cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bio-Lectura
ISSN : 2339241X     EISSN : 25982427     DOI : -
Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Biology, and Biology Education.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2022)" : 12 Documents clear
POLA PENYEBARAN TUMBUHAN AKUATIK DI SUNGAI BATU GONG DESA TATABA KECAMATAN BUKO KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN Moh. Fahri Haruna; Abdul Muin Kenta; Siti Humaera Masso
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.8682

Abstract

Tumbuhan akuatik mempunyai peranan sebagai produser utama dalam ekosistem perairan. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola penyebaran tumbuhan akuatik di sungai Batu Gong Desa Tataba Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan. Penelitian dilakukan pada 3 titik stasiun. Metode yang digunakan yaitu metode Kuadrat dengan ukuran plot yang digunakan yaitu 5 x 5 m dengan jumlah 10 plot pada setiap stasiun. Pola persebaran dihitung dengan rumus indeks penyebaran morisita. Hasil identifikasi di temukan 10 jenis tumbuhan akuatik, dengan pola penyebaran secara teratur dengan nilai indeks penyebaran morisita sebesar 0,868. Jenis tumbuhan air yang mendominasi adalah jenis Nasturtium officinale R. Br.
ANALISIS MUTU AIR SECARA MIKROBIOLOGI PADA PERLINDUNGAN MATA AIR DI KELURAHAN SENTANI KOTA DISTRIK SENTANI KOTA KABUPATEN JAYAPURA Apriani Herni Rophi
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9257

Abstract

Air merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia di bumi. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, untuk melihat mutu air minum maka air dapat diuji secara mikroorganisme dengan parameter indikator Coliform dan Coli tinja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu air pada perlindungan mata air di Kompleks Toladan RW 11/RT 03 Kelurahan Sentani Kota melalui analisis mikrobiologis. Populasi penelitian adalah seluruh PMA di Distrik Sentani Kota Kabupaten Jayapura. Sampel penelitian yaitu 3 PMA di RT 03/RW 11Toladan, Distrik Sentani Kota Kabupaten Jayapura. Metode yang digunakan yaitu uji MPN (most probable number) menggunakan seri 5-1-1. Hasil penelitian, pada PMA 1 mengandung bakteri Coliform sebanyak 27/100ml, PMA 2 sebanyak 12/100ml, dan PMA 3 sebanyak 10/100ml. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga PMA positif mengandung bakteri Coliform. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji konfirmasi Coliform fekal dengan hasil PMA 1, 2 dan 3 secara berturut-turut yaitu: 12/100ml, 9/100ml, dan 10/100ml. Dari hasil uji dapat disimpulkan bahwa ketiga PMA juga positif terkontaminasi bakteri Coli tinja. Merujuk pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/MENKES/SK/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum maka ketiga PMA yang diteliti secara uji mikrobiologi tidak memenuhi standar mutu air untuk digunakan sebagai sumber air minum langsung. Namun berdasarkan Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4161 dalam lampiran Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2001 maka air dari ketiga PMA dapat digunakan sebagai sumber air minum dengan syarat harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu seperti proses perebusan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH BATAM Nurhaty Purnama Sari; Sahika Della; Fenny Agustina
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini pre eksperimen. Bentuk desain yaitu the one group pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah hanya kelas XI IPA, sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penggumpulan data menggunakan soal objektif pilihan berganda sebelum pembelajaran dimulai dan berakhirnya proses pembelajaran. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunaka uji kolmogorov smirnov yang diperoleh data berdistribusi normal asymp.sig (2-tailed) 0,193 > 0,05. Uji homogenitas menunjukkan data homogen karena nilai signifikan 0,086 > 0,05. Setelah itu dilanjutkan dengan uji prasayat paired t-test dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran team games tournament (TGT) menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Batam.
EFEKTIVITAS KOMBINASI EKSTRAK BIJI Swietenia mahagoni DENGAN Morinda citrifolia SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK Aedes aegypti PENYEBAB DEMAM BERDARAH DENGUE Tazkiah Auliaputri; Ade Adriadi; Mardiyah Ulpa; Alex Sandro Tarihoran
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya larvasida biji Swietenia mahagoni dan Morinda citrifolia untuk memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti dan membuat larvasida organic yang ramah lingkungan. Sampel penelitian ini terdiri dari ekstrak dari biji Swietenia mahagoni, ekstrak biji Morinda citrifolia dan larva instar 3 nyamuk Aedes aegypti. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan terdiri dari tahap pemasangan ovitrap, pengkolonisasian nyamuk, pembuatan ekstraj dan uji larvasida. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan ekstrak biji mahoni dan biji mengkudu optimal untuk menghambat pertumbuhan larva nyamuk dan terdapat pengaruh yang siginifikan terhadap kematian larva
UJI KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM PERKEMBANGAN HEWAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENGAMATAN EMBRIOGENESIS Annisa Rahma Dieni Chaniago; Jodion Siburian; Winda Dwi Kartika
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9544

