cover
Contact Name
Dr. Mashud, S. P.d., M.Pd
Contact Email
multilateral.journal@ulm.ac.id
Phone
+628115128680
Journal Mail Official
multilateral.journal@ulm.ac.id
Editorial Address
PJKR JPOK FKIP ULM JL. Taruna Praja Raya Kampus JPOK FKIP ULM Banjarbaru
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
ISSN : 14123428     EISSN : 25491415     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara dengan hasil penelitian bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Multilateral Pendidikan Jasmani dan Olahraga berfokus pada Analisis Pembelajaran, Penelitian dalam pendidikan jasmani dan Olahraga serta masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang olahraga sebagai berikut: 1. Pendidikan Olahraga 2. Kepelatihan Olahraga 3. Olahraga Rekreasi 4. Olahraga Tradisional Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat peminat pembaca adalah dari kalangan aktivis olahraga dan guru Pendidikan Jasmani.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 3 (2022): October" : 7 Documents clear
Kebugaran jasmani pegiat dan atlet eSports di lingkungan lahan basah Tri Irianto; Rahmadi Rahmadi; Arie Rakhman; Fadhel Muhammad
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 21, No 3 (2022): October
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v21i3.14215

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran tentang tingkat kebugaran jasmani atlet dan gamer eSports yang ada di daerah lahan basah yaitu Banjarbaru dan Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menggambarkan dua kelompok: atlet dan gamer. Data yang didapat berdasarkan pengukuran melalui angket survei dan tes lari 1600 m terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasmani. Setelah dianalisis dari beberapa indikator amatan, frekuensi dalam melakukan aktivitas olahraga dalam satu minggu, lama aktivitas olahraga yang dilakukan, dan jenis olahraga yang dilakukan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani atlet eSport berada pada kategori kurang. Atlet eSport rata-rata melaksanakan aktivitas olahraga 2 hari dalam satu minggu. Durasi melakukan aktivitas olahraga antara 30 sampai 45 menit. Jenis aktivitas olahraga yang dilakukan atlit eSports adalah jalan kaki dan lari. Sedangkan kelompok gamer memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kategori sedang. Gamer melaksanakan aktivitas olahraga rata-rata 2 sampai 4 kali dalam satu minggu. Durasi waktu dalam melakukan aktivitas olahraga 45 menit sampai lebih dari satu jam. Jenis aktivitas olahraga yang dilakukan lebih bervariasi yakni jalan, lari, futsal, renang dan bersepeda.
Aktivitas pembelajaran PJOK dalam pembentukan karakter siswa Lulut Gilang Saputra; Imam Hariadi; Eko Hariyanto; M.E. Winarno
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 21, No 3 (2022): October
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v21i3.14303

Abstract

Tujuan: Tujuan artikel review dalam penelitian ini adalah mengkaji kontribusi aktivitas pembelajaran PJOK dalam pembentukan karakter siswa, Metode: pada artikel review ini penulis menggunakan literature review, Pengumpulan artikel menggunakan database google scholar, proquest journal dan eric journal dengan kurun waktu 5 tahun terbitan 2018-2022 berbahasa inggris terindeks scopus quartile 1 sampai dengan quartile 4. Untuk menemukan artikel yang sesuai peneliti menggunakan prosedur PICO/PECO. Analisis yang digunakan dalam artikel review ini menggunakan PRISMA dengan cara mengidentifikasi melalui proses dan ekstraksi data. Hasil: Berdasarkan hasil review dari 13 artikel yang dipaparkan menunjukkan sikap sportifitas, sikap motivasi, sikap tanggung jawab, sikap disiplin, sikap patuh, sikap kontrol perilaku, serta keaktifan siswa yang diimplementasikan dalam suatu aktivitas fisik maupun dalam suatu permainan. Simpulan: aktivitas pembelajaran dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan turut berkontribusi dalam membangun karakter siswa dengan mengoptimalkan aktivitas fisik dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kepribadian yang berdampak pada pembentukan karakter siswa yang berbudi pekerti luhur.
Aktivitas fisik, perilaku menetap, dan perilaku merokok pada calon guru pendidikan jasmani-sebuah studi cross-sectional Herri Yusfi; Wahyu Indra Bayu; Giartama Giartama; Arfa Desa Fitri; Novi Puji Tri Astuti; Kevin Waldo
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 21, No 3 (2022): October
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v21i3.14519

