cover
Contact Name
Hasdiana. S
Contact Email
hasdiana@umma.ac.id
Phone
+6282394178433
Journal Mail Official
jurnalpoint@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Pamelakkang Je'ne Allepolea, Kec. Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90512
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
POINT
ISSN : -     EISSN : 2656775X     DOI : -
Core Subject : Economy,
POINT Jurnal adalah jurnal yang berisi ragam kajian ilmiah di bidang Manajemen dan Bisnis atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis serta belum atau tidak akan diterbitkan pada jurnal lain.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL" : 8 Documents clear
Model Konversi Pelanggan untuk Menggunakan Aplikasi Pemesanan Makanan melalui Atribut Psikologis dan Teknologi Novita Yolanda; Bimmo Dwi Baskoro; Jayadi Jayadi; Sudarmadji Sudarmadji
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1113

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut psikologis dan teknologi pada konversi pelanggan untuk menggunakan aplikasi pemesanan makanan. Metode convenience sampling digunakan untuk mengumpulkan tanggapan dari responden. Sebanyak 374 responden telah dianalisis dengan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan yang dirasakan, kegunaan yang dirasakan, insentif yang dirasakan, informasi yang dirasakan, manajemen hubungan pelanggan, dan sistem manajemen pesanan mempengaruhi konversi pelanggan secara signifikan. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah analisis empiris atribut psikologis dan teknologi pada konversi pelanggan terhadap aplikasi pemesanan makanan khususnya di Jakarta.
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Online Marina Malian
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1145

Abstract

This study aims to analyze partially and simultaneously the influence of product quality, brand image and consumer trust on customer satisfaction. Including quantitative research using the results of questionnaire surveys filled by respondents. The sample used is 100 consumers of on line products in Palembang. The method of data analysis uses multiple linear regression analysis. To test the hypothesis the partial effect of independent variables on the dependent variable used the t test. The F test is used to test the effect of the independent variables on the dependent variable together. The results of processing data show there is an influence of product quality on customer satisfaction. Consumer trust affects consumer satisfaction and brand image does not affect consumer satisfaction. Taken together there is the effect of independent variables on the dependent variable. Consumer trust has the most dominant influence on customer satisfaction on line products in Palembang.
Literasi Keuangan Dimasa Pandemi Covid 19 (FLC19) dan Pengaruhnya Terhadap Siklus Keuangan Di Indonesia Edwin Basmar; Hasdiana S
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1152

Abstract

Literasi keuangan dan Pandemi Covid 19 merupakan dua kondisi yang saling bertentangan, sehingga memberikan pengaruh pada pergerakan siklus keuangan di Indonesia, proses pengukuran tekanan literasi keuangan di masa Pandemi Covid 19 (FLC19) ini, dilakukan dengan menggunakan data Bank Indonesia selama priode Pandemi Covid 19 (2019 - 2021) secara time series, dengan menggunakan model pengembangan Ed Waves Index, hasil penelitian ini menemukan bahwa, untuk tipe tekanan literasi keuangan positif (FLC19+) bertekanan 0.015 Amplitudo yang menandakan adanya pertumbuhan perekonomian, sementara untuk tipe tekanan literasi keuangan negatif (FLC19-) bertekanan -0.024 Amplitudo yang menandakan ketidakstabilan keuangan dalam perekonomian Indonesia selama Pandemi Covid 19.
Pengaruh Literasi Keuangan dan Pendapatan Karyawan Terhadap Keputusan Investasi Pada PT. Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) Makassar Muhammad Syulhasbiulah
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1164

