cover
Contact Name
Ali Syahbana
Contact Email
syahbanaumb@yahoo.com
Phone
+6281373340681
Journal Mail Official
jurnalindiktika.pgri@gmail.com
Editorial Address
Mathematics Education Department, Universitas PGRI Palembang Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang, Indonesia 30251
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
ISSN : 26552752     EISSN : 26552345     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/indiktika
Core Subject : Education,
Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another journal.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika" : 12 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMA Ferdy Ariansyah; Ety Septiati; Dina Octaria
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi peluang yang valid, praktis dan efektif untuk siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan metode ADDIE dengan lima langkah tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid, praktis, dan efektif pada materi peluang untuk siswa SMA. Media ini diujicobakan kepada siswa kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 SMA Bina Warga 2 Palembang masing-masing sebanyak 26 siswa dan 23 siswa. Penelitian dilakukan pada September 2021 - Desember 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respons siswa dan soal tes hasil belajar siswa. Tingkat kevalidan yang dinilai oleh validator yang terdiri dari dua dosen dan satu guru mendapat skor 93,66 sehingga dikategorikan sangat valid. Tingkat kepraktisan setelah diujicobakan kepada siswa mendapat skor 82,8 sehingga dikategorikan praktis. Berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh persentase skor 82,6% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Proses Berpikir Refraktif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert Putri Diana Sari; Eric Dwi Putra; Dwi Noviani Sulisawati
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.8018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang proses berpikir refraktif siswa extrovert dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa bertipe kepribadian extrovert dari siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Jember.  Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator berpikir refraktif dengan menggunakan triangulasi waktu. Penelitian dilakukan dari Oktober 2021 sampai November 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kepribadian extrovert dapat mengumpulkan informasi, menafsirkan informasi, serta menghubungkan informasi pengetahuan sebelumnya yang telah dimiliki untuk menyelesaikan soal. Pada proses penyelesaian, siswa extrovert dapat mengajukan 2 alternatif solusi penyelesaian, kemudian mengeliminasi alternatif tersebut untuk memperoleh solusi penyelesaian terbaik. Selanjutnya, siswa extrovert dapat menyelesaikan soal berdasarkan strategi yang dipilihnya, menentukan jawaban dengan tepat serta menyimpulkannya dengan valid. Hal ini menunjukkan  siswa extrovert mampu berpikir refraktif sesuai dengan indikator berpikir refraktif.
Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Seruni Rahmatul Nasoha; Jeri Araiku; Weni Dwi Pratiwi; Muhammad Yusup
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan numerasi siswa setelah implementasi Problem Based Learning, aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMPN 45 Palembang. Subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII.4 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa dikatakan baik dengan indikator yang sering muncul adalah indikator melakukan analisis terhadap informasi yang disajikan baik berupa tabel, grafik, maupun diagram. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah indikator memberikan penafsiran terhadap hasil analisis dan memberikan kesimpulan atau prediksi. Aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning sangat baik, serta respon siswa baik terhadap proses pembelajaran.
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga Mifta Octafiana; Misdalina Misdalina; Putri Fitriasari
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7969

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang memerlukan penalaran untuk membuktikan pengetahuan yang diperolehnya. Kemampuan ini sangat penting dalam proses penarikan kesimpulan dalam hal penyelesaian masalah matematika. Namun, pada kenyataannya siswa belum mampu menerapkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi segitiga di MTS Miftahul Ulum Telang Karya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes berbentuk uraian. Subjek penelitian ini yaitu guru matematika dan siswa kelas VIII. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan persentase rata-rata tiap indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal mencapai 75,33%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTS Miftahul Ulum Telang Karya sudah masuk dalam kategori baik.
Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Rizki Yunianti; Sekar Dewi Oktiana; Lulu Finisa; Nur Isma Sabilla
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7687

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 di MTs Al-Fatah Suradadi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, untuk memberikan gambaran problematika pendidikan matematika pada masa covid-19 di MTs Al-Fatah Suradadi. Teknik mengumpulkan data dengan metode angket, observasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa dan 1 guru matematika. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2021 sampai November 2021. Indikator dari angket yang disebarkan berupa minat dan respon siswa  serta kendala pada pembelajaran matematika di masa pandemi covid 19. Berdasarkan hasil dari angket yang diperoleh diketahui bahwa 9,5% siswa memilih untuk menjawab pertanyaan dengan sangat tidak setuju, 38,3% tidak setuju, 39% setuju, 13,2% sangat setuju, sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada masa covid 19 memiliki beberapa problematika, banyak siswa yang minatnya rendah pada matematika. Problematika yang berupa kendala tersebut yaitu kurangnya minat matematika pada siswa, fasilitas yang terbatas pada pembelajaran daring serta waktu yang terbatas, siswa kurang mengerti teknologi, siswa tidak dapat memahami materi dengan baik melalui daring.
Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Nurmala Niode; Perry Zakaria; Resmawan Resmawan
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7615

