cover
Contact Name
Tomy Fitrio
Contact Email
tomy@stieindragiri.ac.id
Phone
+6282283639933
Journal Mail Official
jmbi@stieindragiri.ac.id
Editorial Address
STIE Indragiri. Jalan R. Soeprapto No 14 Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau
Location
Kab. indragiri hulu,
Riau
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26214199     DOI : 10.34006/jmbi.v9i1
Jurnal Manajemen dan Bisnis dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel tentang manajemen dan bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis menerima manuskrip dalam berbagai topik yakni : Manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen pembangunan daerah, manajemen strategi, perbankan, entrepreneurship, sistem informasi manajemen dan sosial ekonomi
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)" : 22 Documents clear
ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DAERAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU DENGAN PENDEKATAN LOCATION QUATION (LQ) Triyono, Aris
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.45

Abstract

Kabupaten Indragiri Hulu merupakan Kabupaten induk sebelum adanya otonomi daerah dari Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indaragiri Hulu, merupakan salah satu wilayah, memiliki sektor ekonomi unggulan yang sangat prospektif. Populasi Penelitian dalam penelitian adalah PDRB Kabupaten Indragiri Hulu dan PDRB Propinsi Riau, atas dasar hagra konstan tahun 2010. Dari tahun 2012-2016, Sampel penelitian PDRB Kabupaten Indragiri Hulu, PDRB Propinsi Riau atas harga konstan tahun 2012-2016. Tehnik pengambilan sampel purporsive sample. Metode pendekantan dalam menganalisis data dengan metode kualitatif dan kuantitatif, metode pengumpulan data yaitu dengan metode dokumentasi dan setudi pustaka. Metode analisis yang digunakan dengan menggunakan pendekatan Location Quation, Berdasarkan analisis Location Quation, Sektor-sektor yang potensial tahun 2012-2016, yang mempunyai nilai LQ>1, ada 12 sektor ekonomi, diantara 12 sektor ekonomi unggulan tersebut ada 4 sektor ekonomi yang relatif besar dalam pembentukan PDRB Kabupaten Indragiri Hulu yakni; Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, dengan nilai rata-rata LQ, 3.99, Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, dengan nilai rata-rata LQ, 1.70. Sektor Konstruksi, dengan nilai rata-rata LQ, 1.63. Sektor Jasa lainnya, dengan nilai rata-rata LQ, 1.52. Sektor-sektor ekonomi yang mempunyai nilai LQ kurang dari satu atau LQ<1, yaitu ada 4 sektor yaitu sektor pertambangan dan pengalian, dengan nilai rata-rata LQ, 0.53, Sektor Jasa perusahaan, dengan nilai rata-rata LQ, 0,67, Sektor pengadaan listrik dan gas, dengan nilai rata-rata LQ, 0,81. Dan Sektor informasi dan komunikasi, mempunyai rata-rata LQ, 0,84. Sektor ekonomi yang mempunyai nilai LQ sama dengan satu atau LQ=1 adalah sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, dengan nilai rata-rata LQ, 1,01 atau 1. Sektor ini hanya mampu melayani pasar di Kabupaten Indragiri Hulu saja atau belum dapat memasarkan hasil sektor tersebut ke luar daerah lain. Dengan munculnya sektor ekonomi unggulan daerah akan berperan sebagai pendorong tumbuhnya perekonomian dan menambah pendapatan daerah Kabupaten Indragiri Hulu
PENGARUH SIMPANAN DAN PINJAMAN YANG DISALURKAN TERHADAP PENDAPATAN PADA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN (SPP-UPK) LUFKIN KECAMATAN LIRIK KABUPATEN INDRAGIRI HULU Fitrio, Tomy
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Simpanan dan Pinjaman yang Disalurkan secara simultan terhadap Pendapatan Pada Simpan Pinjam Perempuan Unit Pengelola Kegiatan (SPP-UPK) Lufkin Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Nilai Fhitung < Ftabel (0,013 < 19,00 ) atau Sig F > 5 % (0.987 > 0,05). Karena nilai signifikansi uji F lebih besar dari tingkat signifikan 0,05, dan Fhitung <Ftabel maka Ho diterima dan Hi ditolak, sehingga dapat diartikan bahwa secara simultan simpanan dan pinjaman yang disalurkan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. 2). Hasil Uji t simpanan (X1) diperoleh nilai thitung<ttabel (0.137 < 3,182) maka secara parsial simpanan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan (Y) dan hasil Uji t antara variabel pinjaman yang disalurkan (X2) diperoleh nilai thitung<ttabel (-0,090<-3,182) maka secara parsial pinjaman yang disalurkan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan (Y). 3). Diperoleh angka R sebesar 0.113. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara simpanan dan pinjaman yang disalurkan terhadap pendapatan. Sedangkan berdasarkan tabel analisis di atas diperoleh angka R2 (R Square) atau disebut koefisien determinasi adalah sebesar 0.013 artinya 1.3%. menunjukkan persentase sumbangan pengaruh variabel independen (simpanan dan pinjaman yang disalurkan) terhadap variabel dependen (pendapatan) Atau variasi variabel independen yang digunakan dalam model (simpanan dan pinjaman yang disalurkan) mampu menjelaskan sebesar 1,3% dari variasi variabel dependen (pendapatan). Sedangkan sisanya sebesar 98,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH PERSEDIAAN OBAT-OBATAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI FARMASI RSUD INDRASARI RENGAT Yaspita, Hasanah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persediaan obat-obatan dan pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Pasien pada Instalasi Farmasi RSUD Indrasari Rengat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisa data kuantitatif dari sumber data jawaban responden melalui kuisioner yang penulis sebarkan dengan teknik pengambilan sampel secara aksidental terhadap 92 pasien yang menggunakan jasa pelayanan instalasi farmasi di RSUD Indrasari Rengat yang dijadikan sampel. Dari penelitian didapatkan hasil uji korelasi juga didapatkan hasil bahwa nilai R Square besarnya 0,756. Artinya persamaan garis regresi yang diperoleh dapat menerangkan 75,6% variasi kepuasan pasien di Instalasi Farmasi RSUD Indrasari Rengat atau persamaan garis yang diperoleh baik untuk menjelaskan variabel kepuasan pasien Instalasi Farmasi, yang berarti bahwa kepuasan pasien dapat diprediksi dipengaruhi sebesar 75,6% oleh variabel pelayanan dan persediaan obat-obatan, sisanya sebesar 24,4% merupakan kontribusi faktor lain yang tidak diteliti. Kemudian dari uji regresi dan uji anova (uji F) didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan dan persediaan obat-obatan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Farmasi RSUD Indrasari Rengat.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. PRIORITAS RENGAT Apriansyah, Roky
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.48

