cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Sports Coaching
ISSN : 26543435     EISSN : 26560437     DOI : 10.37311/jjsc
Core Subject : Education,
Jambura Journal of Sports Coaching (JJSC) is an international peer-refereed research journal published by sports coaching education program, The scope of articles published in this journal deals with a broad range of topics, including Sports Training Science, Sports Biomechanics, History and Philosophy in Sports, Measurement and Evaluation in Physical Education and Sports, Motor Control and Learning, Motor Development, Olympic and Paralympic Games, Sports Pedagogy, Physical Education (Elementary, Secondary, & Adaptive), Sports Psychology, Sports Physiology, Recreation and Leisure Studies, Sports Therapy and Rehabilitation, Sports Sociology and Cultural Anthropology, Sports Management, Sports Medicine. JJSC publishes original scientific works of researchers in all of the above fields in any of the following languages: English and Indonesian.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2023): Juli" : 10 Documents clear
LATIHAN FIRST TOUCH TERHADAP KETERAMPILAN DASAR SEPAK BOLA Ahmad Rifan; Asep Angga Permadi; Z. Arifin
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.18897

Abstract

Sepak bola merupakan media untuk mengembangkan prestasi, diadakannya Sekolah Sepak Bola atau SSB bertujuan untuk meningkatkan kualitas anak dari mulai usia dini. Latihan dasar dalam Sepak bola adalah proses melatih atau meningkatkan kemampuan teknik dasar dalam Sepak bola. Tujuan dari pengidentifikasian pengaruh first touch terhadap keterampilan bermain untuk meningkatkan efektifitas penggunaan sentuhan pertama. Sentuhan pertama tesebut adalah sentuhan yang menentukan arah bola pada saat membangun serangan, mengatur tempo, megecoh lawan dan mengendalikan ritme permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh program latihan first touch terhadap teknik dasar sentuhan pertama dan mengetahui bagaimana pengaruh program latihan first touch terhadap keterampilan bermain pemain pada saat bertanding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif (eksperimen), menggunakan pre-eksperimen dengan one grup pretes-postes sebagai bentuk dari desain penelitiannya. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa latihan first touch terhadap ketarampilan bermain Sepak bola memberikan dampak yang baik atau meningkat sehingga perlu menjadi sebuah rekomendasi atau sebuah gambaran yang bisa digunakan bagi para guru, pelatih, pembina ekstrakurikuler di sekolah untuk bisa di jadikan acuan bahwasannya penelitian yang memberikan dampak yang sangat baik. Program lathan ini cocok untuk meningkatkan teknik sentuhan pertama para pemain kelompok usia 10-13 tahun.
ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO Fajar Anggoro Januarianto; Anugrah Nur Warthadi
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.20890

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kebugaran jasmani siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Artikel ini menggunakan metode kuantitatif deskripsi. Teknik pengambilan sampel dilakukan mengggunakanpurposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakanyaitu teknik tes. Validitas alat ukur yang digunakan menggunakan rumus yang telah ditetapkan pada buku Tes Kebugaran Pelajar Nusantara. Tesyang digunakan yaitu IMT, V Shit and Reach,Squath Thrust, Sit Up, dan Pacer. Hasil penelitian menunjukkantingkat kebugaran jasmani siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo masuk kedalam kategori cukup, dengan perolehan data sebagai berikut sebanyak 0 siswa (0%) memiliki tingkat kebugaran jasmani yang sangat baik, sebanyak 5 siswa (3%) memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik, sebanyak 80 siswa (46%) memiliki tingkat kebugaran jasmani yang cukup, sebanyak 77 siswa (44%) memiliki tingkat kebugaran jasmani yang rendah, sebanyak 13 siswa (7%) memiliki tingkat kebugaran jasmani yang sangat rendah.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI OLAHRAGA Ari Sutisyana; Yahya Eko Nopiyanto; Arwin Arwin
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.20050

Abstract

Flipped Classroom adalah salah satu model pembelajaran berbasis teknologi dan berpusat pada mahasiswa yang menuntun mahasiswa secara aktif untuk mempersiapkan materi pembelajaran sebelum kelas tatap muka dimulai. Sosiologi olahraga adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek fenomena sosial yang berhubungan dengan aktivitas olahraga dan dampaknya bagi manusia.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa penjas pada perkuliahan sosiologi olahraga. Hasil penelitian menyebutkan bahwa: 1) pada siklus 1 terdapat nilai rerata hasil belajar mahasiswa sebesar 75, dengan ketuntasan klasikal sebesar 68%, 2) pada siklus 2 terdapat nilai rerata sebesar 82, dengan ketuntasan klasikal sebesar 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Melalui hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif rujukan bagi dosen penjas untuk menjadikan model pembelajaran flipped classroom sebagai salah satu model pembelajaran pada mata kuliah lain yang sejenis.
PENINGKATAN KETEPATAN SHOOTING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN LATIHAN SQUAT JUMP Muhammad Rizki Al Basri; Khoirul Anwar; Heni Yuli Handayani; Agus Himawan
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.21045

