cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021)" : 15 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan Software Autograph Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Kelas VIII Hayatun Nufus; Herizal Herizal; Fira Atika
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v7i2.2237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran TAPPS berbantuan software Autograph terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian posttest-only design with nonequivalent groups. Teknik pemilihan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sample. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah dua kelas yaitu kelas VIII-a sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-b sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang dilakukan sesudah diberikan perlakuan pada salah satu kelas. Pengujian data diolah menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan uji parametrik diperoleh signifikan 0.000 < taraf signifikan  = 0,05 berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada terdapat pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara.
Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Essay Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII MTs Pp Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Nur Jannah Ritonga; Eva Julyanti; Rosmidah Hasibuan
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v7i2.2286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal essay melalui pendekatan pemecahan masalah pada pokok bahasan lingkaran pada kelas VIII MTSS PP Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTSS PP Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan. Dalam penelitian ini responden dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Model pendekatan pemecahan masalah dengan model konvensional terhadap hasil belajar siswa digunakan untuk melihat perbandingan kreativitas siswa pada pembelajaran matematika. Desain penelitian yang digunakan dalam bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik untuk pengumpulan data dalam penelitian adalah melalui Tes(ujian) yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah penerapan perlakuan (X), Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Homogenitas, dan Uji paired sample t-test, dan Uji independent t-test dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya perbedaan antara rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah adanya penerapan dimana nilai rata-rata pre-test eksperimen adalah 58.20% dan pre-test kontrol adalah 66.80% menjadi 88.27% untuk post-test eksperimen dan 73.30% untuk post-test kontrol. Pada kelas ekperimen mengalami peningkatan sebesar 30.07%, sedangkan untuk kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 8.50%.Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Essay Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII MTsS PP Irsyadul Islamiyah dan konvensional dengan perbedaan sebesar 21.57%.
Meningkatkan Kemampuan Dasar-Dasar Aljabar Melalui Kegiatan Matrikulasi Dimasa Covid-19 Fepryna Yenti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v7i2.2215

Abstract

Dilatar belakangi banyaknya kelemahan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) diantaranya kesulitan dalam memantau aktifitas belajar mahasiswa, keterbatasan dosen saat menjelaskan konsep mater serta jaringan internet yang kadang tidak stabil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan dasar-dasar aljabar melalui kegiatan  matrikulasi untuk mahasiswa baru program studi Manageman Logistik Industri Agro Politeknik ATI Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan One Group Pretes-Postes Desing. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan dengan metode tes untuk memperoleh nilai awal dan akhir matrikulasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Rata-rata nilai matrikulasi mahasiswa setelah pelaksanan kegiatan matrikulasi lebih tinggi dari pada nilai rata-rata mahasiswa sebelum pelaksanaan kegiataaan (2) Melalui kegitan matrikulasi dapat meningkatkan kemampuan dasar-dasar aljabar mahasiswa baru program studi Manageman Logistik Industri Agro Politeknik ATI Padang
Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Badar Deo Martinsen Berutu; Iryana Muhammad; Herizal Herizal
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v7i2.2214

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 2 Badar dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian noneqivalent post test only control desai grup. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 2 Badar dengan sampel siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t karena data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, kemudian data diolah menggunakan software Spss 18. Sesuai kriteria pengujiannya jika nilai pada kolom sig<0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil statistik Equal variances not assumed adalah 0,016 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Masitah Masitah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v7i2.2261

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran koopertif tipe STAD dibandingkan dengan kemampuan pemecahan yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini seluruh siswa MTs Negeri yang ada di Labuhanbatu yang berakreditasi A dan B yaitu terdiri dari 8 sekolah, 4 sekolah yang berakreditasi A dan 4 berakreditasi B. Sampel penelitian ini dipilih secara random terpilih 2 sekolah yaitu MTs Negeri 1 Rantauprapat akreditasi A dan MTs Negeri 2 Rantauprapat berakreditasi B. Data dinalisis dengan mengguna anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran koopertif tipe STAD lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (0,000 < 0,05 (2) Proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif Tipe STAD lebih baik dari proses jawaban yang diajarkan pembelajaran langsung. Saran selanjutnya diharapkan kepada guru, lembaga terkait dan peneliti selanjutnya adalah agar pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika menekankan pada kemampuan pemecahan masalah dan menjadikan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu pembelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Iryana Muhammad; Aklimawati Aklimawati; Nita Zahara
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.2747

Abstract

Penelitian ini dilakukan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara dengan bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada diterapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Dewantara yang terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pre test) dengan sesudah diberikan perlakuan (post test). Analisis data yang digunakan adalah software Microsoft Office Excel 2007 dan SPSS 18.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara.
Implementasi Lesson Study for Learning Comunity melalui Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Yessi Kartika; Ricki Yunandar
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.2759