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Prioritas Cabang Rengat Jl.Sultan Kecamatan Rengat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat. Perumusan masalah yang akan diteliti adalah apakah ada pengaruh secara simultan ataupun parsial antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat.   Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan tentang kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT.Prioritas Rengat. Dengan menghitung Persamaan regresi berganda, koefisien korelasi, uji hipotesis baik secara simultan, maupun parsial, dengan bantuan Program SPSS 21.   Dari hasil penelitian dimana konstanta (a) adalah 1,89. dan koefisien X1 (b1) adalah 0,395 dan koefisien X2 (b2) adalah 0,176. Persamaan regresi berganda adalah Y = 1,89 +0,395 X1 +0,176 X2. Artinya: a= jika kualitas pelayanan dan promosi sama dengan Nol (0) maka besarnya nilai volume penjualan sama dengan 1,89. b1= jika terjadi peningkatan 1 satuan pada kualitas pelayanan maka akan terjadi peningkatan pada volume penjualan sebesar 0,395. dan b2 = jika terjadi peningkatan 1 satuan pada promosi maka akan terjadi peningkatan pada volume penjualan sebesar 0,176. Koefisien Korelasi diketahui bahwa (X1) kualitas pelayanan dan (X2) promosi mempunyai hubungan positif dengan (Y) volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari nilai keofisien korelasi berganda R adalah 0,420. dan selanjutnya diuji dengan Keofisien determinasi berganda (R2) adalah 0,176. hal ini menunjukkan bahwa (X1) kualitas pelayanan dan (X2) promosi sudah bersama ? sama adanya hubungan variasi terhadap (Y) volume penjualan sebesar 17,6 %. Dan sisanya 82,4 % di pengaruhi oleh variabel selain (X1) dan (X2).Uji hipotesis pada taraf signifikan a = 5 % dimana F hitung (5,233) > F tabel (3,18) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai signifikan terlihat pada kolom sig yaitu 0,009 berarti probabilitas 0,009 lebih kecil dari pada 0,05.artinya memiliki pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan.
PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA INDUSTRI KUE BAWANG BINA KARYA KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU Yulianda, Airine
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.49