Abstract

Perilaku tidak sehat seperti kurang aktivitas fisik, perilaku menetap, dan merokok menyebabkan peningkatan risiko kematian. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi korelasi aktivitas fisik dan perilaku menetap di antara calon guru Pendidikan jasmani di Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya, serta menyelidiki perbedaan pola aktivitas fisik mereka dengan status merokok. Peserta (n= 380) diukur tingkat aktivitas fisik dan perilaku menetap diukur dengan menggunakan kuesioner International Physical Activity Questionaire–Short Form (IPAQ-SF) yang memiliki spesifikasi digunakan untuk responden 15 tahun ke atas dan dianalisis berdasarkan pedoman IPAQ-SF. Sedangkan untuk data kebiasaan merokok, instrumen yang digunakan adalah Glover-Nilsson Smoking Behavioral Questionnaire (GN-SBQ). Analisis chi-square dilakukan untuk menguji perbedaan dalam aktivitas fisik dengan status merokok, dan analisis regresi untuk menghasilkan korelasi sosiodemografi dari memenuhi pedoman aktivitas fisik (seperti yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia) dan perilaku menetap. Mengingat tingginya prevalensi aktivitas fisik yang tidak memadai dan perilaku menetap yang berlebihan saat ini, sebelumnya, dan non-perokok, program yang ditujukan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan menurunkan tingkat perilaku menetap harus diintegrasikan ke dalam rencana perkuliahan yang ditargetkan untuk meningkatkan aktivitas fisik calon guru Pendidikan Jasmani.
“I don’t care about the money”: A thematic analysis of parenting practices of youth sport Caly Setiawan
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 21, No 3 (2022): October
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v21i3.14411

Abstract

Abstract The purpose of this study was to investigate practices of raising up young athletes from a sociological perspective. In particular, I looked at how parents enacted their capitals within the contexts of youth sport as a social field. This qualitative study involved 6 participants who had experiences of parenting their children in youth sport for at least five years. Data were collected through in-depth interviews. Thematic analysis was employed to facilitate inductive analysis toward the construction of themes from the data. A computer assisted qualitative data analysis software (CAQDAS), namely ATLAS.ti 22, was utilized to help the researcher manage complex data set and achieve trustworthiness criteria. Three themes have been constructed through mainly inductive analysis. These were (1) the contextual practices of youth sport as social field, (2) economic, cultural and social capital at play in parenting practices of youth sport, and (3) capital exchange as practices within and beyond youth sport. The current study concludes that sociological thoughts on social field and capitals are advantageous to understand the social complexity of day-to-day parenting practices of youth sport. However, agenda for further studies would need to explore the field of youth sport utilizing other sociological frameworks.
Partisipasi reseptif, persepsi manfaat, aksesibilitas fasilitas dan partisipasi aktif olahraga siswa SD di Indonesia Eko Budi Priyantono; Agung Yuda Aswara; Sakban Rosidi
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 21, No 3 (2022): October
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v21i3.14564

