cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
uppm@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 23016671     EISSN : 25806416     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Januari dan Juli).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 31 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran interaktif Berupa Virtual Laboratory untuk Penguatan Konsep Siswa SMA di Aceh Barat Chairul Fuadi; nulaili nurlaili
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik di Aceh khususnya. Siswa-siswi di kelas XI SMA Kabupaten Aceh Barat kesulitan dalam memahami konsep-konsep materi uji kandungan urin. Proses belajar mengajar di SMA pada umumnya dengan pendekatan teacher center, dimana pembelajaran disampaikan dengan metode ceramah dan siswa mencatat dan menghafalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran beupa Virtual Laboratory sel berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Aceh Barat dan untuk mengetahui penerapan hasil pengembangan media pembelajaran berupa Virtual Laboratory sel berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian R & D yang akan dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development & Production, Implementation and Evaluation). Pada tahap pengembangan awal virtual laboratory divalidasi oleh 2 orang ahli media. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba terbatas di kelas XI SMA. Pada tahap evaluasi dilakukan penilaian kualitas Virtual Laboratory oleh guru dan siswa. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis data deskriptif untuk mengolah data kualitas media. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IPA1 SMA berjumlah 26 orang. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, validasi, tes dan angket. Kata Kunci    :    Virtual laboratorium biologi, Uji urin 
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING DIERA NEW NORMAL Zuraini Zuraini; Nurhayati Nurhayati
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pembelajaran daring pada Era New Normal diharapkan untuk meningkakan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang mempunyai potensi intelegensi untuk menghadapi abad ke-21. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan e-learning sangat efektif dilakukan untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif descriptif untuk pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris speaking for formal setting  dengan menggunakan e-learning. Terdapat 11 mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi mahasiswa, documentasi serta wawancara. Keefektifan pembelajaran era normal dapat kita lihat dari : (1).  Respon mahasiswa dalam pembelajaran daring di era New Normal. Dalam penelitian ini ditemukan Mahasiswa sangat bersemangat dan antusias untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan E-learning, seluruh mahasiswa aktif dalam pembelajaran dan aktif mengerjakan latihan yang telah diberikan oleh dosen (2) Efektifitas pembelajaran Bahasa Inggris pada  Era  New Normal. Ditemukan hasil yang unik dari penelitian ini yaitu mahasiswa merasa lebih nyaman dalam pembelajaran speaking for formal setting, dikarenakan pada saat pembelajaran menggunakan E-learning mahasiswa dapat melihat materi yang sudah disajikan oleh dosen sesuai dengan jadwal perkuliahan yang telah ditetapkan. 3). Sarana dan prasarana yang dimiliki mahasiswa selama pembelajaran daring. Sarana yang memadai mendukung berjalannya aktivitas pembelajaran seperti yang diharapkan. Adanya bantuan kuota internet dari kemendikbud sebesar 50GB per mahasiswa, maka ini sangat memudahkan mengakses E-learning. Kebanyakan mahasiswa mengakses E-learning dengan menggunakan mobile phone karena mereka dapat menggunakannya dimanapun.  Kata-kata kunci: Efektifitas, E-learning, Era New Normal 
ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Mira Juliya; Yusuf Tri Herlambang
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder yang dikumpulkan melalui buku teks, e-book, jurnal ilmiah, berita dan lain sebagainya. Pengujian validitas data menggunakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring dialami baik oleh guru maupun siswa dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Beberapa problematika pembelajaran daring diantaranya keterbatasan penguasaan teknologi, kesulitan mengakses jaringan internet, ketiadaan fasilitas penunjang belajar, dan kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif. Problematika pembelajaran daring tersebut dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa, yaitu jika dilihat dari unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar. Solusi dalam mengatasi problematika yang dapat mempengaruhi motivasi belajar ini diantaranya peningkatan kompetensi guru, penggunaan metode pembelajaran yang efektif, pemberian bantuan kuota internet dari kemdikbud, dan kolaborasi antara guru dan orang tua siswa.Kata-kata Kunci: motivasi, problematika, pembelajaran, daring, covid-19