Abstract

Panduan perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi masih sederhana dan belum mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakan praktikum sehingga mahasiswa kurang aktif dalam melakukan kegiatan praktikum. Perlu adanya pengembangan panduan praktikum yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif dan diperlukannya informasi dari panduan praktikum yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengetahui respons mahasiswa terhadap panduan perkembangan hewan berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada pengamatan materi perkembangan ayam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Tahapan prosedur pengembangan, yaitumendefinisikan, merancang, mengembangkan , dan menyebarluaskan . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi, media dan respon mahasiswa. Subjek uji coba dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi yang mengontrak matakuliah praktikum perkembangan hewan. hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh skor sebesar 86,67% dengan kriteria sangat layak. Validasi yang dilakukan oleh validator media diperoleh skor sebesar 94% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa panduan perkembangan hewan berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi perkembangan ayam yang dinyatakan layak untuk digunakan sebagai panduan praktikum perkembangan hewan.
KONSERVASI TUMBUHAN OBAT KELUARGA (TOGA) DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT DESA SEKITAR KAMPUS PINANG MASAK UNIVERSITAS JAMBI Albayudi; Zuhratus Saleh; Maria Ulfa
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9580

Abstract

Pada era yang maju ini terjadi fenomena kembali ke alam dan kecenderungan fenomena ini terjadi di wiayah yang dekat perkotaan. Gaya hidup ini menjadi sangat strategis dalam menunjang pembangunan di masa kini dan masa mendatang. Salah satu wujudnya adalah berkembangannya kebiasaan menggunakan obat tradisional termasuk tumbuhan obat untuk mengobati beberapa penyakit yang diderita. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan data dan informasi mengenai jumlah jenis dan cara penggunaan tumbuhan obat keluarga (TOGA) oleh masyarakat desa sekitar kampus Pinang Masak Universitas Jambi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari Bulan Agutus sampai dengan Oktober 2020 dengan lokasi di desa sekitar kampus Pinang Masak Universitas Jambi dan Herbarium Fakultas Kehutanan Universitas Jambi. Metde yang digunakan adalah survey dan wawancara kepada masyarakat desa pengelola taman TOGA. Hasil penelitian mendapatkan 52 spesies tumbuhan obat yang terkumpul dalam 33 famili tumbuhan yang semuanya ditemukan dalam taman TOGA desa sekittar kampus. Hanya satu spesies yang tumbuh liar sedangkan sisanya memang sngaja ditanam oleh masyarakat. Hasil wawancara menujukkan bahwa masyarakat pengelola taman TOGA mengetahui dan memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan obat yang mereka tanam. Secara umum dapat disimpulkan bahwa taman TOGA yang ada di sekitar kampus sangat berguna dalam konservasi tumbuhan obat sekaligus bermanfaat bagi masyarakat dan pengelolanya.
ANALISIS ETNOSAINS TRADISI RANTAU LARANGAN KAMPUNG TANDIKAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI Rikizaputra Rikizaputra; Lufri Lufri; Syamsurizal Syamsurizal; Fitri Arsih; Mega Elvianasti
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9592

