cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan" : 16 Documents clear
The Effects of Learning Media and Motivation Towards Students' Reading Ability Dody Wahyudi Purnama
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1089

Abstract

Dody Wahyudi Purnama, The Effects of Learning Media and Motivation toward the Students’ Reading Ability at Private Colleges in Subang Regency. The aim of the research is to know the effects of learning media and motivation towards students’ reading ability at private colleges in Subang regency. The total sample constitutes 50 students. The technique of collecting data used questionnaires and reading test by multiple choice with 20-item instrument. The methodology used is experiment research to know the effects of independent variables towards dependent variable. The statistic test used descriptive statistics and Tukey comparisons. The findings are 1). There is significant effects of learning media towards students’ reading ability at private collages in Subang regency, proved by the significance 0.000<0.05 and Fo = 102,914. The average of the students’ reading ability with high motivation is greater than that of with low motivation. The mean of the experiment class equals 81.42 and conventional class equals to 68.76. 2). There is effect of motivation towards students’ reading ability at private collages in Subang regency, and proved by the value of sig 0.000< 0.05. and Fo = 14,671. The total motivation is 77.48 for high motivation students, and 72.70 for low motivation students. 3) there is effect of learning media and motivation towards the students’ reading abilty, proved by the value of sig 0.005<0.05 and Fo=8,230.
Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani Pinton Setya Mustafa; Ndaru Kukuh Masgumelar
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1093

Abstract

Penilaian adalah pengumpulan informasi dari hasil belajar peserta didik. Secara umum penilaian hasil belajar dibagi menjadi tiga aspek, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penilaian yang digunakan guru sangat beragam sesuai kondisi lapangan yang dirasakan oleh guru tersebut. Tujuan dari artikel ini adalah membahas tentang pengembangan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian kepustakaan, dengan analisis data melalui pendekatan kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penilaian sikap adalah nilai dari budi pekerti peserta didik baik secara individu maupun sosial selama mengikuti pelajaran di sekolah. Penilaian Pengetahuan merupakan hasil nilai kompetensi peserta didik dalam menggunakan akal pikiran mereka dalam menyerap materi yang diajarkan oleh guru. Penilaian keterampilan didefinisikan nilai yang diperoleh dari unjuk kerja, baik berbasis proses maupun produk, dalam pendidikan jasmani biasanya hasil kemampuan gerakan olahraga. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dalam pembelajaran, syarat utamanya minimal adalah valid, reliabel, dan objektif. Dengan instrumen yang baik, maka nilai yang diperoleh peserta didik mencerminkan kemampuan mereka yang sesungguhnya, sehingga mudah untuk memberikan tindak lanjut maupun umpan baik setelah pembelajaran.
Ekspresi Kata “Anying” dalam Berbagai Interpretasi Emosional Dialek Sunda Lusiana Suciati Dewi
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1098

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang tentang bahasa dan kebudayaan Sunda, yang memaknai sebuah ekspresi dalam berbagai interpretasi emosional pada dialek Sunda. Tujuan penelitian ini, untuk memperoleh gambaran sebanyak apa masyarakat Sunda menggunakan ungkapan kata “anying” pada berbagai tuturan ekspresi emosional dan kepada siapa saja ungkapan ini ditunjukkan, sehingga bisa di lihat nilai dan norma kebudayaan serta etika yang di pakai oleh masyarakat Sunda. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang melandasi penelitian ini yaitu dialek Sunda, kebudayaan Sunda, Dialek dalam kebudayaan Sunda, makna kata “anying”, dan fenomena kata “anying” dalam kebudayaan Sunda. Data penelitian berupa deskripsi hasil dari survey penelitian, perbedaan ungkapan dalam ekspresi emosional yang digunakan responden. Hasil penelitian diperoleh adanya perbedaan ungkapan dari berbagai jenis responden.
Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ani Yanti Ginanjar; Fajar Nugraha; Nurhasanah Nurhasanah
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Drill di kelas II SDN 01 Cintarasa, kemampuan membaca siswa di SDN 01 Cintarasa dan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II dengan penerapan metode Drill. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest Posttest Design, yaitu dengan mengadakan pretest-posttest, sehingga hasil pembelajaran dapat diketahui dengan membandingkan keadaan sebelum diberi perlakuan. Variabel dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Drill (X) dan Peningkatan Kemampuan Membaca (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 01 Cintarasa kelas II yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes (Pretest dan Posttest) dan Lembar observasi siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Kuantitatif Eksperimen. Hasil analisis statistika eksperimen menunjukan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode Drill dari hasil observasi menunjukan angka rata-rata 83,63% dengan kategori baik sekali, (2) rata -rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) yaitu 63,11. Rata-rata hasil belajar siswa (postest yaitu 82,00. (3) peningkatan kemampuan membaca dengan menerapkan metode Drill dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 25,43 dan ttabel yang di uji dengan uji dua pihak dengan db = 58,00 ? = 0,01 sebesar 2,66 maka thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode Drill lebih baik dari pada sebelum menerapkan metode Drill.
Pengaruh Metode Latihan Interval Terhadap Peningkatan Daya Tahan Aerobik (VO2Max) Mochamad Zakky Mubarok; Yudhi Kharisma
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1152

