cover
Contact Name
Syarif Hidayatullah
Contact Email
syarifbahagia@uhamka.ac.id
Phone
+6281905887050
Journal Mail Official
imajeri@uhamka.ac.id
Editorial Address
Jl. Tanah Merdeka No.6, Rambutan, Ps. Rebo, Jakarta Timur, Indonesia 13830
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26544199     DOI : https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1
Core Subject : Education, Social,
IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews on linguistics, literature, and their teaching
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2022)" : 10 Documents clear
Pengembangan Modul Interaktif pada Materi Puisi Rakyat Kelas VII Berbasis Nilai-nilai Akhlak dalam Islam Risa Anjani; Aida Sumardi
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8510

Abstract

Materi puisi rakyat merupakan salah satu meteri yang sulit dipahami oleh siswa. Untuk mengatasi hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif pada materi puisi rakyat kelas VII berbasis nilai-nilai akhlak dalam Islam dan mengetahui kelayakan serta respon modul interaktif. Metode pengembangan menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan prosedur pengembangan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; 2) perencanaan; 3) pengembangan format produk awal; 4) uji kelayakan; 5) uji coba lapangan awal; 6) revisi produk; 7) uji coba lapangan utama; dan 8) revisi produk akhir. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas VII SMP Darussalam. Hasil penelitian yaitu: 1) validasi materi memperoleh persentase rata-rata 98,5% dengan kategori sangat layak dan validasi media memperoleh persentase rata-rata 98,1% dengan kategori sangat layak; 2) respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata 97% dengan kategori sangat layak.
Kajian Semiotik Pragmatik Deiksis dan Budaya Pada Film Tarung Sarung Henisubagiharti Henisubagiharti; Risnawaty Risnawaty; Annim Hasibuan; Diahsyafitri Diahsyafitri; Rozalia Rozalia; Munirah Munirah; Elisa Melyani; Sunandari Sunandari
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8727

Abstract

Film Tarung Sarung merepresentasikan Budaya yang menarik. Salah satunya terkait dengan percakapan antartokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kajian semiotiok pragmatik deiksis serta budaya pada film Tarung Sarung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan dengan menggunakan metode penelitian dokumentasi, simak, dan catat. Data penelitian ini adalah data bahasa ragam lisan yang bersumber dari Tarung Sarung. Data tersebut dianalisis dengan tehnik analisis Taksonomik (Taksonomic Analysis) pada tahap analisis taksonomi, peneliti berupaya memahami domain-domain tertentu sesuai fokus masalah atau sasaran penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa bentuk deiksis dalam Tarung Sarung yakni Deiksis orang meliputi (1) deiksis orang pertama : Saya, aku, gue dan kita, (2) Deiksis orang kedua : kamu, kalian, dan saudara-saudaraku, (3) Deiksis orang ketiga : mereka dan dia. Deiksis tempat meliputi di Mesji, di sini, dan di Makassar. Deiksis waktu meliputi malam-malam, selamat pagi, dan kesiangan. Deiksis Sosial meliputi Puang Deni Ruso. Sedangkan makna semiotik budaya yang terdapat dalam film ini yakni makna dari segi bahasanya, warisan, sistem pengetahuan, dan keseniannya.
Kategori Verba Mental dalam Cerita Pendek Pertemuan di Taman Hening Karya Helvy Tiana Rosa Endang Wiyanti
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8748

Abstract

Cerita pendek merupakan sarana kreatif penulisnya. Cara pengungkapan yang beragam membuat cerita pendek menjadi menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kategori verba mental dalam cerpen Pertemuan di Taman Hening berdasarkan tipe verba. Selain itu, diharapkan agar banyak pembaca lebih mengetahui tentang kategori verba mental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kalimat yang di dalamnya terdapat verba mental, sedangkan sumber datanya adalah cerpen yang berjudul Pertemuan di Taman Hening karya Helvy Tiana Rosa. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat dan analisis. Teknik penelitian yang dipakai dalam penelitian adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian adalah bentuk verba mental yang digunakan pada cerpen Pertemuan di Taman Hening berdasarkan tipe proses verba yang terdiri dari persepsi, afeksi, dan kognisi.
Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah Menggunakan Model CIPP Laili Etika Rahmawati; Agus Budi Wahyudi; Arif Wiyat Purnanto; Ratna Latifa; Eko Purnomo
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8763

