cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain" : 18 Documents clear
Perancangan Thematic Fashion dengan Pemanfaatan Teknik Fabric Manipulation Dyeing dan Painting Berlyn Valerie Cahyadi; Deddi Duto Hartanto; Mendy Hosana Malkisedek
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.17675

Abstract

Akhir-akhir ini, pemerintah gencar membangun industri kreatif di Indonesia. Salah satunya adalah subsektor fashion. Pasalnya, subsektor fashion merupakan subsektor penyumbang PDB tertinggi kedua. Meluasnya dunia fashion menuntut kita untuk meningkatkan kreativitas. Hal ini juga tergambarkan dari permintaan konsumen yang besar khususnya busana pesta yang saat ini, busana bukan hanya mengenai fungsionalitas saja tetapi, juga estetika. Namun, kreativitas selalu dibatasi dengan adanya keterbatasan sumber daya manusia dan material. Contohnya, keterbatasan warna kain yang dimiliki maupun kecenderungan kain yang monoton di pasaran. Hal ini terutama terjadi pada busana thematic fashion yang memerlukan banyak ornamen serta berfokus pada inovasi dan kreativitas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan yang ada penulis menggunakan metode kualitatif dalam pemberdayaan ini. Di mana pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan beberapa analisis dari sumber literatur. Melalui pemberdayaan ini, penulis ingin mengembangkan thematic fashion dengan pemanfaatan teknik fabric manipulation dyeing dan painting yang mampu menjadi alternatif serta meningkatkan nilai dan seni busana.
Serial Animasi Astronomi Berbasis Edutainment untuk Siswa Sekolah Dasar: Episode Planet Merkurius Muhammad Khoirul Murtadlo; Didit Prasetyo
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.16421

Abstract

Astronomi sebagai salah satu kelimuan dalam sains, dapat membuka wawasan anak terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di langit serta dampaknya terhadap kehidupan di bumi. Planet merkurius sebagai planet urutan pertama dari matahari dapat menjadi langkah awal siswa untuk mempelajari astronomi khususnya materi mengenai sistem tata surya. Namun, materi astronomi yang cukup sulit membutuhkan media kreatif untuk membantu visualisasi siswa dalam memahami materi. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat animasi 3D mengenai planet Merkurius menggunakan konsep edutainment sebagai media pembelajaran alternatif untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah studi literatur, studi eksisting, studi video, kuesioner, dan depth interview. Perancangan ini menghasilkan animasi berdurasi 7 menit untuk first half dari episode pilot berjudul “Taman Siswa+”. Dengan menggunakan konsep edutainment, siswa dapat belajar materi planet Merkurius secara menyenangkan. Animasi ini memadukan penggunaan aset 3D untuk interaksi antar tokoh dan aset 2D untuk menjelaskan konten edukasi sebagai penyegar visual.
Anak Dalam Iklan: Tinjauan Etika Periklanan dalam TVC Selama Ramadhan 2023 Nurhablisyah Nurhablisyah
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.21236

Abstract

Ramadhan 2023 diselenggarakan pada akhir Maret hingga April 2023. Seperti bulan Ramadhan lainnya di negara dengan jumlah penduduk muslim yang besar, Ramadhan berarti peningkatan konsumsi dan penjualan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pihak marketing dengan menyediakan iklan televisi (TVC) khusus Ramadhan. Karena keluarga dan anak-anak banyak mengkonsumsi barang-barang kebutuhan rumah tangga, maka banyak iklan yang menyertakan anak-anak sebagai daya tarik visualnya. EPI (Etika Pariwara Indonesia) 2020, telah mengatur tentang konten iklan. Setidaknya, ada 15 iklan yang menggunakan anak-anak dalam konten visualnya, baik sebagai pemeran utama maupun pemeran pendukung. Keberadaan anak sebagai pendukung pemasaran harus dipertimbangkan dengan matang, karena penelitian menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia miskin literatur tentang tujuan iklan. Untuk itu, masyarakat, pemerintah, akademisi, dan industri periklanan harus bekerja sama secara sinergis untuk menyediakan lingkungan yang lebih baik bagi anak-anak. Dengan memperhatikan etika dalam beriklan dan bermedia secara bijak, serta memberikan lebih banyak literasi media kepada masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran literasi dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi generasi penerus bangsa.
Perancangan Ilustrasi sebagai Media Promosi dan Visual Branding Pantai Cibuaya Kaffah Imanuddin M.R. Santosa; Ari Purno Wahyu
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.17398

