cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 10 Documents clear
MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN KALAPANUNGGAL KABUPATEN SUKABUMI Eneng Suryani; Zainal Abidin Arief; Kurniati _
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3994

Abstract

Penilaian Kinerja Guru adalah salah satu tugas fungsional pengawas madrasah dalam rangka menilai kinerja guru dalam memberikan layanan pembelajaran yang bermutu. Dalam pelaksanaannya Pengawas madrasah bersama-sama Kepala madrasah melaksanakan penilaian kinerja guru secara rutin setiap tahun. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kompetensi guru melalui PKG,  (2) peningkatan kinerja guru melalui PKG, dan (3) proses penilaian kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi pada semester genap tahun 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kaji tindak (action research) yaitu penelitian tindakan kepengawasan (supervising action research). Tahapan penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus masing-masing siklus mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dapat meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi dengan nilai rata-rata mencapai 72 (72%) kategori cukup baik, (2) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dapat meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi dengan hasil kinerja guru dari Pra-Siklus ke Siklus I sebesar 3,81%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,78%. Peningkatan rata-rata kinerja guru mencapai 10,68%, peningkatan cukup signifikan, dan (3) Penilaian Kinerja Guru (PKG) dilaksanakan secara terprogram dan terstruktur sesuai dengan jadwal penelitian tindakan dan disinkronisasi dengan program kepengawasan, mulai dari pra-pengamatan, pengamatan, dan paska pengamatan sesuai mekanisme pelaksanaan PKG  yang telah ditentukan.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN POLMAS DI SEKOLAH POLISI NEGARA POLDA METRO JAYA Nur Ahmadi; Zaenal A Arief; Sigit Wibowo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3995

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di SPN Polda Metro Jaya dilakukan melalui proses pembelajaran,  yang dalam pelaksanaannya tidak selalu berjalan dengan baik,  karena sering terdapat hambatan.  Tingkat keberhasilan serdik Diktuk Bintara Polri dalam mempelajari materi pelajaran dinyatakan dengan hasil belajarnya.   Hasil belajar dimaksudkan sebagai tingkat keberhasilan belajar yang dinyatakan dalam bentuk skor,  setelah seseorang melakukan proses belajar.   Hasil yang dicapai serdik memberikan gambaran tentang posisi tingkat keberhasilan dirinya dibandingkan dengan serdik yang lain. Untuk mengetahui bahwa seseorang telah mengalami proses belajar dan telah mengalami perubahan-perubahan baik perubahan dalam memiliki pengetahuan, sikap danketerampilan, maka dapat dilihat dari hasil belajarnya. Metode dalam penelitian ini menggungkan metode eksperimen adapun variable dalam penelitian ini terdiri (1) Variable bebas Metode  pembelajaran (2) Variable terikat hasil belajar dan ( 3) Varible control Minat Belajar . Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2 x 2.  Berdasarkan pengelompokkan tersebut diperoleh 24 subyek penelitian, masing-masing 24 subyek kelas eksperimen dan 24 subyek kelas kontrol, dan sekaligus kelas eksperimen diajar dengan Metode Tutorial dan kelas kontrol diajar dengan Metode  Bermain Peran.Adapun data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian antara lain 1). terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran polmas bagi kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode tutorial dan bermain peran, 2). terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran  dengan  minat  belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran polmas, 3). terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran polmas bagi kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode tutorial dan bermain peran bagi siswa yang memiliki minat tingggi 4). Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran polmas bagi kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode tutorial dan bermain peran bagi siswa yang memiliki minat rendah.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK KELAS X SMK INFORMATIKA GLOBAL NUSANTARA KOTA BOGOR Hafiz Fauzi; Yanuardi Yanuardi; Kendra Hartaya
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3968

