cover
Contact Name
Muhammad Amran Shidik
Contact Email
amranshidik@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
bioedu@unimor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. timor tengah utara,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi
Published by Universitas Timor
ISSN : -     EISSN : 25276999     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021" : 17 Documents clear
PENGARUH LITERASI SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Isnaeni, Lili Astuti
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan literasi sains dan pemahaman konsep siswa serta mengukur besarnya pengaruh literasi sains terhadap pemahaman konsep pada materi sistem pertahanan tubuh melalui PBL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu non-equivalent pretest-posstest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1,2,3,6 berjumlah 134 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4,5,7 berjumlah 102 siswa sebagai kelas kontrol. Sebelum digunakan dalam penelitian, soal-soal instrumen test diujicobakan pada siswa dan diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data dianalisis dengan Uji N-gain, uji prsyarat dan uji hipotesis. Uji N-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai pretest dan posstest literasi sains dan pemahaman konsep, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas bertujuan untuk mengetahui homogenitas dan normalitas distribusi nilai pretest dan posstest. Uji hipotesis menggunakan independent sample T test dan uji mann whitney U pada data posstest literasi sains dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kontrol. Uji determinasi (regresi sederhana) menggunakan nilai posstest literasi sains dan pemahaman konsep untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi sains terhadap pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan literasi sains dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran PBL (kelas eksperimen) dengan pembelajaran ceramah dan diskusi (kelas kontrol) serta literasi sains memberi pengaruh 12,4% terhadap pemahaman konsep siswa.
PROFIL TINGKAT PENERIMAAN TERHADAP TEORI EVOLUSI PADA SISWA SMA DAN MA Putri, Aprilliana Dwi
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1066

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat penerimaan teori evolusi siswa SMA dan MA. Studi ini juga melakukan analisis untuk melihat apakah terdapat perbedaan tingkat penerimaan teori evolusi antara siswa SMA dan MA. Tingkat penerimaan teori evolusi diukur dengan menggunakan instrumen MATE (Measure of Acceptance of the Theory of Evolution) yang sudah dimodifikasi dan diterjemahkan. Subyek studi ini ialah 28 orang siswa kelas 12 SMA serta 33 orang siswa kelas 12 MA. Data yang didapatkan lalu dianalisis secara statistik sehingga menggambarkan profil tingkat penerimaan siswa SMA dan MA terhadap teori evolusi. 10 siswa (35, 71%) SMA memiliki penerimaan rendah, 15 siswa (53, 58%) SMA memiliki penerimaan sedang, serta 3 siswa (10, 71%) SMA memiliki penerimaan rendah. Sedangkan untuk siswa MA profil tingkat penerimaan terhadap teori evolusi adalah sebagai berikut, 1 orang siswa (3,03%) memiliki penerimaan sangat rendah, 9 siswa (27, 27%) memiliki penerimaan rendah, 22 siswa (66, 67%) memiliki penerimaan sedang, serta 2 siswa (6, 06%) memiliki penerimaan tinggi. Hasil uji Mann Whitney-U menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat penerimaan teori evolusi siswa SMA dan MA.
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis STEM tentang Bakteri Escherichia coli Putra, Ino Angga; Yuanita Meishanti, Ospa Pea
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1186