Abstract

Keberadaan lingungan sekitar merupakan sumber belajar yang tidak bisa dipisahkan dari pembelajaran IPA khususnya Biologi. Tardisi rantau larangan Tandikat merupakan wujud kearifan masyarakat setempat mengelola keseimbangan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan merekonstruksi pengetahuan ilmiah (scientific knowledge) dar tradisi rantau larangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan yakni tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat setempat yang dipilih secara purposive. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi rantau larangan masyarakat merupakan bagian dalam sistem pengelolaan sumber daya perairan sungai di kampung Tandikat. Adanya larangan kepada masyarakat untuk tidak menagmbil ikan dan biota sungai lainnya pada rentang waktu tertentu atau 1 tahun. Dilarang menebang pohon pohon besar yang tumbuh di bantaran sungai. Dilarang menyentrum dan meracun ikan pada saat membuka larangan. Penerapan aturan ini memiliki nilai konservasi lingkungan untuk menjaga keseimbangan ekosistem sungai. Terdapat potensi sumber belajar IPA Biologi pada tradisi rantau larangan, yaitu pada konsep pelestarian ekosistem dan pencemaran lingkungan.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA Usman Usman; Hilda Inayah; Aditya Rahman; Iing Dwi Lestari
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan serta untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan pada pembelajaran biologi di SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall tahap 1 sampai 4 dengan modifikasi, yaitu (1) mengumpulkan data; (2) perencanaan; (3) mengembangkan produk awal; (4) uji coba tahap awal. Instrumen penilaian ini dinilai pada aspek materi yang disajikan, konstruksi, validitas, bahasa dan tampilan desain dengan menggunakan instrumen angket penilaian ahli. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk kuantitatif dan digunakan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Berdasarkan penilaian ahli diperoleh rata-rata hasil sebesar 85,5% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan siswa SMA/MA. Berdasarkan uji coba tahap awal diperoleh hasil bahwa keterampilan komunikasi lisan siswa kelas X di MA Al-Khairiyah Rancaranji masih dikatakan rendah
STUDI MORFOLOGI ORGAN VEGETATIF DAN GENERATIF VARIETAS JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) Sri Wahyuni; Mar’atul Afidah; Suryanti Suryanti
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9824

Abstract

Salah satu cara untuk mengamati bentuk luar tumbuhan adalah melalui pengamatan morfologi daun, batang, biji, dan buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk morfologi organ vegetatif dan generatif varietas jambu biji (Psidium guajava L.). Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, pengamatan secara langsung dan dokumentasi. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat empat varietas jambu biji (Psidium guajava L.) yang ada di perkebunan Deni Bringas. Ke-empat varietas tersebut adalah Psidium guajava Putih Taiwan, P. guajava Putih Kristal, P. guajava Merah Apel, P. guajava Merah Alpukat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakter morfologi dari bentuk daun, ujung daun, pangkal, daun, tepi daun, warna buah, bentuk buah, warna batang, persebaran biji, panjang daun, lebar daun, diameter daun dan tinggi daun memiliki perbedaan morfologi. Dari empat varietas penelitian ini yang paling mendekati hubungan kemiripan karakter morfologi nya terdapat pada varietas Putih Taiwan dengan Merah Alpukat dan Putih Kristal dengan Merah Apel.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SUNGAI MANDAU Rahmat Ramadansur; Al Khudri Sembiring; Marta Dinata; Rahmat Kurniawan
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 9 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v9i1.9863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mengunakan media alat peraga torso untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMAN 1 Sungai Mandau Siak Tahun Ajaran 2021/2022 pada semester genap bulan Januari 2022. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, dengan menggunakan desain the matching only pretest posttest control design sample penelitian adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa masing-masing pada kelas eksperimen 31 dan kontrol 27 yang diambil dengan teknik Total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data didalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0.25 (rendah), sedangkan pada kelas eksperimen 0.56 (sedang). Hasil uji-t N-Gain didapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan ekspermen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengunakan alat peraga torso pada materi sistem pernapasa sangat efektif dilakukan pada kelas XI SMAN 1 Sungai Mandau Tahun Ajaran 2021/2022

Page 1 of 2 | Total Record : 12