Abstract

Pantai Cibuaya adalah salah satu objek wisata yang berada di Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Banyak tempat-tempat yang berpotensi untuk dikunjungi disini. Mulai dari pantai - pantainya yang indah untuk bermain dan berselancar dan hal yang paling khas dengan kawasan Cibuaya ini ialah konservasi penyu. Sebagaimana kita ketahui penyu adalah hewan yang dilindungi saat ini. Bahkan menurut Kementerian kelautan dan perikanan penyu merupakan salah satu hewan laut yang terancam punah. Upaya untuk menambah pengetahuan atau informasi tentang tempat wisata pantai Cibuaya ini dengan cara merancang ilustrasi untuk mengangkat potensi dan karakter yang ada pada pantai Cibuaya dalam bentuk visual yang informatif dan menarik, kemudian dapat diaplikasikan terhadap media - media promosi. Metode perancangan promosi pantai Cibuaya, tersebut menggunakan metode Design thinking yang berangkat dari empati hingga testing terhadap pengguna. Diharapkan dengan adanya perancangan ilustrasi yang dapat diimplikasikan kedalam berbagai media promosi ini, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung serta dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada tahun - tahun berikutnya.
Skema Perancangan Wayfinding – Signage bagi Desain Komunikasi Visual Mochamad Ficky Aulia
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.17695

Abstract

Desain Informasi merupakan salah satu pondasi dasar dalam keilmuan Desain Komunikasi Visual. Muatan materinya memiliki tingkat kegunaan yang tinggi baik di tingkat isu kuantitatif maupun kualitatif. Di antara tersebut salah satu muatannya adalah Desain Wayfinding atau terkenal dengan istilah Environtmental Graphic Design (EGD), yang juga menurunkan klasifikasi Signage di dalamnya. Eksklusivitas keilmuan ini terletak bagaimana ia memerankan informasi melalui serangkaian teks dan simbol visual (berupa ikon) namun terkemas dalam penyederhanaan bentuk hingga mencapai tingkat efektivitas bagi para pengakses. Di dalam konteks tujuan yang lebih besar, EGD sekaligus berkemampuan untuk menghadirkan suatu nilai citra yang dibutuhkan oleh lembaga terkait dalam menerapkan identitas visual di dalam unsur informasinya. Melalui metode kualitatif dan pendekatan problem based learning yang dilakukan secara berjenjang dan konsisten selama tiga tahun, tulisan ini merupakan hasil dari penelitian dalam pembelajaran yang berbuah suatu metode yang dibutuhkan secara general namun sekaligus adaptif bagi para peserta didik, di dalamnya memuat penjelasan spesifik dari apa yang telah dirancang oleh penulis mengenai sebuah skema perancangan wayfinding. Skema yang termaksud yaitu mengenai sebuah upaya penulis dalam menerapkan sebuah alur sistematis proses terkait wayfinding yang diperuntukkan bagi para peserta didik DKV, yang di dalamnya diperoleh dari hasil pengadaptasian pola Design Thinking, 5W2H, dan metode yang digunakan oleh Chriss Calori & Vanden.
Building Regional Tourism Identity Through City Branding Logo Muhammad Ikhsan Revadoni; Mugi Raharjo; Raden Hadapiningrani Kusumohendrarto
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.16520

Abstract

This analysis is a scientific analysis of the city branding logo to build the identity of a city. City branding logo Branding a city is one way to increase the attractiveness of tourists or visitors in the tourism sector the type of research used is a qualitative research method using non-interactive methods. The logo itself usually consists of typography (Logotype), and images (Logogram), it can even consist of the merger of several City Branding Logos that will be analyzed the city branding logo from Bantul, Jogja, and Solo, of the three objects of analysis all, have an influence on the development of city branding in each region. Based on the analysis, it can be concluded that each logo has a variety of philosophies related to what is in a city so that it can build the identity of the city.
Personal Branding Anies Baswedan Calon Presiden Indonesia 2024 Melalui Media Sosial Instagram Atiek Nur Hidayati
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.21907

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis personal branding Anies Baswedan, calon Presiden Republik Indonesia tahun 2024, melalui akun Instagramnya. Kampanye politik saat ini tidak hanya bergantung pada pertemuan tatap muka, tetapi juga memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram. Dalam penelitian ini, akun Instagram Anies akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori personal branding Peter Montoya yang terdiri dari delapan konsep utama. Konsep-konsep ini dianggap sebagai strategi untuk menciptakan citra positif di mata masyarakat. Hasil analisis menunjukkan bahwa akun Instagram Anies Baswedan menerapkan konsep utama personal branding dengan baik. Dalam unggahannya, terdapat konsistensi dan kejelasan dalam menyampaikan pesan. Anies Baswedan menunjukkan kesiapannya dalam membangun citra yang baik melalui penerapan konsep-konsep personal branding. Penggunaan Instagram sebagai alat untuk mengkomunikasikan pesan-pesan tersebut dapat dianggap sebagai strategi yang efektif, mengingat tingginya penggunaan media sosial dalam ranah politik modern. Personal branding Anies Baswedan di Instagram tidak hanya sekedar upaya untuk menciptakan citra positif, tetapi juga merupakan strategi yang dapat mendukung perolehan dukungan pemilih pada Pemilu 2024. Pendekatan ini mencerminkan transformasi kampanye politik ke era digital, di mana kehadiran dan citra kandidat dapat dipengaruhi secara signifikan oleh media sosial.
Pemetaan Model AISAS Dalam Kampanye Film "Pengabdi Setan 2:Communion" Attin Rizqita Iffada; Alvanov Zpalanzani Mansoor; Ifa Safira Mustikadara
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.17507

