cover
Contact Name
Erwin Putera Permana
Contact Email
erwinpermana87@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lemlit@unpkediri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Efektor
ISSN : 08541922     EISSN : 2355956X     DOI : -
Journal Efektor is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. Journals is a journal that contains the results of research or comprehensive literature review in the fields of Economics and Education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018" : 10 Documents clear
Pengembangan Video Sex Education Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Norma Diana Fitri
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.779 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12154

Abstract

This research aims to develop video sex education to stimulate social emosional of childhood. The development model used in this study is a model Borg and Gall (2007), which consists of ten steps. (1) Asses Needs To Identity Goal, (2) Conduct Instructional Analysis, (3) Analyze Learners And Cnontext, (4) Write Performance Objectives, (5) Develop Assessment Instrument, (6) Develop Instructional Strategy, (7) Develop And Select Instructional Materials, (8) Design And Conduct Formative Evaluation Of Instruction, (9) Revise Instruction, (10) Design And Conduct summative Evaluation. Design trials of investigational products through three stages: (a) validation expert, (b) small group trial, (c) a large group trial. The trial results were further tested by t-test is to determine the increase in the ability of religious values ​​and morals of the early childhood learning outcomes between consuming media by not wearing media. The results showed that audio-visual media can stimulate sex education religious values ​​and morals. From the analysis of the data obtained derive significant value 0.000 <0.005, H0 is rejected. Thus it can be said the difference in the average treatment before and after and the average score of the treatment before and after treatment in the learning process of sex education by using audio-visual media have been developed.
Creative Reading Terhadap Dongeng Untuk Penulisan Puisi Pana Pramulia
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.573 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12321

Abstract

Menulis karya sastra, khususnya puisi membutuhkan kecermatan dalam memotret realitas dan harus memiliki pengetahuan kompleks tentang kehidupan, serta penulis puisi harus mempunyai daya perenungan yang kuat. Artinya, penulis puisi atau penyair dituntut sebagai pembaca aktif, karena dari pembacaan aktif penyair akan mempunyai pengetahuan yang holistik. Bagi penulis puisi pemula, menulis puisi merupakan hal yang tidak mudah, maka dibutuhkan teknik khusus. Salah satu teknik yang dapat digunakan, yaitu teknik creative reading. Teknik creative reading adalah teknik membaca untuk melahirkan kembali sebuah teks setelah pembaca mengalami transformasi. Teknik tersebut digunakan mahasiswa PGSD Unipa Surabaya angkatan 2014 untuk menulis puisi berdasarkan pembacaan dongeng secara intensif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua model, yaitu dalam bentuk hard file (kertas) dan soft file yang dikirimkan ke surat elektronik. Karya puisi mahasiswa setelah menggunakan teknik creative reading dikatakan baik, karena dapat memahami tahapan dan karakter teknik tersebut dengan baik pula
PENGGUNAAN ARANG AKTIF KULIT DURIAN (Durio zibethinus Murr) TERHADAP TINGKAT ADSORPSI KROMIUM (Cr6+) PADA LIMBAH BATIK Anita Dewi Moelyaningrum; Kharta Zarkasi; Prehatin Trirahayu Ningrum
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.471 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12069

Abstract

Chromium (Cr6+) is a heavy metal that often finds in the batik wastewater. The activated carbon of durian peel (Durio zibethinus Murr.) Is an adsorbent which can adsorb heavy metals in the batik wastewater. The purpose of this study to analyze the effectiveness of the durian peel activated carbon to adsorb Cr6+ in the batik wastewater. This research was the true experiment with six repetitions. The sample consists of the control group (C) and the treatment groups (X1, X2, X3). Adsorption has done by using the mass of durian peel activated carbon 20 gr/litter (X1), 30 gr/ litter (X2), and 40 gr/ litter (X3). Each sample contacted with batik wastewater stirred by jar test with a speed of 400 rpm for one minute, then it allowed to stand 30 minutes. After that, the results compared with the control group. Data were analyzed by Kruskal-Wallis test and Mann-Whitney test. The results show that there was the difference between the control group and the treatment groups (p = 0.017). The most significant differences occurred in the third treatment group (X3) (p= 0.029).
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 Suwito Suwito
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3335.34 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Siklus ini dilakukan di SD Negeri 2 Sengonwetan. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan April 2017. Subjek perbaikan di sekolah ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Sengonwetan Kecamatan dengan jumlah 25 siswa. Tindakan diadakan sebanyak 2 kali. Masing – masing terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN dengan metode pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan kondisi awal 48%, meningkat menjadi 72% pada Siklus I. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, pada Siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 96% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Aktivitas siswa pada Siklus ini mengalami peningkatan. Pada Siklus I data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 10 dengan kategori cukup. Pada Siklus II aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor 13 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemerolehan skor aktivitas siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan kategori baik ( 11-15). Dari hasil Siklus di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sengonwetan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 secara signifikan.
Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi Nurul Dwi Lestari
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.911 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12079

Abstract

Kreativitas menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki generasi Z untuk hidup di Abad XXI. Keterampilan menulis kreatif teks deskripsi perlu diperhatikan untuk melatih kepekaan siswa dalam menggambarkan objek berdasarkan pengalaman inderawi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran autentik (authentic learning) dalam mengembangkan keterampilan menulis kreatif teks deskripsi.Adapun tujuan khusus dalam pembahasan ini adalah mendeskripsikanpembelajaran autentik sebagai pemicu berpikir kreatif dalam menulis teks deskripsi, langkah menulis kreatif teks deskripsi dengan pembelajaran autentik, dan penilaian keterampilan menulis kreatif teks deskripsi.
Pengembangan Soal Matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Triple Theory Lestari Puji Rahayu; Ahmad Shakroni Nugroho; Muji Santoso; Suryo Widodo
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.529 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12234