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA DI KELAS IV SD NEGERI KEUDELINTEUNG Kistian, Agus; Nurjannah, Nurjannah; Arnita, Lisa
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperiment quasi. Sampel dalam penelitian berjumlah 45 siswa terdiri dari kelas IVA  sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperiment dan kelas IVB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya seperti observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian seperti lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model Team Game Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas IV SD Negeri Keudelinteung. Dari hasi penelitian diperoleh pada kelas kontrol di ketahui bahwa jumlah siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak  11 siswa (50%) dari 22 siswa, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 7 siswa  (31,81%) dari 22 siswa dan jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 4 sisswa (18,18%) dari 22 siswa dan diketahui bahwa kelas eksperiment yang memiliki motivasi cukup berjumlah 4 siswa (17,39%) dari 23 siswa, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 8 siswa (34,78%) dari 23 siswa dan jumlah siswa yang memiliki motivasi sangat baik berjumlah 11 siswa (47,82) dari 23 siswa. Artinya pada kelas eksperiment ini sudah mendapatkan hasil motivasi seperti yang di harapkan. Di dalam pembelajaran ini peneliti merasa sudah tidak ada kekurangan karena peneliti menjalankan perbaikan pembelajaran sudah sesuai rencana pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Game Tournament (TGT), Motivasi Belajar Siswa 
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “SI ANAK BADAI” KARYA TERE LIYE Lili Tansliova; Cici Hazana; Fhety Wulandari Lubis
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Si Anak Badai” Karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data adalah metode penelian perpustakaan (Library researce). Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan mencatat seluruh informasi yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti di perpustakaan. Juga dengan mengumpulkan data online dan membaca buku-buku yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter serta berkaitan dengan dengan sastra. Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian terhadap novel tersebut yaitu terdapat nilai pendidikan karakter antara lain : religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
LOVING NOT LABELLING : DAMPAK NEGATIF LABELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAKAT DAN KREATIF ANAK Ani Lestari; Khairul Huda
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Labelling merupakan pemberian cap atau julukan dengan mendiagnosis seseorang yang memiliki gejala-gejala perilaku tertentu dalam suatu mayarakat. Pemberian label biasanya didapatkan dari interaksi sosial. Labelling seringkali terjadi dalam keluarga ketika anak melakukan hal yang tidak dikehendaki orang tuanya. Labelling dapat berdampak pada konsep diri anak sehingga anak menjadi berperilaku seperti label yang diberikan kepadanya. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji teori labelling dan dampak negatif dari labelling bagi perkembangan bakat dan kreatif anak. Penelitian ini dianalisis melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research yang sumber datanya diperoleh dari buku, jurnal-jurnal, artikel berita, makalah ilmiah, internet dan media sosial.Temuan penelitian menggambarkan bahwa labelling bisa menghambat perkembangan bakat dan kreatif anak. Dampak negatif dari efek labelling diantaranya dapat mengekang konsep diri anak, membatasi minat anak, dan menghambat cara orang lain memperlakukan anak.Kata Kunci : Labelling, Perkembangan Bakat dan Kreatif.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI PAUD Imarah Millati; Ari Hestaliana R
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: salah satu faktor yang mempengaruhi pendidikan anak di PAUD yaitu kompetensi pedagogik guru. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru di PAUD. Subjek Penelitian ini adalah guru PAUD di Banda Aceh berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket kompetensi pedagogik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk indikator perencanaan yaitu penyusunan perangkat kurikulum, merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, serta mengumpulkan informasi/bacaan terkait tema dan subtema masing-masing dengan tingkat keyakinan guru tertinggi berada pada kategori sangat yakin berturut-turut sebesar  92%, 64%, dan 80%. Selanjutnya, indikator pelaksanaan pembelajaran yaitu kesesuaian proses pembelajaran dengan RPPH dan Prinsip PAUD memiliki tingkat keyakinan guru yang tertinggi pada kategori sangat yakin berturut-turut sebesar 86% dan 94%, sedangkan ketercapaiannya tujuan pembelajaran untuk tingkat keyakinan guru tertinggi berada pada kategori yakin sebesar 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di PAUD sudah memadai. Hal ini  ditandai dengan guru menyusun perangkat kurikulum (Prosem, RPM, RPPH), merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, mengumpulkan informasi/bacaan terkait tema dan subtema, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPPH yang telah disusun dan prinsip PAUD, serta tercapainya tujuan pembelajaran berdasarkan RPPH yang telah disusun.    Kata-kata kunci:Kompetensi Pedagogik, Guru, PAUD
