cover
Contact Name
Akhmad Rizkhi Ridhani
Contact Email
rizkhi.ridhani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
annur.uniskamab@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
ISSN : 24609722     EISSN : 26228297     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022)" : 18 Documents clear
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA BROKEN HOME DI KELAS XI MAN 4 BANJAR Rizky Ananda; Muhammad Yuliansyah; Eka Sri Handayani
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.949 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.5266

Abstract

Keluarga yang tidak harmonis (broken home) dapat memberikan dampak yang buruk pada perkembangan anak. Salah satu permasalahan yang terjadi pada anak broken home yakni anak akan memiliki self-esteem yang rendah. Umumnya seseorang dengan self-esteem rendah juga memiliki tingkat ketegasan yang rendah, hal ini akan membuat anak mudah menjadi korban dari perilaku penyimpangan ataupun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat self-esteem siswa broken home sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training serta mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan self-esteem siswa broken home di kelas XI MAN 4 Banjar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian ini adalah pre-experiment dengan pola One Group Pre-test – Post-test Design. Pre-test diberikan sebelum adanya perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat dilihat dengan cara membandingkan hasil skor pre-test dan post-test yakni 450% < 595% atau dengan rata-rata 56% < 74%, dengan demikian (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa broken home di kelas XI MAN 4 Banjar.
KAJIAN EMPATI BUDAYA DALAM PERSPEKTIF FILSAFIAH DAN ILMIAH Noviana Diswantika; Sunaryo Kartadinata; Mamat Supriatna
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.727 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6175

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan empati budaya berdasarkan tinjauan Filsafiah dan Ilmiah secara komprehensif. Selanjutnya disajikan tinjauan mengenai Posisi Empati Budaya dalam Bimbingan dan Konseling, Perkembangan riset selama 10 tahun terakhir berkaitan dengan Empati Budaya dalam Bimbingan dan Konseling, dan diakhir akan dikemukakan kerangka pikir riset tentang Empati Budaya. Analisis pada artikel ini menggunakan system literature review dengan berpusat pada database bereputasi yang relevan. Lemahnya empati budaya berdampak kurangnya rasa dominasi sosial, melakukan perilaku dalam kehidupan sosial secara destruktif, tidak memiliki rasa toleransi dan melakukan diskriminasi. Empati Budaya merupakan konsep empati lebih komprehensif dan mendalam dibandingkan dengan empati konvensional. Hasil pada kajian ini berupa konsep mengenai meningkatkan Empati Budaya pada Konseli sebagai Tujuan dalam Bimbingan dan Konseling.
KENDALA DAN STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD NEGERI PERCONTOHAN KABUPATEN SIJUNJUNG Vera Wati; Suswati Hendriani; Irman Irman; Yuliana Nelisma
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.148 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6802

Abstract

The COVID-19 pandemic has changed study practices and habits. Learning that is usually carried out in the education unit then moves to learning from home (BDR). Teachers and students are involved in distance learning which presents a number of challenges ranging from the obstacles experienced in BDR, both obstacles in planning, implementing and assessing learning, as well as requiring teachers to try to motivate children in implementing BDR during this pandemic. This is because changes in learning patterns that are so drastic have the risk of causing a decrease in the quality of learning. Whereas the quality of learning is the key to student learning outcomes. If the quality of learning decreases, the learning outcomes of students also tend to decrease (learning loss). This study aims to describe the obstacles experienced and the teacher's strategies in motivating children to learn from home (BDR) during the Covid-19 pandemic at PAUD Negeri Pilot Sijunjung Regency. This type of research is a qualitative research with a case study design. This research was carried out at the Pilot State PAUD in June and July 2021. The primary data sources or core informants in this study were 6 people, namely the teacher council, additional informants from the principal. The researcher acts as a key instrument, using supporting instruments in the form of interview guidelines and documentation studies. Secondary data in this study were related documents regarding BDR learning during the covid 19 pandemic. Data collection techniques were carried out by interviews and documentation studies, then the data collected was tested for validity using triangulation techniques. Then the data is analyzed using the opinions of Milles and Hubberman through reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study indicate that the teacher's obstacles in implementing BDR include obstacles in BDR planning, teachers are constrained in determining learning indicators. In the implementation of BDR, the teacher has difficulty in determining activities according to the situation and condition of the child, while in the BDR assessment, the teacher is constrained in assessing aspects of child development because the child's development cannot be monitored by the teacher. The teacher's strategy in motivating children to BDR is to provide BDR activities according to the child's world, namely through games, creating whatshaap groups, delivering interesting learning videos, giving rewards in the form of words of praise and emoticons that add to the passion and enthusiasm of children in implementing BDR.
PENGARUH KONSELING MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Nazwa Manurung; Siti Rahmi
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.605 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6553

