cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalprasiundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jend. A. Yani 67, Singaraja 81116, Telp. 0362-21541, Faks. 0362-27561
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
ISSN : 16936124     EISSN : 26141116     DOI : -
Core Subject : Education,
PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical progress in multidisciplinary research findings related to Language and Art. PRASI creates a bridge between research and development for researchers and practitioners nationally and globally.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 01 (2019)" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENGLISH FOR FB SERVICE BERBASIS E-LEARNING Rima Andriani Sari; I Nyoman Adil; Made Aryawan Adijaya
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 14 No. 01 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.324 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v14i1.17889

Abstract

Penelitian    ini    bertujuan    untuk:    (1)    mengidentifikasi    dan   menganalisis    kompetensi-kompetensi    dan    topik-topik    yang   harus    dicapai    oleh    mahasiswa    dalam    pembelajaran    English for FB Service yang    mencakup    mengembangkan    tema    dan   subtema    yang    dapat    dimasukkan    ke    dalam    bahan    ajar;   dan    mengembangkan    jenis    dan    bentuk    asesmen    yang   dapat    digunakan    untuk    mengukur    ketercapaian    masingmasing   kompetensi    yang    telah    dirumuskan;    (2)    mendesain    prototype bahan ajar berbasis e-learning untuk mata kuliah English for FB Service;   dan    (3)    mengetahui    kualitas/validitas    bahan    ajar    yang   dikembangkan.    Desain    utama    dari    penelitian    ini    adalah   penelitian    dan    pengembangan    (Research and Development). Pentingnya    dan    keutamaan    dari    penelitian    ini,    yaitu    upaya   dalam    meningkatkan    pemahaman    mahasiswa dalam mata kuliah English for FB Service,    pengembangan    kurikulum    dan    material development, dan    kontribusi    dalam    pengembangan    e-learning   dalam    pembelajaran.    Data    penelitian    dianalisis    secara   kualitatif.    Hasil    penelitian    menunjukkan    bahwa    ada    13   kompetensi    yang    harus    dikuasai    mahasiswa    dalam   pembelajaran    English for FB Service    dan    13    topik-topik    yang   dikembangkan.    Uji    validasi    produk    menunjukkan    tingkat   validasi    dalam    kategori    sangat    tinggi    yang    berarti    bahwa   produk    penelitian    ini    sudah    siap    dipakai.    Kata kunci: bahan ajar, English for FB Service, e-learning
ACCELERATED LEARNING BERBASIS DISCOVERY (ALID) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEWARNAAN BATIK SISWA KELAS XI KRIYA KREATIF BATIK DAN TEKSTIL SMK NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2017-2018 Ni Made Murni
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 14 No. 01 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.956 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v14i1.17890

