cover
Contact Name
Hendratno
Contact Email
hendratno@unesa.ac.id
Phone
+6282234206376
Journal Mail Official
S2pendidikandasar@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung CPD Kampus Lidah Wetan Universitas Negeri Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
ISSN : -     EISSN : 24608475     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/jrpd
Core Subject : Education,
The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021" : 10 Documents clear
Eksplorasi Pembelajaran Daring Mahasiswa PGSD Tingkat Satu Yubali Ani
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p69-73

Abstract

The objectives of this research on exploration of PGSD students' online learning were to explore: (1) Constraints in online learning; (2) Attitudes in participating in online learning; (3) Steps to improve attitudes in lectures; and (4) Things obtained during online learning. This research uses descriptive-qualitative methods, using questionnaires and reflection. The data obtained from 40 students were analyzed descriptively. The results obtained are: (1) the biggest obstacle in online learning is networking: (2) the attitude taken in participating in online learning is to adapt; (3) steps to improve attitudes in the next lecture are to focus more on following online learning; and (4) what students get from online learning for one semester is to grow in faith and character.Keywords: college students, exploration, online learningABSTRAKTujuan dari penelitian eksplorasi pembelajaran daring mahasiswa PGSD adalah untuk mengeksplorasi: (1) Kendala dalam pembelajaran daring; (2) Sikap dalam mengikuti pembelajaran daring; (3) Langkah memperbaiki sikap pada perkuliahan; dan (4) Hal yang diperoleh selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dengan menggunakan kuisioner dan refleksi. Data yang diperoleh dari 40 mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah: (1) kendala terbesar dalam pembelajaran daring adalah jaringan: (2) sikap yang diambil dalm mengikuti pembelajaran daring adalah dengan beradaptasi; (3) langkah memperbaiki sikap pada perkuliahan selanjutnya adalah lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran daring; dan (4) hal yang diperoleh mahasiswa dari pembelajaran daring selama satu semester adalah bertumbuh dalam Iman dan Karakter.Kata Kunci: eksplorasi, mahasiswa, pembelajaran daring
PERILAKU AWARENESS SISWA KELAS V SD DALAM MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NONFIKSI Mikhael Klemens Kedang; Blandina Seko Bani
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p74-80

Abstract

The purpose of this study was to describe awareness behavior using a descriptive-qualitative approach in the first semester of class VA and VB, with a total of 30 students (16 boys and 14 girls). The data collection process was given a reading comprehension test (TMP), a behavioral awareness test (TPA) 1 which was seen from the test scores of Indonesian Language Subjects for each student. The results of the analysis of TMP, TPA 1, TPA 2 and the Indonesian language test scores were categorized into three abilities, namely high, medium, and low abilities. The three categories are represented by a communicative subject. It was concluded that the SBT awareness behavior in reading comprehension of non-fiction texts fulfilled the five indicators, namely P1, P2, P3, P4 and E1. SBS also fulfills the five indicators, but in implementation there are still errors in the P2 and P3 indicators so that they affect the answers. The SBR ignores indicators P4 and E1, and is less than optimal and does not understand indicators P1, P2, and P3.Keywords: behavior awareness, non-fictional, text reading comprehensionABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku awareness menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif di kelas VA dan VB semester I, dengan jumlah kesuluruhan siswa 30 orang (16 laki-laki dan 14 perempuan). Proses pengambilan data diberikan tes membaca pemahaman (TMP), tes perilaku awareness (TPA) 1 yang dilihat dari nilai ulangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tiap siswa. Hasil analisis TMP, TPA 1, TPA 2 dan nilai ulangan Bahasa Indonesia dikategorikan dalam tiga kemampuan, yakni kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Ketiga kategori itu diwakili salah satu subjek yang komunikatif. Disimpulkan bahwa perilaku awareness SBT dalam membaca pemahaman teks nonfiksi memenuhi kelima indikator, yakni P1, P2, P3, P4 dan E1. SBS juga memenuhi kelima indikator, namun dalam implementasi masih terdapat kekeliruan pada indikator P2 dan P3 sehingga berpengaruh pada jawaban. Adapun SBR yang mengabaikan indikator P4 dan E1, serta kurang maksimal dan kurang paham dalam indikator P1, P2, dan P3.Kata Kunci: kesadaran perilaku, nonfiksi, pemahaman membaca teks
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI HITUNG PEMECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD Blandina Seko Bani; Mikhael Klemens Kedang
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p81-85