Abstract

Latihan squat jump merupakan salah satu bentuk latihan yang bisa digunakan untuk menungkatkan ketepatan shooting Sepak bola. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi dampak latihan Squat Jump terhadap tingkat keberhasilan dalam melakukan tembakan ke gawang dalam permainan Sepak bola. Subjek penelitian terdiri dari 20 pemain U 12-15 Sekolah Sepak bola (SSB) Mitra Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes akurasi shooting ke gawang. Analisis data menggunakan SPSS yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test.  Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai p sig sebesar 0,000 0,05, mata terdapat pengaruh signifikan latihan squat jump terhadap ketepatan tembakan ke gawang. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa latihan squat jump berpengaruh terhadap akurasi dalam melakukan tembakan dalam permainan Sepak bola, khususnya pada pemain U 12-15 SSB Mitra Bangkalan. Direkomendasikan pada penelitian lanjutan dengan menggunakan kelompok control sehingga bisa mengetahui pengaruhnya dengan dibandingan kelompok kontrol, bagi pelatih yaitu bisa menerapkan latihan squat jump bagi pemain Sepak bola U 12-15.
PENGARUH TABATA TRAINING DAN SUTTLE RUN TERHADAP KELINCAHAN MAHASISWA Rizky Aris Munandar; Taufiq Hidayat; Sandi Achmad Pratama; Linda Susila
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.20684

Abstract

Kelincahan merupakan faktor yang paling utama di tingkatkan dalam permainan sepak bola, bola basket maupun futsal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji lebih dalam antara kedua latihan terhadap peningkatan kelincahan, penelitian ini menggunakan rancangan randomized group pre-test and post-test design dengan metode eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa putra Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapis Dompu angkatan 2022 yaitu sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 30 sampel dengan kriteria mahasiswa putra angkatan 2022 yang sehat jamani serta umur 19 tahun, kemudian dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok latihan Tabata, kelompok Shuttle Run, dan kelompok akhir yaitu kelompok kontrol. Kemudian jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik pengukuran menggunakan side step test untuk mengukur rentang gerak. Data dianalisis dengan teknik MANOVA menggunakan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh latihan Tabata terhadap peningkatan kelincahan, dan pengaruh Shuttle Run terhadap peningkatan kelincahaan, kemudian terdapat pengaruh yang signifikan pemberian latiahan Tabata dan Shuttle Run pada kelompok kontrol. Berdasarkan dari hasil analis data dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa latihan Shuttle Run lebih efektif dalam meningkatakan kecepatan dari pada Tabata training.
GAME E-FOOTBALL SEBAGAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAK BOLA Umarudin Nini Said Berlin; Lukman A.R Laliyo; Muhammad Rifai Katili; Masri Kudrat Umar
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.21086

Abstract

E-football merupakan salah satu game bergenre olahraga yang dipertandingkan dalam jenis olahraga elektronik atau e-sport, dalam ranah teknologi pendidikan terdapat salah satu domain yakni pemanfaatan. Penyajian visualisasi yang mendekati realistis game ini bisa dimanfaatkan dan dijadikan sebagai media sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan adaptasi game e-football sebagai media audiovisual dan melihat tingkat pemahaman keterampilan teknik dasar Sepak bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-experiment design: one group pre-test post-test. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sekolah menengah pertama negeri 1 limboto, Adapun sampel yang digunakan adalah non probality sampling dengan sampel sebanyak 160 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Dengan instrumen penelitian tes pemahaman dan tes pengukuran dalam pendidikan jasmani. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis rasch model dengan teknik Stacking dan Racking. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penerapan adaptasi game e-football sebagai media audiovisual terhadap hasil belajar keterampilan teknik dasar Sepak bola terdapat perubahan peningkatan pemahaman yang signifikan pada teknik dasar dribbling dengan selisih mean 3,71 dan perubahan signifikan pada teknik dasar shooting selisih mean 3,61. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh penerapan adaptasi game e-football sebagai media audiovisual terhadap teknik dasar Sepak bola dan perubahan peningkatan pemahaman yang signifikan pada teknik dasar dribbling dan perubahan signifikan pada teknik dasar shooting.
ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER BULU TANGKIS MADRASAH IBTIDAIYAH Moch Rio Rusdiyanto; Nur Ahmad Arief
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.20932

