cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
WIDYA LAKSANA
ISSN : 14104369     EISSN : 25496859     DOI : -
Core Subject : Education,
Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and August
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2021)" : 16 Documents clear
KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA ITS SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SIAP MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0 Hermanto Hermanto
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.734 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.23220

Abstract

Abstrak Sebagai agent of change mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki ilmu dan keahlian sesuai dengan bidangnya, tetapi juga siap untuk terjun ke dalam masyarakat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang mereka milliki, membantu menyelesaikan permasalahan riil yang sedang dihadapi masyarakat atau memberi pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat supaya mereka bisa hidup lebih baik. Untuk memenuhi tuntutan tersebut institut teknologi sepuluh nopember (ITS) menyelenggarakan program kuliah kerja nyata (KKN) kepada mahasiswa. Sesuai dengan wilayah keilmuan mahasiswa yang berbasis pada teknologi dan aplikasinya, maka kegiatan KKN juga bertema teknologi serta aplikasinya sehingga kegiatan-kegiatan KKN di dalam masyarakat juga tidak lepas dari tema teknologi dan aplikasinya. Dengan demikian, KKN ITS menjadi sarana yang tepat untuk membantu masyarakat menghadapi era revolusi industri sekarang ini di mana teknologi dan aplikasinya menjadi inti keberlangsungannya. Kata Kunci: pemberdayaan masyarakat, KKN tematik, penerapan teknologi, revolusi industri Abstract As agents of change, students are required not only to have knowledge and expertise in their fields, but they must also be ready to be in the community to implement the knowledge and skills they have, help solve real problems faced by the community or provide knowledge and skills to the community so they can lead better life. To meet these goals, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) conducted community service program (KKN) for students to communities. In line with ITS students’ background, the themes of KKN were related with technology and its applications, so that the KKN activities in the community were also inseparable from the theme of technology and its application. Thus, KKN ITS is the right medium to help the community in facing the current era of the industrial revolution in which technology and its application serve as its core. Keywords: community empowerment, Thematic Community service program, technology and its application, industrial revolution
PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH MELALUI PERKUMPULAN PENULIS INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI (IAKN) TORAJA Frans Paillin Rumbi; Yohanes Krismantyo Susanta; Daniel Fajar Panuntun
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.575 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.24370

Abstract

AbstrakBudaya menulis karya ilmiah di Indonesia memiliki tren yang positif.  Pada Tahun 2018, Indonesia menempati urutan ke-2 negara di ASEAN  yang memiliki jumlah publikasi terindeks scopus.  Publikasi karya ilmiah ini menentukan kualitas akademisi dalam mengembangkan ilmunya. Berdasarkan tren ini IAKN Toraja perlu secara aktif untuk mengambil bagian dalam meningkatkan publikasi karya ilmiah nasional.Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah IAKN Toraja. Metode pengabdian dengan menggunakan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif dengan prinsip kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Hasil dari pengabdian ini adalah abstrak naskah penelitian yang siap diteruskan untuk  menjadi artikel ilmiah. Artikel ilmiah yang sudah selesai dilakukan proses submisi ke open journal system  yang tersebar di seluruh Indonesia. Kata kunci: Karya Ilmiah, Penulisan, IAKN Toraja, AbstractCultural write scientific articles in Indonesia have a positive trend. In 2018, Indonesia ranked the second country in ASEAN, which has some Scopus indexed publications. The publication of this scientific work determines the quality of academics in developing their knowledge. Based on this trend, IAKN Toraja needs to actively take part in increasing the publication of national scientific works. This dedication aims to increase the publication of scientific works of IAKN Toraja. The dedication method uses active, creative, and innovative learning with the principle of collaboration between lecturers and students in writing scientific papers. The results of this dedication are abstracts of research texts that are ready to be forwarded to become scientific articles. Scientific articles that have been completed then submitted to the open journal system throughout Indonesia Keywords : Scientific Article, Writing, IAKN Toraja.
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL BERORIENTASI HOTS BAGI PARA GURU SMA Sebastianus Menggo; Leonardus Par; Tobias Gunas; Stanislaus Guna
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.157 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.25010

Abstract

One of the focuses of education today is assessment oriented to the higher-order thinking skills. This skill encourages students could be able to think critically, analytically, systematically, particularly in the context of problem-solving, communicating, and collaborating with peers. However, not all educators have been able to construct the items test based on the skill needed. The purpose of this community service is to provide the knowledge related to the construction of item tests that oriented to the higher-order thinking skills of 45 Senior High School teachers. The methods used to achieve this objective were lecture, question answer, discussion, and presentation. The result showed the trainees understood the nature of the construction of the test-oriented to the higher-order thinking skill in the learning process. From the four meetings done, the trainees could be able to classify and construct the tests oriented to the lower-order thinking skill, medium-order thinking skill, and higher-order thinking skill.
IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM INFORMASI DESA DAN KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DI DESA KUKUH KERAMBITAN Wayan Gede Suka Parwita; Rizkita Ayu Mutiarani; I Nyoman Widhi Adnyana
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.33 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.25886