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pewarnaan batik melalui penerapan model pembelajaran accelerated learningberbasis discovery. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, pada siswa kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar. Data dianalisis untuk menentukan rata-rata kelas (Mean) dan prosentase ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pewarnaan batik pada siswa kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil melalui penerapan model pembelajaran accelerated learningberbasis discovery.Hasil penelitian menunnjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa 78,50 dengan ketuntasan klasi-kal 75,00% berada pada kriteria tidak tuntas. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata siswa menjadi 84,63 dengan ketuntasan klasikal 93,75 %.dan berada pada kriteria tuntas.
DEVELOPING ENGLISH LEARNING MATERIALS FOR STUDENTS OF HOUSEKEEPING DEPARTMENT AT PPLP PANSOPHIA SINGARAJA Ni Nyoman Manik Puspita; I Gede Budasi; Dewa Putu Ramendra
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 14 No. 01 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.614 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v14i1.17891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan pembelajaran Bahasa Inggris untuk Tata Graha yang dibutuhkan oleh mahasiswa Tata Graha di PPLP Pansophia Singaraja, mendeskripsikan bagaimana bahan pembelajaran dikembangkan dan menganalisa kualitas bahan pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang disarankan oleh Hannafin dan Peck (2014) yang terdiri dari analisis kebutuhan, rancangan, dan pengembangan atau pengimplementasian dimana pada setiap tahapnya diikuti dengan tahap evaluasi dan revisi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, panduan wawancara, analisa dokumen dan daftar periksa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada 12 topik yang perlu dikembangkan yaitu menyambut dan menyapa tamu, memperkenalkan diri dan orang lain, menjelaskan fasilitas hotel dan jasa, menjelaskan fasilitas kamar hotel, berurusan dengan permintaan tamu, menawarkan jasa laundry, memberikan arah di dalam bangunan hotel, memberikan arah ke objek wisata, berkomunikasi melalui telepon, menangani keluhan tentang tata graha, membuat surat lamaran dan daftar riwayat hidup, dan berurusan dengan wawancara kerja. Bahan pembelajaran yang dikembangkan mengikuti rancangan bahan English for Specific Purposes yang disarankan oleh Hutchinson dan Waters (2008) yang terdiri dari input, content focus, language focus dan task. Karena Bahasa Inggris untuk Tata Graha adalah bagian dari English for Specific Purposes yaitu Bahasa Inggris untuk tujuan pekerjaan, efektivitas bahan yang dikembangkan dievaluasi menggunakan kriteria bahan ESP baik yang disarankan oleh Litz (2005), Hutchinson dan Waters (2008), dan Tomlinson (2009). Tes validasi menunjukkan bahwa produk penelitian ini ada pada kategori baik yang berarti bahwa bahan pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai sumber utama untuk pembelajaran oleh calon staf tata graha di PPLP Pansophia Singaraja.Kata kunci: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris, Tata Graha
PENULISAN TAJUK RENCANA : KAJIAN BERBASIS TAHAPAN PENALARAN, TEKNIK INTERPRETASI DAN ISI (Sebagai Upaya Pemilihan Materi Teks Autentik Dalam Pembelajaran Jurnalistik) I Wayan Wendra
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 14 No. 01 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.808 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v14i1.17892

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah berikut. (1) Bagaimana tahapan penalaran penulisan tajuk rencana,(2) Teknik interpretasi apa yang digunakan dalam penulisan tajuk rencana, dan (3) Bagaimana pola pengembangan isi tajuk rencana pada surat kabat Bali Post? Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah teks tajuk rencana yang diambil dari surat kabar Bali Post mulai Maret- Mei 2018. Objek penelitiannya adalah tahapan penalaran penulisan tajuk rencana, teknik interpretasi yang digunakan dalam penulisan tajuk rencana dan pola pengembangan isi tajuk rencana pada surat kabat Bali Post?Data penelitian dikumpulkan metode pencatatan dukumen.  |  PRASI | Vol. 14| No. 01 | Januari - Juni 2019 |     24Data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Tajuk rencana harian Bali Post dalam penulisannya menggunakan tujuh model tahapan penalaran yaitu tahapan penalaran A-B-C-D-E-F-G-H sebanyak 27 (38,57%), tahapan penalaran A-B-C-D-E-F-H sebanyak 18 (25,71%),  tahapan penalaran A-B-C-D-E-H sebanyak 10(14,29%), tahapan penalaran A-B-C-D-E-G-H sebanyak 5 (7,14%), tahapan penalaran A-B-C-D-G-H sebanyak 4 (5,71%), tahapan penalaran A-B-C-D-F-G-H sebanyak 3(4,29%), dan tahapan penalaran A-B-C-D-F-H sebanyak 3 (4,29%).  Penggunaan tahapan penalaran yang mendominasi adalah tahapan penalaran yang komplit yakni penggunaan tahapan penalaran A-B-C-D-E-F-G-H : (A) Pernyataan masalah pokok atau topic,(B) Alasan mengapa hal atau masalah itu penting,(C) Penyajian fakta-fakta yang bersangkutan dengan topic,(D) Pernyataan sikap yang diambil terhadap topik tersebut, (E) Evaluasi terhadap mereka yang mengambil sikap lain, (F) Pernyataan alternatif lain, (G) Pembuatan perbandingan atau analogi dengan isu-isu atau topik-topik lain dan (H), Akhirnya menarik kesimpulan dan disususul oleh tahapan penalaranA-B-C-D-E-F-H. Sedangkan tahapan penalaran yang lain jumlahnya relatif kecil. Teknik interpretasi yang digunakan dalam penulisan tajuk rencana yaitu teknik interpretasi deduktif  sebanyak 37 (52,86%), teknik interpretasi sebab-akibat sebanyak 19 (27,14%),  teknik interpretasi induktif sebanyak 8 (11,43%), dan teknik interpretasi sifat manusia  sebanyak 6 (8,57%). Penggunaan yang mendominasi adalah teknik interpretasi deduktif dan sebab-akibat sedangkan teknik induktif dan sifat manusia persentasenya kecil.Sedangkan pola pengembangan isi penulisan tajuk rencana yaitu yang bersifat khusus sebanyak 53 buah(  76 %) dan  yang bersifat umum sebanyak 17 buah( 24%).  Sebagian besar pola pengembangan isi tajuk renacana harian Bali Post menggunakan pengembangan pola  khusus yakni mengulas atau mengomentari berita yang termuat pada saat harian itu terbit. Sebagian kecil saja mengulas atau mengomentari berbagai topik berita baik terbit saat itu maupun terbitan sebelumnya.Kata kunci: penulisan, tajuk rencana, penalaran, interpretasi, isi.
TRACER STUDY PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNDIKSHA I Nengah Martha; Sang Ayu Putu Sriasih; Ida Ayu Made Darmayanti; Ni Made Rai Wisudariani; I Putu Mas Dewantara
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 14 No. 01 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.513 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v14i1.17893

