cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2022)" : 24 Documents clear
URGENSITAS NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS Syarifah Rahmah; Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.321

Abstract

ABSTRAKBudaya religius tidak terbentuk secara instan melainkan melalui proses implementasi nilai-nilai pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan dikenal dengan sebutan Tri Sentra Pendidikan, yaitu lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan rumah. Interaksi positif antara ketiga aspek lingkungan pendidikan menjadi nilai primordial pembentuk budaya religius. Metode penelitian menggunakan paradigma kualitatif dengan Teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan praktik budaya religious merupakan bentuk pendidikan berbasis agama dan bentuk kontrol sosial yang efektif baik dalam arti sempit mencapai pendidikan moral akhlak dan dalam arti yang lebih luas berkontribusi pada stabilitas tatanan sosial yang statis. Internalisasi nilai pendidian agama Islam dan lingkungan pendidikan diterapkan melalui beberapa strategi, (1) power strategy, pembudayaan agama di lingkungan keluarga menggunakan kekuasaan; (2) persuasive strategy dijalankan melalui pandangan warga sekolah; (3) normative educative, norma sebagai aturan yang berlaku di masyarakat untuk menanamkan dan mengganti paradigma berpikir masyarakat yang konservatif dan inovatif. Implikasi penelitian agar penerapan budaya religius membentuk individu siswa memiiki kepribadian yang baik dan santun, mampu bersikap ditengah masyarakat luas, dapat menjadi contoh yang baik. 
KAJIAN KRITIS TERHADAP EPISTIMOLOGI ILMU: TEORI PENGETAHUAN DAN METODE ILMIAH Aji Muhammad Iqbal
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.312

Abstract

ABSTRACKIn everyday life humans often encounter phenomena that make humans feel amazed, astonished. It gives rise to man's curiosity about the symptoms of nature or humans want to try to find answers to the problems they face. In essence, we expect the right answer, and not just an answer that is just any. . Then there is the problem, how do we develop the right knowledge. It is this problem that in the study of philosophy is called epistemology, and the basis of scientific epistemology is the scientific method. This research is a library research or literature research that is a problem and the collection of research data is sourced from primary data (principal) and secondary data (supporting data) sourced from literature in the form of books, journals, and other publications. It can be seen that Knowledge is everything that mabusia captures about objects as a result of the process of knowing, both through the senses and the sense. The method for finding it can be seen with the scientific method. The practice of the field is called scientific activity, a work that is constantly conducting scientific research to achieve the truth.
DESCRIPTION OF STUDENTS' SPIRITUAL INTELLIGENCE IN ISLAMIC EDUCATION SUBJECTS Muzakkir Muzakkir; Wahyu Hidayat; Hamsiah Hamsiah; Sunni Lathifu
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.317

Abstract

ABSTRACTSpiritual intelligence helps a person to find meaning in life and happiness. A person's intelligence can be shown in his daily behavior. This study aims to identify the description of students' spiritual intelligence. The method used in this research is a qualitative method with a case study approach at SMP Negeri 3 Parepare. Data collection techniques used in this study through interviews, observation, and documentation. The main instrument in qualitative research is the researcher himself. The step is to examine all existing data, and then researchers can draw certain conclusions from the results of their understanding based on the communication process approach so that the data is saturated. The results show that students have the ability to adapt to the environment, both at school and at home, as well as they really value time, every task given by their teacher, always completes it on time, they also respect the opinions of others. Have a spirit of awareness for the importance of reading the Qur'an. Participate in helping and participating in the success of learning to read the Qur'an with recitation songs in extracurricular Islamic spiritual development so that good relationships and cooperation are established between students and the surrounding community. have an independent nature because they have a good habit of praying Duha without being asked by their PAI teacher and getting up to pray at dawn without being woken up by their parents.
HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU Samsul Anuar; Hidayati Hidayati
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.322