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah penerapan metode latihan interval ekstensif dan metode latihan interval intensif dalam meningkatkan daya tahan aerobik (VO2Max). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Subjek yang dijadikan partisipan dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa dari program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Metode latihan interval ekstensif memberikan pengaruh terhadap peningkatan daya tahan aerobik (VO2Max). (2) Metode latihan interval intensif memberikan pengaruh terhadap peningkatan daya tahan aerobik (VO2Max). (3) Metode Latihan interval intensif memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan metode latihan interval ekstensif terhadap peningkatan daya tahan aerobik (VO2Max). Kesimpulannya bahwa metode latihan interval intensif lebih baik dalam meningkatan daya tahan aerobik (VO2Max) dibandingkan metode latihan interval ekstensif.
Literasi Digital Orang Tua Murid PAUD Dalam Pembelajaran Daring Di Kabupaten Subang Nur'aeni Nur'aeni; Adhie Surachman; Ine Anggraini
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1161

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kompetensi literasi digital orang tua murid satuan pendidikan PAUD di Kabupaten Subang. Pendekatan dan metode pelaksanaan penelitian adalah mixed-method, Sekaligus melakukan benchmark terhadap penelitan sejenis sebelumnya mengenai literasi digital orang tua dan pembelajaran daring di tingkat PAUD pada masa normal baru. Hasil penelitian mengungkapkan informasi dari 30 PAUD yang menjadi responden dan mewakili 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Subang. Berdasarkan hasil survei diketahui proses pembelajaran daring untuk tingkat PAUD mayoritas belum dilaksanakan menggunakan platform pembelajaran digital, tapi masih menggunakan komunikasi berbasiskan pesan menggunakan media SMS/ WA. Pembelajaran menggunakan platform digital seperti Zoom sudah dicoba oleh beberapa sekolah PAUD namun terkendala rendahnya literasi digital dan sedikitnya waktu yang dimiliki oleh orang tua murid untuk mendampingi anaknya. Hal ini menunjukkan fakta bahwa meskipun hampir semua orang tua sudah biasa menggunakan dan berkomunikasi secara digital menggunakan telefon genggam atau gadget, tapi tidak paham dalam pemanfaatannya untuk pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka kebijakan dan panduan literasi digital yang akan direkomendasikan harus menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan orang tua dalam mengakses sistem pembelajaran digital, guna mendukung keberhasilan program dan kegiatan pembelajaran, khususnya yang dilaksanakan secara daring akibat masih merebaknya pandemi Covid-19
Speech Acts Analysis Of Pride And Prejudice Novel By Jane Austen Ridha Mardiani; Bela Sonia Leviani
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1169

Abstract

Abstract This study intends to analyze speech act used in Pride and Prejudice novel uttered by the main character. The objectives of this research are: 1) to know the most dominant type of speech act uttered by the main character found in the novel, 2) to know the contribution of the analysis to the EFL learners when learning English grammar. This research used the conversational analysis. The steps of collecting data were reading the Pride and Prejudice novel focusing on Elizabeth Bennet’s utterances in each chapter, selecting data containing speech act based on Searle’s classification, classifying the data, transferring data into a table, analyzing and interpreting the data. The result of the data analysis showed that there were only four types of speech acts; 1) 253 utterances of representatives, 2) 96 utterances of directives, 3) 4 utterances of commissives, and 4) 122 utterances of expressives. From the data can be concluded that the most dominant type is representatives speech act. We indirectly learned grammar in a way we found the speech acts from each sentence.  
Body Composition Analysis: Physique Rating Dan Body Fat Percentage Pada Atlet Futsal Chairul Umam Ramadhan; Debi Krisna Irawan; Rafdlal Saeful Bakhri; Faiz Faozi; Irpan Abdurahman; Mochammad Latif
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1178