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu aparatur pemerintahan desa mengimplementasikan Sistem Informasi Desa dan Kependudukan Berbasis Web di Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kebupaten Tabanan. Pengabdian kepada masayarakat ini dipolakan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu 1) tahap pendaftaran Domain.desa.id ke Kementerian Komunikasi dan Informatika; 2) tahap penyiapan server & hosting dengan memanfaatkan jasa para vendor web hosting, serta 3) implementasi Sistem Informasi Desa dan Kependudukan. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukakn dalam bentuk kegiatan partisipasif perguruan tinggi melalui pendekatan terhadap sumber daya yang ada di mitra pada Pemerintahan Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan kabupaten tabanan. Bentuk kegiatan bertahap dan terdistribusi dalam 3 bulan.Kata kunci: Desa Kukuh, Sistem Informasi Desa
SOSIALISASI PENGOLAHAN LINDI MENJADI PUPUK CAIR DI TPS-3R KELURAHAN TALANG KELAPA KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR PALEMBANG SUMATERA SELATAN Eka Sri Yusmartini; Mardwita Mardwita; Innike Abdillah Fahmi
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.682 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.27968

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan penduduk  dan aktifitasnya, memberi kontribusi significan pada peningkatan sampah. Bank Sampah merupakan usaha masyarakat bersama dengan pemerintah memiliki fungsi sebagai media edukasi bagi masyarakat bagaimana memelihara lingkungan dan mengelola sampah Metode yang digunakan dalam program kemitraan masyarakat (PKM) adalah dengan pendekatan terhadap mitra untuk memberikan pandangan tentang perlunya diversifikasi produk untuk pengolahan lindi. Diversifikasi produk dengan memberikan sosialisasi mengolah lindi yang dihasilkan dari proses pengomposan menjadi pupuk cair yang juga dapat dimanfaatkan sebagai EM4 dalam proses pengomposan. Pemasangan alat yang sudah diterapkan pada TPS 3 – R, lindi yang dihasilkan terkumpul dengan baik dan akan dapat digunakan untuk pemrosesan lanjut menjadi pupuk cair.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GUIDING PADA POKDARWIS ALAM PUNCAK LANDEP MELALUI PELATIHAN BERLANDASKAN FALSAFAH TRI HITA KARANA Ketut Chandra Adinata Kusuma; Ni Putu Dwi Sucita Dartini; Luh Putu Tuti Ariani; Syarif Hidayat
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.088 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.28198

Abstract

The growing number of tourists with special interests, namely sport tourism, especially trekking activities combined with cultural attractions/local wisdom encourages efforts to improve the quality of tour guides. Pokdarwis Alam Puncak Landep was formed to sell service businesses in the field of guidance that do not have the knowledge and understanding of: (1) potential cultural attractions that can be combined with trekking activities, (2) guiding procedures based on the local wisdom, (3) English language skills. To that end, trekking guiding training has been conducted based on the tri hita karana philosophy. The purpose of this training is to improve guiding skills based on the tri hita karana philosophy. The method used is discussion and practice. The results of the training show that there is an increase in knowledge and understanding of combining cultural attractions with trekking activities and practicing guiding procedures combined with using English. Thus, pokdarwis can improve their guiding ability through training based on the tri hita karana philosophy.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MERANCANG INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING BERBASIS PORTOFOLIO PADA GURU-GURU SEKOLAH Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti; Retno Winarni
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.1 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.28423

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan  dan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang maupun menyusun instrumen assessment for learning berbasis portofolio yang dilengkapi dengan rubric penilaian bagi guru-guru SD di kecamatan Laweyan Surakarta. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu: 1). pemaparan materi asesmen, 2) pelatihan menyusun instrumen penilaian berbasis porofolio, 3) pendampingan dalam mengimplementasikan instrumen penilaian portofolio dalam kelas, 4) Evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif, dan pendampingan terdiri atas tahapan analisis kebutuhan peserta pelatihan, merancang instumen assessment for learning berbasis portofolio dan melakukan pendampingan di sekolah. Subjek yang dilibatkan sebanyak 20 guru SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Pengumpulan data yang digunakan adalah memberian tugas dalam merancang instrumen penilaian portofolio. Hasil pengabdian menunjukkan respon positif guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan meningkatnya kompetensi guru dalam menyusun assessment for learning berbasis portofolio. Hal ini dapat dilihat dari persentase kehadiran peserta latihan 90 %, dan 82.% dari total peserta telah berhasil menyusun dan mempresentasikan instrumen penilaian portofolio.
PELATIHAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG DAN PIJAT BAYI BAGI KADER POSYANDU BANJAR MUNGENGAN, CATUR, KINTAMANI Indah Pramita; Ni Made Diaris; Resti Kusumarini Samben
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.145 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.28859

