cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021)" : 10 Documents clear
KEBIJAKAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BAHASA DAN SASTRA MINANGKABAU DI SD/SMP KOTA PARIAMAN SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA BASHORI BASHORI; AULIA MITHA ARDININI
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.262

Abstract

Pembelajaran muatan lokal, merupakan salah satu wujud upaya pelestarian budaya di suatu  daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kebijakan pemerintah kota Pariaman mengenai diberlakukannya kembali muatan lokal dengan title Bahasa dan Sastra Minangkabau di tingkat SD dan SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus (case studi), dimana peneliti menjadi instrument kunci. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan muatan lokal wajib bahasa dan sastra Minang Kabau di Kota Pariaman belum sepenuhnya  terealisasi dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku. Hal itu dapat diliat dari beberapa komponen pembelajaran yang di teliti berupa 1) Pelaksanaan muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau belum mencapai sesuai tujuan sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 32 tahun 2013. Selain itu, kebijakan yang masih terbilang baru karena diberlakukan pada masa pandemi 2020 sehingga pelaksanaan pembelajaran belum optimal; 2) Metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di SD maupun SMP pada umumnya masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Namun, kedua metode ini belum mengantarkan pada tujuan kurikulum 2013 dan belum terealisasi dengan baik; dan 3) Materi pembelajaran untuk saat ini masih mengedepankan kesepakatan dari guru-guru di kota Pariaman, dan belum adanya buku pedoman terkait sumber pembelajaran serta belum terstrukturnya RPP dengan baik.
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN INOVASI PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 31 BATANG HARI SUKATIN -; ANDRI ASTUTI; AMRIZAL -; DARYANA -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.242

Abstract

Kegiatan pendidikan khususnya di sekolah, saat ini membutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional. Kepemimpinan transformasional yaitu mentransformasikan atau mengubah sesuatu menjadi bentuk yang berbeda. Misalnya mentransformasi visi menjadi realita, potensi menjadi aktual, laten menjadi manifes dan sebagainya. Sedangkan inovasi pendidikan dapat dikatakan sebagai sebuah usaha untuk mengadakan suatu perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik dalam bidang pendidikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan di SMP Negeri 31 Batang Hari, mendeskripsikan kendala kepala sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan di SMP Negeri 31 Batang Hari. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan trnasformasional kepala sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan di SMP Negeri 31 Batang Hari adalah melalui pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah melibatkan tenaga pendidik dan kependidikan, memotivasi dan menginspirasi segenap komponen sekolah dalam sikap disiplin dan sikap kerja, memberikan arahan dan bimbingan tenaga pendidik dan kependidikan untuk bernai melakukan hal yang inovatif. Kendala kepala sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan di SMP Negeri 31 Batang Hari adalah minimnya sarana dan prasarana, serta rendahnya motivasi kerja sebagian tenaga pendidik dan kependidikan.
ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL MA ARIF HIDAYATUL MUBTADI’IN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU RIKA MELYANTI; NUR YUSUF
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.263

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru dalam penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al MA’ARIF Hidayatul Mubtadiin. Rumusan masalah penelitian  yakni 1) Bagaimanakah Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Al MA Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu?, 2) Apakah impelementasi kurikulum 2013 yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak sudah berjalan efektif dan maksimal di MTs Al-MA Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu ?. Sedangkan tujuan penelitian yakni 1) Untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ma’Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, 2) Untuk mengetahui seberapa efektif dan maksimal impelementasi kurikulum 2013 yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak di MTs Al-Ma Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Mubtadiin, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Analisis penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak dapat diterapkan dengan sangat baik sesuai dengan langkah-langkahnya dalam menerapkan kurikulum 2013, sebagaimana berdasarkan hasil penelitian terlihat dari 2 kali observasi dengan  3 guru akidah akhlak menunjukkan dalam tiap pertemuannya mengalami peningkatan yang baik dalam pelaksanaannya, hal ini terlihat hasil observasi pertama guru pertama yakni mencapai 56% dan pertemuan kedua 86%, sedangkan hasil observasi guru kedua pertemuan pertama mencapai 78% dan pertemuan kedua mencapai 91% selanjutnya observasi guru ketiga pertemuan pertama mencapai 82% dan pertemuan kedua mencapai 86%, berdasarkan hasil ini dapat dikatakan penerapan kurikulum 2013 mengalami peningkatan sangat baik dimana mencapai rata-rata 81%-100% atau dapat dikatakan sempurna dalam penerapannya. 
KONSEP DASAR SUPERVISI PENDIDIKAN BESERTA KAJIAN ADMINISTRASI YANG BERKAITAN DENGANNYA SULISTIYOWATI GANDARIYAH AFKARI; LIAS HASIBUAN; KASFUL ANWAR
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.243

Abstract

Pengorganisasian (organizing), pengkoordinasian (coordination), komunikasi, supervise, kepegawaian (staffing), pembiayaan (budgeting), penilaian (evaluating). Secara umum administrasi pendidikan mengandung tujuan yang bervariasi yang disesuaikan pada bidang serta ilmu administrasi, salah satunya adalah administrasi pendidikan. Setiap pelaksanaan administrasi selalu diarahkan kepada sasaran maupun tujuan yang akan dicapai. Bila digandengkan pada konteks tujuan administrasi pendidikan maka peran administrasi dijadikan sebagai pendukung keberhasilan penyelenggaraan pendidikan untuk menggapai tujuan pendidikan. Administrasi Pendidikan berkaitan dengan segala materi, personil guru, perencanaan, kerjasama, kepemimpinan, kurikulum, dan kesiswaan dan lainnya. Semuanya dapat memungkinkan untuk dikelola dengan baik jika terdapat administrasi pendidikan yang baik, kepemimpinan yang tegas, dan mustahil tercapainya tujuan yang tidak diinginkan. Jika tidak ada administrasi pendidikan yang baik, maka semua nya mustahil berjalan dengan baik. Administrasi juga merupakan sumber utama manajemen dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya suatu tujuan terpenting pada lembaga pendidikan dan Administrasi Pendidikan itu tidak hanya membahas tentang catat-mencatat, keuangan, melainkan bagaimana kita dapat melaksanakan proses organisasi itu sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan secara efektif dan efisien.
MEMAHAMI TENTANG MODEL, STRATEGI, METODE, PENDEKATAN, TEKNIK, DAN TAKTIK RAJA LOTTUNG SIREGAR
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.251