Abstract

Tingkat kebugaran masyarakat Indonesia tergolong rendah, karena itu perlu dipopulerkan gaya hidup aktif berolahraga. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan partisipasi reseptif, persepsi manfaat, aksesibilitas fasilitas dan partisipasi aktif olahraga siswa SD di Indonesia. Penelitian sekunder ini menelaah dan mengolah data yang disediakan Pusat Kajian Literasi Fisik dan Olahraga Pendidikan Sekolah Pascasarjana IKIP Budi Utomo Malang. Populasi penelitian ini jumlahnya tak terhingga karena angket disebarkan menggunakan teknik snow ball sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 1314 siswa SD tahun 2021. Teknik analisis yang digunakan adalah  uji korelasi dan uji analisis jalur. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) terdapat hubungan antara partisipasi reseptif dan persepsi manfaat olahraga, 2) terdapat hubungan antara partisipasi reseptif dan aksesibilitas fasilitas secara langsung maupun tidak langsung melalui persepsi manfaat olahraga, 3) terdapat hubungan antara partisipasi reseptif dan partisipasi aktif olahraga secara langsung maupun tidak langsung melalui persepsi manfaat dan aksesibilitas fasilitas olahraga. Kesimpulan penelitian ini adalah partisipasi reseptif, persepsi manfaat, dan aksesibilitas fasilitas berkontribusi positif pada partisipasi aktif olahraga siswa SD di Indonesia.
Self-efficacy of physical education students in sports psychology learning Yahya Eko Nopiyanto; Septian Raibowo; Andika Prabowo; Defliyanto Defliyanto; Ibrahim Ibrahim
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 21, No 3 (2022): October
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v21i3.13870

Abstract

There are still physical education students who are unsure of their ability to participate in sports psychology learning. Based on this, the purpose of this study was to determine the level of self-efficacy of physical education students in attending sports psychology learning. The method used is the descriptive research method. The population used was 26 students. The total sampling technique was used to take the size of the research sample. The research techniques and instruments used were in the form of a questionnaire with a validity value of 0.72 and a reliability of 0.73. The mean ideal and standard ideal deviation are used to determine the category, and the percentage is used to determine the percentage of students. The results of the study stated that: 1) male students had a mean score of 51.11 and a standard deviation of 6.67 in the high category; 2) female male students have a mean value of 51.33 and a standard deviation of 6.83 in the high category. So it can be concluded that the level of self-efficacy is in the high category with a frequency of 20 students or 76%, and there is no difference between male and female students.
Uji validitas dan reliabilitas situational motivation scale (sims) dalam pendidikan jasmani untuk siswa sekolah dasar Ilham Nugraha; Ricky Wibowo; Wulandari Putri
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 21, No 3 (2022): October
Publisher : Lambung Mangkurat University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/multilateral.v22i1.13435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas situational motivation scale (sims) dalam pendidikan jasmani siswa Sekolah Dasar usia 10-12 tahun se-kota Bandung. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri usia 10-12 tahun kota Bandung yang terdiri dari 274 Sekolah Dasar Negeri. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling dengan terdiri dari 300 siswa. Penelitian ini menggunakan  Instrumen situational motivation scale (SIMS), skala ini terdiri dari 16 item yang menilai dimensi Motivasi Intrinsik (MI), Regulasi yang Teridentifikasi (RT), Regulasi Eksternal (RE), dan Amotivasi (AM), kemudian angket disebarkan ke siswa Sekolah Dasar Negeri melalui angket langsung. Pengolahan data dilakukan menggunakan software Microsoft Excel 2016, IMB SPSS versi 20 dan AMOS versi 22. Validitas instrumen dinilai menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), hasil dari 16 butir soal semuanya valid, ada empat butir soal yang loading factor nya rendah. Hasil penelitian ini menunjukan satu subskala dengan tingkat konsisten tinggi dan tiga subskala menunjukan konsistensi rendah, harus dilakukan penghitungan ulang dengan cara menghapus empat item dengan loading factor terendah yang hasil konsistensi subskalanya meningkat. Kesimpulannya instrumen situational motivation scale (SIMS) cocok diberikan kepada siswa Sekolah Dasar usia 10-12 tahun dengan syarat mengganti empat item yang loading factor nya rendah, untuk meningkatkan konsistensi instrumen ini agar dapat digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7