cover
Contact Name
Yessi Fitriani
Contact Email
yessifitriani931@gmail.com
Phone
+6281278893228
Journal Mail Official
pembahsipps@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Street. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang South Sumatera
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
  • Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In
  • Website
ISSN : 2337456X     EISSN : 26223732     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/pembahsi
Core Subject : Education,
Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian literature.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)" : 13 Documents clear
Tindak Tutur Ekspresif Berkomentar Di Dalam Postingan Instagram Najwa Shihab Mengenai ‘‘Indonesia Surga Para Pengabdi Psikopat’’ Lilik Nurjanah; Yessi Fitriani; Darwin Effendi
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan tindak tutur ekspresif komentar warganet dalam postingan Instagram Najwa Shihab mengenai ‘‘Indonesia Surga Para Pengabdi Psikopat’’ yang diposting pada bulan November 2022. Metode dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan analisis isi data dengan teknik dokumentasi dengan cara (1) Menyimak tuturan warganet pada kolom komentar, (2) Mencatat tuturan warganet pada kolom komentar, (3) Mengklasifikasikan tuturan warganet pada kolom komentar, (4) Menganalisis tuturan warganet pada kolom komentar, (5) Menyimpulkan hasil temuan penelitian. Hasil penelitian ini adalah tindak tutur ekspresif berjumlah tujuh puluh tujuh yang terdiri dari tindak tutur ekspresif: memuji (enam tuturan), mengucapkan terima kasih (enam tuturan), megkritik (dua belas tuturan), mengeluh (empat tuturan), meyalahkan (dua tuturan), humor (satu tuturan), sedih (empat puluh lima tuturan), menyetujui (satu tuturan). Berdasarkan hasil penelitian pada kolom komentar Instagram Najwa Shihab mengenai ‘‘indonesia surga para pengabdi psikopat’’ banyak tindak ekspresif sedih yang dituturkan warganet pada kolom kometar dari pada tindak tutur ekspresif yang humor.
Campur Kode dalam Kolom Komentar Komik Digital Aplikasi Webtoon Al Dwi Nurtoro Mangun Kusumo; Imam Safi'i
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v13i2.12211

Abstract

Abstrak-- Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan campur kode dalam kolom komentar komik digital aplikasi Webtoon. Penelitian yang dilakukan pada penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah berbagai dari jenis-jenis campur kode, yaitu (1) campur kode ke dalam, (2) campur kode ke luar, (3) campur kode campuran. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam kolom komentar Webtoon terdapat fenomena campur kode yaitu campur kode ke dalam sebanyak 25,42%, campur kode ke luar 64,41%, dan campur kode campuran 10,17%. Dominasi terbesar terlihat pada penggunaan campur kode ke luar yaitu dengan menggunakan bahasa Inggris. Kata Kunci : Campur Kode, Media sosial, Webtoon, Bahasa Indonesia. Abstract-- The purpose of this study is to describe code mixing in the digital comic comments column of the Webtoon application. The research conducted in this study is qualitative by using a qualitative descriptive method. The results found in this study are various types of code mixing, namely (1) inner code mixing, (2) outer code mixing, (3) hybrid code mixing. This research reveals that in the comment section of Webtoon, there is a phenomenon of code-switching, with 25.42% being inner code mixing, 64.41% outer code mixing, and 10.17% hybrid code mixing. The highest dominance is observed in the use of outer code mixing, primarily using the English language. Keywords: Code Mixing, Social Media, Webtoon, Indonesian Language.
Persepsi Mahasiswa: Permasalahan Mahasiswa Di Dalam Keterampilan Menyimak Destina Kasriyati; Ribut Wahyu Eriyanti; Atok Miftachul Hudha
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v13i2.12462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap permasalahan di dalam keterampilan menyimak. Metode penelitian ini adalah quantitative dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dari semester 2,4,6 dimana mahasiswa tersebut sudah belajar mata kuliah keterampilan menyimak. Kuesioner/angket yang diadopsi dari (Bingol et al., 2014) digunakan sebagai instrument penelitian ini dalam pengumpulan data. Kemudian Data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan menggunakan SPSS untuk mencari statistik deskriptif seperti Mean dan Standard Deviation (SD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan atau tingkat persetujuan mahasiswa terhadap permasalahan dalam pembelajaran menyimak berada pada level persepsi “Menengah” atau “Moderate” dengan skor Mean 3,26 (SD 0,558). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap permasalahan dapat ditemukan cara atau metode pembelajaran yang efektif.
Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Dibalik Rahasia Senja Karya Wahyu Sujani Fatmawati Fatmawati; Dessy Wardiah; Arif Ardiansyah
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji novel dengan pendekatan sosiologi sastra, aspek yang dibahas adalah konteks sosial pengarang, unsur sosial budaya yang tercermin, dan fungsi sosial novel Dibalik Rahasia Senja karya Wahyu Sujani. Manfaat dari penelitian ini untuk memperluas cakupan penelitian analisis sastra di Indonesia dan membantu pembaca untuk mengungkapkan makna dalam novel “Dibalik Rahasia Senja” melalui pendekatan sosial. masyarakat sastra. Tujuannya untuk memahami konteks sosial, gambaran sosiokultural pengarang dan fungsi sosial novel “Dibalik Rahasia Senja”. Metode penelitian ini metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber datanya novel “Dibalik Rahasia Senja” karya Wahyu Sujani. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumen dan kuesioner. Terbukti bahwa hasil kajian yang diperoleh dalam novel “Dibalik Rahasia Senja” dipengaruhi oleh konteks sosial pengarang yang memuat faktor sosial budaya yang tercermin dalam masyarakat dan memiliki fungsi sosial yang sangat tinggi.
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Model Mind Maping Melalui Media Gambar Pada Siswa Faizal Yudha l Pratama; Missriani Missriani; Muhammad Ali
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan model mind mapping melalui media gambar pada siswa kelas X MIPA 1 Puspita Air Kumbang. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam menulis teks eksposisi dengan model mind mapping melalui media gambar diadakan evaluasi pada setiap siklus yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini diadakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Puspita Air Kumbang yang berjumlah 33 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya keteramapilan menulis teks eksposisi dengan model mind mapping melalui media gambar. Dapat dilihat pada siklus I siswa yang mencapai kritera ketuntasan minimal (KKM) 70,yakni sebesar 20 siswa atau 60.60%. setelah diadakan siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni 29 siswa atau 85% hal ini mengalami peningkatan sebesar 27,27 %. Berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model mind mapping melalui media gambar mampu meningkatkan keteramapilan menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Puspita Air Kumbang. Kata-Kata Kunci: Menulis Teks Eksposisi, Model Mind Mapping, Media Gambar.
Pengaruh Media Animasi Kartun Pada Zaman Dahulu dan Motivasi Belajar Terhadap Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Zazmil Tajiri; Dessy Wardiah; Muhammad Ali
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh media animasi kartun pada zaman dahulu terhadap pembelajaran teks cerita fantasi; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap pembelajaran teks cerita fantasi; dan (3) pengaruh media animasi kartun pada zaman dahulu dan motivasi belajar terhadap pembelajaran teks cerita fantasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Jirak Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Angket dan Dokumentasi. Uji validitas menggunakan Validitas Corrected Item-Total Correlation, sedangkan uji reabilitas menggunakan Cronbachh’s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova dua jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil penelitian pengaruh animasi kartun pada zaman dahulu terhadap pembelajaran teks cerita fantasi diperoleh nilai sig motivasi belajar sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka Ha diterima; (2) Hasil penelitian motivasi belajar terhadap pembelajaran teks cerita fantasi diperoleh nilai sig pendekatan sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka Ha diterima; (3) Hasil penelitian animasi kartun pada zaman dahulu dan motivasi belajar terhadap pembelajaran teks cerita fantasi diperoleh nilai sig interaksi pendekatan dan motivasi belajar sebesar 0,214 ˃ 0,05 maka Ha ditolak.
Analisis Nilai-Nilai Moral Pada Film Unbaedah Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Sekolah Laela Wulandari; Dalman Dalman; Idawati Idawati; Rona Romadhianti
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v13i2.12837

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sebuah karya sastra film berjudul Unbaedah yang disutradarai oleh Iqbal Ariefurrahman. Film ini menceritakan tentang kebiasaan tamak seorang ibu bernama Baedah yang suka mengambil jatah lebih dari satu sehingga membuat ibu-ibu lainnya geram dengan perbuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pesan moral yang ada dalam film Unbaedah dan keterkaitannya sebagai alternatif bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Peneliti menonton tayangan film, menganalisis, dan mencatat segala hal yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Sumber data yang digunakan berasal dari tayangan youtube film Unbaedah. Bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral yang terkandung dalam film Unbaedah dan kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah film Unbaedah mengandung nilai-nilai moral yang terdiri dari tiga bagian, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkungan sosial. Wujud nilai moral yang menghubungkan antara manusia dengan Tuhan pada film Unbaedah meliputi: Ikhlas, Iman, Takwa, dan Berdoa. Wujud nilai moral yang berhubungan dengan diri sendiri meliputi: Jujur, Tanggung Jawab, dan Mengakui Kesalahan. Wujud nilai moral yang berhubungan dengan manusia lain dalam lingkungan sosial meliputi: Sopan Santun, Peduli, Tolong Menolong dan Ramah. Adapun kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar di SMP sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.12 menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca. Kompetensi dasar ini bertujuan setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan struktur, menentukan keunggulan dan kelemahan teks ulasan berdasarkan isinya, serta mampu bekerjasama dengan menyajikan dan menampilkan teks ulasan berdasarkan video yang ditayangkan dengan tepat dan penuh percaya diri. Kandungan pesan ditunjukkan oleh karakter-karakter dalam film Unbaedah dengan menampilkan pesan moral yang dapat diambil hikmahnya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar. Kata Kunci: Nilai moral, film Unbaedah, alternatif bahan ajar.