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil implementasi model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya siswa kelas XI IPA 4 yang terdiri dari 43 peserta didik, 14 diantaranya laki-laki dan 29 perempuan pada tahun ajaran 2021/2022 yang mempelajari materi persamaan trigonometri. Penelitian terjadi dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik mengalami peningkatan sebesar 22,05% yakni pada siklus I, 65,86% menjadi 87,91% pada siklus II. Selanjutnya untuk hasil analisis kegiatan guru mengalami peningkatan sebesar 13,88% yakni pada siklus I sebesar 69,12% menjadi 83,00% pada siklus II. Begitu pula dengan analisis kegiatan peserta didik mengalami peningkatan sebesar 18,56% yakni pada siklus I sebesar 66,10% menjadi 84,66% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran SOLE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo
Perancangan Prototype Multimedia Interaktif pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Siswa Sekolah Dasar Rohman Rohman; Andinasari Andinasari; Yulianto Wasiran
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.8000

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai dan dipahami, penguasaan matematika haruslah kuat sebagai dasar untuk menciptakan dan mengembangkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype multimedia interaktif pada bangun ruang sisi lengkung yang valid dan praktis. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDIT Salsabila Palembang. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Proses pengembangan multimedia interaktif dimulai dari tahap preliminary dan tahap prototyping. Multimedia interaktif  dikembangkan pada tahap preliminary yaitu persiapan konsep yang belum dikuasai siswa, perencanaan atas dasar konsep yang masih belum dikuasai siswa, menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, silabus, RPP, menentukan unsur-unsur bahan ajar, mengumpulkan materi, menyusun draft bahan untuk membuat multimedia interaktif,  uji  one  to  one  dan  expert  review.  Dari  perancangan  prototype  ini dihasilkan prototype multimedia interaktif volume bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar yang valid dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Materi Distribusi Peluang Agus Supriadi; Yunika Lestaria Ningsih
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7678

Abstract

Distribusi peluang atau disebut juga dengan distribusi peluang peubah acak merupakan bagian materi dari Mata Kuliah Statistika Matematika. Materi ini adalah lanjutan dari materi peluang. Mahasiswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi distribusi peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi distribusi peluang. Peneltian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 22 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada September 2021 sampai Desember 2021. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi distribusi peluang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan representasi matematis, khususnya pada aspek representasi visual dan verbal.                                                                                                                  
Analisis Faktor Peserta, Pelatih, Prasarana, serta Materi Pelatihan yang Mempengaruhi Efektifitas Pelatihan Menggunakan Smart-PLS Maya Saftari; Sinta Sinta
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7677

Abstract

Kemampuan siswa secara akademik akan meningkat jika diadakan pelatihan kompetensi dari bidang ilmu yang dianggap perlu ditingkatkan terutama untuk persiapan ujian akhir nasional (UAN), sehingga perlu dilakukan pelatihan dan sekaligus melihat pengaruh pelatihan sendiri terhadap efektifitas pelatihan dengan tujuan peningkatan pemahaman siswa. Pengaruh pelatihan ini dapat dilihat dari beberapa variabel yang berpengaruh terhadap efektifitas pelatihan (Y) yaitu, peserta pelatihan (X1), pelatih (X2), sarana dan prasarana pelatihan (X3), serta materi pelatihan (X4). Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dengan subjek penelitian siswa SMK Sore Pangkalpinang yang berjumlah 26 orang sebagai sampel dari populasi kelas XII sebanyak 86 siswa. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari 2021 sampai April 2021. Analisis data menggunakan teknik analisa Partial Least Square (PLS) dengan pengolahan data memanfaatkan software Smart-PLS versi 3.0. Langkah analisa yaitu outer model, inner model, dan uji hipotesis dalam PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa indikator independen (X1, X2, X4) yang diduga memiliki pengaruh dan korelasi terhadap efektifitas pelatihan ternyata setelah dianalisa tidak memiliki pengaruh langsung terhadap efektifitas pelatihan atau dikatakan pengaruhnya sangat kecil. Untuk sarana dan prasarana pelatihan (X3) mempunyai pengaruh langsung terhadap efektifitas pelatihan.
Pengembangan LKS untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Selvi Riwayati; Relawati Relawati; Indah Utami
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v4i2.7722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid dan praktis untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi volume kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D, namun pada penelitian ini hanya menggunakan tahap define, design, development. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 61 Bengkulu Utara pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian uji terbatas ini adalah 6 orang siswa-siswi kelas VIII SMP N 61 Bengkulu Utara. Hasil dari penelitian ini adalah lembar kerja siswa (LKS) materi volume kubus dan balok untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang valid dan praktis. Kevalidan LKS dilihat dari komentar dan saran validator terhadap LKS dan kepraktisan LKS dilihat dari hasil pengerjaan LKS yang diberikan pada siswa kelas VIII di SMP N 61 Bengkulu Utara

Page 1 of 2 | Total Record : 12