Abstract

This research is a quantitative research with the aim of knowing the differences in Realistic Mathematics Education (RME) learning in solving fraction count operation problems in grade VI students with a scientific learning model. A total of 125 students were used as samples in this study. Sampling using simple random sampling technique, with this technique get 50 students who are given a pre-test to distinguish between control and experimental classes and post-test to determine whether there is a difference in mathematics learning achievement. To analyze the data used SPSS for window 26.0 and manual analysis as a comparison. The results of the analysis of achievement show tcount = 6.76> ttable = 0.20017. With a significant value of 0.000 <0.05. So rejecting H0 means that there is a significant difference in student achievement in mathematics taught using the Realistic Mathematics Education (RME) approach.Keywords: fractions, learning achievement, realistic mathematics education (RME)ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan tujuan mengetahui perbedaan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam menyelesaikan masalah operasi hitung pecahan pada siswa kelas VI dengan model pembelajaran saintifik. Sebanyak 125 siswa digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan teknik ini mendapatkan 50 siswa yang diberikan pre-test untuk membedakan kelas kontrol dan eksperimen dan post-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika. Untuk menganalisa data digunakan SPSS for window 26.0 dan analisis manual sebagai pembanding. Hasil analisis terhadap prestasi menunjukan thitung = 6,76 > ttabel = 0,20017. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Jadi tolak H0 berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME).Kata Kunci: pecahan, prestasi belajar, realistic mathematics education (RME)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU SEKOLAH DASAR Noorfazly Oktaviani; Fitri Ariyanti Abidin; Rasni Adha Yuanita; Surya Cahyadi
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p86-93

Abstract

This study aims to present information related to the perspective of elementary school teachers regarding the implementation of online learning. Information was obtained through distributing open questionnaires online to 88 elementary school teachers in Indonesia. The method used in this research is descriptive method with quantitative and qualitative approaches. The results of this study indicate that the majority of teachers (84%) rated the implementation of online learning at the elementary school level as less effective. Aspects that play a role in supporting and inhibiting the effectiveness of online learning in the pre-instruction phase are determining learning objectives, providing facilities and teacher characteristics. The phase during instruction is the selection and use of teaching methods, applying ways to motivate students, parental participation, teacher behavior, and availability of facilities. Meanwhile, the post-instruction phase is the learning output.Keywords: implementation, teacher, online learning, elementary schoolABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan informasi terkait perspektif guru Sekolah Dasar mengenai implementasi pembelajaran daring. Informasi diperoleh melalui penyebaran kuesioner terbuka secara online kepada 88 guru Sekolah Dasar di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru (84%) menilai implementasi pembelajaran daring di jenjang Sekolah Dasar kurang efektif. Aspek-aspek yang berperan dalam menunjang dan menghambat efektivitas pembelajaran daring pada fase sebelum instruksi adalah penentuan tujuan pembelajaran, penyediaaan fasilitas dan karakteristik guru. Pada fase selama instruksi adalah pemilihan dan penggunaan metode mengajar, penerapan cara memotivasi siswa, partisipasi orang tua, perilaku guru, dan ketersediaan fasilitas. Sementara, pada fase setelah instruksi adalah output pembelajaran.Kata Kunci: implementasi, guru, pembelajaran daring, sekolah dasar
ANALISIS EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJAAN MATEMATIKA DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 7 BENGKULU TENGAH Dhea Putri Awdiani; Panut Setiono; Nani Yuliantini; Wurjinem Wurjinem
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p94-97

