cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
WIDYA LAKSANA
ISSN : 14104369     EISSN : 25496859     DOI : -
Core Subject : Education,
Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and August
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2018)" : 13 Documents clear
PELATIHAN DAN BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN MEDIA AJAR INOVATIF BERBASIS INTERNET BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS GAP Suprianti
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.734 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.11640

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan yang kurang pada guru-guru Bahasa Inggris tingkat SD dalam membuat media ajar inovatif, menyebabkan pembelajaran di kelas kurang optimal, sebagai contohnya di sekolah dasar Sukasada. Selama ini proses pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar Sukasada tersebut hanya menggunakan media ajar berupa buku dan penggunaan internet untuk membuat media ajar inovatif belum dimaksimalkan oleh guru. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu adanya kegiatan pelatihan dan pembinaan teknis terkait pembuatan media ajar inovatif berbasis internet. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yakni metode diskusi, pelatihan dan bimbingan teknis. Dua website pembuatan media ajar inovatif berbasis internet, yaitu cartoon story maker dan quizlet diperkenalkan dalam kegiatan ini. Di akhir kegiatan, para peserta mengutarakan pandangan tentang perlunya diadakan pelatihan serupa. Para peserta juga memerlukan pelatihan tentang pembuatan media ajar baik berbasis internet ataupun tanpa internet, sehingga lebih banyak lagi contoh-contoh media ajar yang bisa digunakan dalam pembelajaran.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WHITE BOARD ANIMATION VIDEO I Gusti Nyoman Yudi Hartawan; I Gusti Putu Sudiarta; Djoko Waluyo
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.768 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.11710

Abstract

Berdasarkan diskusi dengan Ketua dan Sekretaris MGMP Kabupaten Buleleng, disepakati bahwa pengembangan konten dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi masih tetap menjadi program prioritas dalam peningkatan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru. Untuk itu, disepakati mengadakan program kerjasama dalam pengembangan media pembelajaran  matematika berbasis white board animation video.  Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatknya kompetensi guru mitra dalam membuat dan mengunakan media pembelajaran  berbasis White Board Animation Video. Metode Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan (1) model partisipatory rural apprasial. Model ini digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang dialami mitra atau kelompok masyarakat, (2) Model Technology Transfer (TT), digunakan agar mitra atau kelompok masyarakat menguasai prinsip-prinsip penerapan teknologi terutama dalam hal pengembangan media pembelajaran matematika, dan (3) Model pelatihan/diskusi kelompok. Hasil kegiatan ini adalah mitra dapat membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis White Board Animation Video.
PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA SEI KEPAYANG TENGAH MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH TEMPURUNG KELAPA Fitri Yani Panggabean; Muhammad Bukhori Dalimunthe; Joko Suharianto
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.11 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.11799

Abstract

Tujuan khusus kegiatan untuk memanfaatkan tempurung kelapa agar dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan produktif yang dapat meningkatkan pendapatan kelompok usaha petani kelapa sekaligus menciptakan wirausaha yang mandiri secara ekonomi. Target dalam kegiatan pengabdian dihasilkannya; 1) produk olahan kelapa dari tempurung seperti arang dan briket; 2) alat pembuat arang dan briket; dan 3) manajemen usaha kecil. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut dengan metode pendidikan, penyuluhan, pelatihan produksi, pelatihan manajemen usaha terdiri dari teknik pemasaran dan penyusunan laporan keuangan, pendampingan, monitoring, dan evaluasi. Pemilihan lokasi ini dikarenakan kelapa yang banyak tersebar, melimpahnya limbah tempurung kelapa dan belum optimalnya pemanfaatan produksi olahan tempurung di desa tersebut. Hasil capaian kegiatan yang diperoleh masyarakat berupa pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah limbah tempurung kelapa menjadi barang-barang ekonomis.
Ibm USAHA BAKSO DI LINGKUNGAN GLADAK PAKEM JEMBER Wiwik Fitria Ningsih; Hayatul Maspufah
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.596 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.11870

Abstract

The goal to be achieved in this IbM program is to improve the economic capability of IbM partners by speeding up the process of improving human resources capability in the field of meatball sales of Mitra IbM. Approach method offered to solve partner problem that is by using method of PLA / Participatory Learning And Action. The PLA method is used in solving the problems of related partners in designing and running the production of meatball products to be sold, designing new media for its marketing system and also to supervise and evaluate the program of Ibm Usaha Bakso in Gladak Pakem Jember. The indicator of success of Ibm program are the increasing number of meatball products offered, bakso tripe and mushroom meatballs; The increasing of marketing media used is using banner with striking color to take the attention of consumer; And increased sales turnover.
Pelatihan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah 2 dan 3 Yogyakarta Wahyu Widyaningsih; Iis Wahyuningsih
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.878 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.11876