Abstract

Tujuan survey ini adalah untuk: 1) mengetahui lama studi mahasiswa di PBSI, 2) lama waktu tunggu (sejak tamat) sampai memperoleh pekerjaan, 3) mencari informasi adakah kesesuaian antara apa yang diperoleh (dipelajari) di prodi dengan pekerjaan yang dilakukan/dijalani, 4) memperoleh informasi adakah kesesuaian pekerjaan yang diperoleh dengan latar pendidikan (PBSI), 5) mengetahui bagaimana tanggapan/pendapat/ tentang kepuasan stakeholders (pengguna/ pihak yang berkepentingan) terhadap alumni, 6) mendapatkan data tentang kendala-kendala apa yang dihadapi dalam memperoleh peker-jaan, kemampuan akademik yang diperlukan dalam pekerjaan, 7) mengetahui kemampuan apa yang perlu ditambahkan dalam program akademik prodi, dan 8) memperoleh informasi, apa harapan-harapan alumni dalam pengembangan prodi selanjutnya? Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei terhadap alumni Prodi PBSI yang lulus mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018, yakni 73 sampel dari 240 orang populasi yang diambil dengan teknik random sampling, dan selanjutnya diolah secara in-duktif yang selanjutnya disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) rata-rata studi mahasiswa 5 tahun 3 bulan, 2) waktu tunggu sampai bekerja 1 tahun 2 bulan, 3) ada kesesuaian bidang yang dipelajari dengan pekerjaan yang diperoleh, 4) ada kesesuaian pekerjaan yang diperoleh dengan latar belakang pendidikan, 5) ada kepuasan pemakai terhadap alumni, 6), sulit mendapatkan status guru tetap, 7) Prodi perlu menambahkan program akademik, dan 8) perlu meningkatkan kualitas lulusan. Disarankan, agar setiap 5 tahun dilakukan tracer study.
PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL BALI MELALUI KONSERVASI NASKAH LONTAR Ida Ayu Putu Purnami
Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya Vol. 14 No. 01 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.893 KB) | DOI: 10.23887/prasi.v14i1.17894

Abstract

Tulisan ini membahas tentang pelestarian kearifan lokal Bali melalui konservasi naskah lon-tar, dimana naskah lontar merupakan salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan keberadaannya sehingga nantinya dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah me-nyelamatkan dan melestarikan naskah-naskah lontar Bali dalam bentuk konservasi naskah lontar. Peneli-tian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik observasi. Adapun proses pelestarian naskah lon-tar dapat dilakukan dengan menyelamatkan sumber data kearifan lokal yang terekam dalam manuskrip (tulisan tangan) pada lontar dengan cara membersihkan naskah lontar serta menyusunnya menjadi sat-uan yang utuh serta menginventarisasi pengetahuan kearifan lokal yang tersaji pada manuskrip, dimana naskah-naskah lontar yang telah dikonservasi diklasifikasikan menjadi kelompok weda, agama, wariga, itihasa, babad serta tantri. Mengelompokkan jenis kearifan lokal Bali yang tersaji dalam naskah lontar menurut tujuh unsur kebudayaan yaitu bahasa, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan/ organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencarian hidup, sistem religi dan kesenian.

Page 1 of 1 | Total Record : 6