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan unttuk mengevaluasi pelaksanaan mata kuliah wajib kurikulum (MKWK) Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah (PTMA0. Dasar analisis penelitian ini mengacu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi dan Kepdirjen Dikti Nomor 84/E/KPT/2020, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian evaluasi model CIPP (context, input, process dan product). Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen. Data berupa informasi mengenai pelaksanaan MKWK Bahasa Indonesia di PTMA. Sumber data adalah dosen pengampu MKWK Bahasa Indonesia di PTMA. Penyajian data dilakukan dengan menyesuikan variabel-variabel uji pada setiap aspek. Penyajian data menggunakan skala Guttman yang bertujuan untuk memperoleh jawaban yang tegas. Hasil penelitian dikelompokkan menjadi empat aspek yaitu aspek konteks, input, proses dan produk. Simpulan penelitian ini: (1) aspek konteks variabel tujuan dan hasil cukup rendah; (2) input variabel RPS, alokasi sumberdaya, jadwal, dan keragaman sumber berkategori tinggi; (3) proses variabel implementasi rencana dan karakteristik proses tinggi, sedangkan mekanisme penilaian masih cukup rendah; dan (4) produk berupa karya tulis cukup tinggi
Dampak Dari Ketersediaan Sumber Belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Gondangrejo Anita Zanjabiila; Laili Etika Rahmawati
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8764

Abstract

Kegiatan belajar tidak terlepas dengan adanya ketersediaan sumber belajar digunakan. Kelengkapan dari ketersediaan sumber belajar dapat menimbulkan dampak bagi peserta didik dan guru dalam sebuah pembelajaran terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari ketersediaan sumber belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Gondangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui angket yang disebarkan melalui WhatsApp kelas 7, 8, 9, dan guru Bahasa Indonesia secara daring. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Gondangrejo. Hasil penelitian ini yaitu dampak dari ketersedian sumber belajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Gondangrejo adalah meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran, memotivasi siswa untuk terus belajar terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dan bagi guru membantu dalam membuat meteri bahan ajar pembelajaran.
Pengembangan Media Pembelajaran Mpos Pada Teks Cerpen Kelas XI SMA/MA Anas Ma'ruf Hidayat; Roni Sulistiyono
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8766

Abstract

Seiring perubahan zaman, teknologi ikut berkembang. Salah satu perkembangan teknologi adalah penggunaan media pembelajaran yang berupa MPOS. MPOS adalah kombinasi dari aplikasi Microsoft Powerpoint dan OBS Studio. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran MPOS pada teks cerpen Kelas XI SMA/MA dan (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran MPOS pada teks cerpen kelas XI SMA/MA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan lima langkah teori Borg dan Gall. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan lembar pengamatan. Pada penelitian ini, ditemukan aplikasi baru dalam pengembangan media pembelajaran, yaitu MPOS. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pengembangan media pembelajaran MPOS ini menggunakan lima langkah dari teori Borg dan Gall yang kemudian dikembangkan menjadi tiga tahap utama dengan total 13 langkah pengembangan yang menghasilkan produk akhir berupa media pembelajaran berbentuk vidio berdurasi 24 menit sepuluh detik, (2) media pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini mendapatkan nilai kelayakan akhir sebesar 88 dengan predikat sangat layak.
Perlawanan Perempuan Melalui Rekonstruksi Mitologi: Kajian atas Puisi-puisi Gunawan Maryanto Badrul Munir Chair
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8780