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan yang bertujuan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Informatika Global Nusantara Kota Bogor. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangan Multimedia pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kelas X SMK Informatika Global Nusantara Kota Bogor. (2) Bagaimana tingkat kelayakan materi dan media pada multimedia pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kelas X SMK Informatika Global Nusantara Kota Bogor. (3) Bagaimana tingkat keefektifan penggunaan Multimedia pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kelas X SMK Informatika Global Nusantara Kota Bogor.Penelitian dan Pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah pengembangan model ASSURE, yang meliputi: (1) Analyze learner characteristic (analisis karakteristik peserta didik), (2) State objectivities (menetapkan tujuan pembelajaran), (3) Select, modify, or design media (memilih, memodifikasi atau merancang media), (4) Utilize media (menggunakan media), (5) Require learner participant (meminta tanggapan peserta didik), dan (6) Evaluate (evaluasi). Sampel penelitian dan pengembangan ini menggunakan dua sampel. Sampel  pertama adalah validator, yakni terdiri ahli materi dan media dan guru mata pelajaran Sampel kedua adalah siswa kelas X SMK Informatika Global Nusantara yang terdiri atas 28 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Data dalam penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi, kuesioner dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil dari uji validitas dari ahli meteri sebesar 91,6%, ahli media sebesar 93,3%, untuk uji efektifitas menggunakan uji T-Test diketahui nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia pembelajaran masuk ke dalam kriteria sangat layak untuk digunakan dan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil Pre Test dengan Post Test dengan selisih 14,25 poin yang artinya penggunaan multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INTELEJEN DI SPN POLDA METRO JAYA Ibnu Khozim; Zaenal Abidin Arief; Sigit Wibowo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3996

Abstract

POLRI dapat menghasilkan sesuatu yang optimal apabila kualitas dan kuantitas anggota POLRI terus ditingkatkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Sistem pendidikan POLRI yang selama ini diwarnai nuansa militer, berdampak terhadap sikap perilaku anggota POLRI yang arogan, tidak profesional sehingga tidak disukai masyarakat. Sebagai upaya mewujudkan anggota POLRI yang profesional dan berbudaya, serta mampu mengimbangi tingkat pendidikan masyarakat, maka sistem pendidikan POLRI disusun berdasarkan sistem pendidikan nasional melalui pengembangan Ilmu Kepolisian, yang saat ini memiliki konsorsium (Lembaga Kerja sama Kurukulum) Ilmu Kepolisian di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas (independent variable) yaitu kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan intelektual (X2). Sedangkan variabel terikat (dependent variable) yaitu hasil belajar  Intelejen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta Peserta Didik Pada Pendidikan Pembentukan Brigadir Tugas Umum POLRI  di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya Lido Bogor, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 100 orang.Hasil penelitian ini yaitu 1). Terdapat hubungan positif  Kecerdasan emosional dengan  hasil belajar mata pelajaran Intelejen   Pada Peserta Pendidikan Pembentukan Brigadir Tugas Umum POLRI  Di  Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya Lido Bogor. 2). Terdapat hubungan  positif Kecerdasan intelektual  dengan  hasil belajar mata pelajaran Intelejen  Pada Peserta Pendidikan Pembentukan Brigadir Tugas Umum POLRI  Di  Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya Lido Bogor, dan 3). Terdapat hubungan  positif Kecerdasan emosional dan  Kecerdasan intelektual  secara bersama-sama dengan  hasil belajar mata pelajaran Intelejen  Pada Peserta Pendidikan Pembentukan Brigadir Tugas Umum POLRI  Di  Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya Lido Bogor.
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN LKS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS Galih Pratama; Saiful Falah
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3993