Abstract

The purpose of this research is to improve interpersonal communication of Guidance and Counseling Department students through multicultural counseling. To be a good BK teacher, you must have good interpersonal communication as well. This study uses quantitative and qualitative methods using interpersonal communication questionnaires and interview techniques as data collection tools. The results showed that of the 12 BK students who were used as research subjects, there were still some people who lacked interpersonal communication. It was found that some subjects still use their personal values of a tribe when communicating with other people from that tribe, so that interpersonal communication will not be objective. Objective interpersonal communication skills are very much needed as BK teachers later, so students must learn to view other people objectively and place values on that person's ethnicity first. Multicultural counseling conducted on the subject has an impact on his interpersonal skills. Subjects whose interpersonal communication was lacking at the end of the study showed an increase based on the interpersonal communication questionnaire
LEARNING LOSS DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Riski Sovayunanto
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.636 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6001

Abstract

Distance learning in North Kalimantan has been going on for one year, this is one of the impacts of the spread of covid-19. Prolonged school closures are feared to lead to decreased student learning competence and lead to learning loss, which is a condition where students lose knowledge, abilities and skills. The purpose of this research was to determine how many junior high school students in North Kalimantan were at risk of learning loss. The importance of this research is to be the basis of decision making to overcome learning loss in North Kalimantan. The Research method used quantitative descriptive approach. The research sample consisted of 610 junior high school students, where the sampling techniques used cluster sampling. The results of the study found a total of 111 students in North Kalimantan identified learning loss, then as many as 408 students were at great risk of experiencing learning loss. The remaining 91 students did not experience learning loss.
BERMAIN SEBAGAI METODE DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING (KAJIAN FILSAFIAH DAN ILMIAH) Devi Ratnasari; Sunaryo Kartadinata; Mamat Supriatna
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.559 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6198

Abstract

Abstrak:  Dilatarbelakangi ketertarikan tentang metode bermain dalam bimbingan dan konseling, artikel ini bertujuan untuk menganalisis kajian konsep bermain sebagai metode dalam bimbingan dan konseling. Ruang lingkup yang menjadi fokus bahasan dalam artikel ini meliputi tinjauan filsafiah bimbingan tentang bermain (membahas hakikat manusia, tujuan kehidupan, pandangan kehidupan, dan nilai-nilai kehidupan), tinjauan teoretik tentang bermain (riwayat singkat teori, analisis konseptual, struktur teoretik, kegunaan teoretis dan praktis untuk bimbingan dan konseling), dan analisis perkembangan riset tentang konsep bermain sebagai metode dalam bimbingan. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu kajian literatur, dengan melibatkan sejumlah informasi yang bersumber dari kepustakaan yang meliputi buku, artikel jurnal, serta dokumen lainnya untuk mendapatkan berbagai macam teori dan gagasan yang nantinya dapat dirumuskan hasil sesuai dengan tujuan. Hasil guna kajian konsep bermain sebagai metode dalam bimbingan meliputi; (1) Konsep bermain sebagai metode dalam bimbingan, (2) Memperkaya teori dan teknik intervensi layanan dalam bimbingan dan konseling, (3) Sebagai dasar pengembangan riset tentang metode dalam bimbingan dan konseling.
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MEDIA INSTAGRAM @DINKESDKI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT SELAMA PANDEMI COVID-19 Nuke Aliyya Tama; Sulistyawati Murdiningrum; Sri Rahayu
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.828 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6554