Abstract

BSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku keagamaan siswa dalam sehari-harinya di sekolah. Sedangkan tujuan penelitian yakni 1) Untuk mengetahui ada hubungan atau tidaknya antara disiplin belajar siswa terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, 2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara disiplin belajar siswa terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, hal ini dibuktikan dari hasil uji t hitung yakni 5.08 lebih besar dari t tabel (5,08>1,671), maka dapat dinyatakan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) di tolak. Seberapa besar tingkat hubungan antara disiplin belajar terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu yakni sebesar 28,4%, sedangkan sisanya 71,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
PENDIDIK DAN KONSELOR DALAM KOMPETENSI PEDAGOGIK, KEPRIBADIAN, PROFESIONAL DAN SOSIAL (Perspektif Pendidikan Islam) Bambang Supradi
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.313

Abstract

ABSTRAKMembahas tentang pendidik adalah membicarakan tentang siapa yang mendidik dan mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Begitu juga berbicara konselor, maka berbicara siapa yang melakukan pekerjaan konseling untuk membantu mengatasi masalah hidup atau kesulitan yang dialami oleh konseli dalam rangka meningkatkan kualitas dirinya. Pendidik dan konselor merupakan unsur inti yang memegang peranan amat penting untuk mewujudkan pekerjaan mendidik dan mengkonseling. Salah satu bentuk ibadah itu, menurut A. Malik Fadjar adalah melakukan pengelolaan dan penataan kehidupan di alam ini dengan spiritualitas ketundukan kepada Tuhan dan semangat saling membutuhkan dan bekerja sama yang bersendikan tingkah laku pro-sosial demi mewujudkan hubungan harmonis secara vertikal dan  horizontal. Untuk menjalankan tugas beribadah dan mengelola alam ini, manusia telah dibekali dengan sejumlah potensi, tetapi potensi itu hanya dapat berkembang secara maksimal jika diupayakan melalui pendidikan. Secara garis besarnya, tugas pendidik jika dikaitkan dengan tugas Rasul Saw. yang disebutkan dalam surah al-Jumu’ah ayat 2 mencakup tiga dimensi, yakni: yatlū, yu’allim, dan yuzakkī, sebagaimana dalam ayat “Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata (QS. al-Jumu’ah/62: 2).
PENERAPAN METODE GRAMATIKAL DAN TERJEMAH DALAM PROGAM KHUSUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD KAMPUS SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI MANDAILING NATAL Syaipuddin Ritonga; Fadlan Masykura Setiadi
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.318

Abstract

طريقة التدريس فهي مجموعة الأساليب التي يتم بواسطتها تنظيم المجال الخارجي للمتدريس من أجل تحقيق أهداف تربوية معينة . أما المشكلة هذا البحث كيف كان حال تطبيق طريقة القواعد والترجمة في البرنامج الخاص لتدريس اللغة العربية بمعهد جامعة مندايلينج ناتل. أما أغراض هذا البحث حيث يكون تصويرا للمحاضرين والطلبة عن عملية التدرسية اللغة العربية وطرق التدريس المستعملة فيها. وأما منهج  المستخدمة في هذا البحث فهي البحث الميداني الكيفي والتحليلي، والطريقة المستخدمة هى طريقة ملاحظة والمقابلة. وأما نتيجة عن هذا البحث هو إن خبرة الأساتيذ في تطبيق طريقة القواعد والترجمة  مختلفة ومتنوعة. وتبدو هذه الاختلافات يسببها عدم الخطة الدراسية والمؤشرات والمعايير، وتنطلق تلك اختلافات أيضا من مهارات الطلبة اللغوية في الفصل الدراسي. ومزايا طريقة القواعد والترجمة هي تدريبات الكتابة بالحروف الهجائية. وأما العيوب هي يحتاج إلى محافظة المفردات والمصطلحات النحوية ويحتاج إلى الجهد الكبير والأوقات الواسعة والتدريبات الكثيرة لأن كثير من الطلبة لايفهمون اللغة العربية وغيرها.
ANALISA MINAT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS IV MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AMALIYAH BABUSSALAM DESA KEPENUHAN Siti Wasilah; Dwi Restiana
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.323