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of the implementation of the mathematics learning process from home during the Covid-19 pandemic in class V at SDN 7 Bengkulu Tengah. This study uses descriptive quantitative research methods. The data collection technique used is a questionnaire given to students. The subjects of this study were fifth grade students of SDN 7 Bengkulu Tengah. Based on the results of research conducted by filling out questionnaires, the results of general research on learning mathematics from home (BDR) in fifth grade students at SDN 7 Bengkulu Tengah were quite effective. Here the teacher is able to design learning activities from planning to evaluation in a simpler, more creative way and students are able to understand learning more easily.Keywords: covid-19 pandemic, access to learning, courageous learning.ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan proses belajar matematika dari rumah selama pandemi Covid-19 di kelas V SDN 7 Bengkulu Tengah.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuisioner yang diberikan kepada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Bengkulu Tengah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pengisian kuisioner, hasil penelitian secara umum pelaksanaan pembelajaran matematika dari rumah (BDR) pada siswa kelas V SDN 7 Bengkulu Tengah berjalan cukup efektif. Di sini guru dituntut mampu merancang kegiatan pembelajaran dari perencanaan hingga evaluasi dengan cara yang lebih sederhana, lebih kreatif dan efektif agar siswa mampu memahami pembelajaran dengan lebih mudahKata Kunci: pandemi covid-19, akses belajar, pembelajaran daring
Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa di Sekolah Dasar Dhina Cahya Rohim
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p98-104

Abstract

This study aims to describe the results of mathematical exploration of the Jepara Troso batik motif which can be used as teaching material for students in elementary schools. This study uses a qualitative research method with an ethnographic approach. Data collection techniques using observation, interviews and documentation.The results showed that some of the Jepara troso woven batik motifs can be used as a medium to introduce mathematical concepts, especially geometric concepts to elementary school students. This is in accordance with the variety of tenu troso fabric motifs which are usually made with nuances of flora and fauna as well as geometric motifs. The geometric concept contained in the batik troso motif is in the form of a flat shape concept. This shows that mathematics is present in all aspects of life, including culture. The use of cultural elements in introducing mathematical concepts can provide meaningful learning for students. The concept of mathematics in this form can be used as teaching material for students in the form of printed, visual, and other teaching materials as needed.Keywords: Ethnomatematics, batik troso, teaching materials.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi matematika pada motif batik troso Jepara yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa motif batik kain tenun troso Jepara dapat dijadikan sebagai media untuk mengenalkan konsep matematika terutama konsep geometri pada siswa sekolah dasar. Hal ini sesuai dengan ragam motif kain tenu troso yang biasanya dibuat bernuansa flora fauna maupun motif geometris. Konsep geometri yang terdapat pada motif batik troso berupa konsep bangun datar. Hal ini menunjukkan bahwa matematika terdapat di semua aspek kehidupan termasuk budaya. Penggunaan unsur budaya dalam mengenalkan konsep matematika dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Konsep matematika berupa ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam bentuk bahan ajar cetak, visual maupun bentuk lain sesuai dengan kebutuhan.Kata Kunci: Etnomatematika, batik troso, bahan ajar
Pembelajaran Google Classroom bagi Mahasiswa Laelia Nurpratiwiningsih
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p105-109