Abstract

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang bersumberdaya dari masyarakat. Posyandu Banjar Mungsengan Desa Catur Kecamatan Kintamani termasuk dalam tingkat madya yang memiliki 6 kader dengan tingkat pendidikan yang masih rendah, yaitu SMP dan SMA. Posyandu ini melaksanakan kegiatan 1 kali dalam sebulan di Bale Banjar Mungsengan Desa Catur Kecamatan Kintamani. Kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, status gizi serta pemberian vitamin, imunisasi dan pemberian makanan tambahan (PMT). Berdasarkan wawancara dengan Ketua Posyandu yaitu Ibu Wayan Restiti, diketahui pernah terdapat kasus balita yang mengalami keterlambatan bicara. Namun, kader belum mampu melakukan deteksi dini tumbuh kembang dan belum mampu melakukan stimulasi tumbuh kembang guna untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan wawancara dan observasi didapatkan 2 aspek permasalahan yaitu: kurangnya keterampilam kader tentang deteksi dini tumbuh kemban dan ketidak mampuan memberikan stimulasi tumbuh kembang. Adapun solusi untuk permasalahan aspek SDM kader yaitu 1) Pelatihan deteksi dini tumbuh kembang; 2) Pelatihan pijat bayi bagi kader. Hasil dari program kemitraan masyarakat ini adalah terjadi peningkatan keterampilan kader dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang, peningkatan keterampilan kader dalam mengaplikasikan pijat bayiKata Kunci : Deteksi Dini, Tumbuh kembang, Pijat bayi
PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL BERBASIS MOBILE LEARNING SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA PENDIDIKAN 4.0 Elsa Kristanti; Giri Indra Kharisma; Nila Puspita Sari
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.216 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.28915

Abstract

Di era pendidikan 4.0, perlu adanya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, salah satunya dalam aktivitas evaluasi pembelajaran. Namun, muncul tantangan dari sumber daya manusia, yakni guru dan siswa, yang belum menggunakan atau bahkan mengenal aplikasi evaluasi pembelajaran berbasis TIK. Oleh sebab itu, tujuan dari pengabdian ini yakni memberikan pelatihan penyusunan soal berbasis mobile learning menggunakan aplikasi quizizz. Pengabdian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kefamenanu dan dihadiri oleh 20 guru sebagai peserta pelatihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini ialah pelatihan terbimbing. Peserta dibimbing hingga mampu membuat soal menggunakan quizizz dan menerapkannya ke dalam pembelajaran di kelas. Selama kegiatan pelatihan ini, peserta terlihat antusias ketika mencoba mengerjakan soal dan paham ketika menyusun soal menggunakan quizizz. Tim pengabdi juga melakukan pendampingan kepada peserta untuk dapat mengimplementasikan quizizz di kelas. Setelah ujicoba kepada siswa, seluruh siswa merasa senang karena tampilannya yang menarik dan hasilnya dapat langsung diketahui.
Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Media Adaptif bagi Guru-Guru SLB Negeri 1 Klungkung Made Juniantari; Gede Saindra Santyadiputra; Luh Ayu Tirtayani
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.141 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v10i1.29536

Abstract

Penyediaan layanan pendidikan yang bermutu bukanlah menjadi hak anak normal saja, tetapi juga bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Hasil analisis situasi di SLB Negeri 1 Klungkung menunjukkan bahwa ketersediaan media pembelajaran adaptif  di sekolah masih minim padahal bagi ABK fungsi media bukan saja sebagai mediator dalam pembelajaran tetapi juga berperan sebagai alat bantu ketunaan, alat bantu terapi, dan alat bantu rehabilitasi. Bersama mitra selanjutnya disepakati prioritas masalah yang sekaligus menjadi tujuan dari program PKM ini yaitu pemberdayaan guru dalam mengidentifikasi, merancang, membuat, dan menggunakan media adaptif bagi ABK. Metode pelaksanaan kegiatan adalah pelatihan. Pelatihan melibatkan 17 orang guru SLB Negeri 1 Klungkung. Pelatihan dilaksanakan dalam 3 sesi yaitu 1) pemaparan materi tentang pentingnya pemanfaatan media adaptif untuk ABK, 2) latihan merancang dan membuat media, serta 3) simulasi  penggunaan media yang dihasilkan. . Kegiatan pelatihan telah berhasil meningkatkan kemampuan -guru dalam merancang, membuat dan menggunakan alat peraga matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan peserta dalam menghasilkan produk alat peraga fun exercise serta kemampuan peserta dalam menggunakannya media tersebut. Peserta menanggapi positif terhadap pelaksanaan pelatihan dengan persentase skornya sebesar 88,9%.

Page 1 of 2 | Total Record : 16