Abstract

Penyalahgunaan narkoba pada akhir tahun ini dirasakan semakin meningkat. Angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia mencapai kurang lebih 5 juta jiwa, sedangkan di Yogyakarta sudah mencapai 60.182 jiwa pada tahun 2014. Penyalahhgunaan narkoba menjangkiti semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali siswa sekolah. Hal ini terjadi biasanya terjadi karena penawaran, bujukan, atau tekanan seseorang atau sekelompok orang kepadanya. Didorong rasa ingin tahu, ingin mencoba, atau ingin memakai, siswa mau menerima tawaran tersebut, yang selanjutnya tidak sulit baginya untuk menerima tawaran berikutnya. Program pengabdian ini merupakan bagian dari Iptek bagi Masyarakat (IbM) dengan tema Swamedikasi Teman Sebaya, bertujuan melatih siswa SMA untuk mengidentifikasi dan mengenal bahaya penyalahgunaan narkoba dan miras di kalangan teman sebaya. Metoda pelaksanaan dilakukan dengan pendidikan masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan dan focus group discussion (FGD). Pelatihan diselenggarakan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi DIY. Masyarakat sasaran tanggal 24-25 juli 2017, bertempat di Ruang Multi Media SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Tingkat partisipasi peserta 100% dan tingkat kemampuan penguasaan peserta terhadap materi pembelajaran bahaya narkoba meningkat setelah dilakukan pelatihan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR BERBASIS VIDEOGRAFIS SEBAGAI LEARNING OBJECT PADA SISTEM GARSUPATI BAGI GURU SMA DAN SMK KABUPATEN BULELENG I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom; Luh Ayu Tirtayani; Kadek Eva Krishna Adnyani; Ni Wayan Surya Mahayanti
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.233 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.11884

Abstract

Pengembangan media ajar inovatif sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Sesuai dengan diskusi dengan beberapa guru, dibutuhkan pelatihan untuk bisa mengembangkan media ajar. Sejalan dengan itu, penelitian kami sebelumnya yang mengembangkan sistem Garsupati sebagai portal berbagi sumber ajar membutuhkan media ajar sebagai Learning Object. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dilaksanakan P2M “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Media Ajar Berbasis Videografis Sebagai Learning Object Pada Sistem Garsupati Bagi Guru Sma Dan Smk Kabupaten Buleleng”. P2M ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2017 di lab Timur UPT-TIK Undiksha. Kegiatan ini dihadiri oleh 24 guru SMA/SMK se-kabupaten Buleleng. Kegiatan ini terdiri dari pemaparan materi konsep media ajar, pemaparan Garsupati, pelatihan pembuatan media ajar videografis dan pelatihan video editing. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 91.7% peserta pelatihan setuju bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan 8.3% menyatakan bermanfaat. Selain itu 100% peserta menyatakan akan menerapkan hasil pelatihan ini di sekolah masing-masing. Sebanyak 66% menyatakan bahwa perlu pendampingan secara online, sebanyak 29.2% menyatakan perlu pendampingan secara lagsung (offline) dan sisanya menyatakan tidak perlu pendampingan lagi.
OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN SMART SCHOOL I Ketut Resika Arthana; Gede Rasben Dantes; Nyoman Dantes
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.904 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.11885

Abstract

Tujuan dari Iptek Bagi Masyarakat (IBM) ini adalah untuk menerapkan teknologi Smart School dan memberikan pelatihan serta pendampingan kepada guru-guru di SMA Negeri 1 Kuta dan SMA Negeri 4 Singaraja. Manfaat penerapan Smart School adalah bisa mempermudah manajemen sekolah dan guru untuk melakukan kegiatan terkait akademik dan kemahasiswaan. Smart School yang diterapkan dalam pengabdian ini berupa hasil penelitian yang terdiri dari Sistem Informasi Akademik (SIAK) Sekolah, Sistem Informasi Inventarisasi Sekolah, Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah, Elearning dan Sistem Computerized Based Testing (CBT). IBM ini menjawab permasalahan guru-guru yang disibukkan dengan penyusunan laporan akademik dan kemahasiswaan sehingga menganggu fokus dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Dengan diterapkan sistem Smart School ini dan dipahami cara pemanfaatannya, diharapkan bisa mempermudah guru dalam melakukan kegiatannya serta mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Sasaran dari program IBM ini adalah SMA Negeri 1 Kuta dan SMA Negeri 4 Singaraja, hal ini berdasarkan kesiapan teknologi dan keinginan pihak sekolah untuk menerapkan Smart School ini. Sekolah-sekolah ini diharapkan menjadi role model bagi sekolah lainnya dalam menerapkan Smart School.  Tahapan IBM ini terdiri dari Persiapan, Pelaksanaan, Pendampingan dan Evaluasi. Hasil dari IBM ini berupa terimplementasinya Smartschool di SMA Negeri 1 Kuta dan SMA Negeri 4 Singaraja.
TOED Preservation (TOED Education) at Adiwiyata School As an Effort to Implement Healthy Lifestyle Arnelia Dwi Yasa; Prihatin Sulistyowati
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.099 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.12241