Abstract

Pengabdi Setan 2: Communion adalah film sekuel kedua dari film pertamanya, Pengabdi Setan, yang dirilis pada 4 Agustus 2022. Strategi kampanye komersial film Pengabdi Setan 2 dipasarkan sejak bulan Juli 2022 ditandai dengan dipublikasikannya trailer film melalui YouTube Rapi Films. Dengan memanfaatkan penggemar setia yang telah menunggu sejak film pertamanya, pada kesempatan di film kedua ini, perusahaan rumah produksi memaksimalkan omzet penjualan dan menaikkan atensi masyarakat. Perkembangan strategi pemasaran dan media yang semakin beragam dimanfaatkan untuk menghadirkan ide-ide yang menarik konsumen. Kampanye disusun dengan menggunakan media yang terpadu meliputi poster kegiatan, ambient media, wahana permainan, unggahan rutin media sosial, dan merchandise. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kampanye komersial Pengabdi Setan 2 berdasarkan model komunikasi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, and Share) dengan pendekatan komunikasi visual. Model AISAS dalam kampanye ini berperan penting dalam membangun preferensi target market dengan memanfaatkan desain grafis dan periklanan sebagai sebuah strategi komunikasi atau rangkaian pesan visual yang disusun secara terencana dan bersifat komersil.
Studi Komparasi Desain Kemasan Lama Vitacimin dengan Desain Kemasan Terbaru Versi Tahun 2016 Varian Fresh Lemon Lyscha Novitasari
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.17907

Abstract

Desain kemasan saat ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi sebuah produk tertentu, tetapi lebih dari itu. Desain kemasan menjadi bagian terpenting bagi sebuah produk atau perusahaan sebagai sarana media promosi dan informasi. Hal ini dikarenakan desain kemasan menjadi bagian utama yang dapat terlihat langsung oleh calon konsumen di pasaran, yakni produk itu sendiri. Vitacimin varian Fresh Lemon merupakan produk Vitacimin yang paling sering dijumpai di pasaran. Vitacimin melakukan penyegaran desain kemasan, yakni dengan me-redesain kemasan pada tahun 2016. Dimana pada kemasan lama hanya berisi logo dan sedikin infromasi dalam bentuk teks, sedangkan pada kemasan terbaru versi tahun 2016 terdapat informasi yang lebih lengkap seperti jenis vitamin dan varian rasa, beserta gambar buah Lemon. Peneliti melakukan kajian antara desain kemasan lama dan terbaru versi tahun 2016 dengan pendekatan studi komparatif. Dimana pada studi komparatif ini bertujuan untuk mendapatkan persamaan dan perbedaan mengenai desain kemasan Vitacimin lama dengan desain kemasan Vitacimin yang terbaru versi tahun 2016 pada varian rasa Fresh Lemon. Dari hasil analisis persamaan dan perbedaan tersebut peneliti menemukan perubahan konsep yang dilakukan oleh desain kemasan Vitacimin, dimana pada desain kemasan versi terbaru tahun 2016 varian Fresh Lemon memiliki desain yang lebih estetik dan informatif untuk mempermudah konsumen dalam mengindetifikasi produk.
Implementasi Human Centered Design pada Interior Balai Paroki Gereja Santo Aloysius Gonzaga Surabaya Maria Cathy Budiman; Mariana Wibowo
Jurnal Desain Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i2.16985

Abstract

Balai Paroki disebut sebagai wadah ibadah bagi umat katolik untuk melaksanakan berbagai macam aktivitas. Banyaknya aktvitas yang dilakukan di dalam gedung ini muncul berbagai macam permasalahan yang kompleks. Beberapa gereja yang mempunyai Balai Paroki hanya dirancang sedemikian rupa agar bisa difungsikan oleh umat tanpa memperhatikan isu tersebut. Begitu juga pada objek perancangan balai paroki yang penulis lakukan. Permasalahan yang terjadi yaitu bangunan balai paroki ini belum terbentuk, sehingga bangunan ini memerlukan acuan desain yang sesuai dengan kebutuhan umat gereja. Oleh karena itu, perancangan interior balai paroki St. Aloysius Gonzaga dilakukan sehingga dapat mewadahi fasilitas umat. Perancangan Balai Paroki menerapkan metode perancangan design thingking, serta memakai metode pendekatan human-centered design dan empathic design. Dari hasil perancangan, Balai Paroki Gereja dapat menjadi sebuah fasilitas yang berguna untuk publik sebagai ruang yang bisa dimanfaatkan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Page 1 of 2 | Total Record : 18