Abstract

Dominannya aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam berifir kreatif matematis dan membuat siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Selain itu dalam proses belajar banyak siswa kesulitan dalam berkolaborasi karena lebih focus mengerjakan tugas secara mandiri, sehingga mengabaikan teman lainnya. Salah satu penyebabnya adalah perangkat pembelajaran yang digunakan kurang memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dan mengkonstruksi pengetahuan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pembelajaran Discovery Learning  pada materi limit fungsi. Jenis penelitian ini, yaitu menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Juli. Data yang diperoleh berasal dari hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, observasi open class, hasil tes hasil belajar pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi limit fungsi aljabar meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan dan sesudah tindakan yaitu: siklus I dengan ketuntasan 58,8 % menjadi 82,3% pada siklus II. Hasil aktivitas guru juga mengalami peningkatan yang signifikan dari presentase siklus I  adalah 73.31% menjadi 92,44% pada siklus II dan aktivitas siswa dari presentase siklus I adalah 72,32% menjadi 90,44% pada siklus II sehingga penelitian ini di anggap berhasil dengan baik. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan  Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari siklus I ke siklus II pada pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Self-Regulated Learning (SRL) Rahmi Wahyuni
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.2758

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Talking Stick terhadap Self Regulated Learning (SRL) mahasiswa PGSD semester VI unit B. Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan istrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar angket. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Almuslim semester VI unit B  dengan jumlah 30 orang. Setelah diadakan penelitian data hasil angket berupa data ordinal diubah kedalam data interval dengan menggunakan method of successive interval (MSI). Hasil analisis uji normalitas sig 0.786 > 0.05  (berdistribusi normal). Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai sig sebesar 0,554 > a (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran Talking Stick terhadap Self Regulated Learning (SRL).
Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Meta Analisis Intan Azmi; Malik Ibrahim; Alkusaeri Alkusaeri
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.2704

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis sangat diperlukan, oleh karena itu para ahli banyak merumuskan strategi atau model pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah model Auditory intellectually Repetition (AIR). Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian meta-analisis ini adalah menganalisis kembali hasil-hasil penelitian atau publikasi ilmiah tersebut yang berkaitan dengan model Auditory intellectually Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis, data penelitian dikumpulkan dari database pengindeks seperti Google Scholar, PubMed, Core, OneSearch, dan SINTA. Data yang difilter adalah hasil penelitian yang memuat nilai uji fisher (F), uji student (t), uji korelasi (r), dan jumlah peserta didik (N), kemudian dianalisis menggunakan meta-analisis melalui nilai effect size dan standart error untuk melihat summary effect size. Dikatahui nilai rata-rata effect size (ES) 0,7185995 dan standart error (SE) 0,1354281. Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Auditory Intellectually Repetition dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 71% yang termasuk kategori kuat. Nilai ini menunjukan bahwa model Auditory Intellectually Repetition (AIR) memberikan pengaruh sebesar 71% terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan 29% nya dipengaruhi oleh factor internal maupun eksternal lainnya yang dihadapi selama proses pembelajaran di kelas.
Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Minat Belajar Siswa di SMP Hayatun Nufus; Rohantizan Rohantizan; Maulidiana Maulidiana
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 7, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.2721

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dinyatakan rendah dikarenakan siswa belajar dengan cara mendengar dan melihat guru menyelesaikan permasalahan matematika, dan siswa mengalami kesulitan dalam menghubungkan peristiwa sehari-hari dalam model matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan minat minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian posttest-only design with nonequivalent groups. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 4 Dewantara, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket minat belajar. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan berpikir kritis matematis adalah uji non parametrik (mann whithney u) karena data tidak berdistribusi normal, data diolah menggunakan software SPSS 25. Sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai sig. < α (0,05) maka tolak H0. Dari hasil asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,003. Uji yang dilakukan adalah uji satu pihak, maka 0,003 dibagi dua sehingga diperoleh 0,0015. Dengan 0,0015 < 0,05 maka tolak H0 dan terima Ha. Analisis angket minat belajar siswa menggunakan uji-t, karena data berdistribusi normal dan homogen. Sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai sig.  α (0,05) maka terima H0. Dari hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,144. Dengan 0,144  α (0,05) maka terima H0 dan tolak Ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap minat belajar siswa dikarenakan indikator perasaan senang siswa berada pada tingkat sedang (62,5%) dan indikator ketertarikan siswa berada pada tingkat sedang (67,41%)

Page 1 of 2 | Total Record : 15