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain dan kelayakan video pembelajaran berbasis STEM dengan topik identifikasi bakteri Escherichia coli pada air sumur. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) dengan model pengembangan 4D. namun penelitian ini fokus pada 3 tahap yaitu define, design, dan development. Subjek penelitian pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester 6 dengan jumlah 7-10 mahasiswa sebagai responden. Uji validasi menggunakan 3 validator yang melakukan validasi terkait materi dan media. Instrument pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon mahasiswa. Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa produk video pembelajaran berbasis STEM terkait bakteri Escherichia coli pada air sumur pada kategori “Layak” dengan persentase unsur materi sebesar 72% dan unsur media sebesar 78%. Untuk respon mahasiswa menunjukkan keantusiasan mahasiswa menggunakan produk ini untuk media belajar dengan persentase sebesar 80,5%. Produk ini diharapkan dapat digunakan didalam kegiatan pembelajaran untuk melihat keefektifan produk terhadap hasil belajar mahasiswa. Produk video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai variasi sumber belajar. Kata Kunci: Video pembelajaran; STEM; bakteri Escherichia coli Abstract The purpose of this study was to determine the design and feasibility of STEM-based learning videos with the topic of identifying Escherichia coli bacteria in well water. This type of research is research & development with a 4D development model. but this research focuses on 3 stages, namely define, design, and development. The research subjects were students of the 6th semester of Biology Education Study Program with a total of 7-10 students as respondents. The validation test uses 3 validators who validate the material and media. The data collection instrument used a validation questionnaire and a student response questionnaire. The results of the data obtained indicate that the STEM-based learning video product related to Escherichia coli bacteria in well water is in the "Eligible" category with a percentage of material elements of 72% and media elements of 78%. For student responses, it shows the enthusiasm of students to use this product for learning media with a percentage of 80.5%. This product is expected to be used in learning activities to see the effectiveness of the product on student learning outcomes. This learning video product can be used as a variety of learning resources. Keywords: Tutorial video; STEM; Escherichia coli bacteria
PENGARUH NUTRISI AB MIX TERHADAP PERTUMBUHAN SAWI PAKCOY DAN SELADA HIJAU DENGAN SISTEM HIDROPONIK Ramaidani, Ramaidani; Mardina, Vivi; Al Faraby, Muhamad
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1223

Abstract

Nutrisi AB Mix mengandung unsur hara makro dan mikro yang penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada pertumbuhan tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian nutrisi AB Mix (konsentrasi 1000 ppm dan 600 ppm) terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rafa L) dan Selada hijau (Lactuva sativa L) secara hidroponik. Penelitian dilaksanakan di Aceh Hidroponik desa Medang Ara kecamatan Karang Baru kabupaten Aceh Tamiang. Metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 ulangan digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah pemberian nutrisi AB Mix berpengaruh terhadap pertumbuhan sawi pakcoy dan selada hijau pada kosenterasi 1000 ppm.
UJI TOKSISITAS IN VITRO METODE BSLT DAN TOKSISITAS AKUT ORAL EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG PAKOBA (Syzygium luzonense (Merr.) Merr.) Walean, Mario; Melpin, Rostina; Rondonuwu, Mervina; Pinontoan, Kinzie Feliciano
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1249

Abstract

Pakoba merupakan tanaman endemik Sulawesi Utara yang dimanfaat secara etnomedikal untuk mengobati pengobatan diabetes, ramuan obat setelah melahirkan, obat sakit ginjal dan sakit perut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat toksisitas akut oral menggunakan tikus putih dan toksisitas secara in vitro metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) ekstrak etanol kulit batang pakoba (EEKBP). Hasil dari pengujian toksisitas metode BLST, EEKBP memiliki nilai LC50 = 380.19 ppm dan hasil uji toksisitas akut EEKBP dengan dosis 1.000, 5.000, 10.000, dan 15.000 ppm tidak menimbulkan gejala toksik dan kematian pada hewan uji. Perlu ada penelitian lanjut mengenai Fraksinasi EEKBP dilanjutkan dengan pengujian toksisitas metode BSLT dan aktivitas biologis dari masing-masing hasil fraksinasi.
Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi Syarah, Mia Mai; Rahmi, Yosi Laila; Darussyamsu, Rahmawati
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1260