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Cibinong Kabupaten Bogor. Sampel yang diambil berjumlah 40 responden dengan teknik random sampling. Penelitian dibatasi tiga variabel yang akan diteliti: sebagai variabel bebas penelitian yaitu Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS (X1), Kemandirian Belajar (X2), dan variabel terikat yaitu Hasil Belajar Bahasa Inggris (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Analisis yang digunakan terhadap data penelitian adalah analisis korelasi regresi sederhana dan analisis korelasi regresi berganda. Analisis korelasi regresi sederhana digunakan untuk mengetahui besar Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris secara sendiri-sendiri sedangkan analisis korelasi regresi berganda untuk mengetahui Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama. Data hasil penelitian mengindikasikan bahwa: (1) Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS memiliki hubungan dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris dengan  r= 0,5827,  R= 33,96%. Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris sebesar 33,96%. (2) Kemandirian Belajar memiliki hubungan dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris dengan r=0,499, R= 24,9%. Kemandirian Belajar memiliki hubungan dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris sebesar 24,9%. (3) Sedangkan Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS dan Kemandirian Belajar memiliki hubungan secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris dengan r= 0,585, R 34,2%. Sumbangan pengaruh Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan LKS dan Kemandirian Belajar memiliki hubungan secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris sebesar 34,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan optimalisasi pemanfaatan LKS dan Kemandirian Belajar yang baik akan meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris siswa
PEMIKIRAN ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH TENTANG METODE KETELADAN DAN AKHLAK MULIA Muhammad Nasir; Abdul Hayyi Al Kattani; Anung Al Hamat
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3997

Abstract

Metode pembelajaran dengan keteladanan dan akhlak mulia dikategorikan sebagai salah satu metode yang sangat dibutuhkan saat ini, karena metode keteladanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap proses belajar mengajar. Baik dalam pendidikan Islam secara spesifik maupun dalam sistem pendidikan yang lainya secara umum. Abdul Fattah Abu Ghuddah merupakan salah satu pemikir Islam (mufakkir Islami) yang menekankan pentingnya metode keteladanan dan akhlak mulia dalam proses belajar mengajar.Adapun teknik pendekatanyang digunakan pada penelitian ini adalah (library research), yaitu penelitian yang berusaha menfokuskan diri untuk menganalisis atau menasirkan bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Dalam hal ini buku Muhammad Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah.Hasil penelitian,  Abdul Fattah Abgu Ghuddah meyakini bahwa metode keteladan dan akhlak mulia lebih kuat pengaruhnya, lebih membekas dalam jiwa, lebih memudahkan pemahaman dan ingatan. Lebih menarik perhatian untuk diikuti dan dicontoh dibandingkan dengan hanya ucapan juga penjelasan. dalam menentukan sebuah metode Abdul Fattah Abu Ghuddah menjadikan Al-Qur’an dan hadits sebagai landasan filosofisnya.  figur teladan dalam pemikiran Abdul Fattah Abu Ghuddah adalah Nabi Muhammad ` dimana akhlak beliau adalah Al-Qur’an dan beliau selalu dalam budi pekerti yang mulia, Allah menjadikannya sebagai teladan yang baik bagi hamba-hambanya. sebab dia menjadikan wahyu itu (Al-Qur’an) sebagai hakim bagi dirinya sendiri, sehingga setiap ilmu dan amalnya sesuai dengan wahyu itu. Beliau selalu menyesuaikan diri dan perkataan dengan wahyu itu: tunduk, menerima senang hati, dan menjalankan hukum-hukumnya.
PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI DAN PENGUASAAN KOSA KATA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA SDLB KELAS TUNARUNGU Darwina Bajeri; Muktiono Waspodo; Herawati Herawati
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3961

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik Sekolah Dasar dengan hambatan pendengaran di SLB Bina Mandiri Kota Bogor sebanyak 8 siswa. Subjek dalam penelitian ini memiliki hambatan pada pendengaran, hal ini berdampak rendahnya kemampuan artikulasi, dan rendahnya penguasaan kosakata peserta didik.Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu panduan wawancara, lembar observasi kemampuan artikulasi peserta didik serta tes penguasaan kosakata benda. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistik deskripstif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukan adanya perbaikan pada proses pembelajaran Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama yang meningkatan kemampuan artikulasi dan penguasaan kosakata pada peserta didik melalui metode tutor sebaya. Perbaikan proses terlihat dari aktivitas peserta didik sebagai tutor bagi temannya yang kemampuannya lebih rendah, yaitu peserta didik menunjukan perhatian, ketertarikan dan respon yang baik dalam proses pembelajaran. Adapun hasil kemampuan artikulasi dan peguasaan kosakata peserta didik saat pra tindakan yaitu nilai terendah pada  yaitu 22,5, siklus I menjadi 29 dan siklus II menjadi 55, nilai tertinggi pada pra-siklus yaitu 58, siklus I menjadi 68, dan siklus II menjadi 91, dengan nilai rata-rata pada pra-siklus yaitu 37,31 (sangat kurang), siklus I menjadi 50,12(kurang), dan siklus II menjadi 70,25 (baik).
KOMPETENSI IMAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X SMA Saepul Japar Sidik; Abas Mansur Tamam; Hasbi Indra
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.3999

