cover
Contact Name
sulkifly
Contact Email
sulkifly@ung.ac.id
Phone
+6282348062491
Journal Mail Official
jjem@ung.ac.id
Editorial Address
Secretariat Jambura Journal of Educational Management Street of Jenderal Sudirman No.6, Kota Tengah, Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Management
ISSN : -     EISSN : 27212106     DOI : 10.37411
Core Subject : Education,
Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for academics, researchers and practitioners to publish original research articles or review articles. JAMBURA Education Management Journal (JJEM) Published twice a year in March and September. ISSN Online: 2721-2106 , DOI Prefix: 10.37411 The aims of this journal is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: curriculum management and learning, student management, management of educational infrastructure, Education HR management (educators and education personnel), Financial management / education funding, management of school and community relations, educational culture and climate, educational leadership, class management, character building, educational innovation.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022" : 8 Documents clear
Gender Dalam Lembaga kemahasiswaan Sri Banun Juwita Hartati HM Mangunsong; Faridah Faridah; Andi Wahed
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.1448

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang gender dan lembaga kemahasiswaan di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang praktik kesetaraan gender di lembaga kemahasiswaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus lembaga kemahasiswaan yang masih aktif dan demisioner. ¬Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik berdasarkan isu yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki peluang yang sama dalam menduduki jabatan didalam organisasi sesuai dengan komptensi dan aturan organisasi. Meskipun demikian, terdapat persepsi bahwa laki-laki dianggap lebih pantas dalam menduduki jabatan sebagai ketua atau koordinator karena dianggap memiliki ketegasan dalam pengambilan keputusan, memiliki jiwa kepemimpinan, dan berani mengambil resiko. Di sisi lain, perempuan dianggap lebih pantas menduduki jabatan sekretaris dan bendahara karena dianggap sebagai sosok yang lebih rajin, teliti, rapi, dan terampil dalam mengurus keuangan. Hal ini menjelaskan mengapa dengan jumlah perempuan yang lebih banyak, tetapi yang menjadi ketua selalu laki-laki dan perempuan ditempatkan sebagai sekretaris dan bendahara.
Pengelolaan Layanan Ekstrakurikuler Nisrinah Nisrinah; Sumarlin Mus; Syamsurijal Basri
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.1450

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan layanan ekstrakurikuler. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan ekstrakurikuler melalui rapat kerja, program kerja berupa silabus dibuat oleh pengajar/pembina, ketentuan dibentuknya ekstrakurikuler berdasarkan hasil rapat membahas jenis kegiatan yang akan dijalankan disesuaikan kebutuhan peserta didik, tidak ada kriteria khusus pembentukan pengurus tetapi dibebankan kepada guru yang mempunyai kapabilitas dan mampu mengatur ekstrakurikuler dengan baik, untuk pengajar/pembina merupakan guru dari luar sekolah, sapras sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah. Pelaksanaan ekstrakurikuler sebagaimana sudah dijadwalkan dilaksanakan diluar jam pelajaran. Pemantauan kegiatan dilakukan oleh penanggungjawab dengan tetap dibawah koordinasi kepala sekolah dan kepala urusan kesiswaan. Masalah yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan diselesaikan/dicarikan solusi secara musyawarah. Pengevaluasian ekstrakurikuler dilaksanakan setiap akhir semester dilakukan oleh penanggungjawab ekstrakurikuler sesuai dengan indikator pengevaluasiannya yakni evaluasi jenis kegiatan, evaluasi pengajar/pembina, dan evaluasi peserta didik. Tindak lanjut yang dilakukan adalah apabila ada ekstrakurikuler yang tidak berjalan maka akan diganti dengan ekstrakurikuler lain, pengajar/pembina yang kinerjanya bagus ada perpanjangan kontrak namun sebaliknya akan diberhentikan sesuai dengan masa habis kontraknya kemudian pihak sekolah membuka kembali open recruitment, dan bagi peserta didik sebagai nilai pada rapor.
Perencanaan Pemasaran Jasa Pendidikan Ibrahim Ibrahim; Anitah Anitah; Choirun Niswah
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.1511