Abstract

Pembelajaran biologi didalamnya memuat ilmu sains, teknologi, teknik dan matematika dari beberapa materi sehingga perlu adanya pendekatan yang akan membantu proses pembelajaran tersebut, maka salah satunya yaitu pendekatan STEM. Pendekatan STEM merupakan pendekatan yang mengintegrasikan empat disiplin ilmu, yaitu sains, teknologi, teknik dan matematika. Tujuan artikel ini untuk menganalisis penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan berbagai sumber dari buku, artikel penelitian dari jurnal elektronik dan website akuntabel yang berhubungan dengan pembahasan penelitian dengan hasil yang dituliskan secara deskriptif-analisis. Hasil yang didapatkan dari studi pustaka artikel ini bahwasanya penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran biologi dapat dihubungkan dengan berbagai model pembelajaran dan materi yang sesuai sehingga bisa memberikan pengaruh yang positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, literasi sains siswa, kreativitas siswa, kemampuan berpikir ilmiah tapi tidak berpengaruh untuk meningkatkan literasi teknologi dan kemampuan mengambil keputusan.
Isolasi dan Identifikasi Molekular Bakteri Asam Laktat Penghasil Antimikrobia dari Saluran Pencernaan Belut (Monopterus albus) R, Ridwan -; Kaharudin, La Ode
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1277

Abstract

Isolasi bakteri asam laktat menggunakan sampel saluran pencernaan belut (Monopterus albus). Belut yang digunakan diperoleh dari pasar Yogyakarta. Hasil isolasi diperoleh sebanyak tigabelas isolat, bakteri hasil isolasi selanjutnya dikarakterisasi secara fenotipik untuk memilih bakteri asam laktat. Hasil karakterisasi fenotipik diperoleh tujuh isolat yang sesuai dengan karakter bakteri asam laktat (ciri bakteri asam laktat bersifat gram positif dan katalase negatif). Tujuh isolat tersebut kemudian diuji kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri patogen (Aeromonas hydrophila, Staphylococcus aureus, dan Vibrio harveyi). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tujuh isolat bakteri asam laktat memiliki aktivitas antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Penghambatan terhadap bakteri uji mengindikasikan bahwa bakteri tersebut mampu menghasilkan antimikrobia. Tiga terbaik dari tujuh isolat bakteri diidentifikasi secara molekular menggunakan gen 16Sr RNA dengan primer 27F (5'-AGAGTTTAGTCCTGGCTCAG-3') dan 1492R (5'-GGTTACCTTGTTACGACTT-3'). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tiga isolat bakteri merupakan spesies Lactococcus lactis.
Hubungan Minat Belajar Daring Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pembelajaran Daring Biologi Nikmah, Zulfahtul; Hariz, Anif Rizqianti; Purnamaningrum, Arifah
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1335

Abstract

Abstrak Penelitian kali ini penelitian untuk mengetahui hubungan dari minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi di SMAN 8 Semarang. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Semarang karena hasil dari observasi di SMAN 8 Semarang minat belajar daring masih tergolong rendah dan hasil belajar juga masih tergolong rendah sehingga perlu diadakan evaluasi mengenai pembelajaran daring. Penelitian kali ini masuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif, analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data korelasi product moment yang memiliki tujuan mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dari minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi SMAN 8 Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan strata yang ada dalam populasi itu sendiri. Sampel yang diambil pada penelitian kali ini sebanyak dua kelas dari populasi keseleruhan lima kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Dari perhitungan tersebut didapatkan hasil perhitungan korelasi antara minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif selama pembelajaran daring diperoleh rxy= 0.945 dengan taraf signifikansi 5% dengan kategori korelasi sangat kuat karena terletak diantara 0.800-1.000. kemudian untuk menguji keberartian koefisien korelasi sederhara digunakan rumus uji “t” didapatkan hasil t hitung 24.15 dengan t tabel 1.994, maka didapatkan hasil t hitung > t tabel (24.15>1.994) sehingga dapat dikatakan variabel X dengan Y memiliki hubungan yang signifikan. Kata Kunci: Hasil belajar kognitif;Minat belajar;Pembelajaran daring. Abstract This study aims to determine the relationship of online learning interest with students' cognitive learning outcomes during online learning of biology subjects at SMAN 8 Semarang. The research was conducted at SMAN 8 Semarang because the results of observations at SMAN 8 Semarang, interest in online learning is still relatively low and learning outcomes are also still relatively low so it is necessary to conduct an evaluation of online learning. This research is a quantitative research type. The data analysis used in this research is product moment correlation data analysis which has the aim of knowing whether there is a positive relationship between online learning interest and students' cognitive learning outcomes during online learning of biology subjects at SMAN 8 Semarang. . The sampling technique in this study used a probability sampling technique with simple random sampling, namely the technique of taking samples from members of the population that was carried out randomly without showing the strata that existed in the population itself. The samples taken in this study were two classes from a total population of five classes with a total of 72 students. Data collection techniques using questionnaires and documentation instruments. The results of the study were then analyzed using the product moment correlation formula. From these calculations, the results of the calculation of the correlation between online learning interest and cognitive learning outcomes during online learning obtained rxy = 0.945 with a significance level of 5% with a very strong correlation category because it is located between 0800-1,000. Then to test the significance of the simple correlation coefficient, the "t" test formula was used to get the results of t count 24.15 with t table 1.994, then the results obtained t count > t table (24.15> 1.994) so ​​that it can be said that the X variable with Y has a significant relationship. Keywords: Cognitive outcomes; Interest of Study; Online classroom
Studi Literatur Perbandingan Keanekaragaman Kelelawar di Pulau Kalimantan dan Jawa Saiful, Muhammad; Febrina, Halimah Syifa; Fauzan, Muhammad; Maisa, Diva Rara Vidyani; Maolani, Astri; Suryanda, Ade; Dewahrani, Yulilina Retno
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1338