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi physique rating dan body fat pada atlet Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) futsal STKIP Bina Mutiara Sukabumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif yang menjabarkan bagaimana kondisi atlet UKM futsal STKIP Bina Mutiara Sukabumi. Sampel penelitian sebanyak 15 Orang yang termasuk dalam tim inti. Instrument dalam penelitian ini yaitu menggunakan timbangan Tanita model BC 541, lalu dilakukan tes dengan mengukur physique rating dan body fat satu persatu untuk mengambil data sehingga dapat dilihat hasil dari kondisi Atlet Futsal STKIP Bina Mutiara Sukabumi. Hasil penelitian ini setelah data dikumpulkan dan di olah dengan menggunakan Microsoft Excel melalui penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram dinyatakan bahwa kondisi Body Composition pada Atlet UKM Futsal STKIP Bina Mutiara Sukabumi setelah di analisis berdasarkan physique rating dan Body Fat belum semuanya memiliki kondisi Body Composition yang ideal, dimana ada ketidak sesuaian antara sampel yang memiliki physique rating yang baik tetapi memiliki Body fat yang jelek. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kondisi Body Composition pada Atlet UKM Futsal STKIP Bina Mutiara Sukabumi untuk physique rating dan Body Fat tidak semua pemain inti memiliki kondisi yang baik atau ideal hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama untuk kondisi Body Fat dimana beberapa sampel yang memiliki physique rating yang baik, tetapi tidak memiliki Body Fat yang baik pula.
Pengaruh Latihan Menggunakan Alat Modifikasi Terhadap Keterampilan Passing Bawah Debi Krisna Irawan; Chairul Umam Ramadhan; Rafdlal Saeful Bakhri; Mochammad Latif; Faiz Faozi; Irpan Abdurahman
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1181

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh latihan passing bawah menggunakan alat modifikasi terhadap keterampilan passing bawah pada anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli STKIP Bina Mutiara Sukabumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimental yang termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest dimana desain ini merupakan desain yang hanya menggunakan satu kelompok sampel penelitian, dilakukan tes awal lalu diberi perlakuan atau latihan dan dilakukan tes akhir untuk mengukur sejauh mana latihan tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap hasil keterampilan yang dimiliki oleh sampel yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang berupa peningkatan dari nilai tes awal (pretest) dengan nilai tes akhir (posttest) pada sampel penelitian yang ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dinyatakan lebih besar nilainya dari derajat signifikansi yang telah peneliti tetapkan sebelumnya yaitu 0,05 pada pengolahan data penelitian menggunakan Paired Sample T-Test SPSS. Maka dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan untuk penelitian ini yaitu terdapat pengaruh latihan menggunakan alat modifikasi terhadap keterampilan passing bawah pada anggota UKM Bola Voli STKIP Bina Mutiara Sukabumi.
Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi Nur Zahwa; Nanda Ribatul Hilda; Tiara Kusuma Astuti; Weni Weryani; Yunita Prasetyawati; Zulkardi Zulkardi
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 8 No. 1 (2022): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v8i1.1186

Abstract

Merdeka belajar merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Implementasi merdeka belajar berupa upaya yang diberikan kepada tiap unit pendidikan bebas dapat melakukan inovasi yang juga tentunya disesuaikan dengan daerah masing-masing unit pendidikan sebagai keterbukaan proses pembelajaran dari rumah yang nantinya dapat memberikan pengalaman belajar tanpa harus dituntut oleh standar ketuntasan dan standar kelulusan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif yang akan diuraikan secara deskriptif. Data yang digunakan merupakan kajian dari artikel ilmiah, makalah, prosiding, serta buku yang sesuai dengan fokus penelitian.  Hasil dan pembahasan yang didapat yaitu merdeka belajar dapat: (1) membuat siswa dan guru menjadi lebih kreatif, inovatif, dan tentunya lebih maju dalam penggunaan teknologi; (2) adanya kebebasan siswa dalam memperoleh informasi dalam belajar sehingga meningkatkan kemampuan literasi, numerasi dan berpikir logis serta meningkatkan kognitif siswa. Akibatnya pembelajaran matematika menjadi lebih maju dikarenakan pengimplementasian merdeka belajar.  

Page 1 of 2 | Total Record : 16