Abstract

AbstractSDN Tanjungrejo 2 is an Adiwiyata school located in Kecamatan Sukun Malang. SDN Tanjungrejo 2 page is filled with shade trees and ornamental plants whereas TOGA is not found there. Students do not know the type, benefits. This devotion aims to improve students' understanding of the types, benefits, ways of planting and processing of toga into herbal medicine through TOGA preservation program in Adiwiyata School.TOGA preservation as an effort to back to nature movement, increasing space green field at SDN Tanjungrejo 2 Malang, live pharmacy learning media and herbal medicine. The TOGA preservation activities at SDN Tanjungrejo 2 begin with the introduction of TOGA type and benefit, TOGA processing into herbal medicine, TOGA planting on the vertical shelf. Activity is said to be successful because of the N-Gain score score, students' understanding of TOGA in medium and high category. Keywords: TOED, adiwiyata school, healthy lifestyle
IbPE UMKM KERAJINAN ANTING DAN LIONTIN ORGANIK KHAS BALI DARI LIMBAH TANDUK DAN TULANG HEWAN DI BALI I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6335.199 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.12472

Abstract

Mitra program IbPE ini adalah ”Wayan Tiki organic earring and Pendant” yaitu UMKM kerajinan ukiran anting dan liontin organik khas Bali (Organic Earring and Pendant). Tujuan dari pelaksanaan program ipteks bagi produk ekspor ini adalah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan UMKM mitra melalui pembinaan, pelatihan, pendampingan di bidang teknologi pemasaran dan manajemen usaha. Di tahun pertama akan difokuskan untuk meningkatkan pengetahuan mitra tentang pentingnya sistem pemasaran secara online, serta mangatur lay out stasiun kerja sehingga terjadi efektivitas proses kerja dan sekaligus dapat meningkatkan efisiensi sekaligus dapat meningkatkan produktivitas. Metode pelaksanaan program IbPE ini telah dilaksanakan dengan cara: FGD (Focus Group Discussion) yaitu dengan cara menggali semua permasalahan mitra melalui diskusi yang difokuskan atas kelompok masalah yang dihadapi mitra. Metode Partisipatory Research Action (PRA) yaitu metode yang melibatkan partisipasi semua komponen dalam pelaksanaan program IbPE seperti partisipasi tim pelaksana, UKM mitra dan masyarakat lainnya sehingga hasil yang dicapai dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya melalui publikasi ilmiah. Metode Pelatihan (workshop) dan pendampingan, yaitu pemberian pelatihan kepada UKM mitra tentang berbagai topik sesuai dengan masalah yang dihadapi UKM mitra.Kata kunci: UMKM Kerajinan, Focus Group Discuss, Partisipatory Research Action, Anting dan Liontin Organik
Peningkatan Dan Pengembangan Pengajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru-Guru Di SMK Pariwisata Margarana I Wayan Supriana; IWK.Teja Sukmana
JURNAL WIDYA LAKSANA Vol 7 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.604 KB) | DOI: 10.23887/jwl.v7i1.12564

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang besar pada berbagai bidang kehidupan manusia seperti pada bidang industri, kesehatan, pemerintahan dan bidang-bidang lainnya. Khususnya pada bidang pendidikan penggunaan teknologi masih belum dapat di manfaatkan secara optimal pada pendidikan menengah yang letaknya di pinggiran kota. Seperti halnya SMK Pariwisata Margarana proses pendidikan yang masih dilakukan secara konvensional dengan maraknya perkembangan teknologi saat ini. Hal ini mendorong program kemitraan masyarakat (PKM) Universitas Dhyana Pura melaksanakan program pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis teknologi bagi para guru di SMK Pariwisata Margarana. Tujuan pelaksanaan program adalah peningkatan pemahaman pembuatan materi ajar berbasis teknologi serta pengembangan pemahaman konsep manajemen perhotelan. Program PKM dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan bagi peserta. Secara menyeluruh kegiatan program ini terlaksana dengan baik dan mampu meningkatkan pengetahuan guru SMK Pariwisata Margarana. Kondisi ini ditunjukkan dengan persentase kehadiran guru sebesar 81% selama program ini dilaksanakan dan peningkatan kemampuan sebesar 80%.

Page 1 of 2 | Total Record : 13