Abstract

Rendahnya HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa berdasarkan hasil PISA 2015 dalam matematika menunjukkan bahwa karakteristik pembelajaran matematika masih terbiasa dengan soal-soal Lower Order Thinking Skills (LOTS).berdasarkan hal tersebut, perlu dikembangkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( R & D) dengan model pengembangan berdasarkan Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu preliminary dan Tahap formative evaluation. Uji coba soal diadakan di kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Instrumen pengumpulan data meliputi kisi-kisi soal, lembar soal, lembar validasi dan lembar angket. Draft soal yang dikembangkan sebanyak 8 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan draft soal matematika HOTS valid. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan rumus percentage of agreement lebih dari 75% dan berdasarkan nilai validitas butir soal yang lebih dari 0,392. Kepraktisan tergambar dari hasil uji coba soal dapat disimpulkan semua siswa dapat menggunakan draft soal matematika dengan baik. Hasil rata-rata skor kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 16,05 dari skala 32.
The impact of Financing of Syariah Bank toward the performance and Welfare of Small Medium Enterprise Faisol Faisol
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.402 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.241

Abstract

The purpose of this paper is to examine empirically the influence financing of Syariah Bank toward the business performance, the influence of financing of syariah bank toward welfare of small entrepreneurs, and the influence of performance of UKM toward the welfare of small entrepreneurs. The population of this research is all of the small medium enterprises in the District of Kediri who got Islamic bank financing for one year. These samples included 71 SMEs agribusiness. Sampling was done by purposive sampling research, namely SME agribusiness got Islamic bank financing for one year, with a workforce of 5 to 19 people. Questionnaire was used as a tool to collect primary data. The method of analysis used partial least square (PLS). Testing is done with a structural model (Inner model) and models of measurement (Outer model) Statistically, the results show that the Islamic bank financing significant influence with a positive direction on the performance of SMEs, this means that when the Islamic bank financing improved, will improve the performance of SMEs, further financing Islamic banks have a significant effect with positive direction towards the well-being of SMEs so that when the Islamic bank financing improved well-being of SMEs will be increased then the performance of SMEs have significant influence in a positive direction for the welfare of SMEs. So if the business performance of SMEs improved, well-being will increase.
PBL Application To Improve Understand Concepts Evaluation Educational 2017/2018 Anangga Widya Pradipta
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.976 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12306

Abstract

This study aims to improve the understanding of the concept of Educational Evaluation through the implementation of PBL (Problem-based learning),. This type of research is a classroom action research that includes 4 steps of activities in 1 cycle of planning, action, observation and reflection. The research subjects are and lecturers in the fourth semester of academic year 2016/2017. All are given action using PBL (Problem-based learning). Data collection techniques used were interviews, observations, and tests. The results of this study indicate that the use of PBL (Problem-based learning) can improve the understanding of the concept of PJKR IKIP Budi Utomo Malang up to very good criteria in cycle III. Aspects of student concept comprehension increase from the average pre-action score of 56 to 84.
Peningkatan Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar IPS Tentang Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bago Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Anik Suhartini
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.152 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12173

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan mengetahui Sikap Tanggungjawab dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Bago semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran IPS tentang pekerjaan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).Tindakan dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Proses pengumpulan data, pengolahan data-data, analisis data, pengambilan simpulan, dan penyusunan laporan penelitian membutuhkan waktu selama 4 bulan, yaitu pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Tempat untuk mengadakan penelitian di kelas III SD Negeri 1 Bago. Subjek dalam penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Bago yang terdiri dari 30 siswa, yang terdiri 18 perempuan dan 12 laki-la Hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan prasiklus 37%, meningkat menjadi 63% pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 97% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Sikap Tanggung jawab siswa pada penelitian ini mengalami peningkatan. Pada siklus I data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 10 dengan kategori cukup. Pada siklus II Sikap Tanggung jawab siswa meningkat dengan perolehan skor 12 dengan ketegori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar IPS tentang pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bago semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 secara signifikan.
Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Flash Card Siswa Kelas 2 SD Negeri Kenteng 01 Senja Ayu Nurvita; Slameto Slameto; Eunice Widyanti Setyaningtyas
Efektor Vol 5 No 2 (2018): Efektor Vol 5 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.321 KB) | DOI: 10.29407/e.v5i2.12308

Abstract

Based on the facts conducted by researchers at SDN Kenteng 01 this problem arises is the lack of interest in students to the learning process by teaching teachers that still use conventional methods. The purpose of this research is to apply the learning model of image and flash-assisted image and improve student learning outcomes with collaboration model . This research was conducted in grade 2 with type of research of PTK spiral model which was proposed by C . Kemmis and Mc . Taggart In the study using 2 cycles of cycles I and II which consists of planning , step and reflection . Research data obtained from the test results and analyzed using descriptive techniques with the learning outcomes of Civics subjects on 2 cycles based on learning outcomes is ≥ 65 . The result of this research shows that there is an increase of learning result of Civics which can be seen on the value of learning result of Civics subject based on learning completeness that is cycle I is 66,77% and cycle II is 100%. Based on these results , this study has succeeded in improving student learning outcomes of Civics subjects.

Page 1 of 1 | Total Record : 10