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Lempuing Jaya Muhammad Teguh; Ratu Wardarita; Yenny Puspita
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Lempuing Jaya. Alat pengumpul data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tahapan-tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Lempuing Jaya di tempuh dalam 3 tahapan yaitu 1) perencanaan penguatan katakter siswa melalui harmonisasi olah hati ( etik), olah rasa (estetis), olah piker (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan public dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, serta peserta didik SMP Negeri 4 Lempuing Jaya; 2) pelaksanaan implementasi katakter seperti bijaksana dalam memilih mana yang baik mana yang buruk, adil, pantang menyerah , control terhadap diri sendiri, menyayangi, memunculkan sikap yang positif, kerja keras, memiliki integritas diri yang kuat, bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini dan memiliki rasa. Peserta didik SMP Negeri 4 Lempuing Jaya; 3) evaluasi pelaksanaan kurikulum berbasis katakter akan dilaksanakan di dalam kelas dengan melakukan pengamatan (obsevasi) terhadap tingkah laku peserta didik, baik prilakunya dengan antar peserta didik maupun dengan guru SMP Negeri 4 Lempuing Jaya. Nilai-nilai katakter yang ditanamkan di SMP Negeri 4 Lempuing Jaya yang mencakup (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Bahasa Indonesia
Pengembangan Media Pena Batik Pada Materi Teks Prosedur Di SMP Negeri 3 Satu Atap Sungaiselan Hastri; Missriani Missriani; Yessi Fitriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak--Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pena batik pada materi teks prosedur dari segi kelayakan isi, media, dan bahasa serta keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji kelayakan media pena batik melalui uji kelayakan produk dengan cara desain uji coba review dengan diberikan lembar observasi mencakup kesesuaian isi, media, dan bahasa oleh ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa. Subjek uji coba adalah peserta didik SMP Negeri 3 Satu Atap Sungaiselan melalui tiga tahap yaitu uji coba perseorangan yang diambil 3 orang peserta didik secara acak, uji coba kelompok kecil terdiri dari 10 peserta didik, dan uji coba lapangan terdiri 17 peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan produk media pena batik yaitu kualitas media adalah layak, efektif, dan efisien. Media pena batik materi teks prosedur ini memiliki tingkat kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil observasi angket oleh validator yaitu 3,71. Keefektifan penggunaan media pena batik materi teks prosedur untuk peserta didik SMP kelas VII terlihat dari nilai rata-rata 85,88 yang berada di atas KKM yaitu 75 dan ketuntasan klasikal mencapai persentase 88,23%. Berdasarkan hasil ini data disimpulkan bahwa media pena batik materi teks prosedur kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Sungaiselan dapat digunakan secara efektif.
Analysis Of The Factor Of Language Variation In Village III North Lais Andi Mudalfy; Missriani Missriani; Siti Rukiyah
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol. 13 No. 2 (2023): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The researcher conducted a study entitled factor analysis of language variations, with the aim of being able to describe the results of the factors of the occurrence of language variations in Dusun III Lais Utara, Kec. Lais, Kab. Musi Banyuasin. The research method used is qualitative analysis. Which is the focus point of the problem in this study, namely the factors that occur in language variations. The informants in this study were the people of Dusun III Lais Utara, Kec. Lais, Kab. Musi Banyuasin. The research was conducted in Dusun III Lais Utara, Kec. Lais, Kab. Musi Banyuasin. Data collection techniques used in research are observation, interviews, and recording techniques. So get the results of research by researchers. Researchers get research results, namely the occurrence of a language variation due to two social factors and situational factors. This social factor could be due to environmental factors in Dusun III Lais Utara, Kec. Lais, Kab. Muba. Meanwhile, situational factors consist of language and kinship situations. The results obtained in the language situation when carrying out formal activities, namely meetings, at that time the language situation uses formal language in accordance with the existing situation. In the kinship factor, the occurrence of language variations is because the speakers who speak with the interlocutor both understand the language, so a conversation can occur where the situation will become more intimate at that time the language situation used formal language in accordance with the existing situation. In the kinship factor, the occurrence of language variations is because speakers who speak with the interlocutor both understand the language, so a conversation can occur where the situation will become more intimate at that time the language situation used formal language in accordance with the existing situation. In the kinship factor, the occurrence of language variations is because the speakers who speak with the interlocutor both understand the language, so a conversation can occur where the situation will become more intimate.

Page 1 of 2 | Total Record : 13