Abstract

Tujuan pendidikan di Indonesia sebagaimana tertuang dalam UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tertulis bahwa iman menjadi salah satu capaiannya. Akan tetapi, dalam prakteknya masih ada kesenjangan antara tujuan pendidikan nasional dengan kurikulum nasional dan kurikulum nasional dengan bahan ajarnya. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap kompetensi iman di dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan teori paradigma al-Qur’an yang digagas oleh Kuntowijoyo. Teori menghendeki suatu konstruksi pengetahuan yang memungkinkan kita memahami realitas sebagaimana al-Qur’an memahaminya. Hipotesi penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi iman dalam kurikulmu nasional terbilang belum ideal (komprehensif).
Implementasi Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan SMP, Studi Diskriptif Di SMPIT Al-Ukhuwah Boarding School Subang Dan SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam Boarding School Subang Gozali Gozali
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.6781

Abstract

Pengelolaan pembelajaran al-Qur’an bagi para siswa SMP bukan sesuatu yang mudah. Hal ini didasari masih banyak muslim di Indonesia terutama usia SMP yang buta huruf al-Quran. Tujuan penelitian ini menganalisis implementasi manajemen pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan mutu lulusan SMP, yaitu; 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) pengawasan dan evaluasi, 5) hambatan, dan 6) solusi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif di SMPIT al-Ukhuwah Boarding School Subang dan SMP al-Qur’an Ma’rifatussalaam Boarding School Subang. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala Pondok, Wakil Kepala Sekolah urusan Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah urusan Kepesantrenan, Koordinator al-Qur’an, dan Guru al-Quran. Pengumpulan data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, kredibilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan, meliputi; alokasi waktu dan pekan efektif, program tahunan, program semesteran, silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 2) Pengorganisasian meliputi; pengelompokan siswa, pengelolaan kelas, pengelolaan guru, dan jadwal pembelajaran. 3) Pelaksanaan meliputi; pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan akhir dengan menggunakan metode Ummi. 4) Pengawasan dan Evaluasi meliputi; supervisi, evaluasi, penilaian formatif dan sumatif. 5) Hambatan yang ditemukan diantaranya; belum adanya silabus mandiri dan RPP, standarisasi guru al-Qur’an, dan belum tercapainya target silabus secara keseluruhan yang telah ditetapkan. 6) Alternatif solusi untuk mengatasi hambatan; setiap guru al-Qu’an diwajibkan membuat RPP sebagai pedoman dalam pembelajaran, peningkatan kompetensi guru secara rutin, pengayaan dan memilih metode yang tepat, serta penambahan jam pembelajaran al-Qur’an secara privat terutama bagi siswa yang sangat kurang.Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran al-Qur’an, Mutu Lulusan  
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Penilaian Berbasis E-Rapot Melalui In House Training di SMA Negeri 1 Tanjung Pinang Imam Syafii
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i1.7301

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah In House Training Pengembangan Penilaian berbasis E-raport dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan penilaian berbasis E-raport. Metode pengumpulan data adalah studi penyampaian materi dan praktek langsung serta studi dokumen. Metode analisis data adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa gabungan In House Training dan bimbingan individual dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam Pengembangan penilaian berbasis E-raport. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 69,3 dari data awal 63,2 dan pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi 91,1. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah in house training pengembangan penilaian berbasis E-raport dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam pengembangan penilaian berbasis e-raport

Page 1 of 1 | Total Record : 10