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Industri Kue Bawang Bina Karya Rengat. Industri ini memproduksi keripik bawang sebagai makanan khas kota Rengat. Perumusan masalah yang akan diteliti adalah apakah kepuasan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, apakah kepuasan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan apakah kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Industri Kue Bawang di Rengat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Industri Kue Bawang Bina Karya Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.   Data yang dikumpulkan adalah data primer. Data primer adalah data yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner atau data yang didapat dari konsumen. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah dengan menggunkan metode kuantitatif yaitu dengan regresi linear berganda, uji t dan uji f.   Hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,404 + 0,491X1 +0,451X2 artinya loyalitas pelanggan adalah sebesar 0,404 apabila X1(kepuasan) dan X2(kepercayaan) sama dengan 0(nol). b1 koefisien regresi kepuasan sebesar 0,491 artinya setiap peningkatan kepuasan(X1) sebesar 1 dan variabel kepercayaan konstan maka akan terjadi peningkatan loyalitas pelanggan sebesar 0,491. b2 koefisien regresi kepercayaan sebesar 0,451 artinya setiap peningkatan kepercayaan(X2) sebesar 1 dan variabel kepuasan konstan maka akan terjadi peningkatan loyalitas pelanggan sebesar 0,451. Nilai korelasi sebesar 0,879 artinya hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen sangat kuat karena mendekati angka 1, untuk determinasi variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan terhadap Y sebesar 77,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang yang tidak diteliti. Hasil untuk uji Fadalah F hitung (136,037) > F tabel (3,11) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel kepuasan dan kepercayaan secara bersama ? sama memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t untuk kepuasan(X1) adalah t hitung (3,892) > dari spada t tabel (1,989) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti kepuasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk kepercayaan (X2) karena t hitung (5,880) > dari pada t tabel (1,989) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH PERSAINGAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR PADA CV. GREENTECH BELILAS KABUPATEN INDRAGIRI HULU Hermanto, Hermanto
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.51

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu, dengan maksud dan tujuan ingin melihat Pengaruh Persaingan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor pada CV. Greentech Belilas Kabupaten Indragiri Hulu. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah analisis deskriptis dengan mengunakan data kualitatif yang dikuantitatif dan selanjutnya diolah dengan mengunakan rumus regresi dan kolerasi berganda. Hasil penelitian dari koefesien regresi Pengaruh Persaingan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor pada CV. Greentech Belilas Kabupaten Indragiri Hulu maka dapat persamaan Y=1,953+0,271X1 + 0,511X2, dari persamaan dapat diartikan bahwa jika konstanta sebesar 1,953 artinya jika Persaingan (X1) dan Harga (X2) nilainya adalah 0 maka Keputusan Pembelian nilainya adalah 1,953. Koefesien regresi variabel Persaingan (X2) sebesar 0,271, artinya jika variabel independen lainnya nilainnya tetap dan Persaingan mengalami kenaikan satu satuan maka Keputusan Pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 0,271. Sedangkan koefesien Harga (X2) sebesar 0,571 artinya jika variabel independen lainnya tetap dan Harga mengalami kenaikan satu satuan maka Keputusan Pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0,571. Dari hasil penguji F hitung diperoleh nilai F hitung (24,552)> F tabel (3,11) dengan demikian Ha diterma dan Ho ditolak. Untuk pengujian t hitung pada variabel Persaingan didapat nilai t hitung( 2,794) >t tabel (1.99045) Ha diterima dan Ho ditolak artinya adalah terdapat pengaruh signifikan Persaingan terhadap Keputusan Pembelian. Untuk pengujian variabel Harga diperoleh nilai t hitung( 5,664) > t tabel (1.99045) Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian. Selanjutnya di peroleh R = 0,662. Artinya hubungan Persaingan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian desa mempunyai lemah positif. Selanjutnya dapat dijelaskan bahwa R2 =0,386 artinya terdapat kontribusi antara variabel Persaingan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian sebesar 38,6% sedangkan 61,4% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS DAMPAK PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) SECARA SERENTAK TERHADAP ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI Yusnedi, Yusnedi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.52

