cover
Contact Name
Agna Rizky
Contact Email
agnarizkyputra@gmail.com
Phone
+6281331725275
Journal Mail Official
aenor_rofek@unars.ac.id
Editorial Address
Jl. Baluran No. 1, Panarukan, Situbondo Regency, Jawa TImur, Indonesia
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
ISSN : 23383860     EISSN : 26564459     DOI : https://doi.org/10.36841/pgsdunars
Core Subject : Education,
IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian pustaka tentang pendidikan (termasuk pendidikan dasar, sampai pendidikan tinggi, menejemen pendidikan, proses belajar mengajar, perkembangan peserta dididik, teknologi pembelajaran dan sebagainya. Lebih lengkap dapat dilihat pada Aim and Scope.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 38 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni" : 38 Documents clear
PENGARUH MEDIA TRADISIONAL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS TEORI PENDIDIKAN JOHN DEWEY Riska Putri Taupik; Desyandri Desyandri; Irdamurni Irdamurni
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3064

Abstract

Penelitian didasarkan pada rendahnya kreatifitas siswa Sekolah Dasar dalam mengikuti pembelajaran terkhususnya pada IPA. Menurut John Dewey progresivisme merupakan sebuah aliran filsafat yang berorientasi ke depan yang memposisikan manusia (peserta didik) sebagai salah satu subjek pendidikan yang memiliki bekal dan potensi dalam pengembangan dirinya dan memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran tradisional berbasis model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreatifitas siswa sekolah dasar di SDN 03 Koto Salak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperiment Design. Populasi riset ini terdiri atas lima sekolah di gugus II Koto Salak dan sampel penelitian dipilih dengan teknis random sampling setelah data dipastikan normal dan homogen. Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Koto Salak dengan pembagian kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontol, yang masing-masingnya berjumlah 19 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji-t untuk pengujian hipotesis. Rata-rata pretest untuk kelompok eksperimen adalah 49,84 dan post test setelah pemberikan perlakuan sebesar 82,63. Sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan nilai pre test 53,21 dan besaran post test adalah 71,1. Selanjutnya dilakukan uji-t diperoleh nilai thitung > ttebel, yaitu 3,842 > 2,028, sehingga H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 5 KENDIT KECAMATAN KENDIT KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2022/2023 Sri Hartatik
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3044

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatankemampuan guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran SD Negeri 5 KenditKecamatan Kendit Kabupaten Situbondo setelah dilakukan supervisi/pembinaan.Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbingguru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi edukatifkolaboratif. Penelitian dilakukan pada semester II, tepatnya pada bulan Januari –Maret 2023. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SD Negeri SDNegeri 5 Kendit .Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelahdilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik darisiklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusunrencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar,Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja gurumeningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran,menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa.Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolahmelaksanakan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TPACK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN O1 SITIUNG M. Anggrayni M. Anggrayni; Wiwik Okta Susilawati; Titi Tamala
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3058

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran mata pelajaran IPAS dimana guru hanya menggunakan media sederhana saja seperti yang ada dilingkungan sekolah saja, guru kurang memanfaatkan infocus dan juga peserta didik masih ribut ketika guru menjelaskan materi dalam melaksanakan proses pembelajaran dikerenakan guru yang menjelaskan materi sangat mononton atau terlalu fokus saat menyampaikan materi kepada peserta didik. Dan guru masih belum dapat memaksimalkan pembelajaran dalam mata pelajaran IPAS karena peserta didik kurang tertarik dan kurang bersemangat dengan informasi yang disampaikan guru. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran lain yang membuat mereka tertarik, seperti video animasi yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis TPACK pada mata pelajaran IPAS yang efektif, valid, dan praktis. Metode yang digunakan yaitu R&D (Reseach & Development) dan model yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) hasil penilaian dari 3 validator, media pembelajaran video animasi mempunyai nilai rata-rata 86,10%. Hasil analisis dari lembar angket yang diisi oleh guru terhadap media pembelajaran video animasi adalah 96,42% Presentase, dari angket peserta didik berada pada Presentase 86,77% yang berada pada kriteria sangat praktis. Hasil penilaian rata-rata dari guru dan peserta didik adalah 91,59% dengan kriteria sangat praktis. Hasil keefektif media pembelajaran video animasi didapat dari nilai tes hasil belajar peserta didik setelah melakukan pembelajaran video animasi yang mempunyai kategori sangat efektif dengan nilai 84,85% peresentase termasuk kedalam kategori sangat efektif. Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis TPACK pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 01 Sitiung dapat dikatakan sangat efektif, valid, dan praktis.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN 06 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA Nanik Nofriyanti; Zumrotun Lutfiah; Dwi Novri Asmara
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3065