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang, tidak terkecuali siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik ekstrakurikuler Bulu tangkis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo. Metode penelitian mengunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memiliki populasi 64 peserta didik, sehingga menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan kriteria siswa yang aktif di ekstrakurikuler Bulu tangkis 28 orang siswa. Prosedur pengambilan data dilaksanakan dengan cara peneliti langsung dengan melakukan pengukuran dengan instrument PACER-test 20 m. Analisa data yang digunakan deskriptif dengan mean, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran peserta didik ekstrakurikuler Bulu tangkis 8 orang kategori cukup 29%, kategori rendah 13 orang 46%, kategori sangat rendah 7 orang 25%. Sehinga untuk nilai rata-rata laki-laki usia 10 dan 11 tahun berada dikategori rendah dengan mean (x̄ 27 lap dan x̄ 26 lap), berbeda pada usia 12 tahun dengan mengalami penurunan dikategori sangat rendah (x̄ 23 lap). Sedangkan pada jenis kelamin perempuan usia 10 tahun berada di kategori rendah (x̄ 17 lap). Sehingga persentase dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran peserta didik ekstrakurikuler Bulu tangkis MI Progresif Bumi Shalawat dominan pada kategori rendah.
HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Kevin Geralda Adhianto; Nur Ahmad Arief
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.20978

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan aktivitas fisik. Artikel ini menganalisis terkait hubungan aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani peserta didik sekolah menengah pertama. Tujuan untuk melakukan penelitian yaitu mengetahui hubungan di antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani peserta didik kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sidoarjo. Pada pelaksanaan penelitian menggunakan analisis korelasional dan teknik purposive sampling dengan kriteria peserta didik kelas 8 usia 13 dan 14 tahun, sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 67 peserta didik. Peneliti mengumpulkan data menggunakan angket aktivitas fisik dan PACER test untuk kebugaran jasmani. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis menggunakan uji pearson correlation. Hasil penelitian membuktikan terdapat korelasi signifikan antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,244 dan (p) 0,046 berarti terdapat hubungan signifikan antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani peserta didik. Selain itu, aktivitas fisik memiliki hubungan yang lemah terhadap kebugaran jasmani dan arah hubungannya linier. Sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi aktivitas fisik maka akan berdampak positif terhadap peningkatan kebugaran jasmani peserta didik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas fisik berdampak positif terhadap kebugaran jasmani peserta didik.
QUALITY OF SERVICE AND DEVELOPMENT OF THE DEPARTMENT'S LABORATORY Zulkifli Zulkifli; Ahmad Yani; M. Fransazeli Makorohim; Raihanatu Binqalbi Ruzain
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.20198

Abstract

Departmental laboratories at tertiary institutions act as academic supports that assist students in the learning process to improve their competence. The research objectives were to determine the level of satisfaction of laboratory users and to determine the need for laboratory development for the Department of Physical Education, Health and Recreation (Penjaskesrek), Teaching and Education Faculty (FKIP), Universitas Islam Riau (UIR). This study uses a quantitative approach to the type of survey method. The subjects of this study were all laboratory users using the total sampling technique. The sample of this research is 85 students. The data collection instrument used a questionnaire and the data analysis technique used in this study was quantitative descriptive. The results of the research on the level of user satisfaction with the Penjaskesrek majors laboratory in 2023 are included in the good category with an average acquisition of 3.41 and the results of the needs analysis show 68% of 85 respondents who considered that human resources (HR), services and availability of facilities and infrastructure as well as other programs in the laboratory as a component of the needs for the development of the Penjaskesrek majors laboratory are good or sufficient.
LATIHAN BOLA GANTUNG TERHADAP KETEPATAN SMASH PADA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI Rizky Mulyana Mahfud; Khoirul Anwar; Fajar Hidayatullah
Jambura Journal of Sports Coaching Vol 5, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jjsc.v5i2.21044

Abstract

Latihan bola gantung merupakan suatu bentuk latihan memukul bola yang pada sebuah alat, kemudian pemain memukul bola secara terus-menerus. Latihan bola gantung bisa digunakan unttuk melatih kamampuan smash pada Bola voli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh ketepatan smash dalam permainan Bola voli. Penelitian ini merupakan suatu studi kuantitatif yang menggunakan eksperimen semu, dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengambil bagian dalam ekstrakurikuler Bola voli. Populasi adalah siswa yang mengikuti ektarkurikuler Bola voli di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kamal berjumlah 20 orang siswa, penentuan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga sampel berjumlah 20. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan smash. Data dikumpulkan melalui metode pretest-posttest dan dilakukan suatu perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan uji-t dengan pemeriksaan terlebih dahulu pada prasyarat normalitas dan homogenitas. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest dengan posttest. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai sebaran data normal, uji homogenitas menunjukkan bahwa sebaran data homogen. Selanjutnya, hasil uji-t diperoleh terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Dengan demikian, temuan penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara latihan memukul bola digantung dengan peningkatan ketepatan smash para peserta ekstrakurikuler Bola voli di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kamal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10