Abstract

Online learning activities can be done using google classroom. This learning becomes a platform to provide materials, assignments and assessments online. The purpose of the study is to describe learning and the constraints of google classroom learning. The method used in the study is descriptive through survey. Instrument in the form of questionnaires given to students to search for data related to google classroom learning. The subject of this study was PGSD student of Muhadi Setiabudi University. The data analysis technique used is source triangulation. Data analysis is done by means of reduction, display and verification of data. The use of google classroom can be a solution in learning activities in the pandemic era.  The learning becomes a place for students in online learning. Obstacles in learning include; students do not have laptops, limited internet quota and can not manage learning time properly.Keywords: google classroom, student.ABSTRAKKegiatan pembelajaran online dapat dilakukan dengan menggunakan google classroom. Pembelajaran ini menjadi wadah dalam memberikan materi, tugas dan penilaian secara daring. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dan kendala-kendala pembelajaran google classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif melalui survey. Instrument berupa angket yang diberikan kepada mahasiswa untuk mencari data terkait dengan pembelajaran google classroom. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Muhadi Setiabudi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, display dan verfikasi data. Penggunaan google classroom dapat menjadi solusi dalam kegiatan pembelajaran pada era pandemi.  Pembelajaran tersebut menjadi wadah bagi mahasiwa dalam pembelajaran daring. Kendala dalam pembelajaran antara lain; mahasiswa tidak mempunyai laptop, keterbatasan kuota internet dan tidak bisa memanage waktu pembelajaran dengan baik.Kata Kunci: google classroom, mahasiswa
Wujud Character Building: Studi Tentang Positive Sport Parenting Berspektif Ekologi Muhammad Heriyudanta; Weni Tria Anugrah Putri
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p110-115

Abstract

This study aims to explore one type of parenting in its ability to support character building programs, namely positive sport parenting. Seen from its name, this type of care is used to support children when competing in sports. When involved in competition, the assumption that develops is that every psychic of a person want to be a winner, but unfortunately victory at the same time is not shared by everyone. There are times when getting achievements, there are times when you have to be tolerant of defeat. This concept really must be understood by everyone, especially parents. This study uses Urie Bronfenbrenner's ecological theory as perspective. This theory consists of microsystems, mesosystems, ecosystems, macrosystems, cronosystems. With this study, what character building values can be achieved with positive sport parenting. Thus, even if only for sports, this parenting is able to have a positive impact in general.Keywords: Positive sport parenting; character building; perspektif ekologiABSTRAKKajian ini bertujuan untuk mengesplorasi salah satu tipe pengasuhan dalam kemampuannya untuk mendukung program character building, yaitu positive sport parenting. Terlihat dari namanya, tipe pengasuhan ini digunakan untuk mendukung anak- anak ketika berkompetisi dalam bidang olahraga. Saat terlibat dalam kompetisi, asumsi yang berkembang yaitu bahwa setiap psikis seseorang akan menginginkan kemenangan, namun sayangnya kemenangan di waktu yang sama tidak dimiliki oleh semua orang. Ada kalanya mendapatkan prestasi, ada kalanya harus berlapang dada atas kekalahan. Konsep ini memang harus benar- benar dimengerti oleh semua orang terutama orang tua. Kajian ini menggunakan teori ekologi milik Urie Bronfenbrenner sebagai perspektif. Teori ini terdiri atas mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, kronosistem. Dengan kajian ini diperoleh nilai character building apa sajakah yang mampu dicapai dengan positive sport parenting. Dengan demikian, meskipun seakan hanya untuk bidang olahraga, namun parenting ini mampu memberikan dampak yang positif secara umum.Kata Kunci: Positive sport parenting; character building; perspektif ekologi
Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten dalam Pembelajaran Ishmatun Naila; Muhammad Ridlwan; Muhammad Amirul Haq
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p166-122

Abstract

This study aims to determine how digitalization of learning content, especially learning media, in elementary schools. Digital literacy, as a critical skill for teachers and elementary school students, consists of information literacy, media literacy, and ICT literacy. Through digital literacy, students are expected to have extraordinary abilities to think, learn, communicate, work together, and create. The research results conducted in three different elementary schools show that teachers have provided learning media with a touch of technology.Keywords: elementary school teachers, learning content, digital literacy, learning media, elementary students.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana digitalisasi konten pembelajaran terutama media pembelajaran di sekolah dasar. Literasi digital sebagai keterampilan yang sangat penting dimiliki guru dan siswa sekolah dasar terdiri dari: literasi informasi, literasi media, dan literasi ICT. Melalui literasi digital siswa diharapkan memiliki kemampuan yang luar biasa untuk berpikir, belajar, berkomunikasi, bekerja sama, serta berkarya. Hasil penelitian yang dilakukan di tiga sekolah dasar berbeda menunjukkan bahwa guru telah memberikan media pembelajaran dengan sentuhan teknologi.Kata Kunci: guru SD, konten pembelajaran, literasi digital, media pembelajaran, siswa SD
Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring Naili Sa'ida
Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jrpd.v7n2.p123-128