Abstract

Menurut (Rina Rahmawati, 2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 06 Timpeh Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Skripsi ini dibimbing oleh Zomrotun Lutfiah, M.A selaku pembimbing I dan Dwi Novri Asmara, M.Si selaku pembimbing II pada program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia. Pada pembelajaran IPA terdapat tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia. Mengenai materi selama proses pembelajaran berlangsung pendidi masih kekurangan media dalam proses pembelajaran dan hanya menggunakan LKS, buku guru, dan sebagai sumber bahan ajar pendidik tidak memanfaatkan teknologi yang berkembang pada saat sekarang ini, upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini dikembangkan media video pembelajaran IPA berbasis kinemaster untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media video pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Yang terdiri dari tahap (1) Tahap Analisis (Analisys) (2) Tahap Perancangan (Design) (3) Tahap Pengembangan (Development) setealah melalui tahap pengembangan dilakukan uji validasi oleh 3 orang validator dengan hasil 83,3% (4) Tahap Implementasi (Implementation) pada tahap ini dilakukannya uji praktikalitas yang dilakukan oleh (wali kelas) dan (peserta didik) menunjukkan hasil 78,4% (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan dari prosedur ADDIE yang digunakan dalam penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan, karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
PENGEMBANGAN E-LK MATEMATIKA MATERI LUAS BERBANTUKAN APLIKASI LIVE WORKSHEETS KELAS IV SEKOLAH DASAR BERORIENTASI MERDEKA BELAJAR Sonia Yulia Friska; Dodi Widia Nanda; Izmi Oktaria
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3045

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa e-LK khususnya pada pembelajaran matematika, untuk menambah bahan ajar yang ada disekolah dan menghasilkan pengembangan e-LK di kelas IV sekolah dasar yang sah/valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 20 Sitiung. Model yang digunakan pengembangan ADDIE yang mencangkup tahap analisis (analysis) yaitu analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, analisis kurikulum, analisis LKPD. tahap perancangan (design) meliputi perancangan terhadap bahan ajar e-LK yaitu rancangan instrument penelitian, merancang pembuatan modul ajar, merancang kerangka e-LK. Tahap pengembangan (development) yaitu tahap pengembangan dilakukannya uji validitas oleh para ahli. Tahapan implementasi (implementatiton) yaitu tahap uji coba praktikalitas dan tahap evaluasi (evaluation) yaitu tahap evaluasi dilakukan uji efektivitas dilakukan di SDN 20 Sitiung. Hasil penilaian validasi e-LK matematika materi luas pada uji validitas oleh tiga orang mendapatkan skor rata-rata 93% termasuk dalam kategori sangat valid, artinya e-LK matematika materi luas berbantukan aplikasi live worksheets sudah sesuai dengan isi, kegrafikan dan bahasa, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 88,04% dikategorikan sangat praktis, artinya e-LK sudah dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, sedangkan efektivitas e-LK matematika materi luas berbantukan aplikasi live worksheets dengan skor rata-rata 90,32% dikategorikan sangat efektif, artinya e-LK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
PENGEMBANGAN MEDIA MONOSA (MONOPOLI BAHASA) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI LIHAT SEKITAR KELAS IV SEKOLAH DASAR Lika Apreasta; Wiwik Okta Susilawati; Rima Nopiyanti
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3059