Abstract

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah cukup lama, mulai dari zaman setelah kemerdekaan, kemudian dilanjutkan zaman orde baru dan sekarang zaman orde reformasi. Tujuan Pilkada adalah untuk memilih Pejabat Publik pada tingkat Daerah. Artinya Pilkada merupakan sistim yang dibangun oleh Indonesia untuk memastikan Kepala daerah benar-benar pilihan rakyat. Pada awal pelaksanaan Pilkada dilakukan dengan jadwal yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain. Akan tetapi mulai tanggal 9 Desember 2015 sistim tersebut mengalami, dengan pertimbangan efisiensi dan efektivitas  maka pelaksanaan Pilkada kedepannya dilakukan serentak. Konsekwensinya, Pilkada Serentak yang berlangsung merupakan pesta demokrasi terbesar dalam sejarah politik Indonesia. Dengan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk menelaah tentang dampak Pilkada Serentak terhadap aspek Sosial dan aspek Ekonomi masyarakat di Indonesia.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA ORGANISASI (Studi Pada Kantor Inspektorat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau) Fikri, Khusnul
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja organisasi pada Kantor Inspektorat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Populasi penelitian ini adalah pegawai menggunakan metode sensus sebanyak 32 responden. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja organisasi (2) Kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja organisasi. (3) Kedisiplinan berpengaruh terhadap kinerja organisasi. (4) Lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja organisasi. (5) Secara simultan variabel Motivasi, Kepemimpinan, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja secara berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi. (6) Diperoleh R2 (R Square) sebesar 0,919, selanjutnya nilai 0,919 dikali 100%, maka diperoleh kontribusi pengaruh Motivasi (X1), Kepemimpinan (X2), Kedisiplinan (X3), dan Lingkungan Kerja (X4) terhadap Kinerja Organisasi (Y) pada Kantor Inspektorat Kabupaten Indragiri Hulu sebesar 91,9% sedangkan sisanya 8,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH MASA KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA (SATPOL-PP) KABUPATEN INDRAGIRI HULU Windartini, Sry
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.84

Abstract

The purpose of this research is to examine the influence of the working life and leadership for employee performance in Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Office Kabupaten Indragiri Hulu. The relevant data are taken with quantity and quality analyses. Data analyses method used are interview, validity and realibility test of multiple regression analysis, correlation coefficient, t test, and f test. The conclusion from the results above is the working life and leadership for employee performance in Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Office Kabupaten Indragiri Hulu. F test show that variable of the working life and leadership have significant influence for employee performance in Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Office Kabupaten Indragiri Hulu at the 5% significant level. T test show that variable of working life and leadership have significant influence for employee performance in Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Office Kabupaten Indragiri Hulu at the 5% significant level. Correlation coefficient show that variable working life and leadership have significant for employee performance in Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Office Kabupaten Indragiri Hulu. Working life and leadership could explain the changes in the employee performance in Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Office Kabupaten Indragiri Hulu for 82.5 percent and the balance of  17.5 percent is explained by the other variables which did not included in the this research.
PENGARUH PENDAPATAN DAN BIAYA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) HARAPAN MAJU SMA NEGERI I RENGAT Irawati, Irawati
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit 30 Juni 2018)
Publisher : LPPM Press STIE Indragiri Rengat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34006/jmbi.v7i2.108

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Unit Desa Dwi Serumpun Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.Kemudian penulis melakukan penganalisaan dengan metode kuantitatif yaitu dengan metode Regresi Linear berganda, Koefisien Korelasi dan determinasi dan selanjutnya pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh persamaannya y = 0,002 + 1,000 X1  - 1,000 X2  yang mana artinya adalah jika variabel Pendapatan sebesar 0 (nol) dan variable biaya juga 0 (nol) Maka variabel Sisa Hasil Usaha adalah sebesar 0,002 poin. Kemudian jika variabel Pendapatan (X1) naik sebesar satu-satuan dan variable biaya (X2) tetap maka Sisa Hasil Usaha juga akan naik  sebesar 1 poin. Begitu juga jika variable biaya (X2) naik sebesar 1 poin sementara variable pendapatan (X1) tetap maka Sisa Hasil Usaha akan berkurang sebesar 1 poin. Koefisien korelasinya adalah sebesar 1 yang artinya hubungan antara variabel Pendapatan dan Biaya mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap variable Sisa Hasil Usaha. Selanjutnya koefisien determinasi adalah sebesar 1 atau 100% diamana variabel Pendapatan dan Biaya mempengaruhi Sisa Hasil Usaha adalah sebesar 100%. Kemudian Hasil uji Simultan (uji f) diperoleh Fhitung 690184889000000,000 ? Ftabel 6,94 artinya Pendapatan dan Biaya secara bersama-sama berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha. Uji parsial untuk pendapatan  thitung 20870592,94   > ttabel 2,57058 artinya Pendapatan berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha dan untuk biaya thitung -7457552,219 < ttabel -2,57058 berarti variabel Biaya  berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha.  

Page 1 of 3 | Total Record : 22