PENGEMBANGAN “MIE KEBAB” MEDIA INTERAKTIF ELEKTRONIK KEBERAGAMAN KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA BINJAI Nurlia Ginting; Gihari Eko Prasetyo
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa Media merupakan salah satu bentuk alat bantu yang digunakan untuk meningkatkan dan memudahkan kinerja. Tuntutan terhadap kemajuan teknologi mengharuskan adanya pengembangan. Media memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Guru sepantasnya harus mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang kreatif demi terciptanya pembelajaran yang aktif dan menarik yang salah satunya adalah media pembelajaran. Dilain sisi fenomena tersebut juga akan mempengaruhi perkembangan sikap (Afektif) siswa, untuk membentengi hal tersebut siswa harus memiliki Keterampilan sosial (social skills). Keterampilan sosial merupakan keterampilan (kecakapan) yang perlu dimiliki oleh setiap orang karena keterampilan ini merupakan bagian dari kecakapan hidup (life skills). Kecakapan hidup dapat menuntun seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan sosialnya dimasyarakat. Banyak sekali kasus-kasus yang terjadi di masyarakat karena para anggotanya tidak memiliki kecakapan hidup. Dewasa ini sering terjadi kasus kekerasan, bentrokan antar warga, tawuran antar pelajar, bullying, penggunaan obat-obat terlarang, keterampilan social hendaknya di ajarkan dalam proses pembelajaran melaui materi Keberagaman Kebangsaan. Model yang diterapkan pada penelitian ini adalah penelitian Pengembangan yang mengadaptasi tahapan-tahapan dari Four- D model, yaitu: tahap I pendefinisian (define), tahap II perancangan (design), tahap III pengembangan (develop), dan tahap IV penyebarluasan (disseminate). Pengembangan media interaktif elektronik keberagaman dan kebangasaan menggunakan model 4- akan menghasilkan produk berupa CD pembelajaran yang valid untuk diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah. Sehingga apa yang menjadi hambatan dan keterbatasan pendidik menjelaskan pertumbuhan tumbuhan dapat di ajarkan secara efektif dan menyeluruh.  Kata Kunci : Media Interaktif, Keberagaman Kebangsaan, Keterampilan Sosial,
POTENSI TUMBUHAN ASAL KABUPATEN MERAUKE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI Gardis Andari
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) inventarisasi tumbuhan local disekitar kabupatenMerauke 2) memanfaatkan tumbuhan local sebagai sumber belajar biologi. Metode Penelitian deskripsikualitatif digunakan untuk menganalisis penelitian sebelumnya tentang Tumbuhan Lokal asal KabupatenMerauke. Kajian yang digunakkan adalah sumber-sumber referensi terpercaya, yang dapat dilacak sumbernyapada google scholar index, untuk pengidentifikasian literatur akademik yang relevan. Setelah itu dilakukananalisis potensi tanaman local sebagai sumber belajar. Hasil menunjukkan tanaman lokal memiliki potensibesar untuk dikembangkan karena berpotensi sebagai sumber belajar literasi bagi siswa 
PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI WEBSITE DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK ASGA MANDIRI MEDAN Faizin Ridho; Saiful Amir
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Di Era teknologi 4.0 dimana informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan penting bagi peradaban manusia khususnya di bidang pendidikan. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan karakter siswa. Sikap dan karakter siswa dapat dibantuk sala satunya dengan pendidikan kewarganegaraan. Kehadiran internet mampu memberikan informasi yang lebih mudah dan cepat. Bukan hanya sangat bermanfaat namun disisi lain penyebaran informasi palsu juga sangat berbahaya yang dapat menimbulkan masalah sosial. Di era internet website berperan penting dalam menyebarkan informasi. Dibidang pendidikan kehadiran website diharapkan membantu meningkatkan minat dan bakat siswa di bidang kewarganegaraan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis website melalui serangkaian analisis dan pengujian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang membandingan dua data yaitu variable pretest (X) dan variable Y (posttest), responden diberikan pretest dan posttes hasil belajar untuk mengetahui kemampuan kognitif awal para siswa pada mata pelajaran kewarganegaraan. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian model pembelajaran  yang dilakukan menyatakan model pembelajaran normal rata-rata presentasi kemampuan belajar siswa yaitu dibawah 70%. Sedangkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis website menyatakan bahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar dengan rata-rata diatas 80%.               Kata-kata kunci: Kewarganegaraan, PPKn, Website, Internet

Page 1 of 4 | Total Record : 31