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan peserta didik yang masih dibawah rata-rata, kemudian minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran. Maka perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, salah satunya media monosa (monopoli bahasa) pembelajaran bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas media monosa pembelajaran bahasa indonesia pada materi lihat sekitar di kelas IV SD N 095/VIII Karang Dadi dan menghasilkan media monosa yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan yaitu: Tahap pertama adalah tahap Analyze, pada tahap ini dilakukan dengan menganalisis pengembangan tersebut. Kedua adalah tahap Design, pada tahap ini dilakukan dengan merancang suatu produk yang akan dikembangkan. Ketiga adalah tahap Development, yaitu tahap yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah dirancang sebelumnya. Keempat adalah tahap Implementation, pada tahap ini dilakukan dengan mengimplementasikan produk yang dikembangkan. Terakhir adalah tahap Evaluation, pada tahap ini dilakukan dengan mengevaluasi produk yang telah dikembangkan. Hasil penelitian media monosa pada uji validasi oleh tiga validator menghasilkan validitas dengan rata-rata 88,51% dikategorikan sangat valid, sehingga media layak digunakan dalam proses pembelajaran, uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik menghasilkan praktikalitas dengan rata-rata 87,5% dikategorikan sangat praktis dari segi penggunaan media, uji efektifitas berdasarkan hasil tes soal oleh 15 peserta didik menghasilakan rata-rata 74% dikategorikan efektif membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA LOKAL BAGI SISWA MELALUI MASYARAKAT ETNIS MADURA MELALUI TRADISI OTO’-OTO’ DALAM MEMBENTUK INTEGRASI SOSIAL SUATU BANGSA Sulistiyani Sulistiyani
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dampak perubahan di era globalisasi yang sangat ekspansif, di mana seringkali menjarah tradisi lokal dan begitu saja mengganti dengan budaya massa baru yang tidak memiliki akar lokalitas, karena itu budaya global bisa mengancam eksistensi tradisi budaya lokal. Namun yang terjadi dalam tradisi oto’-oto’ ini adalah sebaliknya, yaitu eksistensi tradisi budaya lokal yang diangkat kembali oleh kelompok etnis Madura di wilayah perkotaan. Meskipun demikian niscaya terdapat perubahan tata nilai dan makna yang terkandung di dalamnya, termasuk perbedaan pada prosesi penyelenggaraanya. Penelitian ini memiliki peran dan posisi yang paling strategis dan diharapkan mampu mengisi kekosongan ruang yang belum pernah mendapatkan perhatian, yaitu yang berkaitan dengan tradisi oto’-oto’ yang dijalankan oleh masyarakat Madura yang tinggal di sekitar area Surabaya. Penelitian ini berusaha memotret tradisi yang memiliki akar tradisional dimana unsur lokalitasnya sangat kuat, kemudian tradisi tersebut berlangsung di masyarakat Surabaya yang begitu kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif interpretatif dan kepustakaan. Adapun untuk memfokuskan arah penelitian yang spesifik maka dalam proposal ini dirumuskan dalam beberapa point permasalahan yaitu tentang sistem penyelenggaraan oto’-oto’ di tengah-tengah masyarakat kota Surabaya yang sangat kompleks; dan integrasi sosial masyarakat asal Madura melalui tradisi oto’-oto’. Sehingga pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini dapat dirumuskan upaya pelestarian budaya bangsa yang ditelaah secara fenomenologis dengan konstruksi sosial yang dijadikan pijakan untuk menganalisis tradisi oto’-oto’ yang berlangsung di masyarakat Surabaya pada etnis Madura.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 09 SITIUNG Muhammad Subhan; Ainun Mahmuda; Eka Filahanasari
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3046

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pengaruh dari model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV khususnya pada materi bangun datar. Permasalahan yang melatarbelakangi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika kelas IV SDN 09 Sitiung. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping pada pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun datar. Pada penelitian ini menggunakan jenis Pre-Experimental design dengan desain penelitian yaitu One-Grup-Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 09 Sitiung dengan jumlah 8 siswa. Hasil datar observasi dihitung dan dibandingkan berdasarkan kriteria dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 20 pada taraf 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dari uji Nonparametric diperoleh hasil signifikan sebesar 0,12. Karena nilai signifikan yang di dapatkan 0,12<0,05 maka hasil uji Nonparametrik dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, maka peneliti dapat menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembalajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV SDN 09 Sitiung.
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SDN 4 BALUNG KECAMATAN KENDIT KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Jumadianto Jumadianto
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3062

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :1) untuk mengetahui perkembangan proses supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Untuk meningkatan kompetensi profesional guru setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah 10 guru yang memiliki karakteristik bahwa kompetensi profesionalnya rendah khususnya dalam mengembangkan materi pembelajaran. Namun, guru di sekolah ini dapat bekerja secara kolaboratif dan memiliki motivasi untuk selalu merefleksi kinerjanya serta berbagi pengalaman dengan rekan sejawatnya. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian mengenai penerapan pendekatan supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut: Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif secara spesifik terdiri dari tahap pra-supervisi kolaboratif, supervisi kolaboratif dan pasca-supervisi kolaboratif. Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif mengalami perkembangan dari siklus 1 ke siklus 2.
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS RESEARCH BASED LEARNING BERBANTUKAN APLIKASI BOOK CREATOR PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Estuhono Estuhono; Sonia Yulia Friska; Ika Paradila
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 13 No 1 (2023): Bulan Juni
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v13i1.3070

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya, hal tersebut dikarenakan bahan ajar yang digunakan masih berbentuk cetak dan hanya menyajikan materi secara garis besar saja. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis research based learning berbantukan aplikasi book creator pada pembelajaran IPAS yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary research), tahap prototipe (Prototyping phase), dan tahap penilaian (Assessment phase). Hasil validasi e-modul berbasis research based learning pada pembelajaran IPAS divalidasi oleh tiga validator, yaitu validasi ahli bahasa 85% dengan kategori sangat valid, validasi ahli materi 83% dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli konstruk 98% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis angket respon guru dinilai oleh guru wali kelas I dan IV memperoleh rata-rata 82% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji coba one to one evaluation diperoleh rata-rata 92% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba small group evaluation memperoleh rata-rata 85% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektifitas diperoleh dari tiga ranah, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperoleh rata-rata 81,36% dengan kategori sangat efektif.

Page 1 of 4 | Total Record : 38