Abstract

Mitos yang berkembang dalam suatu masyarakat dapat mempengaruhi karya sastra, termasuk juga puisi. Salah satu penyair Indonesia yang memanfaatkan mitos sebagai sumber penciptaan adalah Gunawan Maryanto. Dalam puisi-puisinya, Gunawan tak sekadar terpengaruh dengan mitos-mitos seputar wayang, namun secara sadar merujuk lakon-lakon dan tokoh-tokoh dunia pewayangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rekontruksi mitologi yang dilakukan oleh Gunawan atas tokoh perempuan di dalam puisinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berasal dari puisi-puisi Gunawan Maryanto, yaitu puisi berjudul "Gandari Memasuki Kegelapan", dan "Gandari di Puncak Kegelapan". Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan mitos asal mengenai tokoh perempuan dalam pewayangan tersebut dengan pemaknaan ulang yang dilakukan oleh Gunawan dalam puisi-puisinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gunawan merekontruksi mitos-mitos tokoh perempuan dalam pewayangan sebagai upaya untuk mengakomodasi suara perempuan yang tidak terlalu mendapat tempat dalam mitos asal. Suara-suara tokoh perempuan dalam puisi-puisi Gunawan merupakan pembelaan, gugatan, bahkan perlawanan terhadap narasi mitos yang telah mainstream dalam kisah pewayangan.
Elemen Solidaritas-Identitas Pembentuk Ideologi dalam Novel Karya Mahfud Ikhwan Liani Yunitasari; Fitri Marawati; Hairini Nur Hanifah
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8783

Abstract

Ideologi merupakan cermin kehidupan masyarakat yang lahir dari kesepakatan bersama pada suatu pemikiran atau kepercayaan. Ideologi memiliki empat elemen pembentuk, salah satunya yaitu elemen solidaritas-identitas yang berikatan dengan peran ideologi mengikat dua kelas yang berbeda ke dalam wadah yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan elemen solidaritas-identitas kelas sosial tinggi dan kelas sosial rendah dalam novel Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu menggunakan kajian hegemoni Antonio Gramsci yang berpusat pada konsep ideologi. Metode dan teknik yang digunakan ialah teknik catat dan arsip menggunakan human instrument atau peneliti sebagai alat utama riset. Hasil penelitian deitemukan adanya 7 data elemen solidaritas-identitas kelas sosial tinggi, dan 7 data untuk kelas sosial rendah. Elemen solidaritas-identitas dalam kelas sosial tinggi, dapat menjelaskan bahwa ideologi berhasil mengikat dua kelas dengan kedudukan yang berbeda ke dalam satu ikatan yang sama. Sedangkan, elemen solidaritas-identitas kelas sosial rendah berkaitan dengan solidaritas yang terbentuk melalui perasaan kesamaan identitas yang dimiliki anggota kelas sosial seperti kesamaan daerah asal hingga kesamaan tujuan yang mendorong adanya penyatuan dua kelas berbeda ke dalam satu ikatan yang sama.
Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Pendidikan Karakter Rina Purwati; Nani Solihati; Imam Syafi'i
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8852

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter (Penelitian dan Pengembangan Bahan Ajar di Kelas I SDN Tambun 04 Kabupaten Bekasi). Perumusan masalah penelitian ini dirancang dan dilaksanakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data, guna menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan bagaimana pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia yang terintegrasi nilai pendidikan karakter? Dan bagaimanakah efektivitas pengembangan bahan Ajar Bahasa Indonesia yang terintegrasi pendidikan karakter? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia terintegrasi nilai pendidikan karakter dan keefektifan bahan ajar Bahasa Indonesia dalam pembelajaran. Tempat penelitian di SDN Tambun 04 dengan subjek penelitian siswa kelas IA tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 28 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata penguasaan siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia pada uji coba sebesar 21% siswa belum mencapai KKM dan pada uji utama pada posttest utama terjadi peningkatan yang makin baik yaitu sebanyak 89% atau sebanyak 25 siswa telah mencapai KKM sedangkan 11% atau sebanyak 3 siswa belum mencapai KKM.
Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII Yuliani Yuliani; Sujinah Sujinah
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v4i2.8856

Abstract

Hybrid Learning menjadi pilihan utama saat pandemi namun belum teruji penerapannya terutama dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran teks editorial dengan menggunakan metode problem based learning dengan moda hybrid siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini berjenis kuantitatif walau di dalamnya terdapat data kualitatif yang tidka mendominasi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana yaitu presentase dan presentasi indeks keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode problem based learning dengan moda hybrid pada pembelajaran teks editorial sangat signifikan. Nilai rata-rata sebelum penerapan model/metode problem based learning dengan moda hybrid adalah 75, sedangkan sesudah menerapkan metode/model tersebut adalah 83. Pencapaian ini juga dipengaruh peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran dengan menerapkan mempelajaran secara berkelompok dan juga menerapkan strategi teman sebaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10