Abstract

In Indonesia, social media activities have emerged a long time ago, if people can benefit from social media then many benefits are obtained such as marketing, co-workers, work connections and expanding social relations. Instagram media is currently used as a means of viewing news or information available.  People as instagram users must be good at utilizing it. For example, on the official account of the Dki Jakarta Health Office @dinkesdki which contains news about health issues, one of which is valid news related to Covid-19.  The purpose of this research is to analyze the level of public awareness related to Covid-19. This research uses qualitative research method,  the result of data from this research in the form of facts that have been found at the time of field by researchers. Health Minister Province Jakarta communication strategy is to promote health so that it can be understood and can be carried out by all people who become communion. Related to Covid-19, policies related to health regulations and how to practice in the field go back to the nature of society.  followers of instagram @dinkesDKI themselves feel the direct benefits of the platform, because it provides valid information and updates related to the Covid-19 pandemic. Instagram @dinkesDKI's strategy towards the level of public awareness related to Covid-19 can not be formulated in a valid calculation, but instagram @dinkesDKI has a good insight into people's insights related to Covid-19.
BIMBINGAN DAN KONSELING BERMAIN PENDEKATAN CLIENT CENTERED SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TINDAKAN KEJAHATAN SEKSUAL CHILD GROOMING PADA ANAK Devi Ratnasari; Muhammad Solehuddin
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.87 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6130

Abstract

Dilatarbelakangi berbagai peristiwa kejahatan seksual, khususnya jenis child grooming, artikel ini bertujuan memberikan wawasan tentang penggunaan bimbingan dan konseling bermain pendekatan client centered sebagai salah satu upaya preventif kejahatan seksual child grooming pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka (Library Research) dengan menghimpun serta mengkaji sumber literatur meliputi buku, artikel prosiding, jurnal nasional maupun jurnal internasional yang berkaitan dengan variabel yang dituju. Tahapan inti dalam bimbingan dan konseling bermain pendekatan client centered sebagai upaya preventif kejahatan seksual childgrooming pada anak meliputi; (1) konselor menunjukkan orang-orangan kertas (lengkap dengan pilihan macam-macam baju) kepada konseli, lalu konseli diminta memilih karakter orang-orangan kertas yang dipilih beserta bajunya, (2) konselor memberikan gambaran selebriti dan gambar orang dari majalah untuk dipilih konseli sesuai favoritnya, konselor menanyakan kepada konseli apa yang akan dilakukan konseli jika tokoh tersebut mendekati konseli dan meminta foto bagian tubuh konseli, (3) selanjutnya, konseli diminta untuk menggambarkan dirinya dalam kertas warna yang ia pilih, dan konseli juga dapat menambahkan hiasan dengan glitter dan biji tumbuhan untuk gambar diri yang dibuatnya. Media yang digunakan meliputi orang-orangan kertas, spidol beraneka warna, kertas beraneka warna, gambar selebriti, majalah, glitter, biji tumbuhan, manik-manik tipis, lem, dan gunting
PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SD NURUL HIKMAH BABAT Indah Fajrotuz Zahro; Dania Masrotun Navisa
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6627

Abstract

Peran orang tua dalam memotivasi belajar anaknya yaitu; orang tua mempunyai tugas untuk menyayangi anak-anaknya. menjaga ketentraman dan ketenangan lingkungan rumah serta menyiapkan ketenangan jiwa anak-anak. saling menghormati antara orang tua dan anak, serta orang tua harus menjaga hak-hak hukum mereka terkait dengan diri mereka dan orang lain. Peran orang tua dalam pendidikan akan menentukan keberhasilan bagi pendidikan anak-anaknya yaitu pendidik, pendorong/motivator dan fasilitator.
KORELASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP SIKAP EMPATI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 81 SINGKAWANG Iip Istirahayu; Solehuddin Solehuddin
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.408 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v8i1.6228

Abstract

 Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal, salah satunya adalah sikap empati yang  merupakan salah satu karakter bangsa Indonesia dan terdapat pada permainan tradisional. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengukur pengaruh permainan tradisional engklek terhadap sikap empati siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analis deskripstif persentase. Hasil penelitian menujukkan tingkat sikap empati sebesar 64,7% kategori tinggi dan sebanyak 35,3 % kategori rendah, dengan demikian pada permainan tradisional Engklek terdapat sikap empati yag tinggi dan yang rendah perlu adanya peningkatan melalui layanan Bimbingan dan Konseling.

Page 1 of 2 | Total Record : 18