajaran Islam  yang fungsinya sebagai “hudan” bagi umat manusia supaya umat  bisa menjadi khalifatun fil ardi yang baik dan benar. Dibutuhkan adanya pembahasan lebih dalam terhadap isi kandungan al-Qur’an jika kita ingin mendapatkan petunjuk tersebut, sehingga umat Islam betul-betul dapat mengambil faedah yang terdapat dalam al-Qur’an tersebut. Muatan Al-Qur’an begitu kompleks, di dalamnya menjelaskan berbagai macam problematika yang telah terjadi, kejadian saat ini, maupun yang akan terjadi besok, tertera didalamnya problematika pada ranah manajemen pendidikan. Pun juga dengan hadis. Adapun hadis juga merupakan dasar ajaran Islam kedua sesudah kitab suci al-Qur’an. Hadis menjadi  landasan kedua dalam manajemen pendidikan Islam, hal ini dikarenakan hadis merupakan penjelas dari al-Quran.
Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penerapan Manajemen Mutu Terpadudi MTS Pesantren Asasul Huda Desa Ranjikulon Kecamatan Kasokandel Muaz Muaz; Rully Khoeru Solihin
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.2046

Abstract

Eksistensi MTs Pesantren Asasul Huda Desa Ranjikulon sebagai salah satu lembaga Pendidikan Islam yang patut diperhitungkan. MTs Pesantren Asasul Huda merupakan lembaga pendidikan yang memadukan sistem pendidikan tradisional dan sistem pendidikan modern. Keadaan ini didukung oleh sumber daya guru yang profesional dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pengembangan lembaga. Terbukti dalam 3 tahun berjalan lembaga ini mampu berkembang dan bersaing dengan lembaga lain baik kualitas dan kuantitas dalam skala Kabupaten khususnya di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya peningkatan profesionalisme guru di MTs Pesantren Asasul Huda, dan juga untuk mengetahui penerapan manajemen mutu terpadu dalam pengembangan profesionalisme guru tersebut. Penelitian tentang peningkatan profesionalisme guru dan penerapan manajemen mutu terpadu dalam profesionalisme guru Madrasah ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan kuncinya adalah Kepala Sekolah sedangkan informan lainnya adalah guru MTs Pesantren Asasul Huda serta para siswa MTs Pesantren Asasul Huda. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah melibatkan guru dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, mendelegasikan guru untuk mengikuti pelatihan, memberikan hak sepenuhnya kepada guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam proses pembelajaran, memberikan pemahaman kepada guru bahwa anak didik adalah mutu utama dalam pendidikan, mendorong guru-guru untuk melanjutkan jenjang pendidikannya serta membina guru-guru dalam meningkatkan kemampuan serta mengevaluasi kesulitan dalam pembelajaran.
Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Pada Masa Covid-19 di Masjid Hayatul Hasanah dan Baitut Tarbiyah Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Imam Tabroni; Erfian Syah; Siswanto Siswanto
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.2141

Abstract

The Islamic education curriculum is managed by the Mosque Prosperity Council (DKM) to plan, schedule, determine, and evaluate the materials and methods delivered by the preacher for one year. This study aims to analyze the problem and find solutions for the management of the Friday sermon curriculum at the Hayatul Hasanah Mosque and Baitut Tarbiyah Education Office of Purwakarta Regency. The approach used in this study is qualitative with a grounded theory design. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis by triangulation. The findings of the research are that the planning already looks good, namely by setting the schedule for the khatib and imam for the Friday prayers of the two mosques for one year, but there are no clear policies, plans, work techniques, costs. It was found that the DKM organization already had a clear organizational structure, although it still did not explain in detail the relationship between one structure and another with regard to work relations and coordination of the achievement of certain standards in the Friday sermon curriculum. Coordination between members of the DKM structure in providing motivation and coordination has not been optimal even though it has been carried out before the Friday sermon is held. Control is carried out by setting standards, measuring, reviewing results with standards, and improving standards and evidence of activities if there are problems related to the Friday sermon curriculum. This process apparently has not been specifically found
Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Mualimul Huda
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i01.2083

Abstract

Upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi isu strategis nasional serta kajian manajemen mutu pendidikan. Faktor kinerja guru menjadi salah satu faktor yang menentukan capaian kinerja madrasah dalam memenuhi standar pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi dan indikator kinerja guru, selanjutnya menganalisis kontribusi variabel kinerja guru terhadap mutu pendidikan madrasah. Sampel penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah swasta di kabupaten Jepara. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling sebanyak 178 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis konfirmasi faktor pada pemodelan struktural dengan aplikasi SmartPLS.30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kinerja guru direfleksikan dengan baik pada empat dimensi pembentuk, yaitu dimensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Dimensi profesional dan kepribadian guru memiliki kontribusi yang kuat dalam memprediksi peningkatan capaian standar mutu madrasah. Secara keseluruhan indikator pada variabel kinerja guru memiliki kontribusi yang signifikan terhadap capaian mutu pendidikan madrasah dengan nilai koefisien jalur adalah 0,494 atau sebesar 49,4% dipengaruhi oleh kinerja guru. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11