Abstract

Artikel ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Bagaimana perencanaan pemasaran jasa Pendidikan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan pemasaran jasa pendidikan. Metode penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian perencanaan pemasaran jasa Pendidikan yang di terapkan 1) mengembangkan produk jasa dengan mengenalkan kualitas produk berupa pelayanan yang berkualitas dan keunikan produk yang dimiliki berupa program pendidikan yang diminati masyarakat. 2) melakukan strategi penurunan biaya atau biaya rendah, strategi ini digunakan oleh SMA Ethika untuk bertahan di era pendidikan yang semakin kompetitif, strategi yang digunakan dengan menyesuaikan keadaan masyarakat di lingkungan sekolah, diharapkan dengan biaya yang rendah dapat membantu siswa yang kurang mampu untuk dapat mengembangkan pendidikan yang berkualitas, dengan biaya yang rendah sekolah juga tetap menjamin bahwa siswa mendapatkan fasilitas yang berkualitas.
Pengelolaan Kelompok Kerja Guru Dalam Menigkatkan Kompetensi Profesional Devi Rahayu Datuewela; Besse Marhawati; Arifin Arifin
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.1776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan KKG dalam peningkatkan profesional guru, (2) pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan profesional guru, (3) evaluasi KKG dalam peningkatkan profesional guru, (4) tindak lanjut program KKG dalam peningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Jumlah subyek penelitian 39 orang. Tehnik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) perencanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk kategori sangat baik, (2) pelaksanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk dalam kategori sangat baik, (3) evaluasi dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan professional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup baik, (4) tindak lanjut dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup baik.
Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online Sitti Nurkia; Sulkifly Sulkifly
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.1777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pendaftaran sistem penerimaan peserta didik baru berbasis online, (2) proses seleksi sistem penerimaan peserta didik baru berbasis online, (3) proses pengumuman hasil seleksi yang diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru berbasis online. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Subyek penelitian ini adalah panitia pelaksana penerimaa peserta ddik baru yang berbasis online sejumlah 86 orang panitia. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis deskriptif presentasi dan kriteria. Hasil menunjukan bahwa: (1) proses pendaftaran sistem penerimaan peserta didik baru berbasis online berada pada kriteria sangat efektif (2) proses seleksi sistem penerimaan peserta didik baru berbasis online berada pada kriteria cukup efektif (3) proses pengumuman hasil seleksi yang diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru berbasis online berada pada kriteria efektif. Hal ini menyatakan penerapan sistem penerimaan peserta didik baru berbasis onlinedi SMP Negeri Kabupaten Tana Toraja berada pada kategori efektif sehingga pihak Sekolah harus mengupayakan bekerja sama dan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat agar proses PPDB Online ini bisa berjalan dengan efektif dan efisien pada setiap sekolah yang ada di Kabupaten Tana Toraja. Untuk disarankan: Bagi Dikbudpora yaitu Meningkatkan kualitas dan kuantitas bandwich dari aplikasi penerimaan peserta didik baru berbasis online. Bagi Sekolah Meningkatkan kemampuan tenaga operator panitia dalam menggunakan aplikasi. Perlu sosialisasi yang mendalam secara menyeluruh terhadap masyarakat atau orang tua murid siswa mengenai mekanisme penerimaan peserta didik baru berbasis online.
Manajemen Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan KMS Badaruddin; Ibrahim Ibrahim
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.2235

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Pengadaan Sarana Pendidikan di MTs Nurul Muhajirin Sukatani, Banyuasin-Sumatera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini dalam pengadaan sarana menampung usulan dari berbagai sumber, menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan yaang medesak, menyesuikan dengan skala prioritas dengan keadaan keuangan sekolah, untuk perencanaan pengadaan selama 1 semester
Staycation Inovasi Produk untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Perhotelan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Perspektif Manajemen Pendidikan Islahuddin Islahuddin; Muhammad Arfin Muh Salim
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.2253

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah paradigma wisatawan dalam mencari pengalaman liburan yang aman dan nyaman. Salah satu alternatif populer yang muncul adalah staycation di hotel, di mana wisatawan dapat menikmati pengalaman berbeda di dalam kota tempat tinggal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi staycation sebagai strategi inovasi produk pada industri perhotelan di Kota Bandung, Jawa Barat, dengan perspektif manajemen pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap manajer hotel dan pelanggan yang menggunakan layanan staycation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staycation dianggap sebagai strategi inovatif yang efektif dalam menarik pelanggan dan meningkatkan pendapatan hotel. Namun, implementasi staycation juga memerlukan perubahan dalam manajemen hotel dan pengembangan keterampilan karyawan untuk menyediakan layanan staycation yang berkualitas. Oleh karena itu, manajemen pendidikan dapat membantu industri perhotelan dalam mengembangkan kemampuan karyawan untuk menghadapi perubahan era adaptasi kebiasaan baru, termasuk pengembangan layanan staycation.
Pelaksanaan Ritual Kelahiran Anak dan Relevansinya Dengan Nilai Pendidikan Islam Pada Masyarakat Jawa Amilda Amilda
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i2.2279

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pelaksanaan Ritual Kelahiran Anak dan Relevansinya Dengan Nilai Pendidikan Islam Pada Masyarakat Jawa di Martapura. Jenis penelitian yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara juga dokumentasi. Teknik analisis data, dimulai dari data display, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yakni melalui triangulasi terdiri dari triangulasi waktu, sumber dan metode. Dari hasil pembahasan bahwa dalam pelaksanaan ritual atau ibadah baik wajib maupun yang sunnah, baik ritual pra dan pasca kelahiran anak masyarakat Jawa yang dilakukkan masyarakat Martapura masih dilakukan dalam batas kewajaran dan tidak melanggar syariat agama. Kegiatan yang dilaksanakan mengandung nilai ibadah dan juga salah satu aktivitas menghidupkan dakwah Islami, serta sedekah yang di berikan setelah kegiatan ritual ataupun selamatan. Nilai pendidikan Islam pada ritual pra kelahiran yang meliputi empat bulanan (telon-telon) dan nujuh bulanan (piton-piton), Nilai-nilai pendidikan Islam pada ritual pasca kelahiran yang meliputi mendhem ari-ari, brokohan, sepasaran serta selapanan. Pelaksanaan ritual-ritual pasca kelahiran yang dilaksanakan sama dengan membaca bacaan ayat-ayat dari Al-Qur-an, tahlil, serta solawat dan di akhiri dengan sedekah dari shohibul hajat. Nilai pendidikan Islam bahwa dari kegiatan ini setidaknya ada proses melatih anak baik yang belum lahir atau sudah lahir untuk selalu mengulurkan tangan, suka memberi kepada orang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 8