Abstract

Kelelawar merupakan organisme yang berperan penting bagi kelangsungan kehidupan manusia dan kelestarian ekosistem. Sayangnya akhir-akhir ini populasi kelelawar di dunia mengalami penurunan. Faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kehilangan habitat akibat degradasi habitat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan keanekaragaman kelelawar di pulau Jawa dan Kalimantan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021 dengan metode studi literatur dengan data yang diambil dari beberapa artikel mengenai keanekaragaman kelelawar di pulau Jawa dan Kalimantan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan perbandingan keanekaragaman kelelawar di pulau Jawa dan Kalimantan diketahui bahwa pulau Kalimantan memiliki keanekaragaman kelelawar yang lebih tinggi daripada kelelawar di pulau Jawa berdasarkan indeks keanekaragaman kelelawar di kedua pulau. Perbedaan tinggi indeks keanekaragaman kelelawar ini disebabkan karena pulau Kalimantan memiliki luas hutan yang lebih besar dibandingkan pulau Jawa yang berpengaruh juga terhadap jumlah pakan yang tersedia bagi kelelawar untuk hidup.
PRAKTIKUM VIRTUAL TENTANG PEMBUATAN MEDIUM POTATOES DEXTROXE AGAR SECARA SEDERHANA DAN ISOLASI JAMUR PADA BIJI-BIJIAN Irawati, Wahyu
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 (2021): Jurnal BIO-EDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v6i3.1341

Abstract

Situasi pandemi Covid19 menyebabkan mahasiswa tidak dapat melakukan praktikum di laboratorium sehingga perlu dipikirkan praktikum virtual yang dilakukan secara mandiri di rumah dengan mengangkat fenomena yang terjadi di sekitar rumah tangga sekaligus memanfaatkan fasilitas yang ada untuk melakukan praktikum. Keberadaan jamur mudah ditenukan di sekitar kita termasuk tanpa disadari terdapat pada biji-bijian yang kita makan. Pertumbuhan jamur dapat diamati melalui medium yang dibuat sendiri menyerupai Potato Dextrose Agar (PDA) Merck yang sering digunakan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan praktikum virtual di rumah dengan memanfaatkan bahan dan alat yang mudah di dapat di sekitar kita tanpa menggunakan fasilitas laboratorium. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat media PDA alami untuk mengamati persentase pertumbuhan jamur pada biji kacang tanah dan biji merica. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan analisis data deskriptif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PDA alami dapat menyediakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur. Biji kacang tanah dan biji merica masing-masing 90% dan 100% terkontaminasi jamur dengan miselium atau spora berwarna putih dan hitam. Praktikum virtual secara mandiri di rumah dengan menerapkan prinsip kerja aseptik dapat menghambat pertumbuhan mikroba kontaminan sehingga bisa menjadi alternatif pelaksanaan praktikum secara virtual di masa pandemi Covid19.

Page 1 of 2 | Total Record : 17