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa kelas IV yang masih rendah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Amaliyah Babussalam Desa Kepenuhan berupa siswa yang mayoritas siswa laki-laki kurang bersemangat dan kurang tertarik dalam belajar Akidah Akhlak, sehingga minat belajar siswa tergolong kurang seperti keluar masuk kelas, mengobrol dengan teman, mencontek ketika diberikan tugas dan tidak membawa buku pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa laki-laki dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV Madrasah Diniyah Takmiliyah Amaliyah Babussalam Desa Kepenuhan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yakni minat belajar siswa laki-laki di  kelas IV MDTA Babussalam terlihat para siswa laki-laki dapat menjalankan setiap indikator yang ada pada minat belajar, sehingga hal ini membuktikan bahwa para siswa laki-laki tersebut memiliki minat dalam belajar pada pelajaran Akidah Akhlak. Minat belajar siswa laki-laki kelas IV MDTA Babussalam secara rata-rata sudah tergolong sangat baik, hal ini menunjukan rata-rata mencapai 86,67% berada pada interval 80%-100%. Artinya minat belajar siswa laki-laki pada pelajaran Akidah Akhlah sudah tergolong sangat baik.
PROSES KOGNITIF PADA PENGHAFAL AL-QUR’AN Icha Fara Diba; Abdul Muhid
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.314

Abstract

ABSTRACTMemorizing the Qur'an is an effort to remember, understand the content in the Qur'an and to maintain its authenticity. Studying the Qur'an is obligatory and memorizing the Qur'an is fardhu kifayah. However, the benefits of memorizing the Qur'an on human intelligence are enormous. In this article the focus aims to explain the cognitive process of memorizing the Qur'an in which it will be studied from psychological factors that affect the cognition of memorizing the Qur'an. Both from intelligence, emotional and spiritual intelligence. So the authors found the impact of the cognitive process of memorizing the Qur'an. This article uses a literature review research method. The findings of this study indicate that there are several ethics in memorizing the Qur'an in accordance with Islamic teachings, stages of the cognitive process in memorizing the Qur'an and psychological factors that affect memorizing the Qur'an.
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL REMAJA SMP NEGERI 6 TAMBUSAI UTARA Sri Wahyuni; Ayu Mentari Mutmainnah
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.319

Abstract

BSTRAKSelf control (pengendalian diri) sangat penting dimiliki oleh remaja karena berbagai perubahan budaya dan gaya hidup akibat globalisasi menuntut seseorang untuk bersikap dan menempatkan diri sesuai keberadaannya di tengah-tengah orang lain dengan ragam budaya yang ada. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam yang dimaksud dalam penelitian ini adalah usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan self control (pengendalian diri) remaja di SMP Negeri 6 Tambusai Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu mendiskripsikan dan menjelaskan tujuan Pendidikan Agama Islam dalam membina Self control (pengendalian diri) siswa, mendiskripsikan dan menjelaskan pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dan mendiskripsikan upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan  Self control (pengendalian diri) siswa  di SMP  Negeri 6 Tambusai Utara.
PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN Bashori Bashori; Zulkifli Zulkifli
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v11i1.324

Abstract

AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan  yakni untuk meninjau seperti apa penerapan manajamen keuangan Pendidikan pada Pondok Pesantren pada aspek melakukan sebuah rencana ,aspek melaksanakan kegiatan,aspek mengevaluasi  dan pertanggung jawaban serta pemanfaatan dana yang ada di Pondok Pesantren At-Thoyyibah Indonesia.Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif analisis ,yang mana penelitian ini menampilkan apa yang terjadi ditempat kejadian atau lapangan dan di wilayah yang ditentukan.  Pada penelitian ini menggunakan 2 teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara.Sumber data dan informasi berasal dari Kepala madrasah,bendahara, dan kepala Tata Usaha.Hasil penelitian yang didapat bahwa penerapan manajemen keuangan yang ada di Pondok Pesantren At-Thoyyibah dilaksanakan sudah cukup baik. Proses manajemen yang dilakukan diawali dengan perencanaan. Pada prosespelaksanaan keuangan disekolah terdapat dua kegiatan yakni pemasukan dan pengeluaran. Sumber dana berasal dari Dana Bos, Uang SPP para siswa, bantuan dari alumni dan masyarakat. Evaluasi dan pertanggung jawaban keuangan sudah dilakukan secara rutin dengan sistem tulis dan lisan,melalui rapat kerja.Penerapan keuangan pada Pondok Pesantren At-Thoyyibah sudah baik dengan sistem tranparansi.

Page 1 of 3 | Total Record : 24