Abstract

Melakukan investasi membutuhkan pengambilan keputusan yang tepat dan setiap keputusan dapat mempengaruhi hasil investasi. Dalam pengambil keputusan, setiap individu akan bertindak secara rasional dan irasional, tergantung dari informasi yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dab pendapatan karyawan terhadap keputusan investai pada PT. Kimia Farma Trading & Distributuion (KFTD) Makassar. Metode analisis penelitian ini mengggunakan regresi linier. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa dampak literasi keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi PT. Kimia Farma Trading & Distribution Makassar. Dampak pendapatan karyawan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi PT. Kimia Farma Trading & Distribution Makassar. Serta dampak literasi dan pendapatan karyawan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi PT. Kimia Farma Trading & Distribution Makassar.
Peran Financial technology dalam Meningkatkan pendapatan UMKM di Kabupaten Pangkep Nur Ulfha Amelia
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1165

Abstract

Perkembangan teknologi semakin pesat telah mempengaruhi gaya hidup di dalam melakukan suatu kegiatan berbasis teknologi. Salah satunya financial technology yaitu alat dari perangkat teknologi yang dijadikan sebagai layanan keuangan dalam melalakukan sebuah transaksi. Kehadiran financial technology ini memudahkan masyarakat di dalam kegiatan bertransaksi. Hal ini yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku umkm didalam gaya hidup baru ini untuk meningkatkan jumlah pendapatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran financial technology dalam meningkatan jumlah pendapatan usaha mikro kecil dan menegah sektor fashion di kabupaten pangkep. Metode analisis yang digunakan metode kualitatif dan metode analisis deskriptif. Metode kualitatif metode kualitatif yaitu dengan berinteraktif dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah kemudian menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Metode analisis deskriptif yaitu dengan menganalisis hasil dari penelitian namun bukan untuk membuat suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran financial technology belum berperan dalam meningkatkan pendapatan di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sektor fashion di Kabupaten Pangkep, hal ini disebabkan karena sebagian besar pelaku usaha dan masyarakat sekitar masih menganut pasar tradisional yang kegiatan transaksinya masih dilakukan secara langsung atau tunai, selain itu pemahaman literasi keuangan yang masih kurang dan dari sisi infrastruktur juga masih belum seluruh Kabupaten Pangkep yang bisa terakses internet
Analisis Pendapatan PDRB di Kota Batam Pada Tahun 2017-2020 Shinta Dewi; Angeline Aurellia; Jeslin Jeslin; Kristina Kristina; Sherry Sherry
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1167

Abstract

This study aims to determine the GRDP in Batam City. The secondary data used is time-series data taken in 2017-2020. This research method uses qualitative analysis, a data collection technique that uses library research by finding and reading references from various sources. The results show that the Indonesian economy has increased from year to year until 2020 where there was a COVID-19 outbreak, henceforth significantly declining the GRDP of Batam from 5.92% to -2.55%. Various sectors experienced a massive downswing in economic growth, one of which was the provision of accommodation and food and beverage with a figure of -45.49%. In conclusion, both the GRDP and APBD experienced a significant decrease in the city of Batam in 2020. As a consideration, the Indonesian government could restore the economy of Batam by empowering qualified human resources, encouraging household consumption, and foreign investment into Batam.
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Muliana Muliana; Sri Wahyuni Astuti Ahmad
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada sektor perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 93 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dandiperoleh sebanyak 15 perusahaan sebagai objek penelitian. Metode pengujian untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Begitu juga, secara simultan, Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kebijakan UMKM Nuriza Snack dalam Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi, dan Pendapatannya Erika Gustian Fauzi; Dian Sabrina Syaharni; Salsabillah Sirait
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3 No 2 (2021): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v3i2.1181

Abstract

The company will be very dependent on proper management management. Productivity, efficiency, and income are characteristics of companies that can advance and develop every period.Various policies are also carried out to overcome existing problems or to prevent the occurrence of these problems.The company also began to identify business processes in order to manage each part in detail.In the current pandemic era, companies will continue to strive to minimize the occurrence of problems that can hamper productivity performance, efficiency and revenue.The existence of evaluation will also be the basis for determining every policy set, from which the company is expected to be able to carry out all kinds of policies consistently, so as to minimize the existence of problems. Keywords: Management, Policy, Evaluation.

Page 1 of 1 | Total Record : 8