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan guru dalam mentransfer ilmu kepada siswa tidak akan terlepas dari model, strategi, metode, pendekatan, teknik, dan taktik. Jika hal tersebut dapat dikuasai guru dengan baik, maka pembelajaran akan menarik dan menyenangkan. Selain dari itu juga akan memberikan kemudahan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah sehingga pesan yang disampaikan akan dipahami siswa. Dengan demikian apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
ORGANISASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM JOGIE SUADUON; LIAS HASIBUAN; KASFUL ANWAR
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.240

Abstract

Secara sederhana organisasi memiliki tiga unsur, yaitu ada orang ada kerjasama dan ada tujuan bersama. Tiga unsur organisasi itu tidak berdiri sendiri-sendiri, akan tetepi saling terkait atau saling berhubungan sehingga merupakan suatu kesatuan yang utuh. Manajemen Pendidikan untuk saat ini merupakan hal yang harus diprioritaskan untuk kelangsungan Pendidikan sehingga menghasilkan keluaran yang diinginkan. Kenyataan yang ada, saat ini banyak institusi Pendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya. Manajemen yang digunakan masih konvensional, sehingga kurang bisa menjawab tantangan zaman dan terkesan tertinggal dari modernitas. Oleh karena itu, Manajemen Pendidikan dalam perkembangannya memerlukan apa yang dikenal dengan Good Management Practice untuk pengelolaanya. Tetapi pada praktiknya, Good Management Practice dalam Pendidikan masih merupakan suatu yang ekslusif. Banyak penyelenggara Pendidikan yang beranggapan bahwa manajemen Pendidikan bukanlah suatu hal yang penting, karena kesalahan persepsi yang menganggap bahwa domain manajemen adalah bisnis.
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-GHAZALI (SEBUAH ANALISIS TERHADAP KURIKULUM PAI) HIDAYATI -; NUR AISYAH
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.261

Abstract

Islam adalah aga yang sempurna dan telah disempurnakan ajarannya meliputi aqidah, ibadah, akhlak, dan syari’ah, sehingga umat yang menganutnya akan terjamin kebahgaian dunia dan akhirat jika mau melaksankaan ajaran-ajaran Islam ini pun sudah termasuk ibadah, jika diniatkan karena Allah SWT. Al-Ghazali mengemukakan tujuan Pendidikan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, bvukan untuk mencari kedudukan yang menghasilkan uang. Dalam Menyusun kurikulum pelajaran AL-Ghazali memberi perhatian khusus pada ilmu-ilmu agama dan etika sebagaimana dilakukannya terhadap ilmu-ilmu yang sangat menentukan bagi kehidupan masyarakat. Dengan kata lain, Ia mementingkan sisi yang faktual dalam kehidupan. Mata pelajaran yang seharusnya diajarkan dan masuk dalam kurikulum menurut Al-Ghazali didasarkan pada dua kecenderungan yaitu pertama kecenderungan agama dan tasawuf, kedua, kecenderungan pragmatis.
ADMINISTRASI PENDIDIKAN: UNSUR DAN BIDANG GARAPAN ADMINISTRASI PADA SEKOLAH RAMANDHA RUDWI HANTORO; LIAS HASIBUAN; KASFUL ANWAR
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.241

Abstract

Administrasi merupakan sistem yang dibuat untuk mempermudah sistem kerja pada sebuah lembaga organisasi agar proses pelaksanaannya efektif dan efisien. Pada Artikel ini berusaha untuk menguraikan bagaimana proses pelaksanaan administrasi dalam bidang pendidikan khusunya tentang unsur dan bidang garapan administrasi sekolah. Artikel ini menggunakan metode “literatur review” dalam menggali dan mendapatkan data. Data dalam artikel ini diperoleh melalui jurnal-jurnal ilmiah, artikel hasil penelitian, dan buku yang relevan tentang unsur administrasi dan bidang garapannya di sekolah. Hasil penelusuran dan kajian literatur menunjukkan bahwa ada delapan unsur dalam kajian administrasi sekolah, yaitu: organisasi, manajemen, komunikasi, tata Kelola/tata usaha, personalia/kepegawaian, finansial/keuangan, fasilitas, dan humas. Kedelapan unsur ini saling berkaitan satu sama lain dalam proses pelaksanaannya. Delapan unsur ini juga menjadi bidang garapan administrasi pendidikan di tingkat sekolah dimana tiga unsur utama dalam administrasi pendidikan, yaitu: peserta didik, pendidik, dan kurikulum menjadi inti administrasi pendidikan yang didukung oleh lima unsur lainnya, yaitu: organisasi, finansial, sarana dan prasarana, tata usaha, dan kehumasan.
KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM RAMBAH Dwi Restiana
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.337

Abstract

ANALISIS KEBIJAKAN IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA STANDAR PROSES DI SEKOLAH (SMAN 14 KEL. SIMPANG TIGA KEC. BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU). Sarmadhan Lubis
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.420

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10