Abstract

The STEAM learning model is a learning innovation that can be applied at various levels of education. STEAM learning is able to stimulate students in overall aspects of development. This study aims to determine the implementation of the STEAM learning model on online learning. Online learning requires teachers to innovate in implementing learning models that are able to create effective and attractive learning for students, one of which is by implementing the STEAM learning model. The method used in this research is literature study. The literature was reviewed based on the method, year published, and main findings. The literature study in this study shows that the STEAM learning model which consists of five fields can be implemented in online learning. The implementation of the STEAM learning model is able to develop children's abilities to think critically, analytically, confidently, productively, responsibly and creativelyKeywords: child, online learning, STEAMABSTRAKModel pembelajaran STEAM merupakan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan pada berbagai jenjang pendidikan. Pembelajaran STEAM mampu mestimulus siswa pada aspek-aspek perkembangan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran STEAM pada pendidikan anak usia dini melalui pembelajaran daring. Dengan dilakukannya pembelajaran secara daring menuntut guru untuk berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran yang mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan menarik untuk siswa, salah satunya dengan mengimplementasikan model pembelajaran STEAM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur. Literature ditinjau berdasarkan metode, tahun terbit, dan temuan utama. Studi literatur dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STEAM yang terdiri dari lima bidang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran daring. Implementasi model pembelajaran STEAM mampu mengembangkan kemampuan anak berpikir kritis, analitis, percaya diri, produktif, tanggung jawab dan kreatif.Kata Kunci: anak, pembelajaran daring, STEAM

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 3 (2023): Vol. 9 No. 3 September 2023 Vol. 9 No. 2 (2023): Vol. 9 No. 2 Mei 2023 Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023 Vol. 8 No. 3 (2022): Vol. 8 No. 3 September 2022 Vol. 8 No. 2 (2022): Vol. 8 No. 2 Mei 2022 Vol. 8 No. 1 (2022): Vol. 8 No. 1 Januari 2022 Vol. 7 No. 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 7 No. 3 (2021): Vol. 7 No. 3 September 2021 Vol 7, No 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol. 7 No. 2 (2021): Vol. 7 No. 2 Mei 2021 Vol 7, No 1 (2021): Vol. 7 No. 1 Januari 2021 Vol. 6 No. 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol 6, No 3 (2020): Vol. 6 No. 3 September 2020 Vol. 6 No. 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol 6, No 2 (2020): Vol. 6 No. 2 Mei 2020 Vol. 6 No. 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 6, No 1 (2020): Vol. 6 No. 1 Januari 2020 Vol 5, No 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol. 5 No. 3 (2019): Vol. 5 No. 3 September 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 2 (2019): Vol. 5 No. 2 Mei 2019 Vol. 5 No. 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol 5, No 1 (2019): Vol. 5 No. 1 Januari 2019 Vol. 4 No. 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 3 (2018): Vol. 4 No. 3 September 2018 Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol. 4 No. 2 (2018): Vol. 4 No. 2 Mei 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol. 4 No. 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Januari 2018 Vol. 3 No. 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol 3, No 3 (2017): Vol. 3 No. 3 September 2017 Vol. 3 No. 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 2 (2017): Vol. 3 No. 2 Mei 2017 Vol 3, No 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 3 No. 1 (2017): Vol. 3 No. 1 Januari 2017 Vol. 2 No. 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol. 2 No. 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol. 2 No. 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 September 2016 Vol 2, No 2 (2016): Vol. 2 No. 2 Mei 2016 Vol 2, No 1 (2016): Vol. 2 No. 1 Januari 2016 Vol 1, No 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No. 1 September 2015 More Issue